Alat Musik Tradisional

Alat Musik Ritmis

Guratgarut.com – Alat musik ritmis merupakan salah satu bagian dalam tiga fungsi alat musik, yaitu melodis, ritmis dan harmonis. Namun apakah kalian tahu apa perbedaan alat musik ritmis, melodis dan harmonis ?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit membahas apa itu alat musik ritmis dari penjelasan sampai contoh alat musik ritmis. Untuk lebih lengkapnya simak tulisan dibawah ini.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Pengertian Alat Musik Ritmis
Dua orang asing sedang memainkan alat musik ritmis

Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak mempunyai nada, meskipun begitu alat musik ritmis berfungsi sebagai pengiring, pengatur tempo, sampai penentu irama pada lagu atau musik.

Oleh karena itu alat musik ritmis memiliki bentuk yang lebih sederhana karena hanya dapat menghasilkan satu bunyi saja, tidak seperti alat musik harmonis atau dinamis seperti piano ataupun biola.

Walaupun begitu dengan adanya alat musik ritmis, musik yang dihasilkan akan lebih stabil ketika dimainkan.

Contoh Alat Musik Ritmis

Contoh Alat Musik Ritmis
beberapa contoh alat musik ritmis

Setelah kita mengenal dan tahu apa itu alat musik ritmis, sekarang kita akan membahas tentang beberapa contoh alat musik ritmis ini yang dibagai menjadi alat musik ritmis tradisional Indonesia dan alat musik ritmis dunia.

Pengelompokan tersebut dimaksudkan agar kita tau bahwa kita juga sebagai bangsa Indonesia memiliki alat musik ritmis tradisional kita sendiri, diantaranya :

Alat Musik Ritmis Tradisional Indonesia

Alat musik ritmis tradisional Indonesia pada umumnya ialah alat musik perkusi. Ada yang dipukul menggunakan tangan dan ada juga yang dipukul menggunakan alat pukul khusus, diantaranya :

1. Alat Musik Tifa

Alat Musik Tifa
Beberapa tifa yang dijejerkan dengan ukuran yang berbeda

Tifa merupakan alat musik yang berasal dan berkembang di Indonesia bagian timur, khususnya di daerah Maluku dan Papua. Tifa merupakan alat musik yang mirip dengan gendang, berbentuk tabung dan menghasilkan suara yang lebih ringan.

Untuk membuat alat musik satu ini terdapat proses utama, diantaranya :

  1. Pemilihan Jenis Pohon
  2. Pengosongan Isi Kayu
  3. Pengeringan Kulit Hewan
  4. Pemasangan Penutup Tifa
  5. Pengukiran Alat Musik Tifa

Terdapat beberapa jenis alat musik khas Indonesia timur ini seperti tifa jekir, tifa dasar, tifa potong, tifa jekir potong dan tifa bas.

Tifa dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan dan biasa digunakan dalam mengiringi sebuah acara seperti upacara adat, kesenian tradisional, penyambutan tamu khusus dan lain sebagainya.

2. Alat Musik Kendang

Alat Musik Kendang
Permainan kendang pada sebuah pertunjukan

Kendang merupakan salah satu bagian dari instrumen musik gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kendang sendiri terbuat dari bahan kayu yang dilubangi pada bagian tengah dan dilapisi sebuah membran yang berfungsi seabgai sumber suara.

Dalam kendang terdapat dua buah lubang yang dilapisi membran. Membran tersebut dibedakan pada ukurannya yang menghasilkan suara yang berbeda

Salah satunya ialah bam (permukaan bagian yang menghasilkan nada rendah) yang terbuat dari kulit kerbau. Dan chang (permukaan yang menghasilkan nada tinggi) yang terbuat dari kulit kambing.

Dalam gamelan, gendang memiliki fungsi sebagai pengatur irama dalam lagu atau musik. Terdapat teknik khusus untuk memainkan alat musik tersebut yang disebut dengan istilah tepak. Teknik tersebut biasanya dikuasai oleh para pemain gamelan profesional yang sudah menyelami budaya Jawa.

3. Alat Musik Rebana

Rebana merupakan alat musik tradisional yang menyerupai gendang, namun memiliki bentuk bundar dan pipih. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditepuk menggunakan telapat tangan dan terdapat beberapa jenis seperti rebana biang, rebana maukhid dan rebana ketimpring.

Rebana sendiri terbuat dari kayu yang dilubangi pada bagian tengahnya dengan cara dibubut pada satu sisi yang dilapisi oleh kulit kambing. Rebana sendiri seringkali dimainkan bersama gambus dan digunakan sebagai pengiring tariang zapin, melantunkan kasidah dan hadroh.

4. Alat Musik Ketipung

Ketipung merupakan alat musik yang menyerupai gendang pada umumnya, namun memiliki ukuran relatif lebih kecil. Ketipung sendiri terbuat dari kayu yan diberi lubang pada bagian tengahnya yang berukuran 20 – 40 cm.

Ketipung menghasilkan suara yang dapat dipadukan dengan musik keroncong, dangdut dan Melayu.

5. Alat Musik Gong

Gong merupakn sebuah alat musik tradisional yang cukup umum di Indonesia. Gong juga merupakan salah satu instrumen musik pada ensambel musik gamelan.

Gong terbuat dari bahan logam seperti besi, kuningan dan perunggu. Dalam pembuatanya pun terdapat proses yang cukup panjang, setelah ditempa gong di bilas, dibersihkan dan dikerok agar terbentuk nada yang diinginkan.

Di beberapa daerah Indonesia gong digunakan sebagai alat tukar atau barter dalam sebuah transaksi penting seperti pernikahan dan lain sebagainya.

Gong di Indonesia mempunyai ragam dan latar belakang budaya yang berbeda-beda, tentu fungsinya pun berbeda-beda. Namun terdapat ciri khas yaitu terdapat benjolan yang terdapat di bagian tengah alat musik ini.

Alat Musik Ritmis Dunia

Setelah kita membahas beberapa contoh alat musik ritmis tradisional di Indonesia, sekarang kita akan mengenal beberapa alat musik ritmis yang ada dibeberapa belahan dunia. Antara lain sebagai berikut :

NoDaftar Alat Musik
1Alat Musik Tamborin
2Alat Musik Drum
3Alat Musik Simbal
4Alat Musik Konga
5Alat Musik Marakas
6Alat Musik Timpani
7Alat Musik Triangle
8Alat Musik Tabla
9Alat Musik Kastanyet
10Alat Musik Guiro
Beberapa alat musik tidak terkenal di Indonesia, seperti guiro, kastanyet, timpani dll.

1. Alat Musik Tamborin

Tamborin merupakan alat musik yang cukup populer di dunia yang berasal dari Eropa yang terbuat dari bahan kayu. Kayu tersebut dilubangi dan diberi membran pelapis yang terbuat dari kulit sapi atau plastik.

Tamborin sendiri merupakan alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Terdapat beberapa simbal atau kerincingan yang terbuat dari logam pada bagian sisi alat musik tamborin.

Tamborin modern berkontribusi besar dalam berbagai orkestra yang berfungsi sebagai penambah variasi warna suara dalam pertunjukan musik. Bahkan salah satu komponis terkenal dunia pun menggunakan alat musik satu ini pada tahun 1782

2. Alat Musik Drum

Drum merupakan alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul menggunakan tangan atau drumstick.

Drum sendiri sebenarnya keluarga alat musik, bukan alat musik sebenarnya, tetapi jika dalam musik pop, rock dan jazz drum biasanya mengacu pada drum kit atau drum set.

Drum set sendiri merupakan sebuah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari beberapa drum, diantaranya :

  1. Bass Drum,
  2. Snare Drum,
  3. Tom Tom,
  4. Cymbal,
  5. Hadware,
  6. Double Pedal,

Di Indonesia sendiri snare drum dan bass drum digunakan dalam kesenian tradisional musik Betawi yaitu orkes tanjidor.

3. Alat Musik Simbal

Simbal merupakan alat musik dunia yang sudah tua dan bisa dibilang sudah ada pada zaman kuno. Simbal sendiri merupakan sebuah lempengan logam tipis yang berbentuk bundar.

Terdapat beberapa cara untuk memainkan simbal, seperti dipukul menggunakan alat atau dibenturkan dengan simbal yang lain.

4. Alat Musik Konga

Konga atau seringkali disebut tumbadora adalah alat musik yang berasal dari negara Cuba. Konga sendiri adalah alat musik yang menyerupai gendang namun memiliki ukurang yang lebih panjang dan hanya memiliki satu lapis membran saja.

Konga dimainkan dengan cara ditepuk dan biasa dimainkan dengan dua buah konga yang dijajarkan atau dirakit menggunakan besi.

Konga memiliki tiga buah jenis, quinto (drum utama, tertinggi), tres dos atau tres golpes (menengah), dan tumba atau salidor (terendah). Conga seringkali dimainkan dalam genre musik Afro-Cuban dan rumba.

5. Alat Musik Marakas

Marakas merupakan alat musik perkusi yang memiliki nama berbeda pada setiap belahan dunia. Namun banyak orang mengatakan bahwa alat musik ini berasal dari daerah Amerika Latin.

Marakas atau rumba merupakan alat musik yang terbuat dari buah labu yang sudah kering yang diisi oleh biji-bijian atau kerikil dan diberi pegangan yang terbuat dari kayu.

Cara memainkan alat musik satu ini cukup sederhana, yaitu dengan cara digoyangkan menggunakan tangan. Namun dalam sebuah orkes atau pertunjukan, dibutuhkan keahlian untuk mengenali ritme pada lagu yang cukup tinggi.

6. Alat Musik Timpani

Timpani merupakan alat musik tradisional yang berukuran cukup besar yang berasal dari Eropa. Alat musik perkusi sejenis drum yang menyerupai mangkok besar yang dilapisi kulit atau membran diatasnya.

Timpani dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus yang disebut timpani mallet. Alat musik ini seringkali dimainkan pada sebuah orkestra.

7. Alat Musik Triangle

Alat musik triangle merupakan alat musik ritmis yang cukup sederhana. Alat musik ini terbuat dari tongkat logam yang dibentuk segitiga. Tinggi rendah nada triangle, ditentukan oleh bahan dasar pembuatan triangle itu sendiri.

Triangle termasuk alat musik perkusi karena dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stick. Walaupun sederhana triangle berfungsi sebagai pemberi imbuhan dalam sebuah lagu.

8. Alat Musik Tabl / Tabla

Alat musik tabla merupakan alat musik perkusi yang termasuk kedalam kategori alat musik membranofon yang dimana selaput membran yang berfungsi sebagai sumber suara.

Tabla sendiri merupakan sepasang alat musik yang menyerupai gendang atau ketipung.Tabla merupakan alat musik dari dataran India dan berasal dari kata tabl yang berarti drum pada bahasa Arab dan Persia.

Untuk memainkan alat musik ini cukup kompleks dan memerlukan ketahanan telapak tangan dan jari yang dibutuhkan untuk menciptakan ritme yang berbeda.

9. Alat Musik Kastanyet

Kastanyet merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Spanyol yang terbuat dari bahan dasar kayu. Kastanyet dimainkan dengan cara ditepukan dengan menggunakan jari.

Kastanyet mempunyai bentuk menyerupai kerang dan banyak orang salah mengartikan alat musik ini sebagai mainan. Selain dari bahan kayu kastanyet sekarang banyak dibuat dari bahan sintetis seperti plastik.

10. Alat Musik Guiro

Guiro merupakan alat musik yang berasal dari daerah amerika latin seperti Puerto Rico, Cuba dan negara amerika latin lainya. Guiro terbuat dari buah seperti mentimun atau terong yang sudah dikeraskan.

Cara memainkan guiro cukup mudah, dengan cara menggesek tongkat pada permukaan yang tidak rata pada guiro. Guiro sendiri memiliki fungsi sebagai pemberi irama utama dalam son, trova dan salsa.

Seperti marakas, guiro seringkali dimainkan oleh penyanyi dalam sebuah lagu atau musik.

Penutup

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai alat musik ritmis dan contoh alat musiknya yang dibagi menjadi alat musik tradisional Indonesia dan dunia.

Semoga tulisan ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas agar dapat membedakan alat musik ritmis dengan alat musik yang lain.

Sekian dan terima kasih !

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *