Biografi Pele

  • 6 min read
  • Okt 18, 2020
biografi dan profil pele
Dianisa Utami
Latest posts by Dianisa Utami (see all)

Profil & Biografi Pele – Pele atau nama panjangnya adalah Edson Arantes do Nascimento lahir 23 Oktober 1940 umur 78 tahun. Ia adalah salah satu legenda bola dunia yang berasal dari negara Brasil.

Pele telah berhasil membawa Brasil menjadi juara Dunia sepak bola kurang lebih 3 kali selama dia berkarir dalam permainan sepak bola.

Kejuaraan tersebut adalah pada tahun 1958 di swedia. Pada tahun 1962 di Chilli, dan pada tahun 1970 di Meksiko. Karena keberhasilan Brasil menjuarai tiga kali berturut-turut.

Maka negara ini berhak mendapat Piala Jules Rimet. Kemudian Pele waktu itu mendapat julukan sang raja atau O rei.

Lebih jelasnya simak biografi Pele lengkap di bawah ini.

Profil & Biografi Pele

biografi dan profil pele

Berikut biografi Pele dari mulai lahir hingga ia manjadi pemain sepakbola yang terkenal di dunia.

#1. Kelahiran

Pele adalah anak pemain sepak bola yang pernah bermain di Fluminense, Dodinho dengan Dona Celeste Arantes, lahir di kota Tres Corcoes.

Sebelum mendapatkan julukan pele, dia sering dipanggi nama Dico. Namun lama-kelamaan teman satu timnya mengubah nama julukannya tersebut dengan merujuk pada kiper Visco da Gama yang ternyata adalah idolanya, dan pada akhirnya dijuluki Pele.

Kehidupan pele jauh dari kata kaya alias miskin di Sao Paulo. Karena kemiskinannya dia mencari uang tambahan sebagai pelayan di kedai teh setempat.

Sejak 1952 baru dia gabung dengan klub lokal, tetapi pada saat itu Pele tidak mampu membeli sepatu sepak bola. Karena tidak memiliki sepatu, maka yang dilakukannya adalah mengikatkan koran bekas di kakinya untuk menggantikan sepatu yang tidak ia miliki, lalu menjadikan buah jeruk sebagai bolanya.

#2. Karir Klub

A. Santos

Pele mengikuti seleksi pemain sepakbola di klub Santos pada tahun tahun 1956,sebuah klub kecil di luar Sao Paulo.

Pemandu bakat bilang kepada presiden klub karena melihat bakat yang dimiliki oleh pele. Dia mengatakan bahwa Pele yang berumur 15 tahun akan menjadi ‘pemain terbaik duna’.

Pada 7 september 1957 Pele memulai debutnya di Santos dengan mencetak 1 gol dari kemennganya 7-1 saat melawan Corinthians dalam pertandingan eksebisi.

Pele telah mendapatkan tempat utama dalam tim senior santos saat liga dimulai. Pada umur 16 tahun di akhir musim kompetisi pele keluar sebagai top score liga.

Hanya dalam waktu yang singkat, tim skuad nasional Brasil memanggil pele untuk bergabung bersama dalam memperjuangkan tim nasional di kanca internasional.

Karena penampilannya yang memukau di Piala Dunia 1962, akhirnya klub raksasa eropa mulai mengincar pele seperti Manchester United, Juventus, dan Real Madrid.

Tapi pemerintah Brasil melarang pele untuk bermain di luar Brasil karena mereka menganggap bahwa pele adalah harta karun negara yang tidak diperbolehkan bermain diluar.

B. Pele 1960

Campeonato Paulista atau juara liga adalah trofi pertama untuk pele saat bersama Santos. Dimana saat itu pele bermain sangat cantik dan menakjubkan yang menjadi pencetak gol terbanyak dengan 56 gol. Hingga sekarang belum ada orang yang bisa mengejarnya.

Setahun kemudian Santos mengalahkan Vasco da Gama dengan score 3-0 yang mengantarkannya dalam mendapatkan trofi Torneio Rio-Sao Paulo yang dipersembahkan oleh O Rei.

Sayangnya pada saat itu Santos tidak bisa mempertahankan trofi Campeonato Paulista. Pele berhasil kembali membawa Santos memenangkan trofi Campeonato Paulista pada tahun 1960, tapi sayangnya kalah dalam Torneio Rio-Sao Paulo. Pele menyelesaikan kompetisi dengan mencetak 47 gol.

Pele telah mempersembahkan 10 trofi Campeonato Paulista sepanjang karirnya di Klub Santos. 10 Trofi tersebut adalah 5 trofi Taca Brazil, 4 Trofi Torneio Rio-Sao Paulo, dan 1 trofi Recopa int dan trofi Torneio Roberto Gomes Pedrosa.

Karena banyaknya trofi yang didapatkan, akhirinya Santos berpartisipasi dalam turnamen bergengsi di Amerika Selatan yaitu Copa Libertadores.

Pada saat itu Pele mempersembahkan kemenangannya kepada Klub Santos sebanyak dua kali pada tahun 1962 dan 1963, dan dia menjadi top score pada turnament tersebut pada tahun 1965.

Pada turnament Piala Interkontinental atau yang sekarang disebut sebagai Piala Dunia Antar Klub pele juga telah mengantarkan Santos menjadi Juara.

Pada turnamen itu santos mengalahkan Benfica dengan score 3-2 dan 4-2 pada tahun 1963, lalu mengalahkan AC Milan dengan sckor 2-4, dan 4-2 serta play-off 1-0. Pele mencetak gol ke seribunya di Santos pada tanggal 19 November tahun 1969.

Gol itu di dapatkan oleh pele saat Santon berhadapan dengan Vasco de Gama lewat tendangan penalti. Karena penampilan Pele yang sangat luar biasa di klub santos membuatnya berkeliling dunia dalam berbagai kompetisi laga eksebisi.

Salah satunya Santos pernah bermain di Nigeria di tengah-tengah perang saudara pada tahun 1967. Tampilnya pele dalam pertandingan tersebut membuat perang dihentikan terlebih dahulu selama kurang lebih 48 jam agar rakyat dapat menyaksikan pemain terbaik,yaitu pele dalam laga eksebisi di Lagos,Nigeria.

Pada tahun 1972 pele kemudian menjadi pensiun sebagai klub Sanots. Pele telah mengoleksi gol sebanyak 1.091 dan 1.115 penampilan selama 17 tahun karirnya bersama Santos. Ini merupakan sebuah rekor Klub dunia.

C. New York Cosmos

Pada tahun 1974, dalam rangka mempopulerkan sepakbola pele tampil sebagai duta bola untuk Amerika Serikat bersama dengan Franz Beckenbauer dan Johan Cruyff.

Walaupun usianya telah berumur 34 tahun, namun pele tetap bergabung bersama klub New York Cosmos dan tampil dengan luar biasa.

Dia bahkan mengantarkan New York Cosmos menjuari NASL [Nort America Soccer League] pda tahun ke tiganya di klub ini. Total gol yang di cetak pele adalah 64 dan 107 pertandingan.

#3. Internasional

Pada tanggal 7 juli tahun 1957 pele mulai berkarir bersama Brasil yang dimana ketika itu Argentina mengalahkan Brasil dengan score 2-1.

Pada usia 16 tahun 9 bulan pele mencetak salah satu gol dalam pertandingan tersebut. Sebagai pemain termuda yang pernah tampi di Brasil, gol inilah ang menjadi rekor buat Brasil.

A. Piala Duni 1958

Pada pertandingan Piala Dunia, debut pertama Pele adalah saat Brasil melawan Uni Soviet. Dalam turnament tersebut, dia adalah pemain termuda.

Ketika melawan Tim Nasional Wales Pele telah berhasil mencetak gol pertamanya untuk Brasil. Kemenangannya melawan Timnas Wales mengantarkan Brasil ke semifinal melawan Prancis.

Brasil telah unggul 2-1 saat babak pertama, kemudia Pele mencetak hattrik, dan menjadikannya pemain muda yang pertama melakukan hattrik, Prancis kalah atas Brasil dengan Score 1-5.

Saat melawan tuan rumah Swedia di final, Pele adalah pemain termuda dengan usia 17 tahun 249 hari yang tampil dalam final Piala Dunia.

Pada pertandingan tersebut dia mencetak dua gol, salah satunya adalah gol terindah yang di catat dalam sejarah Piala Dunia, sebuah lob melewati kepala bek Swedia dan disusul ke arah gawang Swedia yang di jaga oleh Kalle Svensson dengan tendangan kerasnya pele.

Akhirnya pertandingan tersebut dimenangkan oleh Brasil dengan score 5-2. Dalam Top Score Pele menjadi Runer Up dalam turnament tersebut, di bawah Just Fontaine dengan 6 gol. Pada pertama kalinya Brasil meraih Trofi Piala Dunia. 

B. Pilada Dunia 1962

Pele memberi 1 asset pada permulaan pertandingan melawan Mexico dan kemudian setelah melewati 4 pemain Mexico dia mencetak gol keduanya. Dan akhirnya pertandingan tersebut dimenangka oelh Brasil dengan Score 2-0.

Ketika melawan Cekoslowakia sayangnya dia cedera. Sepanjang turnament Pele absen akibat dari cedera tersebut.

Perannya dalam Timnas Brasil digantikan oleh Garrincha dan berhasil membawa Brasil meraih Piala Dunia yang kedua.

C. Piala Dunia 1966

Pada turnamen kali ini di mulai dengan berbagai kontroversi salah satunya adalah Pele menjadi target sleding tekel berutal oleh pemain Portugal dan Bulgaria.

Pergantian pemain pada waktu itu masih belum dibolehkan. Akhirnya Brasil tersingkir dalam pertandingan di babak awal.

Dalam Piala Dunia selanjutnya, Pele bersumpah untuk tidak berpartisipasi kembali setelah kejadian tersebut. Lalu tiba-tiba ia mengubah keputusanny tersebut.

Piala Dunia akhirnya dimenangkan oleh Inggris sekaligus yang pertama kalinya bagi mereka.

C. Piala Dunia 1970

Pada tahun 1969 pele dipanggil kembali untuk memperkuat timnas Brasil, namun ia menolak tawaran tersebut. Pada Piala Dunia 1970 baru Pele menyetujui untuk bermain kembali dalam memperkuat skuad Timnas Brasil dengan mencetak 6 gol.

Karena pada saat itu timnas Brasil dibanjiri pemain terbaik dengan pemain Pele, Tostao, Rivelino, Jairzinho, Carlos Alberto, Clodoaldo, Torres, dan Gerson sebagai anggotanya maka Timnas dijuluki pemain terbaik sepanjang masa.

Pada pertandingan awal Brasil menang melawan Cekoslowakia dengan skor 4-1. Setelah kemenangannya melwang Cekoslowakia kemudia Brasil berhadapan dengan juara bertahan Inggris.

Dimana saat itu pele hampir memasukan gol pertamanya dengan melakukan sundulan jauh ke tiang gawang, akan tetapi bola tersebut diselamatkan leh kpe Inggris yang bernama Gordon Banks.

Akhirnya Brasil menang dalam pertandingan tersebut dengan skor tipis 1-0. Setelah menang, maka lawan berikutnya adalah Rumania dan berhasil dimenangkan Brasil lewan Selecao dengan skor 3-2. Dimana saat itu pencetak gol pertamanya adalah pele lewat tendangan bebas.

Setelah itu, Brasil berhadapan dengan Peru dengan bintang mudanya adalah Teofilo Cubillas. Namun pertandingan tersebut tetap dimenangkan oleh Brasil walapun dibintangi oleh pemain muda.

Tapi Selecao kembali melaju lewat pertandingan dengan skor 4-2 dimana pele memberikan bola assit pada Tostao untuk mendapatkan gol ketiganya bagi Brasil.

Pada semifinal, Brasil dipertemukan dengan Uruguay untuk pertama kalinya sejak Final Piala Dunia  tahun 1950 di Brasil dimana waktu itu Brasil mendapatkankan kabar duka dengan dikalahkannya oleh Uruguay.

Pertandingan semi final ini dipenuhi dengan  emosi karena ingin membalaskan kekalahan pada tahun 1950, dan akhirnya pertandingan tersebut dimenangkan oleh Selecao dengan skor 3-1.

Pada pertandigan final, baru Brasil melawan Italia, dimana gol pembuka di masukan oleh Pele. Dan pertandingan sepak bola melawan Italiapun di menangkan oleh Brasil dengan skor 4-1 dimana gol terakhir menunjukan dominasi Brasil dalam pertandingan ini.

Bola yang di bawa saat itu digiring secara perlahan menuju daerah pertahanan Italian dan akhirnya berhasil dimasukan ke gawang Italia tanpa ada satu pemain Italiapun yang menyentuh bola tersebut.

Penutup

Pele telah menyelesaikan turnamen dengan mencetak gol sebanyak 6. Trosi Jules Rimet akhirnya menjadi milik Brasil selamanya.

Pele tampil kurang lebih 92 kali dengan kostum Selecao  dan mencetak 77 gol. Kemudian akhirnya menjadi rekor terbanyak sepanjang masa untuk Brasil sampai saat ini.

Inilah dia biografi Pele, apabila kalian fans nya pemain legendaris Brasil. Maka artikel ini sangat cocok buat kalian untuk mengetahui awal perjuangannya dalam bermain sepakbola.

Hingga kemudian dia menjadi pemain profesional yang diburu oleh klub-klub besar dunia. Semoga biografi Pele ini menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com