Biografi Taufik Hidayat

  • 4 min read
  • Okt 19, 2020
profil dan biografi taufik hidayat
Dianisa Utami
Latest posts by Dianisa Utami (see all)

Biografi Taufik Hidayat – Olahraga bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang terkenal di Indonesia. Taufik Hidayat adalah salah satu pemain Indonesia yang sudah tidak asing lagi di masyarakat.

Taufik Hidayat adalah seorang pemain bulu tangkis yang telah membanggakan Indonesia di kanca dunia. Ia lahir di bandung pada tanggal 10 Agustus tahun 1981.

Dulu Taufik Hidayat bermain di klub SGS Elektrik Bandung. Dan klub tersebut adalah klub yang menjadikannya pemain profesional.

Taufik Hidayat putra dari pasangan Enok Dartilah dan Aris Haris. Ia adalah seorang pemain yang berhasil mendapatkan medali emas untuk Indonesia pada kejuaraan Olimpiade Athena 2004.

Pada pertandingan Olimpiade Athena tahun 2004 ini, Taufik hidayat berhasil mengalahkan Seung Mo Shon dari Korea Selatan pada babak final.

Pada tanggal 21 Agustus 2005 juga, Taufik Hidayat berhasil mengalahkan Lin Dan yang ketika itu menjadi peringkat pertama dunia dalam kejuaraan dunia.

Dengan prestasi yang diraih pemain Indonesia ini, akhirnya ia menjadi pemain putra tunggal pertama yang memegang gelar Kejuaraan Dunia BWF dan Olimpiade secara terus-menerus.

Taufik Hidayat juga telah berhasil menjadi juara di kejuaraan Asian Games tahun 2002 di Busan dan 2006 di Doha.

Profil & Biografi Lengkap Taufik Hidayat

profil dan biografi taufik hidayat

#1. Kehidupan Pribadi Taufik Hidayat

Taufik hidayat adalah seorang pemain bulu tangkis terkenal Indonesia yang berhasil mendapatkan prestasi di dunia.

Ia adalah seorang anak dari pasangan Aris Haris dan Enok Dartilah. Ia juga telah menikah dengan Ami Gumelar, putri dari Linda Amalia Sari dan Agum Gumelar.

Setelah Taufik Hidayat menikah dengan Ami Gumelar, ia akhirnya dikaruniai seorang putri yang lahir pada tanggal 3 Agustus tahun 2007.

Nama putri kesayangan Taufik dan Ami adalah Natarina Alika Hidayat. Kelahiran anak pertamanya ini tepat sebelum ia berangkat menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Taufik Hidayat berangkat menuju ke Kuala Lumpur untuk mengikuti Kejuaraan Dunia.

Pada tanggal 11 Juni tahun 2010, Taufik juga dikaruniai anak kedua yang kemudian di beri nama Naytama Prawira Hidayat.

Pada tanggal 30 Januari 2009, Taufik mundur menjadi Pelatnas Cipayung dan setelah itu akhirnya ia diangkat menjadi pemain profesional.

Setelah ia diangkat menjadi pemain profesional, bulan Novermber tahun 2012 ia telah mendirikan pusat pelatihan bulu tangkis.

Nama dari pusat pelatihan bulu tangkis Taufik Hidayat adalah Taufik Hidayat Arena [ THA ].

Tempat pelatihan tersebut berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur. Selain itu, Taufik juga telah menjadi salah satu iklan Yonex dalam pengadaan alat-alat bulu tangkis.

#2. Keistimewaan Taufik Hidayat

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang terkenal di dunia. Banyak jurus yang keluar dari setiap pemain yang dengan jurus tersebut ia dapat memenangkan pertandingan.

Begitupun dengan pemain legenda Indonesia, Taufik Hidayat. Ia adalah salah satu pemain yang menciptakan jurus smash yang sampai sekarang belum ada yang menyamainya.

Taufik telah mencatat sebagai pemain dengan pukulan smash tercepat di dunia. Pada Kejuaraan Dunia tahun 2006 di Madrid, ia telah mencetak rekor smash tercepat dengan capaian 305 km/jam.

Pada saat itu, Taufik Hidayat sedang bermain di semifinal. Pukulan ini adalah pukulan pertama yang disaksikan oleh seluruh dunia.

Taufik Hidayat juga telah berhasil melancarakan pukulan smash Backhand tercepat di dunia. Ketika itu kecepatan yang dihasilkannya adalah 206 km.jam.

Teknik dasar bulu tangkis yang digunakan oleh Taufik hidayat ini belum bisa diikuti oleh generasi-generasi setelahnya.

Banyak pemain bulu tangkis, khususnya di Indonesia yang mencoba menggunakan teknik Taufik Hidayat. Hanya saja mereka gagal untuk meniru gaya yang diambil oleh Taufik Hidayat ini.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Taufik Hidayat adalah pukulan drop shot. Karena banyak pemain yang tidak bisa melakukan pukulan drop shot walupun sudah menjadi profesional.

Taufik Hidayat juga bisa melakukan permainan net dengan baik dan jarang melakukan kesalahan saat ia melakukannya di lapangan.

#3. Prestasi Taufik Hidayat

Sekali lagi bahwa Taufik Hidayat adalah seorang pemain bulu tangkis legenda Indonesia yang telah mengharumkan negaranya di kanca dunia.

Kalau ia sudah terkenal di dunia, otomatis prestasi yang ia raih tidaklah sedikit. Oleh karena itu, Taufik Hidayat menjadi pemain legenda.

Inilah dia sederet prestasi yang telah di raih oleh pemain legenda Indonesia.

Pada tahun 1998 taufik hidayat berhasil menjadi juara Brunei Open. Kemudian disusul tahun 1999 ia telah berhasil menjadi juara Indonesia Open dan Juara SEA.

Pada tahun 2000, Taufik Hidayat telah berhasil kembali menjadi juara Indonesia Open, Malaysia Open dan juga telah berhasil menjadi juara di Asia.

Pada tahun 2001, ia telah mendapatkan juara Singapore Open. Kemudian disusul tahun 2002 menjadi juara Sanyo-BNI Maybank Indonesi Open dan juga menjadi juara di Asian Games.

Pada tahun 2003, Taufik Hidayat telah berhasil menjadi juara Sanyo-BNI Maybank Indonesia Open. Kemudian tahun 2004, ia kembali meraih juara Indonesia Open, Juara Kejuaraan Asia dan berhasil meraih juara Olimpiade.

Pada tahun 2005, Taufik Hidayat telah berhasil meraih juara Singapore Open dan meraih juara di Kejuaraan Dunia.

Pada tahun 2006, Taufik Hidayat telah berhasil mendapatkan juara Indonesia Open dan Juara Asian Games. Kemudian pada tahun 2007, ia kembali meraih juara Kejuaraan Asia dan Juara di SEA Games.

Pada tahun 2008, Taufik Hidayat telah berhasil menjuarai Macau Open dan tahun 2009 ia mendapatan juara US Open dan India Open.

#4. Prestasi Taufik Hidayat dari 2010 -2012

Pada tahun 2010, Taufik Hidayat telah berhasil  menjadi juara Canada Open, Indonesia GP Gold dan meraih juara French Open SS.

Pada tahun 2011, Taufik Hidayat telah meraih banyak prestasi. Mulai dari masuk dalam semifinal VICTOR-BWF Superseries Finals. Kemudian ia juga menjadi Runner-Up PROTON MALAYSIA OPEN SUPER SERIES.

Pada tahun 2011 juga, Taufik Hidayat masuk dalam semifinal Victor Korea Open Super Series Premier. Kemudian masuk semifinal Yonex-Sunrise India Open Superseries.

Pada tahun 2011 juga Taufik Hidayat telah berhasil masuk perempat final Indonesia Open Superceries Premier. Di tahun ini juga ia telah berhasil meraih juara India Open Grand Prix Gold.

Pada tahun 2012 Taufik Hidayat telah berhasil masuk dalam semifinal Maybank Malaysia Open yang di presented oleh PROTON. Ia juga telah masuk dalam semi final Swiss Open.

#5. Informasi Pribadi Taufik Hidayat

Kita sekarang akan membahas tentang informasi pribadi Taufik Hidayat

Nama LengkapTaufik Hidayat
Lahir10 Agutus 1981 di Bandung, Jawa Barat, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Berat64 kg
Tinggi1,76 meter
Pelatih Mulyo Handoko
Pegangan RaketKanan
PasanganAmi Gumelar
Rekor 413 menang dan 138 kalah
Peringkat Tertinggike-satu di dunia
Tabel biografi Taufik Hidayat

Kehidupan di Luar Bulu Tangkis

Ketika seorang tokoh sudah terkenal di negaranya atau bahkan di dunia, maka jelas kehidupannya pun akan berbeda dari biasanya.

Taufik Hidayat adalah orang yang terkenal di dunia karena prestasi yang ia raih saat bermain bulu tangkis.

Akan tetapi, dengan prestasi yang ia raih banyak wanita yang menyukai dirinya tersebut. Taufik Hidayat disebut sebagai playboy.

Sebelum ia menikah bersama Ami Gumelar, banyak wanita yang telah ia pacari. Bahkan sekelas artispun pernah menjadi pacaranya Taufik Hidayat.

Nama-nama artis yang pernah menjadi pacarnya Taufik adalah Nola AB Theere, Deswita Maharani dan Linda Rahma.

Bahkan ada seorang perempuan yang bernama Fanny yang mengaku dirinya pernah dihamili oleh Taufik Hidayat.

Fanny dihamili oleh Taufik Hidayat ketika ia masih sekolah. Anak yang lahir dari Fanny ini diberi nama Excel Revian Agachia.

Nah itulah dia sederet kisah atau biografi Taufik Hidayat yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini. Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam mencari informasi yang anda inginkan.

Untuk mendapatkan informasi seputar olah raga, kamu bisa mengunjungi olahraganesia.

Salam Olahraga.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com