Contoh Surat Kuasa

  • 21 min read
  • Sep 03, 2020
kertas dan pena
Kalila Mika
Latest posts by Kalila Mika (see all)

Assalamu’alaikum sahabat sukses, selamat datang kembali di rumah kami, Pernahkah diri anda membuat Surat Kuasa…? Apakah Surat Kuasa itu…? Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas lebih detail perihal contoh Surat Kuasa.

Surat Kuasa pada umumnya banyak digunakan sebagai hal yang berhubungan dengan pengambilan barang, semisal dalam pengambilan gaji, uang, ahli waris, kedinasan, kasus perdata, dana, BPKB, ataupun yang lainnya.

Memang sangatlah penting adanya surat kuasa ini, karena dapat menjadi wakil kita kepada seseorang yang ditunjuk sebagai kuasa hukum daripada keperluan tersebut, maka diharuskan untuk memberi kuasa kepada siapa yang dianggapnya dapat mewakili dan menyelesaikannya.

Meski dalam sekilas terlihat mudah, namun nyatanya banyak orang yang salah dalam pembuatan surat ini. Nah, agar dalam penulisannya bagus dan benar berikut akan kita bahas bersama perihal Surat Kuasa.

Namun sebelum kita masuk kedalam inti pembahasan tentang Contoh Surat Kuasa, saya sarankan anda menyimak dan memahami terlebih dahulu mengenai pengertian, jenis-jenis, tujuan, ciri-ciri, macam-macam, fungsi, hingga bagaimana cara membuat surat kuasa yang baik dan benar. Tidak perlu lagi saya bertele-tele, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Surat Kuasa

Surat Kuasa ialah surat yang berisikan wewenang atau pemberian kuasa kepada seseorang yang telah dipercaya, agar orang tersebut dapat bertindak sebagai wakil dari pemberi kuasa. Ini dilakukan karena mungkin pemberi kuasa tidak dapat hadir, atau memang pemberi kuasa tidak dapat menjalankannya.

Sebagaimana disebutkan dalam KUH Perdata pada BAB XVI pasal 1792 yang bunyinya kurang lebih:

“Pemberian kuasa adalah suatu persetujuan yang berisikan pemberian kekuasaan kepada orang lain yang menerimanya untuk melaksanakan sesuatu atas nama orang yang memberi kuasa”

Fungsi Surat Kuasa

Sebenarnya ketika kita sudah mengetahui pengertian dari Surat Kuasa itu sendiri, kita sudah dapat menyimpulkan sendiri apa sebenarnya fungsi surat ini. Akan tetapi agar lebih jelasnya akan saya sampaikan fungsi dari surat tersebut. Berikut penjelasannya :

Fungsi Surat Kuasa adalah surat yang berposisi sebagai bukti bahwa penerima surat memiliki hak maupun kewajiban untuk bertindak sesuai dengan isi surat tersebut.

Tujuan Pemeberian Suurat Kuasa

Apakah ada beberapa dari kalian yang masih bingung mengenai tujuan dibuatnya surat ini, kalau anda masih bingung saya sarankan anda menyimak hal-hal berikut ini :

  • Tempat, tanggal, bulan, dan tahun kapan surat kuasa dibuat.
  • Jangka waktu berlakunya surat kuasa.
  • Tanda tangan, nama jelas, NIP (jika ada) penerima kuasa.
  • Materai/cap instansi, bila diperlukan.

Ciri Ciri Surat Kuasa

Ada banyak sekali ciri-ciri dari surat kuasa, namun saya tidak akan membahas semuanya. Disini akan saya cantumkan beberapa ciri dari surat ini.

  • Terdapat judul “surat kuasa”
  • Mengandung tujuan sebagai pengalihan kekuasaan kepada orang yang telah dipercaya untuk mengurus kepentingannya.
  • Menggunakan bahasa yang ringkas, padat, baku, mudah dipahami, serta disertai identitas lengkap dari pemberi dan penerima surat kuasa.

Macam Macam Surat Kuasa

Dalam dunia persuratan tentu masing-masing memiliki macamnya sendiri-sendiri, seperti Surat Izin Sakit,  Surat Izin Cuti (hamil), dan masih banyak lagi.

Begitu pula dengan surat kuasa ini, ada banyak macamnya, Namun dari sekian banyak hanya ada 3 macam surat yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Antara lain :

#1. Surat Kuasa Perseorangan

Surat Kuasa perseorangan ialah surat yang dibuat oleh satu pihak dan ditujukan pada pihak lain, yang pasti orang tersebut sudah dipercayainya dalam mengerjakan hal kepentingan pribadi orang yang menyerahkan surat kuasa tersebut.

Sebagai contoh ada salah seorang mantan karyawan yang membuat surat kuasa dengan tujuan meminta gaji pensiunan. Contoh lain ketika seseorang berniat mengambil suatu pesanan barang ataupun yang lainnya.

#2. Surat Kuasa Kedinasan

Surat Kuasa Kedinasan merupakan surat yang hanya dikeluarkan oleh instansi ataupun perusahaan yang diberikan kepada bawahannya, dengan maksud supaya orang tersebut dapat menjalankan kepentingan instansi atau perusahaan tersebut.

Bukan hanya instansi dan perusahaan saja yang memakai surat ini, melainkan kantor-kantor dinas milik pemerintah juga sering memakainya, seperti dinas kependudukan, dinas pendidikan, dinas pendidikan, dan lain sebagainya.

#3. Surat Kuasa Istimewa

Surat Kuasa ini dibuat oleh seseorang atau perusahaan kepada pihak advokat (pengacara) untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pengadilan.

Ada beberapa syarat yang layak untuk diperhatikan dalam pembuatan surat kuasa istimewa ini, diantaranya :

  • Tujuan pemberian kuasa.
  • Identitas pemberi kuasa (nama, jabatan, alamat)
  • Identitas penerima kuasa (nama, jabatan, alamat)

Unsur Unsur Surat Kuasa

Dalam pembuatan surat kuasa yang dibuat oleh seseorang dan instansi/perusahaan pasti ada perbedaan pada bagian-bagian penyusun surat, meskipun keduanya termasuk dalam surat resmi. Untuk mengetahui jawabannya langsung saja kita simak ulasan dibawah ini :

  1. Judul surat
  2. Nomor surat
  3. Nama/organisasi pembuat surat kuasa
  4. Nomor surat (opsional)
  5. Identitas pemberi kuasa
  6. Penerima kuasa
  7. Hal yang dilimpahkan/dikuasakan
  8. Materai (sebagai simbol kekuatan hukum)
  9. Tanggal dan waktu pembuatan surat
  10. Tanda tangan pemberi dan penerima kuasa

Syarat Pembuatan Surat Kuasa

Dalam pembuatan surat kuasa tentulah memperhatikan hal-hal yang terkandung didalamnya, seperti :

  • Surat kuasa yang memiliki bentuk perorangan dibuat tanpa ada unsur pemaksaan sedikitpun dari kedua belah pihak.
  • Jika dalam memberikan surat kuasa keuangan disarankan untuk menyerahkan kuasanya kepada orang terdekat seperti : suami, isteri, dan anak. Bisa juga kepada orang terdekat lainnya. Serta tidak diharuskan untuk memakai materai/kertas segel. Berbeda hal jika memang dibutuhkan atau diharuskan dari pihak perusahaan yang memberikan kertas segel.
  • Perlu diingat ketika membuat surat kuasa perorangan tidak diharuskan untuk mencantumkan nomor surat, berbeda dengan surat kuasa kedinasan yang memang diharuskan untuk mencantumkan nomor surat kuasa tersebut.
  •  Untuk serat kedinasan mesti ditambahkan stempel lembaga/instansi yang berkaitan.
  • Harus dicantumkan tanggal dibuatnya surat kuasa dan penjelasan dari maksud dan tujuan surat tersebut dibuat.
  • Akan dianggap sah jika surat kuasa sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak.
  • Harus jelas dalam mencantumkan identitas dari pemberi serta penerima kuasa.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, surat kuasa sudah menjadi bukti yang sah atas pengalihan kekuasaan. Namun masih ada beberapa syarat lagi yang harus diperhatikan pula :

  • Mencantumkan judul diatas yaitu “Surat Kuasa”, yang menurut hukum bisa juga dianggap sebagai surat kuasa Spesial atau surat kuasa substitusi.
  • Jangan lupa juga mencantumkan pihak-pihak yang ikut serta dalam pengalihan kuasa, seperti : mencatat profil penerima dan pemberi kuasa.
  • Terdapat banyak macam bentuk surat kuasa yang pada umumnya bisa dipakai sebagai: pelimpahan kuasa pengambilan gaji, pengambilan pensiunan dan lain sebagainya.

Kumpulan Contoh Surat Kuasa

Kita sudah paham betul akan banyaknya contoh-contoh surat kuasa. Namun, bagi kalian yang belum tau perihal contoh surat kuasa, saya akan sediakan contoh lengkapnya. Berikut ini contohnya :

#1. Contoh Surat Kuasa Istimewa 1

SURAT KUASA ISTIMEWA #1

Yang Bertandatangan dibawah ini :

Nama lengkap             : Andika Cahyono

Tempat lahir                : Boyolali

Umur/Tgl. Lahir            : 19 Thn, 19 September 1999

Jenis Kelamin               : Laki-laki

Kebangsaan                 : Indonesia

Tempat tinggal            : Jl. Kaligondang No. 3, Boyolali

Agama                         : Islam

Pekerjaan                     : Karyawan Swasta

Pendidikan                   : SMK

Dengan ini mengaku dan menerangkan telah memberi kuasa kepada :

Nurdiansyah, MA.

Selaku Advokat, pengacara dan penasihat hukum pada “KANTOR HUKUM ADVOKAT BOYOLALI” beralamat dan berkantor di Jl.Tgk. Bangak No. 3 Boyolali.

KHUSUS

            Untuk mendampingi, membela serta memberikan nasihat-nasehat hukum terhadap Pemberian Kuasa selaku Terdakwa yang dituduh/disangka telah melakukan/melanggar pasal 27 ayat (3) UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)

Dan untuk itu :

Melakukan segala usaha dan tindakan hukum untuk dan atas nama serta kepentingan Pemberi Kuasa dalam perkara yang disangkakan/didakwakan, mendampingi Pemberi Kuasa pada pemeriksaan tingkat Penyidikan, Penuntutan pada Kejaksaan dan mendampingi/membela kepentingan Pemberi Kuasa di Persidangan Pengadilan Negeri Boyolali, mengajukan dan menandatangani pledoi, membuat dan menandatangani banding dan memori banding, permohonan kasasi, dan bila dianggap perlu menghadap ke semua Pengadilan, Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung, Polri dan Kejaksaan, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Agung, serta pembesar-pembesar dan instansi-instansi pemerintahan baik sipil maupun militer, mengajukan segala permohonan-permohonan yang berkaitan dengan perkara ini dan mengesahkannya, pemberian segala keterangan-keterangan yang dianggap perlu.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sesuai dengan maksud pemberian kuasa ini.

Boyolali, 19 September 2018

Penerima Kuasa                                                                                     Pemberi Kuasa

Nurdiansyah, MA.                                                                              Andika Cahyono, MA.

#2. Contoh Surat Kuasa Istimewa 2

Surat kuasa istimewa juga dapat digunakan untuk menguasakan banyak kewenangan dalam 1 lembar surat. Berikut contoh surat kuasa istimewa yang memuat didalamnya 7 poin pengalihan kekuasaan. Berikut contohnya :

SURAT KUASA ISTIMEWA #2

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Andika Cahyono Spd.

Alamat             : Jl. Pandawa No. 212 Ponorogo

Pekerjaan         : Direktur Utama PT.Sukses Selalu.Tbk

Selanjutnya disebut sebagai pemberi kuasa

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

  1. Nadif firman SH.
  2. Fahmipedia Spd.

Para Advokat dan penasehat hukum di Kantor Dinas Cabang Ponorogo yang berkedudukan di Jl. Mawar No.12 Pontianak. Selanjutnya disebut sebagai PENERIMA KUASA.

KHUSUS

Baik sendiri maupun bersama-sama bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk :

  1. Menerima panggilan dan menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Ponorogo
  2. Membuat menandatangani dan mengajukan gugatan di pengadilan Negeri Ponorogo
  3. Mengajukan jawaban tanggapan, replik, duplik konvensi dan rekonvensi, alat, bukti, saksi, maupun menolak atau menerima jawaban/keterangan/tanggapan serta segala macam alat, bukti dan saksi ahli yang dianjurkan oleh pihak tergugat.
  4. Mengadakan perdamaian maupun penolakan perdamaian.
  5. Melakukan sita jaminan terhadap semua harta kekayaan baik bergerak maupun tidak bergerak.
  6. Menyelesaikan perkara perbuatan melawan hukum.
  7. Melakukan segala jenis tindakan dan upaya hukum yang menguntungkan pemberi kuasa sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan hukum yang berlaku.

Surat kuasa ini diberikan Hak Subtitusi.

  Ponorogo, 13 Maret 2017

Penerima Kuasa I                          Penerima Kuasa II                                                  Pemberi Kuasa

Nadif firman SH.                           Fahmipedia Spd.                                                Andika Cahyono MA.

#3. Contoh Surat Kuasa Umum

surat kuasa umum

Sesuai dengan namanya, contoh surat ini bersifat umum dan bukan surat kuasa rahasia. Surat kuasa umum ini diberikan untuk memberikan wewenang/kuasa untuk pengumpulan buku tugas akhir, buku sumbangan, pengambilan undangan wisuda, dan pengambilan toga.

Karena berhalangan untuk datang, maka pemberi kuasa melakukan hal-hal tersebut secara langsung, untuk menyatakan keabsahannya, dan telah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

#4. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

surat kuasa pengambilan uang di bank

SURAT KUASA PENGAMBILAN UANG dI BANK

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                             : Andika Cahyono

Tempat/Tanggal Lahir   : Boyolali, 19 September 1999

Alamat                           : Jl. Singoprono Km.3 boyolali

No. KTP                         : 392950232043255003

No. HP                           : 085243567824

Yang mana selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Bersamaan dengan surat ini memberikan kuasa kepada :

Nama                             : Diea Ruwitha

Tempat/Tanggal Lahir   : Boyolali, 9 September 1998

Alamat                           : Jl. Singoprono Km.9 boyolali

No. KTP                         : 39295043526895009

No. HP                          : 082133547898

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa.

Dengan ini saya selaku Pemberi Kuasa memberikan kuasa kepada isteri saya yang bernama Dhea Ruwita (Penerima Kuasa) agar dapat melakukan pengambilan uang secara tunai dengan jumlah sebesar RP. 19.000.000,00 (sembilan belas juta rupiah) pada rekening Bank milik saya, dengan data-data sebagai berikut :

No. Rekening              : 78923452423

Atas Nama                  : Masmanto

Nama Bank                 : Bank Krut KC Boyolali

Segala resiko yang mana disebabkan oleh Surat Kuasa ini akan menjadi tanggungjawab dari Pemberi Kuasa sepenuhnya.

Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Boyolali, 19 Januari 2018

Penerima Kuasa                                                                                           Pemberi Kuasa

Diea Ruwita                                                                                                 Andika Cahyono

Ketika kita ingin mengambil uang di Bank umumnya hanya dapat kita ambil oleh pemilik rekening, baik melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau melalui Teller Bank.

Namun jika didapati hal yang bersifat darurat dan membuat pemilik rekening tidak dapat mengambil uang sendiri, maka pengambilan uang dapat dilakukan dengan perwakilan dan tentunya disertai surat kuasa pengambilan uang di Bank.

Adapun beberapa hal yang mesti dicantumkan dalam surat, antara lain :

  1. Pemberi dan Penerima Kuasa
  2. Nominal uang yang akan diambil dari Bank
  3. Detail rekening Bank
  4. Tanda tangan kedua belah pihak

Contoh selanjutnya yaitu surat pengambilan BPKB.

#5. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil

contoh surat kuasa pengambilan bpkb modil

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB MOBIL

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                    : Andika Cahyono

No. KTP                 : 78968523489094

Jabatan                 : Direktur Utama PT. SELALU SUKSES

Alamat                  : Jl. Qona’ah No. 1 Sragen-Jawa Tengah

Dengan ini mewakili PT. SELALU SUKSES yang berkedudukan di Jl. Mangga Dua No.2 Sragen, Jawa Tengah .

Dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama                    : Siapa Aja Ngak Papa

No. KTP                 : 8972317832376

Jabatan                 : Koordinator Supir

Alamat                  : Jl. Manahan No.3 Kec. Wonogiri Jawa Tengah

Untuk                :

  • Mengambil 1 (satu) buah BPKB No.______dari mobil, dengan rincian sebagai berikut :

Type                      :  PAJERO SPORT NHG CO A3-1

Tahun                   : 2016
Rangka                 : MHFAKSJJII045356

Mesin                   :M8967897A

Polisi                    : AK 78648 KA

BPKB atas nama : PT.ASTRA MANDIRI FINANCE

Yang dileasekan di PT.ASTRA MANDIRI FINANCE, sesuai dengan :

Perjanjian nomor                 : 09.344.234.00.674564.9

Tertanggal                           : 19 Januari 2015

  • Menandatangani semua surat keperluan administrasi di PT.ASTRA MANDIRI FINANCE.

Jika pembayaran Uang Sewa Lease/Angsuran ditambah dengan denda keterlambatannya jika ada, sudah lunas keseluruhannya. Dan segala akibat yang ditimbulkan nanti akan menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya.

Demikianlah Surat Kuasa ini saya perbuat dengan pikiran yang sehat tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Wonogiri, 15 Mei 2018

           Pemberi Kuasa                                                                                Penerima Kuasa

Andika Cahyono (Direktur Utama)                                          Siapa Aja Ngak Papa (Koordinator Sopir)

Lampiran :

  1. KTP Pemberi Kuasa
  2. KTP Penerima Kuasa

#6. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

surat kuasa pengambilan bpkb motor

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB MOTOR

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                           :

Tempat/Tgl. Lahir        :

Alamat                         :

Pekerjaan                     :

Selanjutnya disebut sebagai (pihak 1)pemberi kuasa……………………..

Nama                           :

Alamat                         :

Pekerjaan                     :

Selanjutnya disebut sebagai (pihak 2) penerima kuasa…………………….

Saya (pemberi kuasa) dengan ini memberikan kuasa kepada pihak 2 untuk mengambil buku BPKB Motor CBR 150 FG XHD BK 67786 UD Tahun 2016 dengan nomor mesin FGH87HJH090K5453 dan rangka GHFREKLM43IU5475232 di PT. Astra Kun Finance TBK, JL. Mangga Blok III Z/11 Ponorogo.

Demikian surat ini kami buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun, serta bertanggung  jawab penuh apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ponorogo, 12 Maret 2017

Pemberi Kuasa                                                                                    Penerima Kuasa

 Nama Pemberi Kuasa                                                                      Nama Penerima Kuasa

#7. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

conoth surat kuasa pengambilan paspor

SURAT KUASA PENGAMBILAN PASPOR

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap                         : Andika Cahyono

Tempat/Tanggal Lahir               : Boyolali, 19 September 1999

Alamat                                       : Jl. Singoprono Km.3 RT.09/RW.05, Semarang

No. KTP                                      : 392950232043255003

Yang mana selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Dengan surat ini memberikan kuasa kepada :

Nama                                         : Nanda

Tempat/Tanggal Lahir               : Boyolali, 9 September 1998

Alamat                                       : Jl. Singoprono Km.9 RT.05/RW.03, Semarang

No. KTP                                      : 39295043526895009

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa.

Telah dipercaya untuk mengambil paspor milik Pemberi Kuasa dengan nomor A31434235 yang telah selesai proses pengurusan Visa Schengen-nya di Kedaulatan Besar Amerika yang berlokasi di Jl. Marmut No.03, Semarang.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun supaya dipergunakan dengan semestinya.

Semarang, 12 Mei 2017

Pemberi Kuasa                                                            Penerima kuasa

Andika Cahyono                                                           Nanda

#8. Contoh Surat Kuasa Gugatan Cerai

contoh surat kuasa gugatan cerai

SURAT KUASA GUGATAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Kaesang

Umur                           : 45 tahun

Pekerjaan                    : Tukang Tipu

Alamat                         : Jl. Kusuma No.4 Magelang, Jawa Tengah

Dengan ini memberi kuasa kepada :

N a m a                        : Indah Sarimelawati, SH.

pekerjaan                    : Advokat

Alamat                         : Jl. Pengadilan no. XX 15 Jawa Tengah

K H U S U S

Untuk menggugat cerai terhadap suami dari pemberi kuasa yang bernama Nadif Putra, umur 45 tahun, pekerjaan : Petani, tempat tinggal dahulu di Jl. Kusuma No.4 Magelang, Jawa Tengah, sekarang tidak diketahui lagi tempat tinggalnya di wilayah negara Republik Indonesia.

Untuk itu penerima kuasa berhak untuk :

Menghadap kepada para pejabat sipil, dan atau swasta untuk kepentingan.

Sidang pengadilan yang juga bisa menerima perdamaian, menolak perdamaian dan menghadiri rapat rapat untuk tujuan perdamaian. :

Mengajukan bukti-bukti surat, saksi-saksi, meneliti bukti bukti surat lawan, mendengar keterangan saksi-saksi, mengajukan tanggapan atas bukti-bukti dan keterangan saksi tersebut.

Melakukan pencabutan gugatan apabila perdamaian tercapai, mengajukan banding.

Melakukan segala sesuatu yang baik dan berguna untuk kepentingan pemberi kuasa yang sesuai dengan hukum.

Surat kuasa ini diberikan dengan Hak Substitusi.

Demikian, surat kuasa khusus ini dibuat untuk dipergunakan dengan penuh rasa tanggung jawab sebagaimana mestinya;

Magelang, 29 Februari 2018

Penerima kuasa,                                                                             Pemberi kuasa,

( materai 6000 )

Indah Sarimelawati, SH.                                                                      Kaesang

#9. Contoh Surat Kuasa Tanah

conoth surat kuasa tanah

SURAT KUASA TANAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Nadif

Umur                           : 55 tahun

Pekerjaan                    : Swasta

Alamat                         : Jl. Haji Juhri No.12. Sidoharjo, Jawa Tengah

Dengan ini memberi kuasa kepada :

N a m a                        : Lidia

pekerjaan                    : Swasta

Alamat                         : Jl. Mawar No.1 Lamongan, Jawa Tengah

K H U S U S

Untuk dan atas nama pemberi kuasa untuk mengurus :

  • Sepetak bidang tanah yang terletak di Dukuh Sidorejo, Desa Karangan, Kec Ngawur, Kab Tenan 5.060 M2 dan luas 300 M2 dan 13.000 M2 (fotocopy sertifikat terlampir)
  • Bidang tanah tersebut diatas terkena pembangunan jalan TOL
  • Melakukan negosiasi dengan pihak-pihak terkait
  • Menerima pembayaran komisi ganti rugi jalan TOL atas tanah tersebut diatas
  • Melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut diatas

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya, agar dapat digunakan dengan semestinya.

Sidoharjo, 20 Oktober 2016

Penerima Kuasa                                                                       Pemberi Kuasa

Nadif                                                                                         Lidia

#10. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah S1

surat kuasa pengambilan ijazah

SURAT KUASA PENGAMBILAN IJAZAH S1

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama          : Andika Cahyono

NIM            : 038293xx

Jurusan      : Ekonomi

Fakultas      : Ekonomi

Alamat        : Jl. Panjang Pinang No.12 Banyubening , Boyolali

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama          : Nadif Setiawan

No. KTP       : 091982983923892xxxx

Pekerjaan    : Tukang Kebun

Alamat        : Jl. Slamet Riyadi No.12 Surakarta

Untuk dapat mengambil ijazah asli beserta transkrip nilai dan menandatangani dokumen atau berkas yang berkaitan dengan pengambilan ijazah saya di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk keperluan pengambilan ijazah. S1.

Surakarta, 19 September 2017

Penerima Kuasa                                                                          Pemberi Kuasa

Nadif Setiawan                                                                              Andika Cahyono

#11. Contoh Surat Kuasa Balik Nama

contoh surat kuasa balik nama

SURAT KUASA BALIK NAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Andika Cahyono

Alamat                         : Ngadipuro, Sempulur, Karangpandan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama.

Memberikan kuasa kepada :

Nama                           : Nadif Pratama

Alamat                         : Nganglik, Kedutan, Karangan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Sehubungan mengurus perubahan nama kepemilikan dengan data sebagai berikut :

No. Polisi                    : Ak2312 DA

Merk / Type                : Pajero Sport, Da65gfgfy

Model / Jenis              : Sport

Tahun / Warna           : 2016, Hitam

No. Rangka                : DF67868HGFD

No. Mesin                  : KJNJ8974743

Surat Kuasa ini Saya buat guna diperuntukan dengan semestinya.

Karangpandan, 5 Februari 2017

Penerima Kuasa                                                                       Pemberi Kuasa

Andika Cahyono                                                                     Nadif Pratama

#12. Contoh Surat Kuasa Kasus Pidana

tindak pidana

SURAT KUASA TINDAK PIDANA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Andika Cahyono

Umur                           : 40 tahun

Pekerjaan                    : Reporter

Alamat                         : Jl. Munandar No.4 Metro, Jakarta Pusat

Dengan ini memberi kuasa kepada :

N a m a                        : Indah Sarimelawati, SH.

pekerjaan                    : Advokat

Alamat                         : Jl. Pengadilan No.15 Kebon Jeruk, Jakarta Barat

K H U S U S

Untuk menindak lanjuti Pencemaran Nama Baik dari pemberi kuasa yang bernama Andika Cahyono, umur 40  tahun, pekerjaan : Reporter, beralamatkan di Jl. Munandar No.4 Metro, Jakarta Pusat

Untuk itu penerima kuasa berhak untuk :

  • Membuat, menandatangani, mengajukan permohonan-permohonan, serta memberikan keterangan-keterangan, mengajukan surat-surat yang berkaitan dengan perkara ini dihadapan pihak-pihak yang terkait atau instansi pemerintah terkait.
  • Menghadiri dan mendampingi pemberi kuasa di Kejaksaan Negeri Lawpreneur sebagai tersangka, berbicara, memberi keterangan, mengajukan, mengajukan saksi-saksi dan bukti-bukti lainnya.
  • Memberikan somasi, melakukan mediasi, menghadiri mediasi atau upaya-upaya lainnya sepanjang terkait dengan permasalahan yang dialami oleh pemberi kuasa tersebut diatas.
  • Menghadap ke pejabat-pejabat KEPOLISIAN, KEJAKSAAN, PENGADILAN DISEMUA TINGKAT dan INSTANSI-INSTANSI LAIN YANG TERKAIT, sepanjang yang berkaitan dengan perkara yang dialami oleh pemberi kuasa tersebut di atas.
  • Termasuk melakukan tindakan lainnya sepanjang berkaitan dengan perkara ini, dan tindakan yang demikian dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  • Sidang pengadilan yang juga bisa menerima perdamaian, menolak perdamaian dan menghadiri rapat rapat untuk tujuan perdamaian. :
  • Mengajukan bukti-bukti surat, saksi-saksi, meneliti bukti bukti surat lawan, mendengar keterangan saksi-saksi, mengajukan tanggapan atas bukti-bukti dan keterangan saksi tersebut.
  • Melakukan pencabutan gugatan apabila perdamaian tercapai, mengajukan banding.
  • Melakukan segala sesuatu yang baik dan berguna untuk kepentingan pemberi kuasa yang sesuai dengan hukum.
  • Surat kuasa ini diberikan dengan Hak Substitusi.

Demikian, surat kuasa khusus ini dibuat untuk dipergunakan dengan penuh rasa tanggung jawab sebagaimana mestinya;

Jakarta, 30 Januari 2016

Penerima kuasa,                                                                        Pemberi kuasa,

( materai 6000 )

Indah Sarimelawati, SH.                                                                   Andika Cahyono

#13. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen

contoh surat pengambilan dokumen

SURAT KUASA PENGAMBILAN DOKUMEN

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                          :  Andika Cahyono

Tempat/Tgl. Lahir       :  Makasar, 19 September 1998

Alamat                        :  Sempulur, Karanganyar, Jawa Tengah

Pekerjaan                    :  Dosen

Selanjutnya disebut sebagai (pihak 1)pemberi kuasa……………………..

Nama                           :  Edy Kurniawan

Alamat                         :  Bendungan, Karanganyar, Jawa Tengah

Pekerjaan                     :  Dosen

Selanjutnya disebut sebagai (pihak 2) penerima kuasa, guna mengambil Dokumen Rahasia Perusahaan Batu Bara yang berada di Jl. Kusuma No.13 Karanganyar, Jawa Tengah

Demikian surat ini kami buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun, serta bertanggung  jawab penuh apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Karanganyar, 1 Maret 2017

Pemberi Kuasa                                                                                    Penerima Kuasa

Andika Cahyono                                                                              Edy Kurniawan

Penutup

Demikian kumpulan dari contoh surat kuasa yang biasa nya digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Semoga tulisan ini menjadi referensi dan dapat membantu permasalahan yang sedang Anda hadapi.

Terimakasih

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com