Jenis Ikan Koi

  • 10 min read
  • Sep 15, 2020
ikan koi
Syakila Rahma
Latest posts by Syakila Rahma (see all)

Jenis Ikan Koi – Ikan koi ialah ikan yang banyak digemari oleh kalangan pecinta ikan, bukan tanpa alasan, sebab ikan ini memiliki rupa yang indah. Selain itu ikan koi oleh beberapa kalangan dianggap dapat mendatangkan hoki bagi sang pemilik.

Ikan koi adalah jenis ikan hias air tawar yang terkenal baik di Indonesia maupun di dunia. Ikan koi sendiri merupakan ikan asli dari Jepang, pada mulanya ikan koi sering kali dijadikan sebagai ikan konsumsi.

Seperti halnya dengan spesies ikan lain, ikan koi memiliki banyak variasi, bahkan seiring perkembangannya ikan jenis koi memiliki keunikan yang luar biasa.

Seringkali ikan koi mendapatkan sorotan, baik di media nasional maupun media internasional. Tentu hal tersebut dikarenakan keunikan yang dimiliki oleh ikan koi.

Untuk di Indonesia sendiri ikan koi banyak dijual hingga pelosok-pelosok daerah, harganyapun bervariatif dari yang murah hingga yang mahal, tentu tergantung dari ras ikan koi dan keunikannya.

Sedangkan untuk ikan koi termahal sampai saat ini masih  di pegang oleh ikan koi dengan spesies black dragon yang ada di Momotaro Farm, yaitu seharga 3 miliar .

Sementara itu dibeberapa negara ikan koi dijual dengan harga yang fantastis juga, semisal untuk anakan mereka menjual hingga 10.000 Dollar.

Jenis Ikan Koi Ras Shiro Bekko

jenis ikan koi, ikan koi, gambar ikan koi, ikan koi shiro bekko

Ikan koi shero bekko adalah ikan hias dengan warna yang indah. Perpaduan warna silver dan kuning membuatnya semakin anggun ketika berada dalam air.

Selain perpaduan warna dasar silver dengan warna kuning kepalanya, Ikan koi shero bekko memiliki warna hitam dengan bentuk kecil-kecil disekujur badannya.

Ikan ini juga memiliki anatomi yang tidak jauh berbeda dengan ikan mas biasa.

Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

jenis ikan koi, gambar ikan koi, ikan koi shiro utsuri

Koi shir utsuri jika dilihat sekilas nampak hampir sama dengan koi tipe shiro bekko. Akan tetapi jika sahabat perhatikan secara mendetail, tentu memiliki perbedaan, mulai dari pola sampai warna.

Jika jenis ikan shiro bekko memiliki warna dasar silver dengan bercak hitam di sekujur tubuhnya, berbda halnya dengan koi shiro utsuri, yaitu kebalikan dari koi bekko.

Jenis Ikan Koi Kohaku

jenis ikan koi, ikan koi, ikan hias, ikan koi kohaku

Kalau tipe ikan koi ini saya yakin pasti hampir semua orang tahu, memiliki ciri khas warna merah dan putih. Koi ras kohaku ini merupakan jenis koi paling tua diantara ikan koi. Selain itu koi jenis ini termasuk ke dalam ikan koi tercantik di Dunia.

Jenis Ikan Koi Kujaku

jenis ikan koi, ikan hias, ikan koi kujaku, gambar ikan koi

Keluarga ikan koi kujaku ini tampak cantik dengan bulatan warna merah di kepala bagian atasnya. Sekilas mungkin mirip seperti kohaku.

Meski memiliki penampilan yang hampir mirip dengan koi kohaku, namun coraknya berbeda.

 Jenis Ikan Koi Shiro Matsuba

jenis ikan koi, ikan koi matsuba, gambar ikan koi

ikan koi shiro matsuba memiliki warna dasar putih dengan sedikit warna hitam pada bagian sisiknya. Tapi jika melihatnya hanya sekilas atau tidak terlalu diperhatikan, warna ikan koi shiro matshuba ini hanya terlihat putih saja.

Jenis Ikan Koi Tancho

ikan koi tancho, jenis ikan koi, gambar ikan koi tancho

Ikan koi tancho merupakan ras terbaik, untuk mengenali jenis ikan ini cukup mudah, karena memiliki warna yang begitu mencolok yaitu tepat di atas kepalanya terdapat corak dengan warna merah. Sedangkan untuk warna dasarnya sendiri berwarna putih atau silver.

Koi Jenis Aka Matshuba

ikan koi matsuba, aka matsuba, gambar ikan

Aka matshuba masih satu jenis dengan shiro matshuba, perbedaannya hanya pada warna dasar yang dimilikinya. Aka matshuba memiliki warna dasar merah dengan pola warna hitam menyerupai jaring dipunggungnya.

Sedangkan shiro matsuba memiliki warna dasar putih. Untuk warna hitam yang menyerupai jaring ini memang warna hitam sungguhan bukan bekas luka.

Sebab ada beberapa penjual yang menawarkan ikan koi aka mathuba palsu.

Ikan Hias Koi Thanco Showa

gambar ikan koi tancho sowa, jenis ikan koi

Ikan koi thanco showa hampir serupa dengan ikan koi utsuri shiro dan kohaku sanke. Jenis ikan ini memang begitu unik, sebab merupakan hasil persilangan antara koi kohaku dengan utsuri shiro.

Perbedaannya memang hanya terletak pada corak ikan, dari segi bentuk dan dan lainnya kurang lebih sama.

Ikan Hias Koi Thanco Kohaku

ikan koi thanco kohaku, jenis ikan koi, gambar ikan koi

Sebetulnya ikan hias koi jenis thanco kohaku sangat mirip dengan jenis thanco, akan tetapi yang menjadi pembedanya ialah bulatan merah di kepalanya lebih terlihat presisi.

Tentu berbeda halnya dengan koi thanco yang memiliki warna merah di kepala yang lebih tidak beraturan.

Selai hal tersebut, koi thanco kohaku memiliki warna merah dibagian kepala dengan warna merah cerah tanpa noda.

Ikan Hias Koi Tancho Goromo

jenis ikan koi, ikan hias, koi tancho goromo, gambar ikan

Jenis ikan koi selanjutnya ialah jenis tancho goromo, dimana koi ini memiliki bentuk indah yang tak kalah menarik dengan koi lainnya.

Jika dilihat dari segi fisiknya, koi jenis ini memiliki warna dasar putih dengan corak hitam di bagian kepala. Selain corak hitam dibagian kepala, terdapat perisai diantara bagian mata.

Namun sayangnya untuk saat ini jenis ikan hias koi tancho goromo memiliki jumlah populasi yang sedikit.

Ikan Koi Thanco Kujaku

ikan koi kujaku, jenis ikan koi, gambar ikan koi, ikan koi kujaku

Ikan koi jenis thanco kujaku sangat mirip sekali dengan koi thanco kohaku, mulai dari corak dan bentuk. Namun yang menjadikan perbedaan ialah terletak pada warna bulatan yang terdapat di atas kepala ikan.

Jika koi thanco kohaku memiliki bulatan dengan warna merah di atas kepalanya, sedangkan jika thanco kujaku memiliki lingkaran dengan warna kuning.

Ikan Koi Thanco Sanke

jenis ikan koi, gambar ikan koi, ikan koi tahanco sanke

Ikan koi jenis thanco sanke mirip dengan ikan koi tancho showa. mulai dari warna dasar hingga corak yang terdapat pada tubuhnya.

Akan tetapi yang menjadi pembeda, koi jenis thanco sanke memiliki tambahan corak warna, yaitu warna hitam dibagian belakang, tepatnya hampir dekat ekor.

Ikan Koi Jenis Ki Bekko

jenis ikan koi, ikan koi ki bekko, gambar ikan koi

Ikan koi jenis ki bekko terlihat lebih indah, apalagi bagi mereka yang menyukai ikan hias dengan warna cerah, sebab jenis koi ki bekko ini memiliki warna dasar kuning dengan corak warna hitam disekujur tubuhnya, mulai dari kepala hingga ekor.

Koi Jenis Aka Bekko

jenis ikan koi, koi aka bekko, gambar ikan koi aka bekko

Jenis koi selanjutnya ialah ikan koi aka bekko, kira-kira seperti apa koi aka bekko ini?

Koi aka bekko secara garis besar mirip dengan koi bekko lainnya, yang menjadi pembeda hanyalah terdapat pada warna dasar.

Jika koi dengan jenis ki bekko memiliki warna dasar kuning pada bagian keseluruhan tubuhnya, sedangkan untuk warna aka bekko ini berwarna merah.

Ikan Koi Jenis Kumonryu

gambar ikan koi, jenis ikan koi, ikan koi kumonryu

Bisa jadi ikan koi dengan jenis kumonryu ini adalah ikan yang paling unik sekaligus menakjubkan, karena setiap tahunnya koi kumonryu mampi mengubah warnanya sendiri.

Entah apa penyebab yang pastinya, namun untuk sementara waktu menurut perkiraan, perubahan yang terjadi pada ikan koi jenis kumonryu ini dikarnakan perubahan suhu dan PH yang terdapat dalam air.

Koi kumonryu merubah dirinya pada musim dingin menjadi berwarna hitam, sedangkan pada musim panas atau musim semi tubuhnya menjadi warna putih.

Bgaimana cukup unik bukan?

Jika tidak percaya bisa sahabat buktikan dengan membeli ikan koi jenis ini, dan kemudian dipelihara.

Ikan Koi Beni Kumonryu

jenis ikan koi, ikan koi beni kumonryu, gambar ikan, jenis ikan

Ikan koi jenis beni kumonryu ini memiliki kemampuan yang sama dengan ikan koi kumonryu biasa, yaitu dapat mengubah warna tubuhnya ketika memasuki musim dingin.

Jika koi kumonryu biasa dapat mengubah warna tubuhnya menjadi hitam, maka jenis beni kumonryu ini mengubah tubuhnya menjadi warna merah.

Ikan Hias Koi Aka Hajiro

jenis ikan koi, aka hajiro, jenis ikan koi, gambar ikan koi

Ikan koi aka hajiro merupakan turunanan dari jenis ikan koi hajiro. Memili warna tubuh merah secara keseluruhan.

Tentu ikan jenis ini sangat pas bagi sahabat pecinta warna merah. Selamat mencoba memelihara ya.

Ikan Koi Hajiro

ikan koi hajiro, jenis ikan koi, gambar ikan koi

Jika ikan koi jenis yang lain memiliki variasi warna, setidaknya terdiri dari dua warna, namun koi hajiro hanya memiliki satu warna, yaitu hitam saja.

Sedangkan untuk bagian lainnya tidak jauh berbeda bahkan sama dengan ikan koin jenis lain.

Koi Beni Kikokuryu

jenis ikan, ikan indah, ikan koi, gambar ikan koi, ikan koi kikokuryu

Jenis ikan koi beni kikokuryu merupakan ikan yang terbilang unik, cantih, bagus dan indah. Mengapa dapat menyimpulkan seperti itu?

Sederhana saja sebenarnya, karena ikan jenis beni kikokuryu ini memiliki 3 warna berbeda yang menyelimuti tubuh si ikan.

Meskipun terlihat kurang rapi, apabila kita melihat dari segi coraknya, tapi menurut saya koi ini tetap terlihat menawan.

Jenis Ikan Koi Kikokuryu

jenis ikan koi kikokuryu,gambar ikan koi, ikan koi

Ikan koi kikokuryu dapat dibilang merupakan ikan koi yang yang bagus, karena memiliki corak yang begitu rapih. Berwarna dasar putih dengan corak hitam yang terus berjejer dari kepala hingga ekor.

Jika kita perhatikan secara seksama dan mendetail, motif yang dimiliki ikan ini seperti hal kuda zebra.

Ikan Koi Goromo

ikan koi goromo, jenis ikan koi, gambar ikan koi goromo

Jenis koi goromo merupakan ikan koi hasil perkawinan antara ikan koi jenis kohaku dengan jenis asagi atau ikan asagi dengan jenis sanshoku.

Keunikan yang dimiliki koi goromo adalah memiliki corak yang indah dengan warna dasar putih. Kebanyakan dari jenis goromo ini memiliki corak berwarna merah dan hitam dengan lingkaran biru disetiap sisinya.

Ikan Koi Sumi Goromo Fish

jenis ikan koi, koi sumi guromi, gambar ikan koi

Sumi goromi fish memiliki kesamaan dengan ikan koi jenis shiro utsuri, terutama warna dasar yang dimiliki berserta motif diseluruh tubuhnya.

Koi ini tampak cantik dengan warna hitam yang mengkilat.

Ikan Koi Budo Guromo

jenis ikan koi, gambar ikan koi, koi budo goromo

ikan hias koi budo guromo memiliki penampilan yang hampir sama dengan ikan koi kohaku, yang membedakannya budo guromo memiliki warna merah pada coraknya.

Koi ini digadang-gadang merupakan jenis koi yang memiliki kualitas tinggi.

Jenis Ikan Koi Ogon

ikan koi ogon, jenis ikan koi, gambar iikan koi

Menurut saya pribadi jenis koi ogon memiliki keistimewahan tersendiri, dengan warna kuning emas mengkilat. Koi ogon ini pertma kali ditemukan pada tahun 1946 oleh sawati bersama dengan putranya, yang kemudian dijadikan sebagai ikan koi indukan.

Setelah beberapa kali dikawinkan, disilangkan dengan koi lain, barulah muncul ikan koi ogon ini. Ikan koi ogon ini merupakan generasi 4-5 dari perkawinan ikan tersebut.

Ikan Koi Goshiki Goromo

jenis ikan koi, gambar ikan koi, ikan koi goshiki goromo

Ikan koi goshiki goromo merupakan koi dengan corak warna hitam di sekeujur badannya. Koi jenis ini cukup bagus untuk kalian pelihara.

Ikan Hias Platinum Ogon

jenis ikan koi, platinum ogon, gambar ikan koi

Sesuai dengan namanya, yaitu platinum ogon memiliki warna silver atau platinum. Jenis ikan ini sangat indah tatkala terpapar oeh sinar matahari.

Ikan jenis platinum ogon ini hanya memiliki satu warna saja.

Ikan Koi Orenji Ogon

jenis ikan koi, ikan koi orenji ogon, gambar ikan koi

Sesuai dengan namanya yaitu orenji, dalam bahasa indonesia berarti oren dan dalam bahasa inggris adalah orange.

Ikan koi ini seluruh tubuhnya memiliki warna oren tanpa terkecuali, sedangkan untuk bentuknya sendiri menyerupai ikan mas.

Jika sahabat berencana memelihara koi, maka ras ogon ini direkomendasikan untuk diplihara sebab memiliki warna yang cantik dan indah.

Ikan Koi Ras Yambuki Ogon

jenis ikan koi, ikan koi, gambar ikan koi, ikan koi yamabuki ogon

Ikan koi yamabuki ogon memiliki warna kuning mengkilat disekujur tubuhnya, serta memiliki bintik hitam disetiap ujung sisiknya.

Ikan ini sangat terliahat indah ketika berada dalam air yang jernih.

Di Indonesia sendiri ikan koi jenis yambuki ogon cukup populer, bahkan sudah banyak diantaranya telah di pelihala oleh masyarakat luas.

Ikan Koi Ki Utsuri

ikan koi, gambar ikan koi, koi ki utsuri

Ikan koi ki utsuri memiliki warna dasar hitam dengan corak warna kuning terang, ikan ini sangat cantik ketika berada di kolam dengan air yang jernih.

Apabila di bandingkan dengan koi shiro utsuri, letak perbedaannya hanya dalam hal warna saja, baik dalam warna dasar maupun corak warna.

Koi Nezu Ogon

Jenis ikan koi nezu ogon

Ikan koi nezu ogon merupakan ikan koi dengan tubuh berwarna emas yang agak kehitaman serta mempunyai bibir yang uckup lebar, hal tersebut merupakan ciri khas dari ikan koi nezu ogon ini.

Jika diperhatikan dengan saksama, maka ikan koi nezu ogon ini, tidaklah sama dengan koi pada umumnya.

Bahkan dibeberapa kesempatan sahabat akan menemukan nezu ogon memiliki kumis, anaeh bukan?

Meskipun begitu, nezu ogon memiliki banyak penggemar, mungkin bisa jadi termasuk sahabat.

Ras Koi Showa Shansoku

jenis ikan showa sanoku

Ikan koi memang banyak sekali ya, setelah pada bagian sebelumnya kita membahas ikan koi ogon, pada bagian ini kita memasuki pembahasan ikan koi dengan kelompok showa.

Ikan koi showa pun terbagi kedalam beberapa turunan lagi, yang pertama yang akan kita bahas adalah showa sansoku.

Showa sansoku merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar gelap dengan warna corak merah, pokonya cantik jika kita lihat ikan ini sedang bergoyang-goyang di dalam air, percaya gak? Coba buktikan saja sendiri.

Namun apabila kita lihat sekilas, showa sansoku tidak jauh berbeda dengan ikan koi taisho sanke, perbedaannya hanya terletak pada warna dasar yang dimiliki.

Ikan Koi Kin Showa

jenis ikan koi kin showa

Ketika kalian pertama kali melitah ikan koi kin showa ini dipastikan akan langsung jatuh cinta, sebab memiliki bentuk serta warna tubuh yang cantik.

Kin showa merupakan ikan koi hasil perkawinan antara ogon platinum dengan showa, maka tidaklah heran jika memiliki warna dasar pada tubuhnya dengan warna perak seperti halnya ogon platinum. Akan tetapi untuk bagian tubuh lainnya, sperti corak dan bentuk lebih mirip ikan koi showa.

Ikan Hias Koi Boke Showa

jenis ikan koi boke showa, gambar ikan koi

Ikan koi beke showa merupakan ikan koi berjenis showa, ikan ini tentu tidak kalah menarik deganJenislain seperti ogon ataupun saragoi.

Dalam memelihara ikan koi tentu, tergantung selera, karena terkadang seseorang sangat menyukai ras tertentu saja dari ikan koi. Akan tetapi tidak sedikut juga orang yang menyukai berbagai bahkan semua ikan koi yang ada.

Ko boke showa dapat dilihat dari sisik yang kusam, serta memiliki warna merah pada bagian kepalanya. Memiliki warna dasar putih serta pola yang hitam, namun hitamnya ridak terlalu kentara, artinya tidak gelap dan tidak terang juga.

Koi Shanke

jens ikan koi sanke, gambar ikan koi

Ada pernah yang mendengar ikan koi shanke? Menurut mereka para pecinta ikan, ikan koi shanke merupakan salah satu ikan koi terbaik.

Ikan koi shanke atau taisho merupakan koi dengan warna dasar putih, yang menjadikannya terlihat cantik, koi shanke memiliki pola tau garis dengan warna merah di sekujur tubuhnya. Jika dilihat sekilas shanke ini mirip dengan ikan koi kohaku.

Shanke atau taisho memiliki perbedaan dengan kohaku, sebab taisho ini tdiatas punggungnya terdapat warna hitam yang tdak sampai kepala.

Koi shanke sendiri merupakan hasil perkawinan antara ikan koi kohaku dengan koi shiro bekko, shingga tak heran jika memiliki kemiripan dengan koi kohaku.

Ikan Koi Hi Showa

jenis ikan koi

Koi dengan hi showa tak jauh berbeda dengan koi showa sebab hi showa merupakan turunan dari showa. Memiliki bentuk yang hampir sama bahkan dapat dibilang mirip.

Memiliki warna dasar putih dengan kombinasi hitam dan merah, ikan koi ini terbilang digemari banyak pecinta koi.

Koi Benigoi

jenis ikan koi

Koi benigoi merupakan ikan koi yang dapat dibilang tidak biasa sebab memiliki tubuh yang cukup gempal alias gendut. Kalo digoreng enak tentu ya, sebab memiliki daging yang lebih tebal.

Namun siapa sih yang akan tega menggoreng si benigoi ini, kecuali sudah dalam keadaan mati.

Benigoi tampak lebih lucu dengan badan gempalnya.

Selain memiliki tubuh gempal, perbedaan yang mecolok adalah dari segi warna, jika koi dengan jenis lain memili warna yang warna-warni, sedangkan benigoi memiliki warna jingga terang. Tertarik untuk memiliki ikan gempal ini, silahkan kunjungi tempat jual ikan hias.

Koi Karasugoi

jenis ikan koi

Selanjutnya kita akan membahas ikan koi karasugoi, ikan koi dengan warna yang gelap, meskipun gelap karasugoi tidaklah kalah menarik dengan ikan koi lainnya.

Mungki bagi kalian bisa dijadikan sebagai pelengkap koleksi ikan koi, sebab jika dipadukan dengan ikan koi lain tentu karasugoi akan terlihat cantik juga.

Ikan Koi Ras Soragoi

Koi soragoi memiliki warna abu-abau, seperti yang telah kita ketahui bahwa warna abu merupakan warna yang sifatnya netral.

Sehingga dapat dipadukan dengan warna yang lain.

Tentu warna ini menjadi keuntungan bagi pecinta ikan koi, sebab koi dengan warna netral ini akan cocok dipadukan dengan koi ras apapun.

Ikan Koi Kigoi Fish

jenis ikan koi

Kigoi adalah ikan koi dengan warna kuning emas tanpa corak sama sekali, sedangkan untuk ukuran tubuh dan bentuk yang lainnya tidak jauh berbeda dengan kelompok ikan koi lain.

Tentu dengan kalian mengoleksi ikan koi ras ini akan mewarnai kolam ya.

Ikan Koi Chagoi

jenis ikan koi

Chagoi adalah ikan koi yang berbeda dengan yang lain, terutama soal warna tubuh. Kebanyakan ikan koi memiliki warna tubuh metalik atau bisa dibilah cerah.

Sedangkan untuk ikan koi chagoi ini berwarna kuning keruh.

Koi Doitsu Hariwake

jenis ikan koi doitsu hariwake

Warna paltinum atau silver di padukan dengan warna kuning emas menjadikan ikan koi doitsu hariwake tampak benar-benar indah. Apalagi dalam keadaan atau kondisi terkena cahaya.

Untuk ukuran serta bentuk tubuh ikan koi ini tidaklah jauh berbeda alias sama.

Koi Sushui

jenis ikan koi sushui

Ada yang unik dari ikan koi sushui, keunikan tersebut terlaetah pada bagian tubuh ikan yang tidak memiliki sisik sama sekali kecuali hanya sedikit dibagian punggung.

Sisik dipunggung tersebut memiliki warna gelap, sedangkan untuk warna tubuh keseluruhan adalah warna putih dengan diselimuti warna merah atau orange .

Kalian dapat menjadikan koi sushui sebagai peliharaan, baik dikolam atau di aquarium. Ikan ini tentu akan tampak indah.

Koi Keluarga Kikusui

jenis ikan koi kikusui

Sekilas koi kikusui lebih mirip dengan koi tancho, memiliki warna yang simpel, hampir kesulurahan tubuhnya berwarna putih, dan ada setitik atau sedikit warna merah pada bagian kepala.

Jenis Ikan Koi Asagi

jenis ikan koi asagi

Koi asagi bisa dibilang merupakan koi yang cukup terkenal di dunia, hampir diantara mereka para pecinta ikan mengatahui ikan koi ini.

Koi asagi juga ternyata termasuk salah satu jenis ikan koi tertua.

Sedangkan untuk ciri-cirinya sendiri, koi asagi memiliki warna biru dengan corak merah atau orange dibagian perutnya. Untuk bagian kepala sendiri berwarna putih bersih tanpa warna.

Jenis Ikan Koi Shigure Ochiba

jenis ikan koi

Koi shigura ochiba telah mempesona banyak orang diseluruh dunia, tentu lewat keindahannya. Lalu seindah apakah koi dengan ras ini? Mari kita cari tahu.

Ochiba shigure dalam bahasa indonesia sendiri adalah daun gugur yang jatuh kedalam air, kok bisa ikan ini mendapatkan julukan seperti itu.

Menurut analisis saya sendiri, ikan ocihiba shigure memiliki warna yang mirip dengan daun yang telah gugur.

Ochiba sendiri merupakan hasil persilangan dari koi sharagoi dan chagoi. Berdasarkan informasi yang telah beredar ras ikan ini dihasilkan lewat perjuangan yang tidak kenal lelah, sebab beberapa kali tercatat dilakukan persilangan.

Jenis Ikan Koi Yamato Nishiki

jenis ikan koi

Ikan koi yamato nishiki memiliki kemiripan dengan koi showa, yang membedakan hanyalah warna tubuhnya dimana yamato nishiki memiliki sisik lebih keperakan.

Jenis Ikan Koi Black Dragon

jenis ikan koi, black dragon

Ini dia ikan koi sempet saya bahas pada bagian atas, ikan koi macam black dragon terkenal dengan harganya yang mahal, kok bisa?

Alasannya cukup sederhana, mengapa black dragon termasuk ke dalam ikan yang mahal, jika dibandingkan dengan harga ikan koi lainnya. Sebab ikan koi dengan spesies ini susah didapatkan alias langka.

Kelangkaan ikan koi ras black dragon disebabkan sulitnya membudidayakannya.

Sampai saat ini black dragon masih memegang rekor sebagai ikan koi termahal yang ada di dunia. Apakah kalian tertarik untuk memilikinya.

Jenis Ikan Koi Hikari

jenis ikan koi hikari

Ikan koi hikari merupakan ikan koi terakhir yang akan kita bahas dalam artikel ini, sebenarnya ikan koi masih banyak macamnya.

Semisal ikan koi hikari, masih memiliki banyak turunan.

Tapi rasanya saya sudah nulis terlalu banyak, maka saya putuskan jenis ikan koi hikari ini, merupakan ikan koi terakhir yang saya bahas.

Ikan koi hikari merupakan hasil dari persilangan antara utsuri dengan ogon, jenis hikari ini lumayan bagus sama halnya dengan ikan koi lainnya. Selain jenis ikan koi, sebetulnya masih banyak jenis ikan lain yang dapat kalian peliahra. Baik jenis ikan laut ataupun air tawar.

Telah kita bahas bersama-sama mengenai jenis ikan koi yang ada di dunia, semoga apa yang telah diulas dan dibahas dapat memberikan wawasan serta pengetahuan bagi kita semua.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jangan lupa beri komentar ya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com