Kata Kata Anak Rantau

  • 6 min read
  • Jul 18, 2020
merantau
Anatya Alifa
Latest posts by Anatya Alifa (see all)

Bagi sebagian orang merantau bukanlah hal yang asing, kegiatan semacam ini telah dilakukan sejak jaman dahulu. Tujuannya pun beragam, mulai dari mencari sebuah pekerjaan hingga melanjutkan pendidikan.

Menurut saya sendiri menjadi anak rantau tidaklah mudah, sebab banyak ujian dan tantangan terutama soal perasaan rindu kepada keluarga.

Ada hal yang menarik dari anak rantau itu sendiri, biasanya anak rantau cendrung lebih kuat dan tahan banting secara mental, bahkan mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih.

Berikut saya akan sajikan beberapa quotes atau kata kata mutiara tentang anak rantau yang memotivasi dan bisa bikin kalian semangat menjalani hidup diperantauan, contohnya seperti kata kata berikut ini.

Merantaulah karena dengan merantau kau akan tahu makna hidup.

Arti & Makna Merantau

merantau

Merantau adalah perginya seseorang dari tempat kelahirannya, dimana ia tumbuh dan dibesarkan menuju ke suatu tempat yang lain, tujuan berbagai hal dengan waktu yang cukup lama bahkan tidak ditentukan.

Hal apa saja yang akan dirasakan ketika memutuskan untuk merantau, berikut diantaranya;

  • Kamu akan menjadi orang yang bertanggung jawab.
  • Kamu akan menjadi orang yang mandiri.
  • Kamu menjadi mudah dalam beradaptasi.
  • Kamu bisa lebih survive dalam hidup.
  • Kamu akan menyukai tantangan.
  • Kamu akan menjadi seseorang yang ingin tahu segala hal.
  • dll

Merantau itu adalah yang sangat menarik, bahkan beberapa daerah di Indonesia memiliki adat yang unik dimana anak laki-lakinya diwajibkan merantau saat menginjak dewasa.

bagaimana dengan kalian apakah tertarik untuk merantau?

Supaya kalian lebih tertarik dan tertantang untuk merantau, kalian harus membaca kata kata anak rantau pada bagian berikutnya.

Kumpulan Kata Kata Anak Rantau

anak rantau

Kumpulan quotes anak rantau lengkap, seperti kata kata anak rantau sedih, lucu dan memotivasi. Bisa jadi lewat kata kata tersebut kalian menangis dan senyum-senyum sendiri.

A. Kata Kata Anak Rantau Sedih

kata kata anak rantau

Menjadi anak rantau bukanlah perkara yang mudah, sebab disana ada pengorbanan, perjuangan bahkan tangisan. Bayang mana tidak sedih, jauh dari keluarga dan saudara terdekat. Akan tetapi hal tersebut jugalah yang akan membuat diri kita kuat.


1. Perjuangan di Tanah Rantau

Hidup sederhana dan pas-pasan merupukan sebagian kecil dari beratnya perjuangan di tanah rantau. Tapi aku yakin, usaha tidak akan menghianati hasil.

Hidup di tanah rantau adalah sebuah perjuangan yang tiada henti, namun jika tidak begitu bagaimana kita mau maju dan mandiri. Meskipun banyak kesedihan, tanah rantau juga mengajarkan banyak hal akan hidup, disana pula lah kita temukan saudara-saudara baru yang setia.

Hidup sederhana adalah hal yang sudah biasa, namun begitu kita tetap yakin dan percaya bahwa perjuangan tidak akan pernah menghianati hasil.

Kesedihan yang ada akan membuat kita semakin kuat dan tegar dalam menjalani segala macam hal dalam kehidupan ini.

2. Rindu Tanah Kelahiran

Memang, aku sangat rindu dengan tanah kelahiranku, namun kerinduan ini akan aku ganti dengan kesuksesan kelak.

Anak rantau mana yang tidak kangen dengan tanah kelahirannya, satu-satunya cara untuk melepas kerinduan tersebut dengan bertanya kepada orang tua.

Namun yakinlah ketika kita merantau, itu artinya kita menuju sukses. Kelak segala pengorbanan, perjuangan akan terbayarkan saat kita sukses.

B. Kata Kata Perantau Sejati

kata kata anak rantau

Jangan mengaku perantau sejati bila belum membaca quotes yang satu ini. Mereka yang terlebih dahulu merantau memiliki banyak cerita, salah satunya dituangkan dalam kumpulan quotes berikut ini.

1. Rindu & Cinta

Merantaulah, agar engkau mengerti apa itu artinya rindu dan betapa berharganya momen berkumpul bersama keluarga tercinta.

Benarkah merantau dapat mengajari kita tentang arti kerinduan? Sejauh ini yang saya rasakan memang begitu adanya. Orang tua, keluarga, saudara bahkan teman terdekat akan menjadi sangat berharga tatkala jarak memisahkannya.

Bahkan di saat merantau, keluarga menjadi hal yang paling utama. Itu artinya bukan mengajari hanya kerinduan saja namun mengajari kita tantang prioritas.

2. Lebih Dekat Daripada Jari

Walaupun anak rantau jauh dari orang tua, namun percayalah jika hati keduanya selalu dekat. Kedekatannya bisa digambarkan layaknya ibu jari dan jari telunjuk.

Hati itu sesungguhnya tidaklah berjarak, biarpun jauh namun tetap saling terhubung dan mengingat. Begitu pula ikan hati seorang anak yang merantau dengan orang tuanya.

Bahkan beberapa pengalaman yang pernah saya alami, orang tua banyak tahu apa yang terjadi dengan diri saya, misalkan ketika saya sakit, terkena musibah dan lain sebagainnya.

3. Kami Selalu Baik-Baik Saja

Sehat ataupun sakit, kami selalu mengatakan jika sedang baik-baik saja. Bukannya apa-apa, karena kami tidak mau merepotkan dan menambah beban orang tua.

Saya yakin setiap anak rantau pernah melakukan satu hal ini, dima ketika orang bertanya mengenai keadaan pasti jawabannya baik-baik saja. Hal tersebut dilakukan supaya orang tua tidak khawatir akan kondisi kita.

Bahkan beberapa orang, biasanya terjadi pada Mahasiswa, saat orang tuanya menanyakan keuangan, jawabannya pun tetap sama baik-baik saja. Meskipun kenyataannya jauh dari kata baik-baik.

4. Doa Ibu

Selalu do’akan anakmu ibu, karena hanya itu satu-satunya alat yang bisa memudahkanku mencapai semua impian dan cita-citaku. Tulus kuucapkan terimakasih, semoga pulang nanti kita bisa berbagi kasih dan menghilangkan rasa sedih.

Doa seorang ibu merupakan doa yang paling ampuh, maka sangat dianjurkan untuk senantiasa meminta doa dari orang tua terutama dari Ibu.

Saya pribadi hampir setiap minggu rutin menghubungi orang tua, baik itu untuk menanyakan kabar maupun menanyakan hal lain. Akan tetapi yang tidak kalah penting ialah meminta doa dan restunya.

4. Tidak Akan Terwujud Hanya dengan Berkeluh Kesah

Tanah rantau bukanlah area untuk anak papah mamah, karena semua hal tidak bisa diwujudkan hanya dengan berkeluh kesah.

Hidup jauh dari orang tua dan dituntut untuk mandiri adalah sebagian kecil yang di alami oleh seorang anak arantau. Setiap permasalahan yang hadur harulah dicari solusinya sendiri, tidak dapat dikeluh kesahkan kepada orang tua.

Semua hal tidak akan terwujud denga hanya berkeluh kesah, yang harus dilakukan ialah berjuang sekuat tenaga, usaha dan doa yang maksimal untuk mewujudkan semuanya.

5. Menjadi Pahlawan di Tanah Rantau

Jika kamu tidak bisa menjadi pahlawan di medan perang, setidaknya buktikan ketangguhanmu di tanah rantau sampai berhasil mewujudkan semua cita-cita.

Kata kata anak rantau ini berbicara kepada kita bahwa tidak perlu menjadi seorang pahlawan di medan perang. Kita cukup bisa membuktikan menjadi seorang yang sukses di tanah rantau.

Meskipun seperti yang kita ketahui, perjuangan di tanah rantau tidaklah muduah. Namun kita harus kut, percaya serta yakin akan kesuksesan yang dapat kita raih.

banyak hal yang dapat kita jadikan sebagai sumber kekuatan dalam menjalani hidup di tanah rantau. Sumber pertama ialah harapan akan Allah Subhanahuwata’ala kemudian doa-doa dari oangtua terutama ibu.

C. Kata Kata Motivasi Merantau

kata kata anak rantau

Jika kalian memiliki keinginan untuk merantau jangan ditunda, sebab banyak hal yang akan kalian dapatkan ketika memutuskan untuk merantau.

Namun barangkali ada rasa ragu menyelimuti diri, untuk itu saya telah merangkum beberapa kata motivasi suapaya kalian mau menjadi anak rantau.

1. Hidup Sendiri

Merantaulah, agar kamu tahu apa sebenarnya yang dimaksud hidup sendiri

Merantau adalah sebuah pilihan bagi kalian yang ingin mandiri, lepas dari keuangan orangtua dan merasakan hidup sendiri. Tentu dengan melakukan hal yang demikian kalian akan menjadi orang yang sangat dewasa.

2. Merantaulah

Merantaulah! Orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan hidup di negeri asing (di negeri orang)”

Imam Asy-Syafii

Imam Asy-Syafii menganggap merantau itu begitu penting, hal ini dapat kita lihat dalam kata kata di atas, dimana setiap orang yang berilmu tidak diam beristirahat di kampung halaman.

Dengan memutuskan menjadi anak rantau, artinya siap mendapatkan banyak pembelaran dan pengalaman. Kemudian pada akhirnya orang merantau diharapkan menjadi manusia yang lebih bijak.

3. Keluarga

Sejauh apapun kamu pergi, kamu akan selalu punya tempat untuk pulang yaitu keluarga.

Seorang yang merantau pasti akan pulang kembali ke kampung halaman. Bahkan ada istilah muncul pergi untuk kembali. Tujuan merantau ialah tetap pada akhrnya untuk pulang dan membangun kampung halaman.

D. Kata Kata Anak Rantau Campuran

kata kata anak rantau, quotes anak rantau

Berikut adalah quotes anak rantau terbaik yang dapat dijadikan caption ataupun status, salah satunya adalah perasaan anak yang sering dialami oleh anak rantau;

1. Rindu & Liburan

Ada rindu yang harus dituntaskan, serta jatah liburan yang harus habiskan.

Barangkali hanya anak rantaulah yang mengalami hal ini, diman rindu dengan rumah, kampung halaman, orang tuan dan sahabat.

Setiap ada kesempatan untuk libur selalu dimaksimalkan jatahnya, baik seorang Mahasiswa maupun seorang Karyawan Perusahaan.

2. Merantau Itu Berat

Merantau bukanlah hal yang remeh. Jauh dari orang tua dan keluarga adalah hal yang sulit untuk dijalani.

Kau tidak akan pernah merasakan beratnya merantau sebelum mencobanya. Merantau itu berat, terutama soal urusan hati, sebab hati terus terpaut akan rumah dan mereka orang tersayang.

3. Sebuah Harapan

Harapan dapat membahagiakan kedua orang tua yang disayangi menjadikan motivasi tersendiri bagi anak rantau.

Sosok orang tua menjadi motivasi sendiri dalam menjalani dan meraih kesuksesan diperantauan. Senantiasa ingin memberikan kebahagian dan menjadi kebanggaan orang tua.

4. Masakan Ibu

Beruntunglah kalian yang setiap hari masih bisa menikmati masakan seoang ibu. Karena kami diperantauan merindukan hal itu

Masakan ibu adalah satu hal yang sangat dirindukan diperantauan, meskipun banyak masakan yang lebih mewah dan mahal namun tidak akan bisa menggantikan masakan seorang Ibu.

5. Mencari Kesibukan

Disaat orang lain bertemu keluarganya saat liburan, kamu masih tetap berusaha untuk mencari kesibukan sendiri.

Tidak semua liburan dimanfaatkan untuk berlibur, terkadang momen liburan dijadikan untuk mengais rejeki dan mengerjakan apapun yang dapat menghasil sesuatu, itulah anak rantau.

Cerita Anak Rantau

merantau
gambar via arsupala.com

Pada bagian ini saya hanya ingin sedikit berbagi cerita dan pengalaman menjadi anak rantau. Berikut ceritanya, semoga memotivasi dan mendatangkan manfaat.

Merantau adalah sebuah pilihan yang harus saya lakukan, sebab apa? Saya begitu yakin seorang yang sukses pastilah merantau meninggalkan tanah kelahirannya.
Kota pertama yang saya singgahi adalah Kota Bandung, waktu itu tujuan utamanya untuk melanjutkan pendidikan tinggi.
Selama tinggal di Kota Bandung banyak hal dan pengalaman yang didapatkan, barangkali hal tersebut harus sangat disyukuri.
Kota Bandung banyak meberkan hal berharga, mulai dari teman, ilmu dan pengalaman yang dapat dijadikan pelajaran di masa yang akan datang.
Akhirnya saya menjadi tambah yakin, jika ingin sukses maka harus menjadi anak rantau, seperti apa yang telah saya bahas dalam kata-kata di atas.

Demikian tulisan mengenai quotes dan kata kata anak rantau yang dapat saya  sajikan. Semoga tulisan ini mendatangkan kebaikan dan kemanfaatan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com