Kata Kata Bijak Bahasa Korea

  • 7 min read
  • Jul 07, 2020
ayana moon
Ruru Ruhama
Latest posts by Ruru Ruhama (see all)

Guratgarut.com – Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar kata Korea? Drama, Boy Band, tempat wisata atau kuliner. Hal tersebut mungkin biasa. Adakah yang berfikir mengenai kata kata bijak atau kata mutiara dalam Bahasa Korea.

Kata mutiara atau kata bijak tentu merupakan hal yang lumrah, setiap tempat dan daerah memilikinya masing-masing.

Begitu halnya dengan Korea, mereka memiliki ungkapan atau kata kata bijak yang sering dijadikan nasehat untuk orang lain.

Bahasa Korea adalah bahasa resmi untuk Negara Korea Selatan dan Korea Utara. Bahasa ini dituturkan secara luas oleh beberapa kelompok di seluruh dunia, tercatat terdapat 78 juta penutur di seluruh dunia.

Bahasa Korea terbilang unik, sebab memerlukan penguasaan tulisan. Seperti yang kita ketahui Korea memiliki tulisan yang disebut dengan hangul.

Jadi apabila kalian ingin mempelajari Bahasa Korea akan sedikit susah-susah gampang. Karena diharuskan belajar hurufnya terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, apabila keyakinannya kuat, Insha Allah kalian akan bisa menguasainya dengan cepat.

Kata kata bijak lain:
~ Kata kata bijak Bahasa Inggris
~ Kata kata bijak Bahasa Arab

Sekilas Tentang Korea

kata kata bijak bahasa korea, korean people, orang korea

Korea adalah sebutan untuk sebuah wilayah semenanjung Asia Timur, tepatnya terletak diantara Tiongkok dan Jepang.

Seperti yang kita ketahui, Korea terbagi ke dalam 2 (dua) wilayah, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Berdasakan sejarah, terbaginya dua wilayah Korea ini pasca perang dunia II.

Pada waktu itu, sebagian wilayah Korea Utara dikuasai oleh Uni Soviet, sedangkan Korea Selatan dikuasai oleh Amerika.

Secara ideologi dan pemahaman, ke-dua negara ini jelas sangat berbeda, Korea Selatan demokratik, sedangkan Korea Utara Komunis.

Hari ini kita mengenal Korea Selatan terlihat lebih maju dibandingkan dengan Korea Utara, baik dari segi teknologi, pendidikan, life style dan lain sebagainya.

Bahkan Korea selatan akhir-akhir ini menjadi kiblat untuk panggung hiburan, terutama boys band atau girls band. Hal tersebut nampak dari grup-grup yang mendunia, diantaranya sebagai berikut.

NoNama Grup
1Invinite
2Blackpink
3Nu’est
4Twice
5Red Velved
6Exo
7BTS
8Wanna One

Nah itu bukti kepopuleran Korea Selatan dalam dunia hiburan terutama soal musik.

Kata Kata Bijak Bahasa Korea

Berikut kata kata mutiara Bahasa Korea beserta artinya yang dapat menjadikan motivasi dan pembelajaran dalam hidup.

Jangan sampai kita hanya suka dengan boy band atau girls bandnya saja, sebab terdapat budaya Korea lain yang positif buat hidup kita, salah satunya kata-kata bijak.

Hidup Seolah Mati Besok

마치 네가 내일 죽고 영원히 사는 것처럼 공부하면된다. 우리는 죽음이 올 때까지는 알지 못하지만 인생을 위해 최선을 다합니다

machi nega naeil juggo yeong-wonhi saneun geoscheoleom gongbuhamyeondoenda. ulineun jug-eum-i ol ttaekkajineun alji moshajiman insaeng-eul wihae choeseon-eul dahabnida.

Artinya : Hiduplah seolah kamu mati besok dan belajarlah seolah engkau hidup selamanya. Kita tidak tahu sampai kapan ajal tiba, namun lakukan yang terbaik untuk hidup.

Apabila umat muslim mengenal kata-kata “mencari harta seperti akan hidup seribu tahun, dan beribada seperti akan mati esok”.

Korea memiliki kata kata bagus yang mengajarkan kepada kita untuk belajar dan melakukan hal-hal baik dalam kehidupan.

Dengan kita hidup seolah besok mati, maka kita akan memaksimalkan kehidupan pada hari ini. Kemudian belajarlah seolah akan hidup selama-lamanya, dengan demikian kita pula akan bersemangat dalam belajar untuk mencari bekal dalam kehidupan.

Lalu berbicara soal ajal, tentu hanya Allah yang maha tahu, yang terpenting kita melakukan apapun dengan sebaik-baiknya. Baik itu urusan dunia maupun urusan akhirat.

Pemilik Masa lalu dan Masa Depan

학습을 중단하는 사람들은 과거의 소유자가되지만, 계속 공부하는 사람은 미래의 소유자가됩니다. 절대로 새로운 것을 배우지 마라

(hagseub-eul jungdanhaneun salamdeul-eun gwageoui soyujagadoejiman, gyesog gongbuhaneun salam-eun milaeui soyujagadoebnida. jeoldaelo saeloun geos-eul baeuji mala)

Artinya : Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu, namun mereka yang terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan. Jangan pernah menyerah mempelajari hal baru.

Sebuah kata-kata yang memberikan suntikan motivasi kepada kita untuk senantisa belajar. Motivasi belajar sendiri tentu penting, apalagi bagi mereka generasi muda, mengingat mereka harus mampu berkontribusi bagi lingkungan dan banyak orang.

Soal belajar bukan hanya berurusan dengan bangku sekolah saja, belajar dapat dilakukan dimana saja, melalui pengalaman orang sukses, orang gagal, bahkan melalui pengalaman sendiripun.

Untuk iitu janganlah pernah berhent belajar, sebab jika berhenti hanya akan menjadi pemilik masa lalu. Sedangkan apabila terus belajar kita akan mendapatkan masa depan.

Bahkan Islam lebih dari itu, mewajibkan seluruh umatnya untuk belajar hingga akhir hayat. Pahalanya pun tidak tanggung-tanggung mendapatkan surganya Allah.

Masa Depan & Mimpi

미래는 꿈을 믿고 일을 전심으로 일하는 사람들에게 달려 있습니다. 온 마음으로 당신의 꿈을 이루십시오.

(milaeneun kkum-eul midgo il-eul jeonsim-eulo ilhaneun salamdeul-ege dallyeo issseubnida. on ma-eum-eulo dangsin-ui kkum-eul ilusibsio).

Artinya : Masa depan adalah milik mereka yang percaya akan mimpi dan bekerja sepenuh hati untuk mewujudkannya. Raih impianmu dengan sepenuh hati.

Berbicara tentang mimpi, setiap orang pasti memilikinya. Akan tetapi yang jadi persoalan tidak semua orang yang berani mewujudkan mimpi-mimpinya.

Alasannya pun beragam, mulai dari yang sifatnya internal hingga eksternal. Tentu itu hal yang wajar, setiap orang memiliki hambatan dan masalah masing-masing.

Namun yang paling penting dalam mewujudkan mimpi ialah beriktiar semaksimal mungkin, termasuk doa di dalamnnya.

Ketika kita telah melangkah untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang kita inginkan, selanjutnya biarlah mimpi itu yang bekerja, mendatangi kita.

Menikmati Hari

웃음없는 날은 쓸모없는 날입니다. 미소 짓고 하루를 즐기는 것을 잊지 마세요.

(us-eum-eobsneun nal-eun sseulmo-eobsneun nal-ibnida. miso jisgo haluleul jeulgineun geos-eul ij-ji maseyo).

Artinya : Hari tanpa tertawa adalah hari yang tidak berguna. Jangan lupa tersenyum dan menikmati harimu.

Seberat masalah apapun yang kita alami dalam menjalani hidup ini, tidak ada alasan untuk kita tidak tersenyum dan tertawa.

Bahkan saya sarankan sesekali kalian coba menertawakan diri sendiri, saya yakin hal tersebut akan membuat diri ini merasa lebih baik.

Tersenyum akan mendatangkan nilai nilai positif dan keajaiban dalam hidup kita. barangkali yang tidak disangka-sangka akan datang dengan sendirinya.

Untuk yang masih ragu, teguhkan hati, kemudian mulailah tersenyum dalam keadaan apapun. Mungkin saja di awal akan terasa sulit, tapi percayalah akhirnya aka membaik.

Melakukan Kebaikan

좋은 일이 무엇인지 모르기 때문에 사소한 친절을 베풀어 라

(joh-eun il-i mueos-inji moleugi ttaemun-e sasohan chinjeol-eul bepul-eo la)

Artinya : Lakukanlah kebaikan sekecil apapun karena kamu tidak tahu kebaikan apa yang akan membuatmu naik level menjadi orang besar.

Kebaikan itu tidak ada yang besar dan kecil, menurut saya yang ada ya atau tidak. Untuk berbuat baik tidak perlu menunggu dapat melakukan hal-hal yang besar, namun cukup saja melakukan kebaikan sebisa mungkin pada saat ini.

kata kata bijak dalam Bahasa Korea di atas memberikan pesan kepada kita semua untuk berbuat baik dalam kondisi apapun.

Mereka yang mengerjakan sebuah kebaikan, akan mendapatkan kebaikan pula. Sebab hidup ini ibarat cermin, ia akan memantulkan apapun yang kita kerjakan.

Kata Kata Mutiara Bahasa Korea

Meskipun sama antara kata mutira dan kata bijak, dalm hal ini saya membaginya ke dalam 2 (dua) bagian. Tujuannya sendiri supaya lebih mudah untuk dibaca, meskipun secara esensi tidak ada bedanya.

Berikut kumpulan kata kata mutiara dalam Bahasa Korea.

Harapan & Impian

회망은 꿈이 아니라 꿈을 실현하는 방법이다

hweimangeun kkumi anira kkumel silhyeonhaneun bangbeobida.

Artinya : Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata.

Setiap orang memiliki harapan, terlepas apapun itu yang diharapkannya. Namun yang pasti harapan merupakan sesuatu yang positif.

Orang yang memiliki harapan akan cendrung bersemangat dalam menjalan apapun, hal ini tentu berbanding terbalik dengan mereka yang tidak memiliki harapan.

Pada kata kata di atas secara garis besar kita dapat menangkap bahwa harapan bukan impian, meski demikian ialah yang akan menghantarkannya.

Kemudian harapan yang baik ialah harapan yang senantiasa disandarkan kepada yang maha kuat, yaitu Allah SWT. Sebab tatkala kita mengharapkan sesuatu selain kepadan-Nya ditakutkan akan merasa kecewa.

Kesalahan Terbesar

진짜 위험한 것은 아무것도 하지 않은 것이다.

jinjja wiheomhan goseun amugeotdo haji aneun geosida.

Artinya : Kesalahan terbesar adalah tidak melakukan suatu tindakan apapun.

Tidak melakukan tindakan apapun bukan berarti tidak melakukan kesalahan, justru hal tersebutlah yang menjadi kesalah terbesar.

Apakah hal ini terjadi diantara kalian?

Apabila ya, maka segeralah bergerak, sebab banyak orang bijak yang mengatakan hidup ini ibarat mengayuh sepeda, jika tidak dikayuh maka akan berhenti.

Jika kita pikirkan seringkali kebanyakan orang melakukan hal yang nekat dengan keburukan, dan hanya sedikit sekali mereka yang nekat dengan kebaikan.

Yu bergerak, jangan sampai kita termasuk orang-orang yang melakukan kesalahan besar dan baru suatu saat nanti kita menyadari kesalahan itu.

Impian Besar

큰 꿈을 꾸어라. 오직 큰꿈만이 사람들의 영혼을 움직일수 있는 힘을 갖는다.

kheun kummeul kkueora. Ojik kheunkkummani saramdeuleui yeonghoneul umjigilsu itneun himeul gajneunda

Artinya : Mimpikan impian yang besar. Hanya impian yang besarlah yang dapat memberikan kekuatan untuk bergerak pada hati seseorang.

Banyak orang yang bilang bermimpilah dengan tinggi dan besar agar kita memiliki semangat. Sebab hanya impian yang besarlah yang mampu menggerakan hati.

Mimpi itu adalah keinginan yang besar, apabila tidak punya mimpi yang besar maka tidak akan ada tindakan yang besar pula.

Dahulu sewaktu kuliah saya seringkali mendapatkan wejangan dari para guru, bahwa ketika kita memiliki mimpi yang tinggi setinggi langit, paling tidak ketika jatuh akan mendapatkan mimpi di bintang.

99 Kali Gagal

99 번 시도하고 실괘했으나 100 번 째에 성공이 찾아 왔다.

Gusibgu beon sidohago silgwaehaessena baek beon jaee seonggongi chaja watda.

Artinya : Saya sudah berusaha 99 kali dan selalu gagal, tetapi pada ke 100 kalinya mendapatkan kesuksesan.

Ada yang merasa seperti ini? Kalau saya ya, saat ini barangkali merasa kecil, tapi enapa tidak menyerah saja padahal perasaan itu selalu ada.

Jawabannya sederhana, dalam percobaan atau titik sekian saya pasti sukses. Apabila sudah tidak percaya sama Tuhan dan diri sendiri, lantas masih pantaskah hidup?.

Saya rasa tidak pantas, sebab tidak ada yang diperjuangkan. Maka yang hanya perlu kita lakukan dengan terus berusaha sebisa mungkin, meminimalisir kesalahan yang prenah dilakukan orang lain dan diri sendiri.

Kata kata bijak Korea di atas paling tidak dapat memberikan pembelajaran kepada kita tentang berusaha. Ketika kita berhasil dan sukses maka terbayarlah sudah yang namanya perjuangan.

Kemudian yang jangan sampai dilupakan ialah perjuangan tersebut landasi dengan karena Allah, agar menjadi nilai ibadah dan kebaikan.

Barangkali khusus bagian ini untuk nasehat saya pribadi sebagai penulis.

Seorang Pemenang

승자는 결코 시도하길 멈추지 않는다.

Seungjaneun gyeolkho sidohagil meomchuji annenda.

Artinya : Seorang pemenang tidak akan pernah berhenti berusaha.

Sikap pemenang yang wajib kita teladani ialah tidak pernah berhenti berusaha, meskipun lelah, berulang kali gagal, mereka tetap bersabar dan berusaha.

Mnejadi orang-orang semacam itu tentu tidaklah mudah, sebab akan banyak dorongan negatif yang datang kepada diri kita.

Mulai godaan-godaan hingga rayuan-rayuan yang dapat melemahkan kita. Kemudian apabila kita mampu bersikap baik dan terus berusaha, maka Insha Allah kita akan menjadi pemenang.

Motivasi & Kebiasaan

출발하게 만드는 힘이 ‘동기’ 라면, 계속 나이가게 만드는 힘은 ‘습관’ 이다.

Chulbalhage mandeuneun himi ‘donggi’ ramyeon, gyesok naigage mandeuneun himeun ‘seubgwan’ ida.

Artinya : Motivasi adalah yang memberikan suatu awalan, kebiasaan adalah yang menjaga dalam melangkah.

Motivasi saja tentu tidaklah cukup untuk mendapatkan kesuksesan, namun kita memerlukan yang namanya kebiasaan yang dapat menghantarkan kepada kesuksesan.

Bahakan dalam kata kata bijak di atas, motivasi itu hanyalah sebuah awalan, artinya langkah kecil saja. Sedangkan yang akan menjaga langkah tersebut adalah kebiasaan.

Biasanya cobaan tersulit itu ketika berusaha membiasakan diri, akan datang cobaan dan tantangan, baik yang datang dari luar diri maupun dari dalam diri.

Langkah Hidup

당신의 생각이 당신의 말이 되고, 당신의 말이 당신의 행동이 되며, 당신의 행동이 당신의 습관이 되고, 당신의 습관이 당신의 품성이 되며, 당신의 품성이 당시의 운명이 된다.

Dangsineui saenggagi dangsineui mari dweigo, dangsineui mari dangsineui haengdongi dweimyeo, dangsineui haengdongi dangsineui seubgwani dweigo, dangsineui seubgwani dangsineui phumseongi dweimyeo, dangsineui phumseongi dangsineui unmyeongi dweinda.

Artinya : Pemikiranmu menjadi katamu, katamu menjadi tindakanmu, tindakanmu menjadi kebiasaanmu, kebiasaanmu menjadi karaktermu, karaktermu menjadi nasibmu.

Apa yang ada dalam diri kita sebenarnya saling keterhubungan dan keterkaitan, sebagai contohnya pemikiran dan kata-kata, kemudian kata kata dan tindakan dst.

Tentu hal ini harus sangat kita sadari, jika tidak suatu saat sadar tidak sadar akan menjadi bumerang. paling tidak dengan kita menyadari hal ini akan menjadi seseorang yang lebih hati-hati.

Saya sendiri menganggap kata kata bijak yang berasal dari Bahasa korea ini sangat bagus dan membantu. Saya menjadi sadar antara keterhubungan apa yang dilakukan.

Pemimpi

별을 좋아하는 사람은 꿈이 많고

Byeoreul johahaneun sarameun kkumi manko.

Artinya : Orang yang suka bintang itu orangnya pemimpi.

Mengapa bintang diidentikan dengan mimpi? Jawabannya karena bintang berada di atas langit nan jatuh. Maka munculah istilah yang sangat terkenal “mimpilah setinggi bintang”.

Hujan

비를 좋아하는 사람은 슬픈 추억이 많고.

Bireul johahaneun sarameun seulpeun chueogi manko.

Artinya : Orang yang suka hujan itu orangnya melankolis.

Hujan senantiasa diidentikan dengan menakis, begitu pula dengan melankolis yang sangat mudah menakis. Maka dari situlah muncul perkataan ini mengenai malnkolislah yang menyukai hujan.

Padahal sebenarnya tidak seperti juga, sebab sebagai mahluk hidup membutuhkan yang namanya hujan. Tatkala hujan tidak datang, kekeringanlah bumi ini.

Telepas dari itu, sebenarnya kata kata Bahasa Korea ini hanya untuk memberikan gambaran bagaimana sesungguhnya orang meankolis ini.

Hal Terbaik

최선을 다하는 것이 최고가 되는 것보다 더 중요하다.

Choeseoneul dahaneun geosi choegoga doeneun geotboda deo jungyohada

Artinya : Berbuat yang terbaik itu lebih penting daripada menjadi yang terbaik.

Menjadi yang terbaik belum tentu telah berbuat baik, sebab terbaik itu datangnya dari orang lain, artinya orang lainlah yang memberikan penilaian.

Sedangkan melakukan hal terbaik itulah ukuran kita, meskipun tidak menjadi yang terbaik kita akan tetap merasa puas karena telah melakukan hal terbaik.

Penutup

Nah demikianlah kata mutiara atau kata kata bijak yang diterjemahkan dari Bahasa Korea, semoga sajiannya tidak membosankan dan dapat menjadi motivasi, pencerahan serta kebaikan untuk kita semua.

Sebenarnya masih banyak kata kata bijak Bahasa Korea lainnya, tapi karena terbatas dengan waktu, kekuatan dan tenaga, saya rasa dengan kata kata yang telah disampaikan di atas sudah sangat cukup.

Kalian juga dapat membaca kata kata bijak dalam Bahasa Batak yang tidak kalah memotivasi, baik untuk belajar atapun kehidupan, contohnya “manjadda wa jadda”.

감사 합니다

Kamsahamnida.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com