Kata Kata Bijak Bahasa Melayu

  • 8 min read
  • Jul 01, 2020
melayu
Ruru Ruhama
Latest posts by Ruru Ruhama (see all)

Guratgarut.com – Melayu sangat terkenal dengan kata kata mutiara, kata kata bijak ataupun nasehat yang dapat memotivasi. Maka untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan menulis kembali rangkaian kata kata mutiara bijak dalam Bahasa Melayu.

Melayu sendiri merupakan sebutan untuk kelompok atau etnis orang-orang Austronesia.

Sebelum kita masuk kata kata bijak dalam Bahasa Melayu. alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai Melayu dan bahasanya, baik sejarah maupun perkembangannya.

Kata kata bijak lain:
~ Kata kata bijak Bahasa Minang
~ Kata kata bijak Bahasa Sunda kahirupan

Sekilas Tentang Bahasa & Suku Melayu

kata kata bijak bahasa melayu

Bahasa Melayu merupakan sebuah bahasa yang digunakan dan dituturkan oleh sebagian wilayah Indonesia serta semenanjung Melayu.

Beberapa daerah yang menggunakan Bahasa Melayu diantaranya;

  • Sumatera.
  • Bagian selatan Thailand.
  • Pantai selatan Burma.
  • Singapura.
  • Brunei.
  • Borneo.

Meskipun sama-sama menggunakan Bahasa Melayu, akan tetapi tidak semua bahasanya sama persis, terdapat perbedaan dan keunikan masing-masing.

Selain di Indonesia dan negara-negara di Asean, Melayu juga tersebar di beberapa negara, seperti;

  • Sri Lanka.
  • Kepulauan Cocos.
  • Afrika Selatan.

Kemudian apabila digolongkan berdasarkan bangsanya, golongan Melayu setidaknya terbagi ke dalam 5 (lima) kelompok.

NoSuku Melayu
1Melayu malaysia
2Melayu Siam
3Melayu Myanmar
4Melayu Indonesia
5Melayu Singapura

Apabila kita pecah lagi berdasarkan negara, tentu akan banyak daerah yang termasuk ke dalam Suku Melayu. Belum lagi beberapa kelompok terdapat yang pindah ke beberapa negara di luar Asia Tenggara.

Kata Kata Bijak Bahasa Melayu

Berikut quotes, kata mutiara dan kata kata bijak Bahasa Melayu yang dapat saya kumpulkan untuk dijadikan motivasi dan pengingat dalam hidup.

Kalian juga dapat membaca kata kata bijak Bahasa Inggris dalam artikel selanjutnya, Insha Allah akan memberikan hal positif.

Berjaya

Jika anda ingin berjaya janganlah hanya melihat anak tangga saja, akan tetapi, berusahalah untuk menaiki tangga tersebut.

Anak tangga merupakan ilustrasi dari sebuah proses untuk menuju kesuksesan. Anak tangga bisa jadi memiliki 10 tangga atau lebih, maka setiap tangganya harus dilewati.

Apabila terdapat 10 (sepuluh) anak tangga, maka sebelum kita dapat mencapai anak tangga yang ke 10, harus melewati anak tangga ke-1, 2, 3 dst.

Mustahil kita dapat langsung berada di tangga 10 tanpa melewati anak tangga sebelumnya, apalagi jika hanya melihat saja tanpa berani untuk melangkah.

Ingatlah langkah yang besar dimulai dari langkah kecil, atau langkah besar adalah kumpulan dari langkah-langkah kecil yang dibuat.

Baik & Jahat

Orang baik jarang mengaku jahat, tapi orang jahat seronok mengaku baik.

Barangkali tidak pernah kita menemukan atau mendengar orang baik menganku jahat, kenapa demikian? Sebab jahat itu sesuatu hal yang negatif dan baik adalah sesuatu al yang psitif.

kemudian kita sangat lumrah menemukan atau mendengar orang jahat yang mengaku sebagai orang baik. Alasannya, ya agar dapat dipercaya.

Baik dan jahat adalah sesuatu hal yang berlawanan, ke-dua nya jelas berbeda, yang satu memiliki muatan positif dan yang satu memiliki muatan negatif.

Bertimbang Rasa

Hadiah yang paling berharga buat teman adalah: bertimbang rasa dan sedia mema’afkan kesalahannya.

Barangkali dalam menjalin hubungan pertemanan mengalami banyak hal, termasuk di dalamnya pasang surut, hal tersebut sangatlah wajar.

Nah kata kata bijak Bahasa Melayu di atas dapat dijadikan sebagai nasehat, serta pengingat ketika kita mengalami persetruan sesama teman.

Hadiah dan cara terbaik dalam berteman ialah bertimbang rasa dan bersedia untuk saling memaafkan kesalahan satu sama lain.

Racun & Obat

Jangan fikirkan yang sedap saja, kadang-kadang kita kena juga telan yang pahit sebab kadang-kadang yang pahit itu ubat sedang yang sedap itu racun.

Dalam hidup ini jangan hanya memikirkan yang enak saja. Sebab tidak semua yang enak itu baik. Pada beberapa kesempatan yang terlihat enak bahkan dapat menjadi sebuah racun.

Kemudian jangan pula menganggap hal yang pahit itu buruk, sebab obat yang pahit juga baik untuk kesehatan kita. Begitupun dalam sebuah kehidupan, yang pahit belum tentu buruk.

Mempertajam Kapak

Mempertajam kapak seminit itu lebih baik daripada menghayun kapak yang dempak sepanjang hari.

Artinya dalam menjalani hidup sebaiknya menggunakan otak, jadi jangan sampai kita hanya menggunakan fisik saja, alangkah baiknya mengkombinasikan keduanya.

Terkadang diantara kita banyak melakukan sesuatu hal dengan tergesa-gesa tanpa memikirkan apa yang akan terjadi, sehingga pada akhirnya hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Maka untuk itu sebaiknya kita dapat belajar dari quotes Bahasa Melayu di atas, sebelum bertindak alangkah baiknya menajamkan kapak terlebih dahulu, dalam artian memikirkan dan mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Nampak Rugi

Tak semua yang nampak rugi itu sepanjangnya rugi, kadang-kadang untung menanti di hujung.

Mungkin kita senantiasa memandang kehidupan ini soal untung rugi, padahal tidak selamanya demikian. Kita juga terkadang mereasa kecewa saat berusaha sekeras apapun, namun belum membuahkan hasil, dan pada akhirnya munculah pesimistis.

Pada tidak sedikit yang namanya hasil itu datang dan nampak di ujung atua diakhir. Maka untuk itu teruslah berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan impian-impian kita.

Jahat & Baik

Kalau kamu nak jahat, jahat betul-betul, biar macam Firaun, baru berbaloi masuk neraka. Kalau setakat tipu orang seratus dua lebih baik jadi baik betul-betul, sebab balasannya Syurga.

Ada saran yang sangat bagus dari kata kata bijak Bahasa Melayu, yang mana apabila mau jahat jangan nanggung-nanggung, misal seperti firaun, supaya massuk neraka.

Kemudian apabila mau baik juga jangan nanggung, agar kita mendapatkan syurga.

Namun tentu pilihlah kebaikan, sebab kebaikan tersebut akan menghantarkan kita syurga, serta Insha Allah selamat dunia dunia akhirat.

Untuk yang saat ini telah berusaha menjadi orang baik, tetaplah bersyukur dan terus berbaiki diri kita masing-masing, semoga suatu saat nanti kita benar-benar menjadi orang baik.

Pujian & Cacian

Memuji sorang sama sorang itu ampu namanya, mengeji di khalayak ramai tu cabaran namanya, sebab itu pujian adalah racun, cacian adalah penawar.

Pujian dan cacian dalam kehidupan adalah soal biasa. Sebetulnya saat dipuji kita tidak dapat apa-apa dan saat dicaci pun tidak akan ada yang hilang dari diri kita.

Namun tentu tidak setiap orang bisa bersikap bodo amat, bahkan beberapa diantaranya baper (bawa perasaan). Dimana saat dipuji merasa dunia ini berada di pihaknya, bahkan yang parah ia terlena dengan pujian tersebut. Sedang saat dicaci atau dihina sedih galau dan sebagainya.

Kata kata mutiara Bahasa Melayu ini berpesan kepada kita bahwa pujian itu adalah racun, sedang cacian itu penawarnya.

Sudah berapa banyak orang yang jatuh karena dipuji, dan sudah berapa banyak orang yang tumbuh karena dicaci.

Pujian itu terlihat indah, akan tetapi pada nyatanya membuat hancur, bahkan sulit untuk berkembang. Cacian itu tidak mengenakan, namun pada nyatanya dapat membuat seseorang lebih maju dan berkembang.

Mengumpat

Bercakap itu mudah sebab itu ramai sungguh orang melakukannya, tapi mengumpat itu lebih mudah sebab itu lebih ramai orang melakukannya.

Hayyo siapa yang suka banyak ngomong nih.. Rasanya kata kata Melayu ini menyindir orang-orang yang banyak ngomong, dengan menyebutnya ngomong itu mudah.

Tapi tidak berhenti di situ, ada yang lebih mudah lagi dari pada banyak ngomong, yaitu mengumpat atau membicarakan orang lain.

Biasanya hal ini banyak dilakukan oleh ibu-ibu, tapi saat ini anak muda juga mulai ikut ramai-ramai membicara orang lain.

Mending yang dibicarakan adalah kebaikannya, yang ada kejelekan yang diumbar sampai akar-akarnya. hal seperti ini tentu saja seharusnya tidak boleh dilakukan.

Indah di Mata Tuhan

Biar buruk di mata orang tapi indah di mata TUHAN, tapi tentu lebih bagus kalau indah di mata TUHAN juga indah di mata orang.

Soal keburukan dan kebaikan, di dunia ini begitu banyak tipe orang, bahkan apabila kita klasifikasikan akan sangat sulit, saking banyaknya.

Diantaranya ada orang yang baik dari segi spiritual dan lainnya, akan tetapi di mata manusia ia terkenal buruk, ada juga sebaliknya di mata manusia baik, secara spiritual kurang.

Namun yang sangat beruntung yang baik keduanya, dimana baik menurut pandangan manusia dan baik menurut pandangan Agama.

Mengusahakan Diri Sendiri

Usahkan bulan, kalau nak matahari pun sanggup didekati. Usahkan badan sendiri, kalau tak nak dibiarkan berdaki.

Quotes Bahasa Melayu yang indah di atas berpesan kepada kita untuk senantisa merawat dan menjaga diri sendiri. Sebab apabila tidak dijaga oleh kita sendiri siapa lagi.

Barangkali bertanggung jawab terhadap diri sendiri merupakan sesuatu hal yang harus diusahakan spenuh hati. hal ini juga menyangkut dengan titipan dari Allah.

Tisu

Jangan jadikan diri anda ibarat sekumpulan tisu-tisu kerana tugasnya adalah untuk mengesat benda -benda yang kotor.

Sebuah nasehat mengenai betapa pentingnya untuk menjaga diri dari perbuatan buruk, jangan sapampai seperti tisu yang tugasnya untuk membersihkan kotoran.

Hendaknya kita senantiasa melakukan kebaikan dan berada di tempat yang baik pula. Sehingga mental dan pikiran kita bersih.

Ilmu

Apabila engkau fakir, maka ilmu itu adalah hartamu. Apabila engkau kaya, maka ilmu itu perhiasanmu.

Keudukan ilmu dalam kehidupan itu amatlah mulia, orang yang fakir sekalipun dapat mendapatkan ilmu dan menjadi hartanya.

Sedangkan untuk orang yang kaya, ilmu adalah sebuah perhiasan yang indah dan akan senantiasi menghiasi kehidupan.

Maka dari itu alangkah baiknya kita senantiasa belajar dan menuntut ilmu dimanapun berada, supa kita menjadi orang yang mulia dunia dan akhirat.

Memberikan yang Terbaik

Apapun bentuk kehidupan yang dihadapi, berikan diri anda yang terbaik setiap hari.

Dalam menjalani kehidupan, sudah selayaknya kita senantiasa memberikan yang terbaik setiap harinya. Sebab ingatlah hidup itu sekarang dan saat ini.

Ketika kita mampu memberikan kehidupan yang maksimal setiap harinya, maka Insha Allah kehidupan itu akan memberikan yang terbaik untuk kita.

Hal yang paling Bahaya

Bahaya yang paling berbahaya dalam hidup bukanlah saat gagal, tatapi gagal untuk mencoba lagi saat gagal.

Apakah kegagalan dalam hidup adalah hal yang biasa? Tentu saja biasa, kegagalan dan kesuksesan senantiasa beriringan.

Maka apabila mendapatkan kesuksesan sudah sepatutnya bersyukur. Kemudian saat mendapatkan kegagalan, maka bersabarlah dan bangkit kembali untu mencoba.

Kata kata bijak Bahasa Melayu di atas bahkan menyebut bahaya ketika tidak mampu bangkit dari kegagalan, bahkan lebih bahaya dari kegagalan itu sendiri.

Kompromi dengan Diri Sendiri

Bermufakatlah dengan diri sendiri sebagaimana anda bermufakat dengan kawan tatkala hendak menentukan arah dan tujuan.

Bekompromi tidak harus dengan kawan atau orang lain, ada kalanya kita harus berkomproi dengan diri sendiri untuk menentukan tujuan.

Banyak orang yang gagal dalam hidup karena ia tidak mampu berkompromi dengan diri sendiri. Pada akhirnya mereka tidak memiliki tujuan.

Bertambah

Bertambah luas akal, bertambahlah luas hidup, bertambah datanglah bahagia. Bertambah sempit akal, bertambah sempit pula hidup, bertambah datanglah celaka.

Akal ibarat sebuah inti dalam hidup, dimana apabila akal berkembang maka hidup ini pun akan semakin baik. Kemudian sebaliknya, apabila akal sempit maka celakalah yang akan didapat.

Untuk itu mulailah belajar memperluas akal dengan berbagai cara, mendidik sendiri dan membaca banyak hal. Bukan hanya buku yang dapat kita baca, tapi perjalanan hidup orang lainpun dapat kita baca.

Orang Bodoh

Bukan semua orang bodoh itu bodoh, sebenarnya dia bodoh karena membenarkan dirinya untuk menjadi orang bodoh.

Barangkali bodoh itu hanya sebuah persefsi, yang sifatnya memang tidak benar-benar absolut. Bisa jadi saat ini ia bodoh besok pintar dan lusa bodoh lagi.

Akan tetapi terlalu banyak orang yang menganggap dirinya bodoh, sehingga benar-benar telihat bodoh. Satu-satunya cara untuk menjadi tidak bodoh yaitu dengan tidak membenarkan diri tentang kebodohan tersebut.

Menggenggam Bara Api

Genggam bara api biar sampai jadi intan jutawan.

Kata kata bijak Bahasa Melayu ini memberikan pesan kepada kita bahwa untuk menjadi seorang yang sukses dan luar biasa kita perlu mengambil resiko dan tantangan.

Tantangan dan resiko dalam hal ini diibaratkan sebagai bara api, yang mana apaila digenggam tentu panas, begitupu dengan tantangan dan resiko.

Tapi justru dengan berani mengambil resiko dan tantangan akan menjadikan diri menjadi seorang yang kuat dan terbiasa dengan segala hal.

Kerja Itu Ringan

Hampir semua kerja menjadi ringan apabila hati bahagia dan ceria.

Berat dan ringannya sebuah pekerjaan sebetulnya bukan dilihat dari pekerjaan itu apa. Akan tetapi dari kondisi dan suasana hati.

Apabila hati bahagia dan ceria, pekerjaan berat sekalipun akan menjadi ringan. Akan tetapi sebaliknya, meskipun pekerjaannya nampak ringan, jika hati tidak bahagia maka akan terasa berat.

Maka untuk itu dalam melakukan segala hal, alangkah baiknya persiapkan terlebih dahulu kondisi hati. Sebab seperti yang telah kita bahas kondisi hati ini memiliki peranan penting.

Hati yang Bodoh

Hati seorang yang bodoh terletak pada mulutnya, tetapi mulut seorang yang bijak terletak di hatinya.

Apakah kalian paham maksudnya?

Saya yakin hampir semua orang akan sangat mudah memahami quotes Bahasa Melayu ini, meskipun maknanya tersirat.

Orang yang bodoh apabila berbicara dan berkata ia tidak pernah pikir panjang, langsung ngomong. Sedangkan orang yang pintar sebelum berbicara dipertimbangkan dan dipikirkan terlebih dahulu.

Maka mengapa dalam kata kata bijak di atas hati orang yang bodoh ada dimulut, sedang mulut orang yang pinter itu ada di hati.

Puncak Diri

Mengetahui keistimewahan diri ibarat berada di puncak bukit, harganya tidaklah ternilai.

Keistimewahan diri akan dapat kita ketahui setelah melalui banyak proses. Ibarat mendakit gunung, terlebih dahulu harus berjalan untuk mendakinya.

Sebelum kita dapat sampai pada proses mengetahui keistimewahan diri, hal yang paling dasar ialah mengetahui dan kenal dengan diri sendiri.

Setelah mengenal diri sendiri, maka proses selanjutnya baru kita akan mengetahui keistimewahan yang kita miliki, perbedaan diri kita dengan yang lain dsb.

Penutup

Demikian tulisan mengenai kata kata mutiara bijak Bahasa Melayu yang dapat saya bagikan. Tulisan ini sendiri merupakan hasil kombinasi dari beberapa sumber, yang selanjutnya penuli berikan pandangan pada setiap kata.

Harapannya tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca, menjadi motivasi dan sumber inspirasi dalam menjalani kehidupan.

Jangan lewatkan kata kata bijak Bahasa Inggris yang penuh inspirasi dan motivasi.

Terimakasih.

***

Setiap gambar yang terdapat pada kata-kata di atas diperkenankan untuk dijadikan status WA atau story Instagram bahkan caption tanpa syarat apapun.

Post Terkait :

2 thoughts on “Kata Kata Bijak Bahasa Melayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com