Kata Kata Kematian

  • 6 min read
  • Jun 30, 2020
kata kata kematian
Ruru Ruhama
Latest posts by Ruru Ruhama (see all)

Guratgarut.com – Apa yang terbayang dibenak kalian ketika mendengar kata mati atau kematian? Beberapa orang mungkin merasa sedih, dan sebagiannya lagi takut. Hal yang mustahil adalah tersenyum dan bahagia ketika mendengar kata kata ini.

Setiap mahluk hidup itu pasti akan mati, tidak terkecuali, termasuk manusia. Tidak ada mahluk hidup yang abadi di dunia ini. Sepereti menurut Ust Muhammad Abduh Tuasikal, MSc dalam artikel “kematian yang tidak bisa dihindari”

Bahkan waktu terasa amat singkat, berjalan dan bergulir begitu saja meninggalkan kita. Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari, bahkan tahun demi tahun berganti tidak terasa.

Dengan mengingat kematian, paling tidak kita sadar bahwa dunia ini bukanlah tempat yang abadi.

Semoga kata kata mutiara atau quotes tentang kematian ini bisa menjadi nasehat dan pengingat untuk kita semua.

Kata Kata Bijak Tentang Kematian

kata kata kematian, quotes kematian
Quotes kematian oleh berkata.net

Berikut ini adalah kumpulan kata mutiara atau kata kata bijak tentang kematian yang bisa dijadikan sebagai renungan dalam hidup.

1. Harapan adalah Kehidupan

Harapan adalah sebuah kehidupan dimana orang yang hidup tanpa harapan adalah orang orang yang lebih dahulu mati daripada kematian itu.

Harapan adalah sebuah nyawa dalam hidup, seorang yang tidak memiliki harapan, sama halnya dengan orang yang telah mati. Bahkan dia dapat disebut orang mati sebelum kematian itu sendiri.

Namun jangan sampai harapan itu kita tujukan ke pada mahluk, sebab mahluk itu memiliki sifat lemah.

Harapan yang kuat akan mengantarkan kita kepada kebahagiaan, dan mimpi mimpi yang kita target.

Maka untuk itu, teruslah senantiasa menjaga harapan-harapan itu hingga akhir nanti kita mati.

2. Cinta dan Kematian

Cinta dan kematian adalah dua hal yang pasti akan di hadapi oleh setiap insan, oleh karenanya jangan pernah takut untuk menghadapinya.

Setiap orang pernah dan akan mengalami dua hal dalam hidupnya, yaitu cinta dan kematian. Ke duanya niscaya akan terjadi dalam hiudp ini.

Cinta sendiri adalah anugerah yang bisa dikatakan sangat besar dalam hidup kita, apa jadinya jika manusia tidak memiliki cinta.

Sedangkan kematian adalah gerbang untuk menuju kepada ke-abadian, buah berakhirnya kehidupan. Meskipun kematian itu sunyi, bahka melebihi kata kata sunyi itu sendiri.

3. Tanpa Sahabat

Kehidupan tanpa para sahabat seperti kematian tanpa para saksi.

Sepi akan menyelimuti kehidupan jika tanpa seorangpun sahabat didekat kita, mereka bagaikan lilin di gelapnya malam, atau bagaikan api di dinginnya malam.

Tidak dapat kita pungkiri, sahabat adalah seorang yang dapat membuat kita bahagia dan terus melangkah untuk maju.

Bahkan dalam setiap kesuksesan yang diraih oleh seseorang, terdapat peran sahabat yang tidak ternilai di sana.

4. Hal yang Pasti

Kematian pasti datang, Jangan lupakan yang pasti.

Terdapat hal yang pasti dalam kehidupan seorang manusia, dan ini tidak seharusnya untuk kita lupakan, ialah kematian yang akan datang.

Setiap manusia yang hidup akan sampai pada hal yang pasti ini. Kemudian kenapa tidak boleh dilupakan? Sebab kematian itu berat, butuh persipan untuk menghadapinya, persipan terbaik ialah amal kebaikan.

Setelah kematian, manusia akan dikenang amalannya semasa hidup, pilihan tentu ada ditangan kita, baik buruk kita sendiri yang mengusahakannya.

5. Amal Kebaikan Akan Abadi

Setelah kematian menjemput, musnahlah segala apa yang kita miliki di dunia ini. Hanya amal kebaikan yang dapat dibanggakan.

Kematian itu akan menjemput manusia, ia tidak dapat diprediksi, bisa kapan datang kapan saja. Namun yang jelas, kematian itu merupakan takdir dari yang kuasa.

Saat seorang manusia meninggal, semua yang mereka miliki musnah tidak berbekas, kecuali amalan kebaikan.

Amalan soleh atau amalan kebaikan ini akan menjadi sesuatu yang berguna dan menemani manusia nanti.

6. Hidup Ini Ibarat Buku

Hidup ini seprti buku. Cover depan adalah tanggal lahir, cover belakang adalah tanggal kematian. Tiap lembar adalah hari-hari dalam hidup kita.

Saya sangat sepakat dengan pendapat dari quotes tentang kematian di atas, bahwa hidup ini tak ubahnya dengan buku.

Seperti yang kita tahu, buku memiliki tbagian-bagian, yaitu terdiri cover depan, isi buku dan cover belakang.

Cover depan kita ibaratkan dengan tanggal lahir, dimana pertama kali kita ada di dunia, isi menggambarkan perjalanan hidup, sedangkan cover belakang adalah bagian penutup atau akhir dari hidup kita.

7. Berapa Banyak Bekal yang Kita Miliki?

Kita tidak pernah tahu kapan kematian akan menjemput kita, namun yang pasti kita tahu berapa banyak bekal yang kita miliki untuk menghadapNya.

Kematian adalah takdir, rencana Allah yang telah ada, bahkan sebelum manusia itu terlahir ke dunia ini.

Takdir itu telah ada dan ditetapkan, maka se pintar apapun manusia tidak dapat mengetahui kapan ia akan mati.

Kapan kita mati itu pada dasarnya bukan hal yang penting, kemudian apa yang dianggap penting dan harus diperhatikan? Hal yang penting ialah mengukur takaran amalan sendiri, dan mempersiapkannya sebaik mungkin.

8. Kecantikan Perilaku

Janganlah mendambakan kecantikan fisik, karena itu akan pudar oleh waktu. Kecantikan perilaku tidak akan pudar, walaupun oleh kematian.

Kata kata ini sangat cocok sekali untuk kalian yang hendak mencari pasangan hidup, terutama lelakai, yang mana jangan melihat wanita hanya dari kecantikan fisik saja.

Sebab ada hal yang dirasa lebih mulia dari pada kecantikan fisik, ialah kecantikan hati yang terpancar lewat prilaku.

Kecantikan fisik wanita sifatnya hanya sementara, ia akan pudar seiring bertambahnya usia, sedangkan kecantikan hati yang terpancar lewat perilaku akan terus ada, bahkan abadi.

9. Pasti dan Tidak Pasti

Hidup ini tidak pasti, kematian sudah pasti, maka bertutur dan berperilakulah yang baik agar penyesalan tidak terjadi nanti

Tulisan ini semoga menjadi pengingat kematian, bahwa sesungguhnya mati itu sesuatu yang pasti adanya, sedangkan hidup ini tidak pasti.

Mengapa hidup bisa dikatakan tidak pasti? Sebab hidup sangat dinamis, dapat berubah kapan saja. Kita sering mendengar soal roda kehidupan, artinya terus berputar putar, tidak berada dalam satu titik.

Bahkan melalui kata mutira ini kita bisa belajar hidup dari seorang sufi, bagaimana mereka mepersiapkan kematian.

10. Mengingat Kemtian

Tak ada yang lebih penting dalam hidup ini kecuali mempersiapkan amal ibadah, niscaya kau akan bersedih ketika mengingat kematian.

Siapa yang tidak akan sedih, rasanya setiap orang ketika mengingat kematian akan merasakan hal yang sama, yaitu sedih.

Terlebih untuk seseorang yang merasa banyak dosa, kekurangan, kehilafan dan kealfaan. Cara terbaik untuk memperbaiki itu semua, yaitu bertaubat.

Semoga kita memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri yang kotor dan hina ini, dengan demikian kita akan merasa tenang saat menghadapi kematian.

Quotes Tentang Kematian

kata kata kematian, quotes kematian
Quotes tentang kematian oleh berkata.net

Pada bagian ini saya hadirkan hasil rangkuman quotes atau kata kata terbaik tentang kematian, baik itu islami ataupun tidak.

1. Kamtian Itu Menyakitkan

Kematian adalah hal yang menyakitkan tapi kematian itu pula yang dapat merubah orang lain.

Dalam islam kematian itu dijadikan sebagai pengingat, bahwa manusia di dunia itu hanya pendatang saja, tak ubahnya seperti seorang yang bertamu. Artinya suatu saat pasti akan meninggalkannya.

Meskipun kematian itu menyakitkan, akan tetapi terdapat hikmah atau ibroh di dalamnya, salah satunya bagaimana seharusnya kita bersikap dan menyikapi kehidupan di dunia.

Dunia yang sementara ini memang menawarkan berbagai kemewahan yang mengundang nafsu manusia.

Hal itu tidak ubahnya godaan jika kita tidak mampu menggunakannya untuk hal yang baik, dan dapat mendekatkan diri kepada Allah.

2. Kematian adalah Gerbang

Kematian adalah kehidupan dialah jantung keabadian gerbang penentuan kebaikan dan keburukan, kebahagiaan dan penderitaan.

Gerbang seperti apa yang di maksud dalam kata mutira kematian di atas? Sama halnya dengan gerbang yang kita ketahui dan pahami, ialah pintu untuk menuju ke tempat lain.

Setelah melalui kematian ini, seorang manusia akan mengetahui amalan kebaikan dan keburukannya, serta besar mana perbandingannya.

Apabila amalan kebaikan lebih banyak, kebahagiaan yang akan didapatkan, sedangkan apabila amal keburukan medominasi, maka kesengsaraan yang didapatkan.

3. Antara Kehidupan & Kematian

Apabila kita tidak mengetahui kehidupan, bagaimana bisa kita mengetahui kematian?

Saya menangkap satu hal dari kata kata di atas, dimana memberikan isyarat, bahwa yang hidup akan mati.

Memang demikianlah kematian itu, hadir untuk mahluk yang hidup, Sebab tidak mungkin ia ada untuk sesuatu yang mati atau tidak hidup.

4. Hal yang Lebih Buruk Dari Kematian

Rasa takut pada kematian lebih buruk daripada kematian itu sendiri.

Suatu hal yang lebih buruk dari kematian yaitu rasa takut akan kematian itu sendiri. Meskipun saya meyakini setiap orang merasa takut, termasuk saya.

Hal ini tentu manusiawi, dan sah-sah saja. Namun alangkah baiknya ketakutan ini dikonversi menjadi hal yang baik, yaitu dengan mempersiapkan kematian itu sendiri.

Hal yang dirasa sangat baik untuk mempersiapkannya ialah dengan memperbanyak amalan kebaikan.

5. Menunggu Tua untuk Bertobat

Jangan menunggu tua baru bertobat. Karena kematian menjemput tidak mengenal waktu.

Tidak sedikit orang yang memiliki pemikiran demikian, menunggu tua untuk bertobat dan melakukan kebaikan.

Tentu hal ini sangat keliru, mengngat kematian tidak mengenal umur. Kemudian, sebaiknya seperti apa kita bersikap?

Hal yang paling tepat ialah menjadikan hari-hari sebagai tabungan amalan kebaikan yang dapat memperberat timbangan kebaikan kelak.

6. Kematian adalah Keniscayaan

Kematian adalah keniscayaan, Perbanyaklah mengingatnya. Semoga bertambah keimanan, dan bertambah pula semangat beramal shalih.

Kata mutiara di atas adalah nasehat yang sangat baik untuk kita, terutama bagaimana seharusnya kita menyikapi kematian ini.

Hal hal yang perlu kita persiapkan ialah kebaikan sebanyak mungkin, senantisa mengingat dan menyebut namanya.

Semoga dengan demikian kita semua bisa meninggalkan dunia ini dengan khusnul khotimah, artinya dalam kebaikan.

7. Membicarakan Kematian

Jangan membicarakan kematian, karena tanpa dibicarakan pun dia akan datang tepat pada waktunya.

Barangkali saya kurang setuju dengan kata kata di atas. Sebetulnya sah-sah saja kita membicarakan kematian untuk kepentingan kematian dan kebaikan serta sebagai pengingat kepada Sang Pencipta.

Semoga harapannya dengan mengingat dan membicarakannya, iman kita akan semakin kuat dengan bukti amalan yang semakin meningakat.

8. Jangan Sombong

Kematian gak inget usia, jadi jangan sombong walau masih muda.

Sombong adalah perbuatan tercela, tidak disukai Allah dan manusia, maka sebaiknya hindari sifat ini.

Sombong akan membawa kita kepada ketidakbaikan, sehingga menjadikan itu hal yang rugi dunia dan akhirat.

salah satu hal yang efektif untuk menghilangkan atau menekan rasa sombong ialah dengan mengingat kematian.

9. Kematian Bukan Bencana Terbesar

Kematian bukanlah bencana terbesar dalam hidup ini. Bencana terbesar dalam hidup adalah ketika ketakutan kita kepada Allah sudah mati saat kita masih hidup.

Tidak sedikit manusia yang menganggap kematian itu adalah benca terbesar dalam hidup, padahal menurut bebrapa ulama, bencana paling besar ialah ketika tidak mampu mengingat Allah.

Jangan sampai kita termasuk golongan-golongan yang tidak takut kepada Allah, padahal hidup dan mati kita adalah milik-Nya.

10. Hapan Kita Semua

Kematian adalah ujung dari perjuangan, akhir dari kemenangan, pintu dari kehidupan.

Kita semua tentu berharap demikian saat meninggal kelak, yaitu mendapatkan kebaikan dan kemuliaan.

Meskipun sebenarnya dosa kita sebagai manusia amatlah banyak  dan tidak dapat dihitung oleh hitugnan kita.


Demikian kumpulan kata kata mutiara atau quotes tentang kematian yang dapat saya rangkum, semoga menjadi pengingat dan nasehat untuk kita semua.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com