Kata Kata Lucu Bahasa Jawa

  • 10 min read
  • Mei 08, 2020
orang jawa
Ruru Ruhama
Latest posts by Ruru Ruhama (see all)

Guratgarut.com – Bisa tertawa dan mendapat hiburan merupakan kebahagiaan sendiri. Tidak perlu hal yang mahal untuk membuat tertawa dan mendapatkan hiburan, bisa dengan lawakan atau juga membaca kata kata lucu Bahasa Jawa.

Kata kata lucu dalam Bahasa Jawa dan artinya ini disajikan dengan lengkap, seperti tentang cinta, romantisme, kehidupan dll.

Kalian dapat menggunakan kata kata lucu Bahasa Jawa ini untuk status FB (Facebook) atau IG (Instagram).

Monggo disimak dan dibaca hingga habis ya, semoga terhibur dan mendapatkan pembelajaran juga.

Kata Kata Lucu Bahasa Jawa Kasar

kata kata lucu bahasa jawa
Quotes lucu Bahasa Jawa oleh berkata.net

1. Apa Adanya

Dadi wong iku ora usah macem-macem, opo onone wae. Ono prawan yo disikat. Ono rondo yo diembat. Ono bojone wong yo dikongkon megat!.

  • Jadi orang itu tidak usah macam-macam, apa adanya saja. Ada perawan ya diambil. Ada janda ya diambil. Ada istrinya orang ya suruh cerai!.

Tidak macam-macam bagaimana, kata kata ini justru sangat macam-macam, bagaimana tidak, masa istri orang hingga di suruh cerai.

Kalau ada perawan atau janda diambil masih wajar, bahkan bisa dibilang tidak masalah, terlebih suka sama suka.

Namun permasalahan rasanya akan muncul ketika mengambil istri orang, disuruh cerai, sebab merebut.

Tentu hal yang demikian itu amat tidak baik, bahkan dapat dikatakan adalah sesuatu yang sifatnya tercela.

2. Waktu & Uang

Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan ngomong raenek wektu, berarti wonge ra ndue duwit.

  • Waktu adalah uang. Kalau temanmu kamu ajak main bilangnya enggak ada waktu, berarti temanmu enggak punya uang.

Mulai dari sekarang kalian bisa berpikir lebih positif ketika ada teman yang tidak memiliki waktu saat kalian ajak main.

Sebagai pilihannya kalian dapat menawarkan pinjaman uang ke pada mereka, bahkan kalau punya rejeki lebih kasih saja sekalian.

Kemudian coba lihat bagaimana reaksinya, apakah ia masih tidak memiliki waktu atau langsung memiliki waktu.

Meskipun kata kata Bahasa Jawa ini hanya guyonan alias kata kata lucu, akan tetapi cukup masuk akal dan rasional :).

3. Hidup

Jenenge urip mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenenge dangdutan.

  • Namanya hidup pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan.

Ada masalah tidak ada masalah, yang namanya hidup itu adalah cobaan. Tinggal bagaimana kita menyikapi setiap cobaan yang hadir.

Bahkan kenikmatan, kekayaan dan kesehatan sekalipun adalah cobaan. Jika kita tidak bisa melewati cobaan tersebut, niscaya akan menjadi orang yang sangat rugi.

Maka untuk itu, siapkanlah diri, hati dan pikiran kita agar menjadi manusia yang beruntung dunia dan akhirat.

Artikel Terkait:
~ Kata kata bijak dari Madura
~ kata kata bijak dari Bugis

4. Jantung Pisang

Uripmu koyo wit gedhang, due jantung tapi ra duwe ati.

  • Hidupmu kayak pohon pisang, punya jantung tapi enggak punya hati.

Jangan sampai kita menjadi orang yang demikian, punya jantung tapi tidak punya hati. Artinya hidup namun tidak memiliki perasaan sama sekali.

Sedangkan mulia tidaknya seseorang diawali dengan hatinya, sebab tindakan yang dilakukan mewakiliki hati.

Orang yang memiliki hati baik nan jernih akan bertindak sangat hati-hati, sebab tidak ingin menyakiti perasaan orang lain.

Begitulah hidup, alangkah baiknya kita dapat menjaga hati dan pikiran agar menjadi orang yang selamat serta mulia dunia akhirat.

5. Ngutang

Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku.

  • Kalau aku lihat dari sorot matamu, sepertinya kamu ingin ngutang ke aku.

Biasanya orang yang demikian ini sudah terbiasa ngutang, sehingga pas mau ngutang lagi langsung terdeteksi.

Ngutang sendiri sebetulnya bukanlah aib atau keburukan, yang menjadikan ia aib adalah ketika ngutang tidak dibayar.

Urusan hutang ini amatlah berat, karena apa? Sebab jika di dunia tidak selesai bisa jadi urusannya akan dibawa hingga ke akhirat.

Bahakan menurut beberapa keterangan, di akhirat kelak jika memiliki hutang, maka akan dibayar dengan amal kebaikan saat di dunia.

Maka untuk itu selesaikanlah urusan utang piutang sebelum meninggal. Jangan melihat besaran utangnya, besar kecil tetap menjadi hutang yang harus dibayar.

Kata Kata Lucu Bahasa Jawa Timur

kata kata lucu bahasa jawa
Quotes lucu bahasa jawa oleh berkata.net

1. Jangan Ngomong Tinggi-Tinggi

Nek ngomong ojo dhuwur-dhuwur, mengko lambemu iso kesampluk pesawat.

  • Kalau ngomong jangan tinggi-tinggi, nanti mulutmu bisa ketabrak pesawat.

Kata kata dalam Bahasa Jawa ini meski sedikit lucu, namun bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menghadapi orang-orang dengan omongan tinggi.

Perlu diingat, omongan yang tinggi dikhawatirkan dapat menjadi bumerang untuk diri sendiri. Maka sebaiknya ngomong dengan apa adanya dan bila perlu saja.

Jangan sampai omongan yang tinggi tersebut membuat diri kita memiliki label sebagai orang yang sombong.

Ucapan atau omongan menjadi representasi hati dan kepribadian yang kita miliki, sehingga sebelum berucap atau berkata sebaiknya diperhatikan dengan baik dan saksama.

2. Orang Jawa Itu Hebat

Wong jowo kui jos, bensin dadi bengsin, coklat dadi soklat, sayur dadi jangan, mobil dadi montor, utang dadi lali.

  • Orang jawa itu hebat, bensin jadi bengsin, coklat jadi soklat, sayur jadi jangan, mobil jadi montor, utang jadi lali (lupa).

Lucu sekali memang kata kata Bahasa Jawa yang satu ini, dimana menceritakan kehebatan orang jawa, yang katanya kalo ngutang suka lupa.

Tapi sebenarnya keteramplan ini barangkali bukan hanya dimiliki oleh orang Jawa saja, banyak di Sunda juga yang sering lupa dengan hutang.

Bahkan mungkin orang Indonesia pada umumnya kalo ngutang suka lupa, gak ditagih ya gak bayar.

Malah membingungkan orang yang ngutangin, jadi serba salah, ditagih gak enak, gak ditagih butuh.

Beberapa waktu lalu bahkan kita disuguhi hal viral terkait ngutang ini, dimana orang yang ditagih malah histeris, kok bisa ya? Mungkin ia tidak sadar saat ngutang.

3. Omongan Orang Lain

Ora usah mikir omongane wong liyo, wong liyo ae nek ngomong yo ora mikir.

  • Enggak usah mikir omongannya orang lain, orang lain aja kalau ngomong enggak pake mikir.

Baiknya memang omongan orang lain tidak dipikirkan, ngapain juga memikirkannya, terlebih hal itu merupakan negatif.

Tidak sedikit orang di sekitar kita sakit hati dengan omongan-omongan dari orang lain, hal itu terjadi sebab terlalu dipikirkan, coba saja kalau tidak kita pikirkan, anggap saja itu angin lalu, pasti tidak akan menjadi beban.

Biarpun sedikit guyon, kata kata lucu bahasa Jawa ini memang ada benarnya, jangan sampai kita memikirkan perkataan orang lain, lah yang ngomong juga gak pernah mikir dulu.

4. Batu

Iso tak titeni, watu nek dicokot mesti atos.

  • Bisa aku amati, batu kalau digigit pasti keras.

Pernah gak melihat batu lembek, rasanya semua batu keras. Bahkan orang yang keras kepala juga dikatakan otak batu.

Semua orang rasanya sudah mengetahui, terkecuali anak kecil yang baru lahir dan orang gila.

Buktinya banyak orang gila atau orang stress menggigit batu, begitupun dengan anak-anak kecil.

5. Laki-Laki Harus Kuat

Dadi wong lanang ojo koyo krupuk. Teles sitik lemes.

  • Jadi laki-laki jangan kayak kerupuk. Basah sedikit lemas (maksudnya langsung patah semangat karena perkara kecil).

Laki-laki itu harus menjadi seorang yang kuat, sebab kelak akan menjadi seorang pemimpin, untuk keluarga, lingkungan, bahkan bisa jadi menjadi pemimpin daerah.

Jika tidak kuat bagaimana jadinya, bagaimana nasib mereka yang dipimpin olehmu. Sebab ketika menjadi pemimpin bukan hanya memikirkan diri sendiri, namun memikirkan orang lain pula.

Salah satu syaratnya ilah tidak mudah putus asa, tahan banting, atau dalam kata lain kuat luar dan dalam.

Kata Kata Lucu Bahasa Jawa Buat Status FB

kata kata lucu bahasa jawa
Quotes lucu Bahasa Jawa oleh berkata.net

1. Mimpi Setinggi Langit

Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti turumu kurang nengah.

  • Bermimpilah setinggi langit, jika kamu terjatuh berarti tidurmu kurang tengah.

Terlepas dari kata kata guyonan di atas, memang kita harus memiliki mimpi setinggi langit. Sebab dengan memiliki mimpi yang demikian kita bisa jadi memiliki motivasi hidup yang yang lebih kuat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki mimpi sama sekali.

Orang-orang yang hari ini besar, terutama dalam segi karir ataupun usaha mereka, dahulu memiliki mimpi-mimpi yang sangat tinggi.

pada tahun 2014 saya masih ingat jelas, diberi petuah oleh seorang professor dari ITB (Institute Teknologi Bandung), yang mana beliau berpesan harus memiliki mimpi-mimpi yang tinggi.

2. Orang Gemuk

Wong lemu kui, dudu kakean mangan, tapi program diete sing gagal.

  • Orang gemuk itu, bukan kebanyakan makan, tapi program dietnya gagal.

Saat bertemu dengan orang gemuk kita jangan salah sangka mereka banyak makan ya, barangkali mereka gagal program dietnya.

Tidak sedikit orang yang tidak bisa menjalankan program diet dengan beberapa alasan dan hambatan, salah satunya tergoda dengan makanan yang ada.

Makan itu sudah menjadi sebuah kebiasaan, dan saat kita memasukan program diet, secara otomatis ada beberapa kebiasaan yang diihilangkan. Hal tersebutlah tentunya yang menjadikan kita sulit dalam menjalankan program-rogram diet.

3. Anggapan

Sakjane aku yo iso dolan neng mall macak mbois nongkrong neng kafe, tapi aku emoh. Mengko ndak diarani akeh duite.

  • Sebenarnya aku juga bisa main ke mall dan sok keren dengan nongkrong di kafe, tapi aku enggak mau. Nanti aku dianggap punya banyak uang.

Sebenarnya tidak demikian juga, orang yang main ke mall dan main di kafe tidak selalu orang berada.

Bahkan di antara mereka juga banyak orang yang susah, pas-pasan. Akan tetapi bedanya mereka mengedepankan gaya.

Di sisi lain terdapat juga orang-orang yang serba ada, banyak uang mereka tidak nongkrong di kafe dan mall, bahkan dapat dikatakan mereka hidup dengan sederhana.

Hal tersebut hanyalah sebuah pilihan, mengedepankan gaya atau hidup sederhana dan mengedepankan hal yang penting.

Bagaimana dengan kalian, milih yang mana?

4. Tidak Butuh GPS

Aku ra butuh peta utowo gps, nek karo koe aku wes yakin kudu neng endi.

  • Aku enggak butuh peta atau GPS, kalau sama kamu aku udah yakin harus pergi ke mana.

Saking yakinnya akan pergi kemana, tidak membutuhkan alat bantu yang namanya GPS. Hal ini bisa berlaku untuk teman atau pasangan.

Dari kata kata di atas dapat kita lihat, bahwa yang namanya kepercayaan di atas segalanya, kalau seorang telah percaya akan dengan mudah melakukan apapun.

5. Merdeka

Merdeka iku yen Soekarno mbe Hatta baris rapi ning njero dompet. Yen sing baris Pattimura, berarti isih perjuangan.

  • Merdeka itu kalau Soekarno dan Hatta baris rapi di dalam dompet. Kalau yang baris Pattimura, berarti masih perjuangan.

Bagaimana dengan kalian guys, Apakah sudah merdeka, atau masih dalam perjuangan?

Tidak sedikit orang yang mengukur kekayaan hanya dari segi materi saja, bahkan mereka dikatakan sudah merdeka ketika memiliki harta yang melimpah ruah.

Kata kata lucu Bahasa Jawa ini memang ada benarnya, jangan jauh-jauh kita melihat orang lain, lihat saja ke dalam diri bagaimana perasaannya ketika memiliki banyak uang, tentu lebih senang.

Hal ini akan jauh berbanding terbalik ketika tidak memiliki uang, masalah seakan banyak, ruwet, dan persoalan tanpa henti datang.

Status Bahasa Jawa Lucu Singkat

quotes bahasa jawa
Quotes lucu Bahasa Jawa oleh berkata.net

1. Ingin Nangis

Asline aku yo kudu nangis tapi wedi ngko umbelku metu.

  • Aslinya aku ingin nangis tapi takut nanti ingusku keluar.

Mungkin di antara kalian ada yang pernah mengalami hal seperti ini, ingin menangis namun malu ingus keluar.

Tidak sedikit orang yang menangis samapi mengeluarkan ingus, entah karena terlalu sedih, atau memang karena penyakit.

2. Jatah Menikah

Sakjane aku iki entuk jatah rabi ora, sih?

  • Sebenarnya aku ini mendapatkan jatah menikah atau tidak, sih?

kata kata seperti akan muncul dari orang-orang yang jomblonya sudah akut, sehingga mempertanyakan soal jatah pasangan atau nikah.

Biasanya perasaan tidak tenang akan jodoh muncul ketika umur semakin tua, adik kelas disekolah sudah mulai menikah.

Terlebih hal ini terjadi kepada seorang perempuan, mereka resah gelisah dan merasa khawatir.

Salah satu cara untuk menenangkan diri yaitu dengan percaya kepada sang pencipta, dan berikhtiar sekuat tenaga.

3. Serba Salah

Urip dipaido, mati ditangisi, waras dilarani.

  • Hidup dikomentarin, mati ditangisin, sehat disakitin.

Ketika hal ini terjadi dalam menjalani kehidupan, maka yang muncul dalam benak adalah keserba salahan akan posisi tersebut.

Dalam hidup bersosial dan bermasyarakat, yang namanya komentar itu pasti adanya, muncul dari kiri, kanan, depan, belakang, bahkan dari arah yang tidak pernah kita duga.

Memang demikianlah kehidupan ini. Maka hal yang terbaik ialah siapkan mental yang kuat, dan biasakan dengan hal-hal yang demikian.

4. Rajin Ngaji

Sing ngaji wae ora dijamin mlebu surgo, lah sing ora ngaji? Ojo ngimpi!

  • Yang ngaji aja tidak dijamin masuk surga, lah yang enggak ngaji? Jangan mimpi!

Setiap orang yang beriman itu pasti menginginkan masuk surga, artinya mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat.

Salah satu amalan yang dapat menghantarkan kita masuk surga ialah mencintai Al-Qur’an, seorang yang cinta dengan Al-Qur’an sudah pasti ia rajin membacanya.

Maka untuk itu rajin-rajinlah dalam membaca dan membumikan Al-Qur’an.

5. Kemuliaan Ilmu

Sing bergincu bakal kalah karo sing berilmu.

  • Yang berlipstik bakal kalah sama yang berilmu.

Rasanya antara gincu dan ilmu bukanlah tandingannya, bahkan kita tidak bisa membandingkannya.

Ilmu dapat membawa seseorang ke dalam kemuliaan, sedangkan gincu tidak akan, hanya memperindah tampilan saja.

Untuk kaum wanita dari pada kalian sibuk menghias wajah, mending menyibukan diri untuk menuntut ilmu.

Lelucon Singkat Bahasa Jawa

kata kata lucu bahasa jawa
Quotes lucu Bahasa Jawa oleh berkata.net

1. Pusing

Semua akan mumet pada waktunya.

  • Semua akan pusing pada waktunya.

Kata kata dalam Bahasa Jawa di atas memang sedikit lucu, ini merupakan lawan atau kebalikan dari kata kata bijak “semua akan indah pada waktunya”.

Barangkali tidak setiap orang mampu terpengaruh oleh kata-kata bijak tersebut, sehingga lahirlah kata kata ini dengan kelucuannya.

Hingga saat ini kata kata lucu dalam Bahasa Jawa ini digunakan sebagai lelucon, terutama oleh anak muda.

2. Butuh Uang

Anda butuh uang? Mreneo, ayo nangis bareng.

  • Anda butuh uang? Sini, nangis bareng.

Kata kata ini merupakan sebuah plesatan, biasanya kita akan dengan mudah menemukan kata “anda butuh uang” di poster-poster yang terpampang di jalan-jalan.

Poster tersebut dibuat demikian supaya menarik perhatian masyarakat, terutama yang benar-benar membutuh uang.

Biasanya poster yang demikian dibuat oleh bank, perusahaan asuransi atau perkereditan rakyat.

3. Combro

Combro bae ana isine, masa atimu kosong?

  • Combro aja ada isinya, masa hatimu kosong.

Lumayan nih sebuah kata kata untuk nyindir temen kalian yang masih jomblo hingga sekarang.

Combro sendiri adalah jenis makanan tradisional asal Jawa Barat atau Sunda. Makanan ini terbuat dari singkong dengan isian oncom (semacam tempe).

Bagi kalian yang ingin mencoba cemilan tradisional ini bisa coba melangkahkan kaki ke Jawa Barat, terutama Bandung sebagai pusat jajanan sunda.

4. 30 Hari

Ora ketemu sesasi rasane koyo 30 dino.

  • Tidak ketemu satu bulan rasanya seperti 30 hari.

Seorang yang sedang menjalin cinta, waktu sebentar akan terasa sangat lama, hal tersebut karena cinta dan kasih sayang.

Waktu akan terasa lama juga tatkala kita tidak berjumpa dengan orang yang dikasihi dan disayangi, salah satunya adalah keluarga.

5. Pakde & Bukde

Aku wong ndeso ora ngerti Valentine Day, ngertiku Pak Day karo Bu Day.

  • Aku anak desa tidak mengerti valentine day, hanya menegerti pak day dan bu day.

Orang desa itu jauh dari pergaulan yang dirasa kurang baik, salah satunya adalah perayaan valentine day.

Padahal apabila kita lihat dan kaji, valentine day ini merupakan budaya barat. Kebajakan anak muda di Indonesia tidak tahu mengenai asal usul dari valentine day ini.

Kata Kata Lucu Bahasa Jawa Sindiran Kepada Teman

quotes bahasa jawa
Quotes lucu Bahasa Jawa oleh berkata.net

1. Ngomel

Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren.

  • Hujannya awet nggak reda-reda, seperti mulutmu kalau ngomel, tidak pernah berhenti.

Hampir semua orang barangkali memiliki teman yang cerewet, suka ngomel-ngomel tidak jelas, tentu dengan teman seperti ini kadang kita merasa kesal.

kata kata di atas dapat dijadikan sebagai sindiran untuk teman-teman seperti itu, dengan kalian sindir barangkali mereka sadar.

Jika belum sadar juga, kalian diamkan saja orang-orang yang demikian. Semoga suatu saat nanti mereka sadar bahwa yang dilakukannya itu tidak benar.

2. Kanebo Kering

Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing.

  • Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering.

Tidak sedikit orang terlihat kaku itu karena bawaan mereka, salah satunya tidak pintar bergaul.

Hal inipun jujur pernah saya alami dahulu ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Memang benar jangan menjadi orang yang terlalu kaku, selain kurang asik, untuk pergaulan pun tentu tidaklah baik.

Apabila hari ini di antara kalian ada yang masih merasa kaku saat bergaul, perlahan-lahan belajarlah untuk menjadi orang yang luwes.

3. Datang Butuh

Konco kok moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?

  • Teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku ini pom bensin apa?

Tidak sedikit teman yang seperti ini, hanya ada ketika butuh saja, namum saat kita butuh sebaliknya mereka hilang entah kemana.

Jika ada teman yang seperti ini, maka kalian tidak perlu terlalu dekat, sebab mereka tidak akan dapat dijadikan sebagai partner.

4. Cinta

Cinta mesti ono loro ati, nek kowe wegah loro ati, kowe gak bakalan nemu cinta sejatimu ndes!!

  • Cinta itu pasti pernah bikin sakit hati, kalau kamu nggak mau sakit hati, kamu nggak bakal menemukan cinta sejatimu.

Cinta itu dapat ditafsirkan sesuai kehendak kita, termasuk seperti kata kata di atas. Namun ada juga yang menafsirkan cinta berbeda, tidak demikian.

Tentu hal ini sangat wajar dan lumrah, namun satu hal cinta itu akan menumbuhkan rasa kasih sayang di antara manusia.

5. Rumah Makan Padang

Tresnomu koyo rumah makan padang akeh cabange.

  • Cintamu seperti rumah makan padang banyak cabangnya.

Kata kata dalam Bahasa Jawa ini memang cukup lucu ya untuk dijadikan sindiran ke pada wanita atau laki-laki yang sering ganti pasangan.

Tidak sedikit kita menemukan orang-orang yang memiliki pasangan lebih dari satu, bahkan mereka selingkuh.

***

Demikian kumpulan kata kata lucu dalam Bahasa Jawa ini, semoga dapat menghibur dan memberikan inspirasi!!

Jangan lewatkan juga kata kata lucu dalam Bahasa Inggris yang bisa menghibur kamu dan bikin ketawa.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com