Makanan Khas Aceh

  • 5 min read
  • Jun 16, 2020
makanan khas aceh
Ayu Dina
Latest posts by Ayu Dina (see all)

guratgarut.com – Saat berwisata ke Aceh kamu ingin membeli makanan khas yang bisa langsung dimakan dan dijadikan sebagai oleh-oleh? Tenang, kamu bisa mendapatkan keduanya.

Kuliner santapan dengan rasanya yang enak bisa langsung kamu nikmati disana. Ada juga jajanan khas yang bisa kamu jadikan buah tangan ketika sampai di rumah.

Makanan khas Aceh menurut anak-anak

Jajanan ini hanya ada di Aceh. Jadi kebanyakan orang di rumah pasti belum pernah mencicipinya. Cita rasa khas, yang tidak bisa ditiru bukan hanya oleh-olehnya saja.

Berbagai kuliner santapan lezatnya juga selalu memikat para wisatawan. Penasaran ada masakan dan makanan apa saja di Aceh? Simak ulasannya berikut ini.

Makanan Khas Aceh Langsung Dimakan

NoMakanan Khas Aceh Langsung Makan
1Kuah pliek U
2Ayam tangkap
3Rujak aceh
4Mie aceh
5Tasak telu
Tabel makanan khas Aceh

1. Kuah Pliek U

kuliner khas aceh

Ke Aceh tidak lengkap kalau belum menikmati kuliner santapan kuah pliek U. Makanan khas ini kaya dengan vitamin, karena dibuat dengan beragam sayuran. Mengonsumsi santapan ini baik bagi kesehatan tubuh.

Kamu mudah menemukan jajanan masakan kuah yang satu ini, karena sebagian besar rumah makan di Aceh menyediakannya.

Masakan ini melambangkan bentuk kekerabatan dalam sebuah keanekaragaman pada masyarakat Aceh, namun bisa disatukan.

Oleh karena itu, berbagai bahan sayuran dimasukkan menjadi satu ke dalam kuali sebagai simbol persatuan dari segala perbedaan yang pada akhirnya bisa bersatu.

Cara membuat kuah pliek u

  1. Menggongseng pliek u

    Gongseng pliek u menggunakan api kecil hingga berbau harum, kemudian tambahkan 1 gelas duralex panjang air hingga mendidih. Setelah air mendidih kemudian saring, dan pliek u nya di blender.

  2. Merebus buah melinjo dan nangka

    Rebus buah melinjo dan nangka hingga empuk, kemudian buang airnya.

  3. Memotong sayuran dan menggiling bumbu

    Potong sayur-sayuran, giling bumbu, dan rajang beberapa bumbu

  4. Rebus kiki

    Merebus kikil hingga empuk, kemudian buang airnya.

  5. Buat santan

    Peras kelapa kukur hingga menjadi santan

  6. Mencamurkan bahan dan bumbu

    Masukan ban dan bumbu ke dalam panci

  7. Memasukan santan

    Pastikan bahan dan bumbu yang dimasak dalam panci telah berasap, kemudian campur santan

  8. Tambahkan kangkung dan jeruk

    Saat hampir matang tambahkan kangkung dan jeruk

  9. Selesai

    Makanan siap untuk disajikan.

2. Ayam Tangkap

ayam tangkap

Penamaan kuliner santapan satu ini mungkin dari penyajian ayamnya yang tertutupi oleh daun teumuru.

Masakan ayam satu ini sebelumnya telah dipotong-potong menjadi bagian kecil-kecil. Lalu digoreng bersama dengan daun teumuru dan cabe hijau. Tunggu beberapa sampai tercium aroma wanginya.

Masakan satu ini diolah dengan cara digoreng seperti olahan bebek pada umumnya. Yang membedakan adalah bentuk irisannya dan beberapa bahan lain yang ditambahkan, seperti daun khas Aceh namanya daun teumuru. Rasanya yang nikmat membuat kuliner ayam tangkap ini wajid dicoba.

3. Rujak Aceh

rujak aceh

Mungkin kamu sudah tidak asing mendengar jajanan rujak, karena hampir di semua daerah menjajakan makanan khas yang satu ini.

Tapi yang menarik dari rujak Aceh ini adalah diuleg diatas ulegkan yang sangat besar, saking besarnya satu kali ulegkan bisa menampung 50 porsi sekaligus. Selain terbuat dari batu ada juga ulegkan dari kayu jati.

Untuk bahan dan bumbu jajanan rujak ini cukup banyak sekali. Biasanya buah yang disajikan seperti pada umumnya, ada kedondong, jambu air, pepaya, mangga, timun dan nanas.

Tapi kalau bumbunya memang memiliki khas sendiri, terdiri atas;

  • Garam
  • Asam jawa
  • Gula aren
  • Cabai rawit
  • Pisang batu
  • Kacang tanah
  • Rumbia atau salak Aceh

Bubu inilah yang membuat rujak aceh menjadi sangat khas dan istemewa, yang barangkali tidak dapat ditemukan di daerah lain.

4. Mie Aceh

mie aceh

Salah satu kuliner makanan khas Aceh yang terkenal di seluruh Indonesia adalah Mie Aceh.

Makanan satu ini akan sangat mudah ditemukan, termasuk di Jakarta, bahkan bukan tidak mungkin mie aceh dapat mengalahkan makanan khas Betawi yang sejenis.

Meskipun kamu bisa membelinya dimana saja, tapi menikmati makanan langsung dari daerah asalnya tentu memberikan pengalaman tersendiri. Penasaran dengan rasanya seperti apa?

Biasanya masakan ini disajikan dengan cara digoreng atau dengan kuah. Untuk rasanya bisa kamu tentukan sendiri sesuai selera, ada yang rasa gurih dan pedas.

Kalau kamu pencinta seafood, jajanan mie Aceh ini cocok untuk dinikmati, karena lauknya berupa seafood. Tapi kalau kurang suka, kamu bisa mengganti lauknya dengan daging.

5. Tasak Telu

tasak telu

Kuliner Masakan tasak telu cukup menarik dan unik. Hanya di Aceh kamu bisa menemukan hidangan makanan khas satu ini. Dilihat dari bahasanya, telu artinya tiga. Jadi jumlah masakan yang dihidangkan sebanyak tiga kali.

Pertama, ayam direbus dengan bumbu rempah rempah khas Aceh. Rebusan ini menjadi santapan masakan yang pertama.

Sementara masakan santapan yang kedua berupa kuah dari rebusan ayam dan bumbu tadi dijadikan sebagai kaldu atau sup.

Bagian tulang ayam lalu dimasak dengan bumbu kaldu ini ditambahkan dengan bumbu-bumbu yang lain, sehingga menjadi sajian kuah kental yang gurih.

Adapun masakan yang ketiga berupa rebusan dari berbagai sayuran, seperti. Jantung pisang, kacang panjang.

Daun singkong, daun pepaya, dan tauge. Setelah direbus, angkat lalu tambahkan parutan kelapa untuk dibuat menjadi urap yang telah ditambahkan dengan bumbu khas.

Makanan Khas Aceh Sebagai Oleh-Oleh

NoMakanan Khas Aceh Sebagai Oleh-Oleh
1Timphan
2Keumamah ikan
3Bohromrom
4Manisan pala aceh

1. Timphan

timphan

Mencari oleh-oleh khas Aceh yang paling cocok dan enak rasanya, kamu bisa mencoba membeli kue yang satu ini, namanya timphan.

Rasanya yang manis dan legit serta lumer ketika dimakan, dijamin orang-orang di rumah pasti suka dengan jajanan makanan khas Aceh yang satu ini. kalau mau kamu jadikan oleh-oleh, kue ini bisa bertahan selama 3 hari.

Kue ini terbuat dari beberapa bahan dasar, yaitu tepung ketan yang sudah diolah dan diisi dengan beberapa macam isian, seperti pisang raja, nangka, labu dan ubi.

Campuran dari keduanya (tepung dan isian) kemudian dibalut menjadi satu menggunakan daun pisang, setelah itu lalu tinggal dimasak.

2. Keumamah Ikan

makanan khas aceh

Selain kue timphan makanan khas Aceh yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, yaitu keumamah ikan. Makanan ini dibuat dari olahan ikan tuna yang telah direbus, dikeringkan lalu diiris untuk dimasak.

Kalau untuk oleh-oleh, kamu bisa mencari keumamah yang telah dikeringkan, karena bisa bertahan sampai berminggu-minggu.

kamu juga bisa memasaknya sendiri, caranya potong-potong keumamah ikan tadi sesuai ukuran yang kamu inginkan.

Siapkan bumbu rempah-rempah seperti memasak ikan pada umumnya, jangan lupa tambahkan santan dan cabai hijaunya supaya aromanya lebih gurih. Cukup mudah bukan cara membuat santapan ini.

3. Bohromrom

bohromrom

Nama lain dari bohromrom adalah kue boh duek beudeh. Makanan khas ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh dari Aceh.

Bentuknya yang unik serta rasanya legit dan manis, sudah pasti pas banget untuk kamu bagikan jajanan ini ke sanak famili di rumah. Apalagi kue ini ditaburi dengan parutan kelapa, semua orang pasti suka.

Kue ini terbuat dari adonan tepung ketan yang sudah dicapur beberapa bumbu dapur seperti, garam, gula merah, gula jawa, air dan beberapa bumbu penyedap dapur. Cara pembuatannya cukup mudah.

Tuangkan air panas ke dalam tepung ketan lalu masukkan bumbu dapurnya, aduk hingga merata. Setelah itu adonan kue tinggal dicetak.

4. Manisan Pala Aceh

makanan khas aceh

Kamu suka dengan oleh-oleh dari buah-buahan? Salah satu oleh-oleh makanan khas dari Aceh yang paling banyak diburu oleh para wisatawan adalah manisan pala Aceh.

Walaupun sebenarnya manisan pala bisa kita jumpai di berbagai daerah, sebut saja Surabaya, Yogyakarta dan Bandung.

Manisan yang dibuat dari buah pala ini jarang ditemukan di daerah lain. Jadi belum banyak orang yang pernah mencicipi makanan yang satu ini.

Toko yang paling banyak menjual jajanan makanan ini ada di daerah Aceh selatan. Hampir sebagian besar toko disana menyediakan oleh-oleh khas dari buah pala ini.

Selain dalam bentuk manisan, kamu juga bisa membeli beberapa olahan pala yang lain, seperti, sirup, kembang gula atau minyak pala.


Gimana, kira-kira sudah tahu apa kuliner favorit mu di Aceh? Meskipun makanan khas Aceh ini telah tersebar, tapi ketika kamu bisa menyantapnya langsung disana akan mendapatkan cita rasa yang berbeda.

Begitu juga dengan olah-olehnya, keluarga di rumah pasti doyan banget dengan buah tangan yang kamu bawakan.

Apabila ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan, bisa tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected]

Hal yang sering ditanyakan:

Makanan khas Aceh yang terkenal?

Terdapat banyak makanan khas Aceh yang populer, seperti ayam tangkap, mie aceh, manisan pala dan tasak telu

Makanan khas Aceh yang enak disantap saat hujan?

Makanan yang cocok disantap ketika hujan ialah makanan hangat, seperti mie aceh, tasak telu dan ayam tangkap.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com