Makanan Khas Bengkulu

  • 5 min read
  • Sep 13, 2021
makanan khas bengkulu pendap
Ayu Dina
Latest posts by Ayu Dina (see all)

Tulisan ini mengupas tuntas 9 kuliner atau makanan khas dari Bengkulu secara lengkap, meliputi cara pembuatan, bahan hingga harga.


guratgarut.com – Apa yang ada dibenak kamu ketika mendengar nama Bengkulu? Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar kamu pasti sudah dikenalkan dengan tempat asal tumbuhan Raflesia Arnoldi. Tumbuhan yang ukuranya cukup besar dan baunya yang menyengat itu. Oleh karenanya, bunga ini sering dinamakan bungai bangkai.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas bunga asli Bengkulu tersebut, yang akan dibahas adalah kuliner makanan khas asli Bengkulu yang selalu diburu oleh para wisatawan yang mampir ke salah satu daerah di sebelah barat daya kepulauan Sumatra ini.

Penasaran dengan kuliner khas apa saja yang ada di Bengkulu? Simak ulasannya berikut ini.

9 Kuliner Makanan Khas Bengkulu

NoNama Makanan Khas Bengkulu
1Rembung asam udak liling
2Bagar hiu
3Lema
4Gulai kemba’ang
5Pendap
6Tempoyak
7Manisan terong
8Kue perut punai
9Gulai pisang
Tabel makanan khas Bengkulu

1. Rebung Asam Undak Liling

Rebung Asam Undak Liling
Sumber: momsodell.com

Makanan khas Bengkulu yang harus kamu masukan daftar list makanan favorit adalah rebung asam undak liling.

Masakan satu ini dibuat dari bahan dasar tunas bambu. Sebagian orang menyebutnya dengan nama rebung. Jadi dipilih rebung yang masih muda yang teksturnya masih lunak.

Cara pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut;

  1. Iris tipis-tipis rebungnya
  2. Setelah itu irisan rebung direndam selama beberapa hari.

Tujuannya supaya rebung lebih lunak dan teksturnya lebih lembut. Selain itu, supaya didapatkan rasa masam yang pas. Selanjutnya siapkan bumbu dapur dan rempah-rempahnya untuk membuat bumbu gulai.

Setelah rabung tadi sudah dibuat gulai, campurkan liling yang sebelumnya sudah dimasak. Kalau di daerah kamu, liling itu sejenis siput sawah, bentuknya kecil-kecil dan warnanya hitam.

Bagaimana tertarik menicicipi santapan masakan hasil kombinasi rebung dan liling? Dihidangkan bersama nasi hangat, santapan ini semakin nikmat.

Jangan salah tunas bambu memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi tubuh.

2. Bagar hiu

bagar hiu
Sumber: richoardeya.blogspot.com

Makanan khas paling disukai penduduk Bengkulu yang satu ini bisa dibilang cukup ekstrim, namanya Bagar Hiu.

Kamu mungkin tidak percaya kalau ternyata masakan ini dibuat dengan menggunakan daging ikan hiu. Jenis ikan hiu yang biasanya diolah adalah hiu tanduk atau hiu punai. Penasaran masakannya seperti apa?

Makanan ini dimasak tidak menggunakan santan, melainkan dengan kelapa yang yang sudah disangrai. Jadi rasanya pasti sangat gurih.

Tapi proses pemasakannya tidak sesederhana itu. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pemasakan ikan hiu. Baunya yang amis, perlu keahlian khusus untuk memasak supaya tidak amis.

Masakan ini biasanya hanya dihidangkan pada waktu bulan Ramadhan. Jadi tidak setiap waktu kamu bisa menjumpainya.

Mungkin karena bahan dasarnya yang cukup sulit didapatkan. Sebagai informasi tambahan, katanya dulu presiden Indonesia yang pertama pernah mencoba mencicipi masakan khas satu ini.

Baca juga: Makanan khas Aceh

3. Lema

makanan khas bengkulu lema
Sumber: gotravelly.com

Lema, salah satu jenis jajanan yang mungkin asing di telinga kamu. Kalau baru pertama kali mendengarnya, pasti penasaran dengan makanan khas suku rejang asli Bengkulu ini.

Ada yang mengatakan jajanan makanan ini hampir sama dengan tempoyak, yaitu rebung yang sudah dicincang-cincang kemudian dicampur dengan beberapa jenis ikan tawar.

Setelah keduanya tercampur merata, bungkus rapat mengunakan daun pisang lalu difermentasikan dengan cara didiamkan selama 3 hari.

Jika lema sudah siap untuk dimakan, cara memasaknya bisa ditambahkan santan dan campuran ikan laut atau ikan tawar. Menarik bukan, cita rasa jajanan yang satu ini. Bukan hanya asam tapi juga pedas.

4. Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba’ang
Sumber: tempatwisataunik.com

Untuk bisa menyantap makanan khas yang satu ini kamu bisa datang kalau pas bulan puasa sampai menjelang lebaran.

Penduduk disana menjadikan masakan ini sebagai menu santapan utama pada saat sahur dan berbuka. Kuahnya yang sedap dan bisa membangkitkan nafsu makan.

Gulai Kemba’ang dibuat menggunakan iga sapi. Kalau untuk kuahnya dibuat dengan perasan santan yang kental.

Supaya bisa menghasilkan warna kekuningan, biasanya ditambahkan dengan kunyit. Masyarakat Bengkulu juga suka menambahkan daun pakis, untuk memberikan tambahan nutrisi pada masakan.

5. Pendap

pendap makanan tradisional bengkulu
Sumber: pesona.travel

Tahu kah kamu, kalau ternyata ada salah satu makanan khas Bengkulu yang telah mendunia.

Makanan ini tidak hanya terkenal di nusantara saja, bahkan di luar negeri seperti Belgia, Jepang dan Australia kuliner santapan ini cukup digemari. Luar biasa bukan, kuliner khas yang satu ini.

Namanya pendap. Kalau penduduk lokal kadang menyebutnya dengan nama ikan pais. Ikan yang memiliki cita rasa gurih dan enak. Tidak heran jika dipasaran permintaan jenis ikan yang satu ini cukup tinggi.

Inilah yang menjadi salah satu rahasia kenapa makanan pendap ini banyak diburu oleh para pencinta kuliner.

Baca juga: Makanan khas Maluku

Kalau dilihat dari bentuknya jajanan kuliner khas satu ini hampir sama dengan pepes. Bedanya kalau pepes dibungkus menggunakan daun pisang, sementara kalau pendap menggunakan daun talas.

Cita rasanya yang gurih dan pedas serta baunya yang khas, membuat selera makan meningkat.

6. Tempoyak

tempoyak
Sumber: tastemade.com

Olahan makanan khas Bengkulu yang dibuat dari buah tidak lain adalah tempoyak. Bener banget, makanan ini dibuat dengan cara menfermentasikan buah durian selama 3 sampai 5 hari.

Rasanya yang masam ini ternyata cukup banyak digemari, bukan hanya di Bengkulu saja, tapi sampai ke luar daerah.

Tempoyak yang sudah melalui masa fermentasi bisa diolah menjadi beberapa menu santapan yang nikmat. Kamu bisa mengkombinasikan dengan ikan tawar atau ikan laut. Bisa juga memadukan dengan daging ayam atau dibuat menjadi sambal.

Pokoknya santapan makanan satu ini cocok banget dipadukan dengan berbagai jenis makanan.

7. Manisan Terong

manisan terong
Sumber: shopee.co.id

Kalau manisan buah mangga, nanas, pepaya, atau kedondong itu sudah biasa, tapi kali ini ada jajanan manisan yang cukup unik di Bengkulu, yaitu manisan terong.

Keunikan inilah yang membuat jajanan makanan satu ini laris diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain unik, rasanya pun juga manis dan legit.

Proses pembuatannya sendiri sebenarnya tidak begitu sulit. Pertama, terong dicuci menggunakan air kapur untuk menghilangkan getah.

Selanjutnya potong terong menjadi bentuk yang kecil-kecil. Setelah itu rendam ke dalam air gula kurang lebih selama 2 jam. Angkat lalu jemur. Setelah kering tinggal dilakukan pengemasan.

8. Kue Perut Punai

kue perut punai makanan khas bengkulu
Sumber: oleholehkhasbkl.blogspot.com

Dinamai punai bukan karena bahan bakunya, tapi karena bentuk kue satu ini dibuat menyerupai burung punai.

Penduduk Bengkulu cukup akrab dengan jenis burung satu ini. Bentuknya yang cukup unik ini menjadikan para wisatawan tertarik dengan jajanan ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Kalau soal rasa jangan ditanya, kue produksi Bengkulu ini tidak kalah dengan kue produksi pabrikan. Ada dua varian rasa yang ditawarkan, yaitu rasa manis dan original.

Tertarik untuk menjadikan kue ini sebagai buah tangan keluarga di rumah? Jajanan makanan khas ini mudah sekali kamu dapatkan di beberapa toko di Bengkulu.

9. Gulai Pisang

gulai pisang
Sumber: ahliresepi.blogspot.com

Bengkulu memang gudangnya kuliner makanan-makanan unik. Salain ada masakan ikan hiu, manisan terong, kini ada makanan khas yang tidak kalah uniknya, yaitu gulai pisang.

Gimana coba, buah yang biasanya langsung disantap, kali ini dijadikan menu olah gulai. Katanya, untuk mengolah santapan ini menggunakan resep khusus yang telah diwariskan.

Masih merasa penasaran? Coba intip cara pembuatannya. Rendam pisang ke dalam air garam dan tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya. Tiriskan pisang yang telah direndam, lalu direbus selama 10 menit.

Campurkan rebusan pisang dengan resep khusus gulainya, lalu tinggal dimasak. Santapan ini siap dinikmati.

Baca juga: Makanan khas Surabaya

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu kan, kenapa masakan makanan khas Bengkulu banyak diburu oleh para pencinta kuliner?

Selain cita rasanya yang nikmat di lidah, masakan disana juga cukup unik. Sudah, dari pada lama menunggu, lebih baik siapkan agenda liburan mu berwisata ke Bengkulu.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, bisa tulis dikolom komentar, atau hubungi kami melalui email[email protected].

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com