Makanan Khas Betawi

  • 4 min read
  • Jun 18, 2020
makanan khas betawi
Ayu Dina
Latest posts by Ayu Dina (see all)

guratgarut.com – Betawi merupakan salah satu daerah dengan sejarah yang cukup panjang di Nusantara. Dari sejak jaman Sultan Agung sampai saat ini, budaya di Betawi masih sangat kental, termasuk jajanan kulinernya. Berbagai warisan makanan khas Betawi dari dulu sampai sekarang juga masih bisa dinikmati.

Mencicipi jajanan kuliner di Betawi serasa dibawa pada suasana tempo dulu. Hidangan santapan yang lezat bisa dinikmati sambil menyaksikan kekayaan budaya Indonesia di daerah ini. Berikut ulasan masakan Betawi yang paling banyak digemari.

9 Makanan Khas Betawi yang Paling Digemari

NoNama Makanan Khas Betawi
1Soto tangkar
2Bubur ase
3Asinan betawi
4Gado gado betawi
5Laksa betawi
6Roti buaya
7Nasi uduk
8Semur jengkol
9Sayur besan
Daftar makanan khas betawi

1. Soto Tangkar

soto tangkar adalah salah satu kuliner betawi

Konon katanya, makanan khas yang satu ini telah ada sejak masa penjajahan Belkamu jaman dulu.

Ceritanya, pada waktu itu orang – orang Betawi banyak yang tidak mampu membeli daging sapi. Mereka hanya mampu membeli iga sapi yang dagingnya cuma sedikit (tangkar).

Sampai kemudian, daging dari iga yang sedikit itu dibuat menjadi soto yang sangat nikmat sekali rasanya, namanya soto tangkar.

Masakan tersebut sekarang telah menjadi santapan kebanggaan orang Betawi. Soto ini kuahnya dibuat dari santan, disajikan dengan tambahan jeroan dan daging.

Baca Juga: Makanan khas Aceh

2. Bubur Ase

bubur ase

Bubur Ase adalah salah satu jajanan makanan khas Betawi yang telah ada sejak dulu. Kalau saat ini sudah tidak banyak yang menjajakan makanan yang satu ini.

Tapi tenang saja beberapa pedagang masih ada yang menjualnya. Jadi kamu tetap bisa menikmati kuliner santapan khas bubur Betawi.

Bubur ini berbeda dengan bubur khas Jakarta yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Bedanya, kalau Bubur Ase tidak dicampur dengan ayam yang telah diiris kecil-kecil, melainkan dengan daging semur yang khas Betawi sehingga tekstur warnanya sedikit lebih gelap.

Perbedaan lainnya, adalah di cara penyajiannya. Bubur Jakarta paling pas dinikmati saat masih hangat, sementara bubur Betawi malah sebaliknya. Dinikmati kalau sudah dalam keadaan dingin.

Mungkin itulah alasannya kenapa jajanan bubur Betawi ini dinamai bubur Ase. Ase dalam Bahasa Betawi bermakna dingin.

3. Asinan Betawi

asinan betawi

Makanan khas Betawi satu ini saat ini sudah menyebar ke berbagai daerah. Rasanya yang gurih dengan tambahan aneka sayuran mentah membuat santapan satu ini banyak disukai oleh pencinta vegetarian.

Berbagai aneka sayuran yang sering digunakan sebagai campuran, seperti, selada, kubis, kecambah, dan sawi.

Sayuran tersebut dicampur dengan bumbu kacang, lalu ditambah dengan remukan kerupuk yang renyah.

Santapan satu ini menggoda selera makan bukan? Kalau datang ke Jakarta kamu pasti akan mudah menemukan makanan satu ini. Banyak penjual asinan Betawi menjajakannya dengan gerobak di sepanjang jalan.

Kuliner santapan satu ini paling pas dinikmati pada waktu siang hari. Meskipun namanya asinan, tapi makanan khas satu ini tidak berasa asin.

Makanan ini malah terasa segar karena dibuat dengan beberapa bahan tambahan dari sayuran mentah yang masih segar. Menikmatinya dengan segelas es teh, membuat kamu pengen nambah.

4. Gado Gado Betawi

gado gado betawi

Bedanya dengan asinan, kalau makanan khas ini semunya sudah matang alias sayuran-sayurannya sudah direbus terlebih dulu.

Cara penyajiannya semua bahan campuran seperti lontong, kentang, telur rebus dan sayurannya dijadikan satu dalam satu wadah piring. Bumbu kacang yang sudah dihaluskan tinggal disiramkan di atasnya.

Supaya gado-gado Betawi ini lebih terasa mantap, kamu bisa menambahkan emping goreng atau kerupuk dan bawang goreng sebagai taburannya.

Cita rasa yang khas dan harganya yang sangat terjangkau membuat santapan ini banyak diburu para pecinta jajanan kuliner khas Betawi.

5. Laksa Betawi

laksa betawi

Penduduk Betawi bukan hanya keturunan orang Indonesia saja, melainkan disana juga banyak keturunan dari orang Cina.

Akulturasi budaya ini memberikan keragaman yang ada di Betawi, salah satunya di bidang kuliner. Kalau kamu ingin tahu kuliner makanan khas hasil perpaduan Cina dan Betawi kamu bisa mencoba laksa Betawi.

Sebagin besar pengusaha atau penjual makanan ini adalah keturunan orang Cina. Laksa sendiri adalah sejenis makanan sepingan yang rasanya gurih karena makanan ini berkuah.

Capuran menu pada laksa berisi, daun kemangi, perkedel, telur, bihun dan daun kucai.

Harumnya kemangi dan daun kucai membuat santapan masakan ini begitu nikmat. Ditambah dengan kuah yang segar, pas sekali jika makanan ini disantap pada siang hari.

Jangan lupa, masukan ke dalam list daftar makanan yang akan kamu coba saat berkunjung ke Jakarta.

Baca Juga: Makanan khas Banyuwangi

6. Roti Buaya

roti buaya

Kali ini akan membahas salah satu makanan yang cukup terkenal di seluruh penjuru nusantara. Makanan yang selalu dihadirkan dalam acara penting seperti pernikahan adat Betawi. Bukan lain, adalah roti buaya.

Dalam adat pernikahan di Betawi makanan satu ini selalu dibawa oleh si mempelai pria ketika datang ke pihak perempuan.

Roti buaya ini sebagai simbol dari kesetiaan dalam sebuah pernikahan di adat Betawi. Kalau kamu tertarik ingin mencicipi kuliner makanan khas Betawi satu ini, bisa membelinya di beberapa toko roti disana.

Roti ini selain rasanya yang enak, bentuknya juga cukup unik, karena dibuat mirip dengan buaya dan panjangnya mencapai kurang lebih 50 cm.

7. Nasi Uduk

nasi uduk

Rasa gurih adalah salah satu ciri khas dari nasi uduk. Aroma gurih dihasilkan dari santan yang dicampurkan dalam nasi pada saat dinanak.

Kalau kamu mencoba jajanan nasi uduk khas Betawi, akan merasakan cita rasa yang berbeda dengan yang lain. Sedapnya bumbu rempah-rempah dan gurihnya santan bakalan membuat kamu ketagihan.

Untuk bumbunya sendiri, biasanya masakan ini dicampurkan dengan berbagai bumbu rempah, seperti;

  1. Pala
  2. Jahe
  3. Kayu manis
  4. Merica
  5. Daun serai.

Jajanan nasi uduk Betawi ini disajikan dengan ayam goreng, telur, tempe, tahu, abon sambal dan yang tidak ketinggalan, taburan emping sebagai pengganti kerupuknya.

8. Semur Jengkol

semur jengkol

Siapa yang ngira kalau semur jengkol ini adalah salah satu makanan khas Betawi. Kalau masakan jengkol mungkin di daerah kamu juga banyak yang menjual, tapi kalau semur jengkol yang rasanya selangit hanya ada di daerah Betawi.

Berkat resep yang telah diwariskan secara turun temurun, jengkol bisa disulap menjadi santapan yang lezat.

Cara menghilangkan bau dari aroma jengkol ini bisa dilakukan dengan cara merendamnya dalam air rebusan tangkai padi atau bisa juga menggunakan air kapur selama beberapa saat.

Tentu membutuhkan keahlian khusus untuk membuat jengkol ini menjadi masakan semur yang lezat.

9. Sayur Besan

sayur besan adalah makanan khas betawi

Makanan yang cukup terkenal dan legendaris di Betawi adalah sayur besan. Kalau saat ini kamu ingin mencarinya, mungkin sudah agak sulit.

Beberapa warung di daerah Betawi sudah tidak menjual jajanan masakan ini lagi, karena bahan bakunya sudah mulai sulit dicari dipasaran.

Bahan baku untuk masakan satu ini adalah pucuknya tebu, atau bunga pada tanaman tebu yang diolah dengan beberapa bahan tambahan seperti petai, ebi dan kentang.

Rasanya tentu sangat enak, perpaduan antara bunga tebu dengan bahan yang lain. Meskipun sudah jarang yang menjual, tapi kamu tetap masih bisa menikmati makanan khas ini.

Baca juga: Makanan Khas Kalimantan Selatan


Sejak jaman dulu sampai sekarang, berbagai masakan makanan khas Betawi selalu bisa kamu nikmati.

Akulturasi budaya di Betawi membuat olahan makanan disana cukup beragam. Ke Jakarta belum lengkap kalau kamu belum menyantap berbagai kuliner khas Betawi yang lezat.

Hal yang sering ditanyakan:

Makanan khas Betawi yang hampir punah dan langka?

Seiring berjalannya waktu tidak sedikit makanan tradisional yang mulai menghilang, tidak terkecuali makanan khas Betawi. Laksa dan bubur ase menjadi 2 di antara sekian makanan tradisional yang sudah jarang kita temui.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com