Makanan Khas Kalimantan Selatan

  • 4 min read
  • Jun 15, 2020
makanan khas kalimantan selatan
Ayu Dina
Latest posts by Ayu Dina (see all)

guratgarut.com – Ada banyak sekali varian makanan khas Kalimantan Selatan. Kalau kamu berkunjung kesana bisa menikmati berbagai kuliner jajanan yang tidak kamu temukan di daerah lain.

Semua masakan makanan dari rasa manis, pedas, gurih sampai asam kamu bisa mencicipinya.

Menikmati kuliner sambil naik di atas perahu di hulu sungai memberikan kesan pengalaman istimewa. Setelah selesai, kamu juga bisa membawa pulang beberapa makanan untuk saudara yang di rumah.

Jadi kapan kamu siap datang kesini. Pemandangan seribu sungai dan makanan khasnya sudah menunggu.

11 Varian Makanan Tradisional Khas Kalimantan Selatan

NoNama Makanan Khas & Kuliner Kalimantan Selatan
1Manday
2Kalangkala
3Tumis kacang banjar
4Sayur kembang tigarun
5Cacapan asam
6Gangan asam banjar
7Lontong banjar
8Lamang
9Iwak pakasam
10Dodol kandangan
11Bingka
Tabel daftar makanan khas Kalimantan Selatan

1. Manday

manday
Sumber: travellingyuk.com

Manday adalah salah satu makanan khas Kalimantan yang dibuat dari kulit buah cempedak. Salah satu buah khas pulau Kalimantan.

Pembuatanya dengan cara diawetan menggunakan campuran garam. Lama waktu pengawetannya tergantung sesuai selera. Kalau semakin lama tentu semakin enak, karena rasanya lebih asam.

Untuk memasaknya sendiri, bisa dengan berbagai cara. Ada yang digoreng, dibuat gulai atau dibakar.

Untuk menambah cita rasa yang khas pada masakan ini, bisa ditambahkan dengan bumbu rempah-rempah yang lengkap.

Baca juga: Makanan khas Aceh

2. Kalangkala

sayur kalangkala
Sumber: visitkalsel.com

Masakan khas satu ini bisa dibilang cukup unik. Makanan ini oleh sebagian orang dianggap sayuran, tapi bahan utama untuk membuatnya justru dari buah kalangkala.

Buah ini merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di Kalimantan. Kalau dari bentuknya sendiri, adalah bulat dan berwarna merah muda kalau sudah matang.

Tekstur dagingnya lembut dan rasanya menyerupai alpukat. Masakan ini biasanya dibuat dengan kuah yang rasanya gurih.

Kamu bisa menambahkan cabai atau tidak sesuai selera. Santapan ini paling pas dinikmati bersama nasi hangat, sambal dan ikan.

3. Tumis Kacang Banjar

Makanan khas tumis kacang panjang banjar
Sumber: catatanfani.com

Meski makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga, tapi makanan ini ternyata merupakan salah satu santapan yang cukup banyak digemari. Tumis kacang banjar, namanya, kuliner santapan bersantan dengan campuran udang.

Bukan hanya campuran itu saja, masakan ini dibuat dengan bumbu rempah-rempah yang khas.

Tertarik menyantap santapan khas banjar yang satu ini? Masakan ini bisa menjadi salah satu menu pelengkap bersama ikan atau ayam goreng.

4. Sayur Kembang Tigarun

sayur kembang tigarun
Sumber: hazanzainuddin.wordpress.com

Jajanan sayuran yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat Banjar. Bahan utama yang digunakan untuk membuat masakan ini adalah kembang dari tanaman kambang tigarun.

Sayangnya kembang ini tumbunya hanya musiman saja, jadi tidak bisa setiap waktu untuk menikmatinya.

Jenis kambang tigarun yang bisa dimasak adalah yang bunganya sudah mengembang. Tanaman ini memiliki rasa yang sedikit agak pahit.

Mungkin tidak jauh berbeda dengan sayuran pare. Kalau kamu ingin menjadikannya sebagai lalapan, sebelumnya kembang tigarun ini harus sudah direndam kurang lebih selama tiga hari.

5. Cacapan Asam

kuliner khas kalimantan selatan cacapan asam
Sumber: gotravelly.com

Jajanan cacapan asam ini biasanya dihidangkan bersama dengan kambang tigarun. Jajanan makanan cacapan ini sejenis dengan sambal.

Bedanya kalau cacapan asam ini sedikit agak cair dan warnanya bukan kemerahan, melainkan bening. Selain itu, makanan ini tenyata dibuat dari buah asam yang telah dicacah.

Orang Banjar ada yang menyebut santapan makanan ini dengan nama cacahan asam, karena proses pembuatannya yaitu asam dicacah.

Arti cacapan sendiri maksudnya merujuk pada bentuk penyajianya yang dilakukan dengan mencacapkan buah-buahan ke makanan tersebut. Rasa pedas dan asam pas sekali dinikmati waktu siang hari.

Baca juga: Makanan Khas Betawi

6. Gangan Asam Banjar

gangan asam banjar
Sumber: coockpad.com

Gangan asam Banjar adalah makanan khas yang dimasak menggunakan bahan baku ikan gabus atau ikan haruan. Kalau kedua jenis ikan tersebut tidak ditemukan bisa saja diganti dengan ikan patin.

Makanan ini adalah jenis masakan berkuah. Warna kuning pada kuah dihasilkan dari parutan kunyit. Soal rasa, santapan ini begitu segar dan terasa gurih. Paling pas dihidangkan dengan nasi putih hangat.

7. Lontong Banjar

makanan khas kalimantan selatan adalah lontong banjar
Sumber: dparagon.com

Lontong Banjar, salah satu makanan khas yang banyak dijajakan disepanjang kota Banjarmasin.

Jajanan Masakan ini merupakan kombinasi dari berbagai bahan utama, seperti, nangka, ayam dan lontong. Cara memasaknya dilakukan dua kali.

  1. Pertama nangka dimasak dengan santan.
  2. Kedua ayam diremas-remas lalu digoreng.

Setelah kedua bahan sudah matang, potong lontong menjadi bagian kecil-kecil. Siramkan kuah nangka dan tambahkan gorengan ayam tersebut.

Perpaduan rasa yang sempurna, membuat santapan ini menjadi salah satu menu favorit para pencinta kuliner yang datang ke Kalimantan Selatan.

8. Lamang

kuliner khas kalimantan selatan ini adalah lamang
Sumber: transresortbali.com

Lamang merupakan kuliner makanan khas kandangan yang dimasak dengan menggunakan seruas bambu yang dibakar kurang lebih selama 6 jam.

Kalau orang Dayak menyebut makanan ini dengan nama malamang. Santapan makanan ini terbuat dari beras katan yang dicampur dengan beberapa bumbu, seperti kelapa, garam dan bumbu khas lainnya.

Cara penyajiannya, bisanya makanan lamang kandangan dihidangkan bersama sambal sate. Lamang yang sudah dibakar dan matang tinggal ditaruh diatas piring.

Setelah itu siram dengan sambal sate. Untuk menambahkan cita rasa, bisa ditambahkan dengan kancang nagara yang telah dimasak atau bisa juga ditambahkan dengan telur asin.

9. Iwak Pakasam

iwak pakasam
Sumber: coockpad.com

Iwak pakasam salah satu kuliner makanan khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Kalimantan Selatan.

Ikan ini dibuat dengan cara diawetkan. Proses pengawetannya dilakukan denga pemberian samu atau beras yang telah ditumpuk. Tapi sebelum itu ikan harus dibersihkan terlebih dulu.

Jenis ikan yang digunakan untuk olahan masakan satu ini menggunakan beberapa jenis ikan, seperti ikan haruan atau ikan gabus, ikan mangki, ikan sepat dan ikan pepuyu.

Menurut orang disana, kuliner masakan ini ada yang diawetkan sampai bertahun-tahun, karena katanya semakin lama malah semakin enak.

10. Dodol Kandangan

dodol kandangan enak
Sumber: danulawisata.com

Nama jajanan khas satu ini diambil dari nama daerah asalnya. Kandangan salah satu kota di kabupaten hulu sungai selatan, Kalimantan Selatan. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas pulau seribu sungai ini.

Dodol kandangan memiliki cita rasa yang berbeda dengan dodol pada umumnya. Menurut pengakuan beberapa orang, rasa manisnya sangat pas dan tektur dodol lebih lembut dan lebih lengket.

Tertarik untuk membeli jajanan ini? kamu bisa langsung datang ke produsennya atau bisa juga membeli di beberapa toko pusat oleh-oleh.

11. Bingka

bingka adalah makanan khas kalimantan selatan
Sumber: today.line.me

Kalau kamu ingin mencari jejanan cemilan khas suku banjar Kalimantan Selatan, cobalah makanan khas satu ini, namanya bingka. Rasanya lembut, manis, dan sedikit berlemak.

Makanan ini biasanya banyak disajikan pada waktu bulan puasa. Tapi kalau ingin menikmatinya, kamu bisa membelinya kapan saja.

Untuk bahan pembuatan jajanan makanan ini diantaranya, telur, tepung terigu, garam, santan, dan gula pasir. Campur semua bahan tersebut sampai membentuk adonan yang kalis.

Baca Juga: Makanan khas Madura

Setelah itu tuangkan ke cetakan, bentuknya seperti bunga. Lalu tinggal dipanggang sampai matang. Kamu bisa memilih varian rasa, seperti pandan, kentang dan labu.


Sebenarnya masih banyak varian kuliner makanan khas yang bisa kamu pilih. Tapi mungkin cukup sekian dulu pembahasan beberapa jenis kuliner khas yang bisa kamu nikmati ketika mengunjungi pulau borneo yang berada di bagian selatan ini.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, bisa tulis dikolom komentar, atau hubungi kami melalui email[email protected].

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com