Makanan Khas Lampung

  • 4 min read
  • Jun 14, 2020
kuliner makanan khas lampung
Ayu Dina
Latest posts by Ayu Dina (see all)

guratgarut.com – Keplang, salah satu ikon makanan khas Lampung yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jajanan makanan tidak mengandung minyak karena diolah dengan cara dipanggang, bukan digoreng. Rasanya ikannya yang terasa gurih membuat jajanan ini tidak pernah sepi untuk dinikmati.

Tapi tahukah kamu, ternyata bukan hanya kemplang saja, makanan khas Lampung yang menjadi incaran para pencinta kuliner.

Berbagai olahan ikan, kue sampai bahan-bahan dari alam seperti rotan dan batang kelapa muda, semuanya ada. Masih belum percaya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

9 Makanan Khas Lampung yang Paling Dicari

kuliner khas lampung
Sumber: rojakdaily.com
NoNama Makanan Khas Lampung
1Panggang
2Seruit
3Gabing
4Umbu
5Pisro
6Engkak
7Geguduh
8Pempek
9Benjak enjak
Tabel daftar makanan khas Lampung

1. Panggang

ikan asap khas lampung
Sumber: inisayahidupsaya.wordpress.com

Kalau kamu pernah tahu ikan asap yang cukup terkenal dari Maluku, kuliner makanan satu ini juga tidak jauh berbeda. Bahan dasarnya sama dari ikan.

Cara pemasakannya juga dipanggang atau diasap. Pengasapannya tidak membutuhkan waktu lama, sekiranya ikan sudah kering dan berwarna kecoklatan sudah bisa langsung dinikmati.

Masyarakat disana kemudian menamai makanan ini dengan nama panggang. Makanan khas Lampung ini bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Kerena proses pemasakannya dilakukan dengan cara diasap, sehingga makanan ini bisa lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: Makanan khas Madura

2. Seruit

seruit
Sumber: twitter.com

Makanan khas satu ini adalah masakan dari ikan. Ikan yang digunakan bukan dari jenis ikan laut, melainkan ikan air tawar atau ikan sungai.

Biasanya jenis ikan yang dibuat makanan ini antara lain

  • Ikan layis
  • Baung
  • Belide
  • Dll

Rasanya sudah pasti bikin kamu semakin nafsu makan.

Cara penyajiannya bisa dibakar atau digoreng. Jadi bentuk sama dengan ikan goreng atau bakar pada umumnya.

Hanya saja, pendamping makanannya yang mungkin agak sedikit berbeda. Kuliner seriut ini biasanya disajikan bersamaan dengan tempoyak, sambel dan beberapa lalapan, seperti jengkol, daun kemangi, terong bakar, dan daun jambu biji.

3. Gabing

ikan khas lampng gabing
Sumber: pesona.travel

Cara penyajiannya bisa dibakar atau digoreng. Jadi bentuk sama dengan ikan goreng atau bakar pada umumnya.

Hanya saja, pendamping makanannya yang mungkin agak sedikit berbeda. Kuliner seriut ini biasanya disajikan bersamaan dengan tempoyak, sambel dan beberapa lalapan, seperti

  • Jengkol
  • Daun kemangi
  • Terong bakar
  • Daun jambu biji.

Jadi bahan dasar untuk membuat santapan gabing ini dari batang kepala yang masih muda. Cara pembuatanya dengan mengiris-irinya menjadi ukuran yang kecil, sekitar 3cm.

Setelah itu, rebus potongan-potongan tersebut bersama dengan bumbu rempahnya. Tunggu beberapa saat, makanan ini siap disajikan.

Untuk penyajiannya bisa disesuaikan dengan selera. Umumnya masakan ini adalah berkuah, namun ada juga yang dihidang tanpa kuah.

Supaya cita rasanya kuliner santapan ini semakin nikmat, kamu bisa juga menambahkan daging segar atau jamur. Dihidangkan dengan nashi putih hangat akan terasa semakin nikmat.

4. Umbu

umbu masakan dari rotan
Sumber: hasbundoya.com

Saking kreatifnya memanfaatkan bahan-bahan dari alam, masyarakat Lampung kali ini mengolah makanan dari jenis rotan.

Jadi rotan yang masih muda diiris-iris sama seperti masakan gabing. Setelah itu rebus sampai rotan menjadi lunak. Tiriskan lalu siap dimasak oseng atau bisa juga dijadikan sebagai lalapan.

Kalau rasa santapan ini hampir sama seperti pare, pahit. Bagi kamu yang kurang suka dengan rasa pahit sebaiknya memasaknya terlebih dulu.

Tapi saat ini agak sulit menjumpai makanan khas satu ini. sekarang hanya bisa dinikmati pada saat acara-acara tertentu saja, seperti pada acara adat.

Baca juga: Makanan khas Aceh

5. Pisro

makanan khas lampung
Sumber: kaskus.com

Kali ini ada olahan ikan yang menjadi salah satu makanan khas lambung, namanya Pisro. Masakan ini menjadi jamuan sehari setiap hari di masyarakat Pepaduan.

Ikan yang bisanya digunakan untuk membuat santapan ini adalah jenis ikan tembakang dan betok.

Teksturnya yang pada dan dagingnya yang tebal mungkin menjadikan ikan ini cukup banyak digemari masyarakat.

Olahan ikan ini dimasak dan dicampur dengan berbagai sayuran. Sehingga masakan satu ini terasa selain tinggi kandungan proteinnya, juga tinggi serat.

Bukan hanya itu saja, masakan santapan ini juga memiliki cita rasa yang sangat gurih karena juga dicampur dengan terasi ikan dan ikan bakar dan cita rasa manis dari gula aren.

6. Engkak

cemilan khas lampung
Sumber: youtube.com

Rasanya yang cukup manis membuat jajanan kuliner ini paling cocok dijadikan sebagai cemilan pendamping secangkir kopi hitam pahit.

Kamu pasti suka dengan jajanan khas satu ini. Engkak dibuat dari bahan dasar telur dan mentega yang telah dihaluskan. Ditambah dengan beberapa bahan yang lain, seperti, tepung ketan putih, susu kental, santan, mentega dan gula pasir.

Semua bahan tersebut dicampur hingga merata sampai memiliki tekstur adonan yang lembek, lalu masukan ke dalam loyang.

Tungu beberapa saat sampai matang. Keluarkan kue dari open lalu siap dihidangkan. Kamu juga bisa menjadikan jajanan makanan khas ini sebagai oleh-oleh khas Lampung.

7. Geguduh

geguduh
Sumber: youtube.com

Kalau kamu ingin mencari jajanan kuliner sejenis kue, kamu bisa mencoba mencici salah satu makanan khas satu ini, namanya geguduh.

Makanan ini dibuat dengan cara menghaluskan pisang terlebih dulu. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang kapok. Buat adonan dari tepung terigu lalu campurkan keduanya aduk sampai merata.

Untuk menambah cita rasanya yang lebih enak, tambahkan selai dan susu. Tambahkan juga daun pandan supaya aromanya wangi.

Bentuk adonan tersebut sesuai selera, bisa berbentuk bulat atau memanjang lalu tinggal digoreng. Santapan ini sangat cocok dihidangkan pada saat acara keluarga.

8. Pempek

pempek
Sumber: wikipedia.org

Ternyata Lampung memiliki jajanan makanan khas pempek. Biasanya Kalau mendengar pempek identik dengan kota Palembang. Bedanya kalau pempek asli Lampung menggunakan ikan tenggiri sebagai gantinya ikan belida.

Untuk bahan-bahan yang digunakan juga sama. Bahan-bahan tersebut antara lain, telur, tepung terigu, tepung tapioka, bawang, garam dan gula.

Rasa kuliner pempek khas Lampung juga tidak kalah enak. Kamu bisa langsung makan di tempat atau bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

9. Benjak Enjak

benjak enjak
Sumber: malahayati.ac.id

Masakan santapan ini sangat baik bagi sistem pencernaan kamu, karena cukup banyak mengandung serat.

Cita rasanya yang gurih dan manis tidak heran kalau jajanan ini banyak diminati oleh para wisatawan. Kalau kamu ke Lampung jangan sampai melewatkan makanan khas satu ini.

Benjak enjak dibuat dengan menggunakan beberapa bahan utama, seperti pisang raja yang telah matang, beras ketan, gula dan santan.

Baca juga: Makanan khas Cirebon

Campurkan semua bahan tadi ke dalam satu wadah aduk hingga merata lalu dimasak. Sebagian besar orang disana menyajikan jajanan santapan ini pada saat acara adat atau acara keluarga.


Kamu bisa menikmati beberapa kuliner masakan khas Lampung tersebut. Bisa dinikmati langsung di tempat atau sebagian ada yang dijadikan sebagai buah tangan saat balik ke kampung halaman.

Sah sah saja, silahkan tentukan selera mu dengan suguhan cita rasa santapan khas kota gajah ini.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, bisa tulis di kolom komentar, atau hubungi kami melalui email[email protected].

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com