Makanan Khas Madura

  • 4 min read
  • Jun 17, 2020
makanan khas madura
Ayu Dina
Latest posts by Ayu Dina (see all)

guratgarut.com – Sebagian besar orang mengira kuliner makanan khas Madura hanya sate saja. Makanan yang terbuat dari daging ayam yang diiris kecil-kecil itu. Padahal ketika kamu berkunjung ke sana, berbagai olahan masakan dengan cita rasa yang khas semuanya tersedia.

Tidak heran, setiap treveller yang berkunjung ke Madura, salah satu yang paling dicari selain wisata alamnya, adalah aneka santapan kuliner khasnya.

Mulai dari olahan daging sampai rujak semuanya bisa kamu nikmati. Penasaran ada apa saja kuliner di sana, simak ulasannya berikut ini.

7 Makanan Khas Madura yang Wajib Kamu Ketahui

NoNama Makanan Khas Madura
1Bebek songkem
2Soto madura
3Lorjuk
4Kaldo kokot
5Rujak corek
6Tajin rujak
7Toprak ladhe
Daftar Makanan tradisional khas Madura

1. Bebek Songkem

bebek songkam

Bagi kamu yang tidak suka dengan makanan khas daerah yang mengandung banyak kolestrol, tenang saja.

Santapan kuliner yang satu ini sangat rendah kolestrol, karena proses pemasakannya dilakukan dengan cara dikukus. Jadi sudah pasti masakan ini aman untuk kamu konsumsi.

Untuk pengolahannya sendiri bisa dibilang cukup unik. Cara mengukusnya tidak menggunakan air seperti pada umumnya, tapi dengan gedebog pisang atau pelepah daun pisang.

Inilah rahasianya kenapa masakan bebek ini sangat rendah kolestrol. Luar biasa bukan?

2. Soto Madura

soto madura

Pernah belum kamu mencoba santapan makanan khas yang satu ini. Paling mantap rasanya jika disantap pas masih hangat.

Dari tampilannya saja, kamu pasti sudah nggak sabar untuk menghabiskannya. Rasanya yang sedap dan gurih menggoda selera makan bagi para pemburu kuliner.

Menu soto Madura ini terdiri dari beberapa campuran, seperti, daging sapi, tauge, telur rebus, dan kentang goreng. Kalau untuk bumbunya sendiri, cukup lengkap.

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Kemiri
  • Jahe
  • Lengkuas
  • Garam
  • Pewarna alami masakan dari kunir supaya tampilannya terlihat berwarna kuning.

Time needed: 30 minutes.

Cara membuat soto madura

  1. merebus daging

    Rebuslah daging ke dalam air sampai matang, air yang dgunakan untuk merebus sebaiknya tidak dibuang sebab akan dijadikan sebagai kuah soto

  2. Mencampur bumbu

    Masukan semua bumbu yang sudah di uleg halus ke dalam rebusan air. Setelah itu kuah siap disiramkan ke mangkuk

Bagaimana cukup mudah bukan membuat kuliner tradisional Madura satu ini?

Note : Soto madura tidak dapat ditemukan di semua daerah, dengan demikian kalian bisa mencoba membuatnya sendiri.

Baca juga: Makanan khas Kalimantan Selatan

3. Lorjuk

lorjuk

Mungkin mendengar dari namanya saja sudah merasa asing dengan jajanan makanan khas yang satu ini bukan?

Ya bener banget, makanan ini di Madura juga sudah cukup langka, karena bahan bakunya, yaitu kerang lorjuk agak sulit didapatkan. Untuk mendapatkannya harus mencari di pinggiran pantai yang berlumur.

Untuk mencari kerang lorjuknya tidak mudah. Seringnya kerang-kerang tersebut bersembunyi di bawah tumpukan pasir.

Biasanya orang-orang disana menangkap kerang ini menggunakan air garam atau air sabun yang disiramkan ke beberapa tempat yang sekiranya ada kerangnya, sehingga kerang menampakkan diri ke permukaan.

Kalau olahan masakan dari kerang lorjuk ini yang cukup banyak digemari adalah dengan cara di tumis.

Beberapa bumbu yang disiapkan untuk membuat masakan ini, seperti pada umumnya.

Ada cabe, bawang merah, bawang putih, daun salam dan lengkuas. Bumu-bumbu tersebut selanjutnya dihaluskan, kecuali daun salam, lengkuas dan cabe.

Datang ke Madura kamu bisa menikamati satu porsi makanan khas yang istimewa. Paling pas dihidangkan dengan nasi yang masih hangat.

Sedapnya aroma kerang khas Madura ini, dibalut dengan bumbu dapur yang lengkap, membuat masakan ini sangat nikmat untuk disantap.

4. Kaldu Kokot

kaldu kokot

Penasaran dengan makanan khas Madura yang satu ini? namanya kaldu kokot. Dalam Bahasa Madura kokot itu adalah sebutan untuk kikil kalau dalam Bahasa Indonesia.

Jadi masakan ini bahan dasarnya adalah kikil dari sapi. Bagi kamu pencinta jajanan kuliner pasti sudah tidak sabar dengan santapan olahan kikil yang satu ini.

Yang unik dari masakan ini adalah, kokot atau kikil sapi tadi dimasak dengan dicampuri kacang hijau.

Kalau yang kamu ketahui, biasanya kacang hijau digunakan untuk bahan membuat burjo yang manis bukan? Tapi berbeda dengan satu ini, kacang hijau dicampurkan dengan kokot kemudian diberi bumbu dapur yang istimewa.

Kalau ditanya soal rasa, sudah pasti lezatnya, tercium dari aromanya saja sudah begitu menggoda selera makan anda.

Paling pas santapan ini kamu makan ketika masih hangat. Penasaran dengan cita rasa masakan yang satu ini? pastikan kalau pas ke Madura jangan lewatkan jajanan yang satu ini.

Untuk pembuatannya sendiri tidak begitu ruNomit. Rebus kokotnya dan kacang hijaunya menggunakan air sampai empuk.

Sembil menunggu empuk, bisa kamu siapkan bumbu-bumbu dapurnya, seperti, lada, bawang merah, bawang putih, cabai, dan penyedap rasa. Kalau sudah, tinggal digoreng, setelah itu masukan ke dalam kuah kaldunya.

5. Rujak Corek

rujak corek

Di siang hari yang hawanya cukup panas, paling nikmat mencicipi jajanan makanan khas Madura yang satu ini, namanya rujak corek.

Disebut rujak corek karena pembuatannya sendiri menggunakan bahan utama mentimun. Bagian dalam mentimun tadi diambil dengan cara dicorek atau dikeruk.

Setelah bagian dalam isi mentimun tadi dicorek lalu dicampurkan dengan bumbu rujak lainnya yang telah dihaluskan di cobek.

Setelah semua bumbu tercampur merata, selanjutnya masukan bumbu tersebut ke dalam mentimun yang bagian dalamnya tadi sudah dikeruk.

Cara makannya langsung saja. Kamu tinggal menggigit batang mentimunnya atau bisa juga menyeruput bumpu yang ada di dalam mentimun tersebut.

Rasa pedasnya sambal rujak dan segarnya mentimun, pas sekali kalau jajanan satu ini kamu nikmati di waktu siang hari.

Baca juga: Makanan khas Aceh

6. Tajin Rujak

tajin rujak

Kalau datang ke Madura pada saat bulan puasa, kamu bisa menikmati salah satu jajanan makanan khas Madura yang rasanya cukup gurih.

Bener banget, kamu akan disuguhkan menu buka puasa dengan makanan tajin rujak. Istilah lain dari makanan ini yaitu bubur rujak atu bubur lemak.

Bahan utama untuk membuat bubur ini adalah beras. Dalam proses pembuatannya ditambahkan dengan kaldu dari daging sapi.

Untuk penyajiannya sendiri cukup unik. Bubur yang sudah ditaruh dalam piring atau mangkuk, diberi mie kuning, acar mentimun dan rujak khas Madura.

Isi rujak khas maduranya ini saja sudah cukup lengkap, terdiri dari berbagai bahan campuran, kecambah putih, sayur kangkung dan potongan tahu goreng.

Lengkap sekali bukan isi tajin rujaknya. Jadi jangan lewatkan jajanan satu ini ketika kamu berkunjung pada saat bulan Ramadhan tiba.

7. Topak Ladhe

makanan khas madura

Kalau sebelumnya ada kuliner tajin rujak yang biasanya dinikmati pada waktu puasa, kali ini makanan khas Madura yang umumnya bisa dinikmati pada saat lebaran, namanya topak ladhe.

Kuliner santapan satu ini terbuat dari irisan daging, telur dan jeroan sapi. Tapi biasanya untuk jeroan sapinya diganti dengan daging ayam.

Selain beberapa olahan dari daging, masakan topak ladhe satu ini juga ditambahkan potongan pepaya muda dan potongan kacang panjang yang telah dikukus sebelumnya.

Santapan ini biasanya dihidangkan dengan ketupat. Supaya lebih lengkap bisa ditambahkan dengan sambal urap manis dan bubuk jagung.

Baca juga: Makanan khas Lampung


Cukup unik dan menarik bukan, makanan khas Madura selain sate yang cukup dikenal di Indonesia.

Dengan varian rasa yang khas, berbagai jajajan kuliner di Madura menjadi santapan wajib bagi para treveller yang sedang singgah di ujung Pulau Jawa ini.

Jika terdapat hal yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar atau kirim pesan melalui email [email protected].

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com