Makanan Khas Maluku

  • 5 min read
  • Jun 14, 2020
kuliner makanan khas maluku
Ayu Dina
Latest posts by Ayu Dina (see all)

guratgarut.com – Berkunjung ke Maluku belum lengkap jika tidak mencicipi aneka kuliner dan jajanan makanannya. Berbagai sajian jajanan kuliner makanan khas maluku memiliki cita rasa istimewa yang wajib anda coba.

Mulai dari aneka olahan masakan berbahan dasar sagu, beras sampai ikan semuanya tersedia.

Dengan balutan khas bumbu rempah-rempah, membuat masakan di Maluku cukup digemari. Berikut 10 makanan khas Maluku yang terkenal.

NoNama Makanan Khas Maluku
1Papeda
2Sagu woko komo komo
3Bubur nea
4Sagu gula
5Bubur sagu ubi maluku
6Nasi jaha
7Nasi lapola
8Nasi kelapa
9Ikan komu asar
10Ikan kuah pala banda
Daftar makanan khas Maluku

Makanan Khas Maluku Berbahan Dasar Sagu

kuliner khas maluku yang enak
Sumber: tagar.id

Daerah timur Indonesia terkenal dengan makanan pokoknya yang terbuat dari sagu, begitupun dengan Maluku. Barangkali sagu di daerah ini lebih populer dibandingkan dengan beras.

Baca juga: Makanan khas Bengkulu

1. Papeda

papeda adalah makanan khas maluku yang paling populer
Sumber: adira.co.id

Papeda merupakan salah satu santapan makanan pokok yang dibuat dari tepung sagu. Cara pembuatanya dengan melarutkan tepung ini ke air yang mendidih. Setelah itu, diaduk-aduk terus sampai bentuknya mengental menjadi seperti bubur.

Makanan ini bagus untuk dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik bagi pencernaan tubuh. Bagi anda yang sedang melakukan diet, santapan ini cocok untuk dikonsumsi.

Untuk menghidangkannya di piring tidak mengunakan centong atau cendok, tetapi dengan dua buah batang kayu yang dililitkan ke masakan tersebut. Biasanya makanan khas ini disajikan bersama dengan ikan tongkol.

2. Sagu Woku Komo Komo

sagu woku komo komo
Sumber: gaznaz.com

Jajanan makanan khas maluku berbahan dasar sagu, selain papeda yaitu sagu woko komo-komo.

Makanan ini rasanya enak dan gurih. Cara pembuatanya dilakukan dengan merendam sagu ke dalam air kurang lebih selama satu jam.

Setelah itu, sagu ditiriskan. Masukan beberapa bahan bumbunya, seperti:

  • Jahe
  • Serih
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Garam
  • Dll

Aduk hingga merata dan jangan lupa tambahkan santan supaya rasanya lebih sedap. Bagian terakhir, adonan tersebut tinggal dibungkus menggunakan daun woko, lalu dipanggang di atas api sampai matang. Jajanan satu ini siap disantap.

3. Bubur Nea

bubur nea khas maluku
Sumber: nabilahsejutarasa.blogspot.com

Mungkin sebagian merasa asing dengan makanan khas yang satu ini. Kalau berkunjung ke maluku, kuliner satu ini bisa dinikmati di pasar-pasar tradisional. Tenang saja, makanan dijual dengan harga yang cukup murah.

Bubur nea, merupakan salah satu jajanan tradisional yang dibuat dari bahan utama sagu. Cara pembuatanya cukup mudah. Tinggal siapkan sagu yang sudah dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil.

Setelah itu, masak ke dalam air yang telah mendidih. Masukan beberapa bahan lain, seperti, santan, gula merah, daun pandan, dan kayu manis diaduk hingga merata.

Cita rasa yang khas memberikan kenikmatan sendiri bagi anda yang ingin mencoba mencicipi jajanan khas satu ini.

4. Sagu Gula

sagu gula dikenal sebaai cemilan khas maluku
Sumber: twitter.com

Sambil bersantai-santai minikmati secangkir kopi, belum lengkap kalau tidak ditambahkan dengan sagu gula. Kue berbahan dasar sagu ini cocok dijadikan pendamping minuman hangat anda.

Jajanan ini dikenal dengan nama sebutan sagu gula. kalau anda tahu kue poncong khas jakarta, bentuk kue ini kurang lebih seperti itu.

Bedanya, kalau jajanan satu ini, diatasnya dikasih toping dari gula merah yang sudah dicairkan sebelumnya.

Gurihnya sagu dan manisnya gula merah, menjadikan santapan ini wajib dicoba. Anda juga bisa menjadikan jajanan satu ini sebagai oleh-oleh khas Maluku untuk keluarga di rumah.

5. Bubur Sagu Ubi Maluku

bubur sagu ubi maluku
Sumber: youtube.com

Makanan barbahan dasar sagu yang tidak kalah enaknya yaitu bubur sagu ubi. Cara pembuatannya tidak sulit.

Rendam terlebih dulu sagu yang akan dijadikan bubur. Setelah sagu mengembang lalu tiriskan airnya.

Rebus gula merah, gula pasir kedalam air. jangan lupa tambahkan daun pandan supaya menghasilkan aroma wangi.

Aduk hingga merata, setelah mendidih campurkan sagu yang telah mengembang dan tambahkan rebusan ubi merah. Bubur sagu ubi siap disajikan.

Makanan Khas Maluku Berbahan Dasar Beras

beras
Sumber: blibli.com

Setidaknya terdapat 3 kuliner khas Maluku yang terbuat dari beras, yaitu nasi jaha, nasi lapola dan nasi kelapa.

Ke 3 jenis nasi ini tidak akan ditemukan di tempat lain, jadi jika memiliki kesempatan berkunjung ke Maluku jangan sampai melewatkannya.

6. Nasi Jaha

nasi jaha khas maluku
Sumber: breakingnews.co.id

Kalau di jawa mungkin anda mengenal lemper atau lontong, tapi kalau di maluku dinamai nasi jaha. Untuk bahan dasar pembuatan kuliner yang satu ini sebenarnya sama, yaitu dari bahan beras ketan atau beras biasa dimasak dengan santan.

Bedanya, terletak pada ukurannya. santapan makanan khas maluku ini panjangnya bisa mencapai satu meter. Dimasak menggunakan bambu. Jadi nasi yang sudah dicampur dengan santan kemudian dimasukan ke dalam bambu.

Tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi anda, makan santapan nasi ukuranya sangat panjang.

Makanan ini cocok dihidangkang dengan menu tambahan lainnya, seperti sambal colo atau dan ikan tongkol.

7. Nasi Lapola

nasi lapola dari maluku
Sumber: youtube.com

Masakan nasi lapolo banyak digemari oleh para penikmat kuliner. Perpaduan antara nasi, kacang tolo dan parutan kelapa membuat aroma santapan satu ini menjadi semakin gurih. Makanan ini cocok sekali jika dihidangkan ketika masih hangat.

Cara pembuatannya tidak begitu sulit, yang penting api yang digunakan memasak tidak terlalu bersar.

Panas kan nasi sampai setengah matang, lalu masukan bumbu dan bahan-bahan lainnya, seperti parutan kelapa dan kacang tolonya. Aduk hingga merata sampai nasi matang.

8. Nasi Kelapa

nasi kelapa khas maluku
Sumber: radiodms.com

Makanan nasi kelapa ini hampir sama dengan nasi uduk pada umumnya. Nasi dimasak setengah matang lalu ditambahkan dengan perasan santan. Bau harum dan gurih menjadi ciri khas dari nasi uduk khas Maluku ini.

Bedanya, hanya cara penyajiannya saja. Kalau masakan yang satu ini untuk penyajian disandingkan dengan sambal srundeng, orang-orang disana menyebutnya dengan sambal kepala.

Kalau anda ke Maluku, wajib mencoba makanan khas yang satu ini. Sambal kelapa pedas dengan khas bumbu rempah-rempahnya, membuat rasanya nagih di lidah. Dijamin anda pasti tidak akan kapok mencoba santapan makanan satu ini.

Makanan Khas Maluku Berbahan Dasar Ikan

ikan bakar
Sumber: uniliverfoodsolution.co.id

Ikan terkenal sebagai salah satu makanan yang kaya protein. Bagaimana jadinya jika diolah dengan berbagai rempah-rempah khas Indonesia timur.

Penasar, simak berbagai makanan khas Maluku dari jenis ikan berikut ini;

Baca juga: Makanan khas Banyuwangi

9. Ikan Komu Asar

ikan komu ashar menjadi makan khas maluku
Sumber: wanitawirausaha.com

Makanan ikan komu asar ini telah dipatenkan sebagai makanan khas maluku. Kata asar artinya asap.

Jadi ikan ini dimasak dengan cara ditusuk lalu diasapkan di atas alat pemanggang, selama kurang lebih satu jam.

Tapi sebelum diasap, ikan-ikan tersebut sudah diberi bumbu khas. Biasanya jenis ikan yang diasap adalah jenis yang memiliki tekstur daging yang pada. Seperti ikan cakalang, ikan tuna atau ikan tongkol.

Makanan ini bisa dijadikan oleh-oleh. Disana banyak yang menjual produk olahan makanan satu ini.

Anda tidak perlu bingung menemukan penjual makanan ini, karena hampir sebagian besar toko disana menyediakannya. Sehingga anda bisa dengan mudah mendapatkannya.

10. Gohu Ikan

gohu ikan kuliner khas maluku
Sumber: mancingmania.com

Gohu ikan adalah salah satu kuliner khas maluku yang banyak diburu para pengunjung. makanan ini bentuknya hampir menyerupai makanan khas jepang.

Kalau anda langsung menikmatinya disana, bisa merasakan cita rasa khas masakan ini yang sangat lezat.

Serasa anda berada di Jepang yang sedang menikmati makanan sushi. Jadi untuk menikmati sushi tidak perlu harus jauh-jauh ke restoran jepang.

Bahan utama makanan ini adalah ikan tuna yang dipotong kecil-kecil. Kalau anda ingin membuatnya, jangan lupa tambahkan garam dan perasan jeruk nipis.

Setelah itu, campurkan dengan bumbu, seperti, cabai rawit, bawang, kacang tanah dan beberapa bumbu penyedap lainnya.

11. Ikan Kuah Pala Banda

ikan kuah pala banda
Sumber: lezzat.com

Kalau anda ingin merasakan sedapnya masakan ikan yang kaya akan rempah-rempah, cobalah nikmati kuliner yang satu ini.

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas orang pulau banda. Sejak dulu, masyarakat banda terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya.

Setiap masakan yang dibuat, selalu kental dengan rempah-rempah yang begitu lezat. kuliner ikan kuah banda, dihidangkan dengan kuah yang yang segar dengan perpaduan, pala, dan asam pedas yang begitu menggoda.

Makanan ini paling pas jika disadingkan dengan sambal bekasang dan olahan ikan bakar kakap merah. Tidak heran jika makanan ini cukup terkenal di Maluku. Sehingga para penikmat kuliner harus mencicipi olahan ikan satu ini.

Baca juga: Makanan khas Aceh

Penutup

Makanan khas maluku memang memiliki cita rasa khas dan beragam. Sedapnya rempah-rempah yang selalu ada di setiap masakan menjadi ciri khas tersendiri.

Semantara beraneka jenis kuliner disana siap dijadikan santapan yang akan memanjakan lidah anda.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, bisa tulis dikolom komentar, atau hubungi kami melalui email[email protected].

Hal yang sering ditanyakan:

Apa nama makanan khas Maluku Paling terkenal?

Makanan khas Maluku yang paling terkenal ialah bubur nea dan ikan asap.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com