nissa amelia Calon Mahasiswa Jurusan Pariwisata yang suka jalan-jalan, berkuliner & masak. Kegiatan saat ini adalah menulis kontent di guratgarut.com

Minuman Khas Arab

3 min read

minuman khas arab

Guratgarut.com – Arab Saudi memiliki minuman khas yang kaya akan rempah, terutama kayu manis. Minuman yang disajikan pun terbilang unik, karena telah ada dan dikonsumsi sejak beribu tahun lalu.

Hingga saat ini minuman-minuman tersebut masih tetap eksis tidak kalah dengan minuman modern. Apalagi saat memasuki bulan Ramadhan banyak masyarakat yang menjajakan atau bahkan membuatnya di rumah.

Beberapa minuman khas Arab Saudi bahkan cukup familiar di beberapa negara tetangganya, sperti di Mesir, Qatar, Lebanon, Oman dll.

Hal ini dikarnakan Arab Saudi dengan wilayah lainnya di Timur Tengah terutam yang disebut dengan Al-Jajirah masih satu budaya.

Berikut kami sajikan daftar minuman paling populer di Arab Saudi.

Sahlab

sahlab
Sumber: nutrizonia.com

Pada tulisan sebelumnya mengenai minuman khas Mesir dan Turki saya telah membahas sahlab. Seperti yang saya katakan memang minuman ini sangat familiar di Timur Tengah, termasuk Arab Saudi.

Minuman yang terbuat dari campuran susu dan berbagai macam rempah-rempah ini sangat cocok dinikmati pada musim dingin.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan sahlab diantaranya;

  • Susu murni
  • Gula
  • Bubuk umbu-umbian
  • Kayu manis
  • Kacang almond
  • kacang pistasi

Minuman yang dihasilkan dari campuran tersebut begitu kental, hal ini dikarenakan susu yang dicampur dengan bubuk umbi-umbian.

Kayu manis membuat sahlab menjadi minuman yang memiliki aroma menggugah, sedangkan almond menjadikan minuman ini terlihat sangat cantik.

Karkadeh

karkahed
Sumber: buttered-up.com

Karkadeh merupakan minuman yang sangat populer hampir di wilayah Timur Tengah, termasuk Arab Saudi. Minuman ini pertama kali di bawa ke Arab oleh orang-orang Afrika, salah satunya adalah Sudan.

Minuman ini mirip seperti teh, namun yang digunakan ialah daun bunga jenis Hibiscus Sabdariffa yang banyak di jumpai di wilayah Timur Tengah.

Bunga Hibiscus Sabdariffa sangat cantik dan memiliki warna merah menyala. Maka tidak heran apabila minuman yang dihasilkanpun terlihat menawan dengan warna merah agak gelap.

Sebelum dijadikan minuman, bunga yang telah di petik terlebih dahulu harus dikeringkan. Kemudian apabila bungan ini telah benar-benar kering selanjutnya diseduh menggunakan air panah.

Qishr

qishr
Sumber: healthline.com

Qishr adalah sebuah minuman tradisional yang dipopulerkan oleh masyarakat Yaman dan Eutopia, seiring perkembangan minuman ini banyak ditemukan di daerah-daerah lain, salah satunya dalah Arab Saudi.

Minuman yang memanfaatkan bahan dasarnya rempah-rempah seperti kapulaga, kopi, jahe dan kayu manis. Minuman ini dapat menghangatkan tubuh dan memberikan energi.

Beberapa orang tidak jarang juga menambahkan gula atau kurma untuk memberikan rasa manis pada minuman. Nah apabila kalian berkunjung ke Arab Saudi jangan lupa untuk menikmati qishr.

Mint Lemonade

Mint Lemonade
Sumber: middleeasteye.net

Arab Saudi dan wilayah lainnya di Timur Tengah cendrung memiliki cuaca yang panas, bahkan dalam beberapa kesempatan bisa kita katakan ekstrim.

Sebagai contohnya saat musim haji yang lalu diperkirakan suhu udara mencapai 50 drajat celcius, hal tersebut seperti yang diberitakan oleh CNN, baca selengkapnya disini.

Hal ini tentu menguras tenaga warganya, sebab akan cepat mengalami kehilangan cairan tubuh yang disebabkan oleh udara panas.

Sehingga dalam waktu-waktu tersebut dibutuhkan minuman-minuman yang segera dapat menggantikan cairan tubuh.

Salah satu minuman yang dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat ialah mint lemonade. Minuman seperti apakah lemonade?

Sesuai dengan namanya, lemonade adalah minuman yang terbuat dari lemon, maka tidak heran apabila minuman ini mampu mengatasi dehidrasi.

Leban & Ayran

Leban & Ayran
Sumber: thewednesdaychef.com

Leban dan aryan adalah minuman kesehatan khas Arab. Kalian tentu harus mencoba minuman yang menyehatkan ini.

Laban sendiri adalah minuman terbuat dari buttermilk yang sangat nikmati diseruput di pagi hari. Minuman ini telah bisa kita temua di Pasar-Pasar Swalayan di seluruh Arab Saudi.

Sedangkan aryan adalah minuman yang terbuat dari yoghurt dengan rasa sedikit asin. Minuman ini disukai di beberapa negara di Timur Tengah, bahkan hingga Turki.

Tamer Hindi

Tamer Hindi
Sumber: kompasiana.com

Tamar hindi atau temer hindi merupakan minuman dengan bentuk jus, memiliki rasa asam serta menyegarkan. Minuman ini terbuat dari pecahan buas asam yang kemudian diberi gula, maka tidak heran apabila rasa yang dihasilkan begitu asam.

Meskipun memiliki rasa yang cukup asam, namun tetap saja digemari oleh banyak orang di Arab Saudi. Barangkali salah satu alasannya ialah cuaca atau suhu yang panas.

Jus Carob

jus carob
Sumber: healthline.com

Jus carob adalah sebuah minuman yang terbuat dari pod carob, minuman ini dapat kita temui di daerah-daerah seperti Mesir, Sudan Libya dl.

Carob adalah bubuk cokelat yang berasal dari Mediterania.

Masyarakat Timur Tengah percaya bahwa carob lebih sehat jika dibandingkan dengan cokelat. Maka tidak heran apabila minuman ini begitu digemari.

Sobya

sobya
Sumber: egypttoday.com

Sobya adalah sebuah minuman susu bertepung yang cukup populer di Arab Saudi dan Mesir, minuman ini akan banyak kita temui di berbagai wilaya.

Proses pembuatannya sendiri yaitu dengan cara memfrementasi roti cokelat yang kemudian ditambahkan gula, susu, dan bubuk kelapa.

Sehingga bagi mereka yang baru pertama kali mengkonsumsi minuman ini akan merasakan keunikannya, apalagi mereka yang berasal dari luar Arab Saudi atau Mesir.

Ringkasan Minuman Khas Arab

minuman khas arab
Sumber: nyaribisnis.com

Arab saudi merupakan negara di Timur Tengah yang berbatasan langsung dengan Afrika, negara ini memiliki cuaca yang panas, maka tidak heran apabila sebagian minuman tradisionalnya adalah minuman dingin.

Akan tetapi tidak semua minuman yang menjadi khas Arab Saudi berasal dari negara tersebut, karena faktanya terdapat beberapa minuman yang berasal dari luar Arab, terutama Afrika dan negara-negara di Al-Jajirah.

Berikut kami ringkas kembali daftar minuman tradisional Arab Saudi.

NoNama Minuman
1Sahlab
2Karkadeh
3Qishr
4Mint Lemonade
5Leban & Ayran
6Tamer Hindi
7Jus Carrob
8Sobya

***

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga tulisan ini mendatangkan manfaat bagi pembaca. Apabila terdapat sesuatu yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

nissa amelia Calon Mahasiswa Jurusan Pariwisata yang suka jalan-jalan, berkuliner & masak. Kegiatan saat ini adalah menulis kontent di guratgarut.com

Minuman Khas Italia

nissa amelia
6 min read

Minuman Khas Yunani

nissa amelia
3 min read

Minuman Khas Iran

nissa amelia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *