minuman khas china
Minuman Khas

Minuman Khas China

Guratgarut.com –  Minuman khas China yang akan kita bahas pada kesempatan ini bukan hanya minuman tradisional. Akan tetapi semua minuman yang populer di negeri tirai bambu tersebut, baik itu minuman tradisional maupun modern.

Seperti yang telah masyarakat dunia ketahui, Asia Timur termasuk China di dalamnya memiliki ragam kuliner yang luar biasa. Bukan hanya makanan dan cemilan yang enak dan unik, China memiliki ragam minuman kesehatan yang beragam.

Sebut saja teh krisan, sebuah teh yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh, teh ini juga sangat dikenal oleh masyarakat dunia. Mungkin di antara kalian ada yang menggandrumi minuman tradisional tersebut.

Teh krisan juga menjadi minuman wajib saat acara imlek. Seperti yang kita ketahui imlek dirayakan hampir di setiap negara.

Apa itu imlek?

Imlek merupakan tahun baru China yang dirayakan setiap tahun oleh masyarakat keturunan China di dunia.

Selain teh krisan, berikut daftar minuman khas China baik modern maupun tradisional yang wajib kalian coba.

Artikel terkait: minuman khas Italia

Milk Tea

milk tea
sumber: comunitycup.com

Milk tea adalah minuman yang sangat populer di dunia, mungkin kalian cukup terkejut mengetahui bahwa milk tea merupakan minuman khas China.

Padahal minuman ini akan sangat mudah kita temukan di berbagai negara di dunia, seperti negara-negara Eropa, Amerika dan Asia. Bahkan di Indonesia, milk tea dapat kita temukan di berbagai tempat, seperti kaki lima hingga cafe ternama.

Apabila kita mencari tahu asal usul mengenai milk tea, maka akan ditemukan dari mana minuman ini berasal. Pertama kali muncul di Taiwan, pada waktu itu hanya memiliki satu sajian saja.

Seiring perkembangan waktu, milk tea banyak di modifikasi atau dirubah, baik itu dari segi tampilan maupun rasa. Contoh yang sederhana ketika kita memesan milk tea, maka akan disajikan berbagai menu varian yang sagat beragam.

Dari segi rasa, milk tea menawarkan rasa yang menarik, perpaduan antara susu dan teh membuat minuman terasa sempurna di lidah, terlebih bagi mereka yang menyukai rasa manis.

Selain rasa, beberapa varian milk tea menawarkan bulir atau isian jelly, namun tentu tidak setiap orang menyukai hal yang demikian, untuk itu sebaiknya disesuaikan dengan selera.

Lalu mengapa milk tea masuk ke dalam minuman khas Tiongkok atau China?

Barangkali tidak semua orang sadar, saat perayaan imlek atau tahun baru China, milk tea merupakan minuman yang wajib hadir. Terlebih minuman ini berasal dari Taiwan yang secara ras masih satu rumpun dan wilayah.

Teh Krisan

teh krisan
sumber: benscrub.com

Teh krisan adalah sajian teh yang terbuat dari bunga krisan (Chrysanthemum). Teh ini merupakan minuman yang wajib hadir saat perayaan imlek.

Minuman ini masuk ke dalam minuman tradisional, sebab telah ada sejak beribu tahun lalu, disampaikan dan diajarkan secara turun temurun

Selain memiliki nilai yang sangat tinggi untuk masyarakat China, teh krisan terbukti memiliki manfaat, diantaranya berkhasiat menenangkan saraf, mengobati flu, menurunkan tekanan darah dan lain sebagainnya.

Selain cocok dinikmati saat perayaan imlek, teh krisan dapat dinikmati setiap hari, seperti berkumpul dengan keluarga, bersantai di pagi hari ataupun sore hari.

Aroma yang dihasilkan oleh teh krisan dipercaya mampu memberikan ketenangan dan semangat.

Bagi kalian yang belum pernah membuat teh krisan? Caranya cukup sederhana, yaitu dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Sediakan bunga krisan, untuk satu cangkir cukup dengan 50 gram krisan kering.
  • 500 ml air.
  • Gula, madu atau pemanis lainnya. Bisa juga disajikan tanpa menggunakan apapun, namun tentu rasanya kuran bisa dinikmati.
  • Cara membuat ata menyajikannya sama dengan menyajikan teh pada umumnya.

Kemudian tidak perlu kaget apabila teh ini memiliki warna yang sedikit pudar alias tidak kental. Meskipun demikian warna yang pudar tersebut tidak mengurangi rasa nikmat dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Berdasarkan beberapa informasi. teh krisan ini ternyata tidak cocok diminum oleh ibu hamil dan menyusui, sebab dapat mengakibatkan ruam di perut dan kekeringan (baca mengenai efek samping teh krisan lainnya disini)

Mai Dong

mai dong
sumber: indtimes.com

Ada yang pernah mendengar nama minuman satu ini? Sebagian besar diantara kalian pasti baru mendengarnya, sebab mai dong tidak sepopuler milk tea.

Mai dong sendiri adalah sebuah minuman yang biasa dikonsumsi oleh pria dewasa, memiliki manfaat untuk menjaga stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Biasanya dikonsumsi mereka yang berprofesi sebagai Atlet Olahraga atau pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik.

Namun tidak ada salahnya apabila dikonsumsi oleh mereka dengan pekerjaan yang selain disebutkan di atas, karena minuman ini tidak memiliki efek samping.

Bahan dasar yang digunakan dalam membuat mai dong adalah buah-buahan dan rempah-rempah. Sehingga akan cukup aman apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panajang.

Jus Buah Plum

jus buah plum, minuman khas china
sumber: hellosehat.com

Buah plum merupakan jenis buah yang memiliki berbagai khasiat bagi tubuh, masyarakat China memiliki kebiasaan yang unik yaitu dengan menjadikan buah plum sebagai jus.

Jus buah plum selain digunakn sebagai minuman khas imlek, masyarakat China menjadikan minuman ini sebagai minuman kesehatan, seperti untuk diet, menjaga kebugaran, menjga daya tahan tubuh dan lain sebagainnya.

Penggemar minuman ini datang dari berbagai kalangan, baik yang muda maupun tua, bahkan ketika imlek datang, setiap sudut kota di Tiongkok banyak penjual yang menjajakannya.

Menurut mereka yang pernah mengonsumsi jus buah plum, ternyata minuman ini sangat unik, memiliki rasa perpaduan antara asam, manis dan menyegarakan.

Apabila tertarik, kalian dapat membuat jus buah plum sendiri dengan mudah. Terlebih saat ini sudah banyak yang menjual buah plum dengan harga yang terjangkau.

C100

c100
sumber: foodbev.com

C100 adalah minuman modern dengan jenis elektrolit, berdasarkan kabar yang beredar, minuman ini sangat populer dan digemari di Tiongkok.

Sejauh ini C100 diproduksi dengan 3 varian rasa yaitu;

  • Lemon
  • Limun
  • Anggur

Dari ke-3 rasa tersebut, limun adalah rasa yang paling digemari, sebab memiliki rasa yang begitu kuat dan tajam.

Hingga saat ini C100 masih menjadi minuman favorit di China, rasa yang segar dan kaya akan vitamin menjadi alasan utama orang meminumnya.

Padahal apabila kita lihat, minuman pabrikan seperti ini tidak selamnya sehat, karena bisa saja menggunakan pengawet atau bahan lain yang tidak baik bagi tubuh.

Artikel terkait: minuman khas Jerman

Susu Kedelai

susu kedelai, mnua khas china
sumber: faktualnews.co

Sebetulnya susu kedelai dapat kita jumpai dimana saja, bahkan di negara kita banyak masyarakat yang memproduksi susu kedelai.

Minuman ini tentu menyehatkan bagi tubuh, meski menurut beberapa kepercayaan tidak baik apabila dikonsumsi oleh pria.

Terlepas itu semua, susu kedelai adalah minuman yang tidak dapat dipisahkan dengan masyaraka China, di sana susu kedelai menjadi minuman wajib setiap harinya. Barangkali hal itulah yang menjadikan susu kedelai masuk ke dalam daftar minuman khas China.

Membuat susu kedelai tidaklah terlalu sulit, cukup diolah dengan cara direbus yang kemudian diambil sarinya untuk dijadikan susu.

Kopi Yunnan

kopi yunnan
sumber: beritasatu.com

China seakan tidak ingin ketinggalan dengan peta persaingan kopi di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai macam kopi yang dihasilkan dari daerah Yunnan.

Bahkan pada suatu kesempatan perusahaan kopi raksasa asal Amerika memiliki ketertarikan dengan kopi Yunnan, dan pada akhirnya menandatangani kontrak di tahun 2012

Untuk kopinya sendiri tidak jauh berbeda dengan kopi-kopi dari negara lain. Hanya saja Yunnan ini mampu menghaslkan kopi dengan jumlah sangat besar pada setiap tahunnya.

Maka tidaklah salah apabila kita memasukan kopi Yunnan sebagai minuman khas China, atau lebih tepatnya minuman yang populer di negara tersebut.

Baiju (Arak Putih China)

baiju
sumber: matadornetwork.com

Bagi kalian yang menganut kepercayaan Islam tentu tidaklah disarankan untuk mengkonsumsi baiju, karena minuman satu ini berjenis arak putih khas China.

China sendiri hanya memperkenankan minuman ini dikonsumsi oleh mereka yang sudah dewasa saja. Ini artinya berarti baiju tidak cocok diminum oleh anak-anak maupun remaja.

Dari sinilah kita dapat menyimpulkan, bahwasannya baiju bukanlah minuman yang baik apalagi dapat menyehatkan.

bagi kalian yang memiliki niatan untuk menjadikan baiju sebagai oleh-oleh China, sebaiknya hal tersebut diurungkan saja.

Tsingtao Beer

tsingtao beer, minuman khas china
sumber: nikkei.com

Bir China yang namanya sudah terkenal di seluruh dunia, dipasarkan kurang lebih di 62 negara termasuk Indonesia. Tsingtao Beer menjadi salah satu brand terkenal di dunia.

Bukan tanpa alasan bir ini dapat dipasarkan di 62 negara, hampir setiap orang penikmat bir memberikan nilai di atas rata-rata untuk rasanya.

Tsingtao memiliki rasa malt yang tinggi, mudah diminum serta tidak meninggal rasa pahit di mulut. Sedangkan untuk bir merk lain biasanya terdapat rasa pahit yang membekas.

Sejauh ini terdapat 2 negara pengimpor terbesar untuk tsingtao beer, yaitu Australia dan Kanada. Ke dua negara tersebut pernah mengungkapkan keterpsonaannya terhadap kemurnian bir ini.

Apabila diperhatikan tsingtao beer memiliki gaya seperti halnya bir-bir yang diproduksi di Eropa, terutama Jerman. Pihak tsing tao beer mengungkapkan, bir yang mereka produksi berasal dari sumber air yang murni, barangkali hal ini yang menjadi nilai lebih.

Soda Asam

soda asam
sumber: coockpad.com

Air soda asam bukan hal yang baru di China, minuman ini telah hadir sejak tahun 1960-an terutama di daerah Shanghai.

Kemudian seperti apakah soda asam itu?

Sebab seperti yang kita ketehui, biasanya soda tidak memiliki rasa asam alias netral. Soda asam telah menjadi minuman favorit rakyat China, bahkan jauh sebelum coca-cola hadir dan meramaikan minuman bersoda.

Soda asam merupakan minuman bersoda dengan rasa lemon, sudah dipastikan minuman ini memiliki kesegaran sebagaimana minuman bersoda modern hari ini.

Tieguanyin

Tieguanyin
sumber: cainatea.com

Namanya sangat terdengar asing untuk masyarakat non-China. Apabila diperhatikan Tieguanyin lebih mirip dengan minuman tradisinal Jepang, yaitu teh hitam dan teh hijau.

Tieguanyin memiliki warna yang agak kekuningan jernih, memiliki rasa manis seperti madu dengan campuran aroma bunga dan buah.

Minuman tradisional ini sangat mudah ditemukan di China, sebab hampir di setiap wilayahnya menyajikannya berbarengan dengan minuman tradisional lainnya seperti teh.

Jadi kalian tidak perlu khawatir apabila ingin merasakan kenikmatan dari Tieguanyin, sebab dihadir secara tidak ekslusif, artinya biasa disajikan di warung-warung biasa.

Chivas dengan Campuran Teh Hijau

chivas
sumber: diinetout.com

Apa itu chivas? Sebuah minuman tradisional China dengan rasa yang manis, minuman ini senantiasa hadir dalam berbagai kegiatan di China.

Chivas adalah sejenis minuman whisky scotch, maka tidaklah heran apabila minuman ini menghiasi bar-bar di setiap penjuru kota.

Seiring perkembangannya, chivas menjadi minuman favorit kaula muda di China dengan tambahan sedikit teh hijau yang memiliki aroma unik serta rasa kuat.

Namun kalian yang beragama Islam tentu minuman jenis ini tidak diperkenankan untu diminum, sebab dapat memabukan.

Rangkuman Minuman Khas China

minuman khas china
sumber: womantalk.com

Tulisan dengan judul minuman khas China ini menyajikan informasi mengenai daftar minuman khas yang terdapat di China.

Akan tetapi seperti yang telah disebutkan pada bagian awal, yang dimaksud dengan minuman khas bukan selurhnya minuman tradisional, sebab terdapat juga minuman modern yang menjadi favorit.

Selain minuman modern, daftar di atas menyajikan minuman beralkohol, seperti baiju dan lain sebagainya. Hal tersebut bukan berarti penulis menyukai dan menyarankan kalian untuk meminumnya, namun lebih ke pengatahuan dan informasi saja.

Artikel terkait: minuman khas Swiss

Berikut penulis ringkas kembali daftar minuman China di atas.

NoNama Minuman
1Milk Tea
2Teh Krisan
3Mai Dong
4Jus Buah Plum
5C100
6Susu Kedelai
7Kopi Yunnan
8Baiju
9Tsingtao Beer
10Soda Asam
11Tieguanyin
12Chivas dengan Campuran Teh Hijau

***

Demikian tulisan yang dapat disajikan, semoga tulisan ini menjadi informasi yang bermanfaat.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *