minuman khas india
Minuman Khas

Minuman Khas India

Guratgarut.com – Berbicara mengenai minuman khas, India sebenarnya memiliki ragam minuman, namun masyarakat Indonesia kurang familiar dengan hal tersebut.

Beda dengan budaya India yang sudah tidak asing lagi, mengingat dibeberapa wilayah terdapat etnis India yang menetap di Indonesia. Terlebih negara kita sangat familiar dengan hiburan India, salah satunya adalah bollywood.

Ketidak terkenalan minuman khas India mungkin diakibatkan dari jarangnya masyarakat Indonesia yang berwisata ke India, padahal menurut sumber informasi di India terdapat tempat wisata yang menakjubkan.

Bagi kalian yang penasaran dengan minuman khas india, guratgarut menyediakan daftarnya sebagai berikut.

Daftar Minuman Khas India

minuman khas india
Sumber: idntimes.com

Entah kenapa saya cukup terkejut bahkan kaget ketika melihat daftar minuman tradisional India yang begitu banyak melebihi minuman khas lain yang pernah saya tulis, misal minuman khas Turki ataupun minuman khas Mesir.

Lassi

lassi
Sumber: archanaskitchen.com

Minuman India pertama yang akan kita bahas adalah lassi, sebuah minuman yang terbuat dari yoghurt. Minuman yoghurt sendiri bagi masyarakat Indonesia dan Asia bukanlah hal yang baru, mengingat masing-masing negara di Asia menjadikan yoghurt sebagai minuman khasnya.

Akan tetapi saya yakin meskipun sama, yoghurt dari setiap negara memiliki rasa yang berbeda serta keunikan masing-masing.

Maka dari itu kalian harus mencoba berbagai jenis minuman yoghurt dari berbagai negara.

Masyarakat India biasanya menambahkan buah serta rempah ke dalam minuman yoghurt. Selain menambah kelezatan, hal tersebut juga dipercaya akan menjadikan minuman lebih sehat.

Lassi oleh masyarakat India dipercaya dapat membantu tidur nyenyak, dengan demikian minuman ini akan sangat cocok apabila diminun saat siang hari atau hendak tidur.

Kalian tentu boleh mencobanya di rumah, proses yang dilakukan cukup sederhana yaitu membuat minuman yoghurt seperti biasa, kemudian kalian tambahkan buah-buahan seperti tomat, jeruk, mangga dll. Sedangkan untuk rempah-rempahnya, kalian dapat menambahkan bubuk akar anggrek, kayu manis dll.

Masala Cai

masala chai
Sumber: rsvp-intl.com

Massala cai merupakan minuman susu yang dicampur dengar teh, lalu pa bedanya dengan teh tarik dari Thailand? Meskipun terlihat sama dengan minuman khas Thailand, massala cai jelas berbeda, sebab minuman ini bukan hanya campuran antara susu dengan teh saja, melainkan menggunakan rempah-rempah sebagai bahan tambahan.

Kehadiran rempah-rempah dalam minuman ini menjadikannya terlihat mewah dan unik, sebab dapat berguna dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Pada umumnya rempah-rempah yang digunakan dalah sebagai berikut.

  • Jahe
  • Cengkeh
  • Kayu manis
  • Kapulaga
  • Adas
  • Lada
  • Bintang
  • dll.

Rempah-rempah tersebut dihaluskan sehingga menjadi bubuk, kemudian dicampurkan kedalam minuman susu yang dicampur dengan teh.

Untuk mendapatkan resepnya kalian dapat mempelajarinya disini.

Thandai

thandai
kalimirchbysmita.com

Thandai adalah minuman yang sangat unik, sebab terbuat dari kombinasi biji-bijian yang dicampur dengan bynga. Adapun biji-bijian dan bunga yang digunakan adalah;

  • Biji adas
  • Biji semangka
  • Kacang almond
  • Kelopak mawar
  • Saffron
  • dll

Minuman ini pada umumnya ditambahkan susu dan gula sebagai menambah rasa manis, karena jika tanpa gula dan susu rasanya lebih netral.

Beberapa daerah di India mengenal jenis minuman ini dengan nama lain, yaitu sardai. Minuman ini biasa disajikan dalam acara atau perayaan yang besar.

Sebagian masyarakat India meyakini bahwa thandai atau sardai merupakan minuman yang difaforitkan oleh Dewa Siwa.

Dewa Siwa dipercaya masyarakat Hindu sebagai dewa pelebur apa saja yang telah usang.

Sharbat

sharbat
Sumber: archanaskitchen.com

Sharbat merupakan minuman India, meskipun minuman ini pada nyatanya berasal atau dipengaruhi budaya Turki dan Pakistan.

Terlepas dari hal tersebut, sharbat sangat digandrumi oleh masyarakat India, hal ini terlihat dengan banyaknya penjual sharbat di sana.

Pada mulanya masyarakat India tidak mengenal sharbat, namun suatu ketika saat India dilanda cuaca yang sangat ekstrim sharbat dimanfaatkan untuk menggantikan cairan tubuh.

Kemudian akhrnya hingga saat ini sharbat menjadi minuman favorit. Selain dapat menggantikan cairan tubuh, sharbat memiliki rasa yang enak  dan segar.

Mnuman ini berbahan dasar buah-buahan, sirup gula dan air. Setiap teguknya akan memberikan kekuatan pada tubuh, ditambah jika mengonsumsinya dalam keadaan benar-benar haus.

Minuman sharbat pun memiliki beberapa variasi, terdapat sebagian minuman yang menambahkan rempah-rempah dan bunga-bungaan.

Shol Kad

shol kad
Sumber: amny.com

Shol kad adalah sebuah minuman yang sangat menarik sekali, terlihat menawan dan cantik menjadi ciri khasnya. Soal rasa, shol kad tak kalah menarik dengan rupanya, sebab mampu memberikan kesegaran.

Warna cantik yang dihasilkan shol kad berasal dari buah kokum yang dicampur dengan air kelapa.

Buah kokum hampir mirip dengan buah manggis.

Selain cantik dan enak, manfaat dari minuman ini tidak dapat diragukan lagi, maklum bahan yang digunakan adalah air kelapa dan buah kokam. Kedua bahan dasar ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Haldidoodh

Haldi doodh
Sumber: meerasodha.com

Tidak hanya segar, haldidoodh dipercaya mampu mencegah dan menyembuhkan berbagi penykit, hal tersebut karena berbahan dasar susu kunyit.

Diantara penyakit yang dapat idredakan oleh haldidoodh adalah sebagai berikut.

  • Flu
  • Inpeksi
  • Sakit tenggorokan
  • dll

Selain dapat menyembuhkan penyakit di atas, minuman ini pun dapat memberikan rasa lega sera dapat memulihkan cedera fisik lebih cepat.

Kaju Shake

kaju shake
Sumber: tasteofcity.com

Kaju apabila kita artikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah kacang mede. Apabila kita perhatikan, sekilas minuman ini mirip dengan lassi, minuman yang telah kita bahas pada bagian sebelumnya.

Apabila lassi memanfaatkan yoghurt sebagai bahan dasarnya, sedangkan kaju shake memanfaatkan susu murni. Maka tidak heran apabila minuman ini lebih disukai, terutama oleh mereka yang tidak menyukai yoghurt.

Secara umum pembuatan kaju shake cukuplah mudah yaitu dengan cara mengolah bahan bahan berikut menjadi satu.

  • Kaca mete
  • Susu murni
  • Buah-buahan

Sederhana bukan untuk membuat kaju shake ini?

Falooda

falooda
Sumber: theindiaclaypot.com

Falooda merupakan sebutan milk shake yang terbuat dari es krim, kedengarannya seperti minuman pada umumnya, namun ada yang menarik, minuman ini disiram menggunakan sirup mawar, sohun, biji selasih dan kacang-kacangan.

Minuman ini sangat terkenal dengan rasa manisnya, sangat cocok dinikmati di siang hari menemani aktivitas atau pekerjaan kita.

Tekstur yang lembut menjadikan minuman ini sebagai primadona di India, di sukai oleh setiap kalangan, dari yang muda hingga tua.

Seiring perkembangannya falooda banyak di modikasi, misal ditambahkan topping lain seperti jelly, sirup dan buah-buahan kering.

Chaas

chaas
Sumber: mccormick.com

Chaas adalah minuman khas India yang terbuat dari yoghurt, adayang unik dalam proses pembuatan minuman ini, yaitu dengan cara mencampur yoghurt dan air dingin, kemudian dikocok-kocong.

Proses pengocokan menggunakan alat khusus yang telah disediakan, pengocokan dilakukan secara manual menggunakan tangan.

Chaas dapat dinikmati dalam berbagai bentu, bisa polosan apa adanya, artinya tidak menggunakan campuran apapun, atau bisa juga ditambahkan topping atau bumbu.

Tentu akan sangat nikmat apabila ditambahkan topping atau bumbu. Untuk  topping atau bumbu bentuknya dapat bermacam-macam bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Jigarthanda

Jigarthanda
Sumber: therewishtleskitchen.com

Jigarthanda adalah sebuah minuman tradisional India yang terbuat dari susu murni, minuman ini termasuk ke dalam minuman yang sangat populer di India. Maka tidaklah heran apabila kita dapat menemukan minuman ini hampir disetiap sudut Kota di India.

Setiap minuman yang berbahan dasar susu memiliki rasa yang segar, selain itu tentu sehat dan menyehatkan, bahkan di beberapa negara di dunia susu menjadi minuman yang wajib untuk dikonsumsi setiap pekan atau bulannya.

Jigarthanda adalah minuman yang hadir pertama kali di daerah Madurai, sebuah wilayah yang terletak di India Selatan.

Seiring perkembangannya minuman ini banyak di bawa ke wilayah lain di India, dan hampir semua masyaakat di wilayah India menyukainya. Sehingga sampai saat ini jiharganda masih tetap eksis menjadi minuman favorit masyarakat India.

Selain bahan dasar susu murni, biasanya ditambahkan bahan lain seperti es krim, sirup dan almond. Bahan tambahan tersebut menjadikan minuman ini semakin nikmat untuk dikonsumsi.

Badam Milk

badam milk
Sumber: youtube.com

Dari namanya kita sudah bisa menebak, bahwa minuman ini terbuat dari susu, namun minuman siperti apakah badam milk ini.

Badam milk adalah minuman jenis susu khas India yang dicampur dengan almond, bayangkan gurihnya susu murni di ketika bercampur dengan almond.

Walaupun penampilannya kurang menarik, namun minuman ini memiliki banyak manfaat, sebagian selain bahan dasa yang telah disebutkan terdapat juga beberapa rempah-rempah seperti kunyit  dan kapulaga.

Bagaimana apakah kalian berminat untuk mencobanya?.

Aam Panna

aam panna
Sumber: wereceipes.com

Jika minuman sebelumnya kebanyak berbahan dasar dari susu murni, berbeda dengan minuman satu ini yang terbuat dari buah, tepatnya mangga.

Tentu saja minuman ini sangat menyegarkan apalagi ditambahkan serutan es. Namun ada yang unik dalam aam panama, dimana mangga yang digunakan adalah mangga mentah.

Jika di Indonesia mangga mentah dijadikan rujak, manisan atau petis, masyarakat India lebih senang memanfaatkan buah mentah sebagai minuman.

Mangga mentah tidak langsung dijadikan minuman, namun harus melalui beberapa proses, yaitu dengan direbus terlebih dahulu, baru kemudian dapat di blender.

Campuran lain yang membuatnya semakin unik yaitu campuran mint dan jintan. Bagaimana ya rsanya? Pastinya menyegarkan.

Nimbu Pani

nimbu pani
Sumber: rasoimenu.com

Selain minuman yang menggunakan bahan dasar mangga, India juga memiliki minuman khas yang menggunakan lemon sebagai bahan dasarnya.

Seperti yang kita ketahui setiap minuman yang terbuat dari lemon pasti dapat memberikan kesegaran. Meskipun minuman ini terlihat sama seperti minuman lemon pada umumnya, namun ada yang berbeda, yaitu ditambahkan jintan dan chat massala.

Ke-2 rempah tersebut tentu menjadi ciri khas dari minuman ini, sebab kita tidak akan menemukan minuman lemon yang ditambahkan rempah-rempah.

Jal Jeera

jal jeera
Sumber: onegreenplanet.org

Jal jeera adalah sebuah minuman khas India yang berasal dari bagian utara India, Minuman ini pada umumnya disajikan di musim panas.

Seperti minuman sebelumnya, jal jeera adalah minuman yang terbuat dari lemon dan jintan, hanya saja dalam proses pembuatannya sedikit berbeda.

Rempah-rempah yang digunakanpun lebih bervariasi, bukan hanya jintan melainkan seperti daun mint, ketumbar, kapulaga dan rempah lainnya.

Sehingga minuman ini lebih cocok disebut minuman rempah-rempah dengan campuran lemon. Selain memiliki rasa yang begitu segar, al jeera memiliki banyak manfaat.

Ice Gola

ice gola
Sumber: travelerbase.com

Ice gola adalah es yang terbuat dari es serut yang kemudin diberikan stik yang trbuat dari kayu manis. Esnya pun memiliki warna yang cantik dan warna-warni.

Warna es ice gola yang warna warni dihasilkan dari berbagai macam sirup, sedangkan untuk stiknya sendiri dapat menggunakan stik biasa.

Ice gola ini menjadi salah satu minuman favorit india yang banyak dijual pedagang kaki lima. Apabila kalian berkunjung ke India jangan lupa untuk menikmati es ini.

Kulfi

kulfi
Sumber: tastemade.com

Kulfi adalah es krim khas India, meskipun tampilannya tidak secantik galeto dari Italia, namun soal rasa kulfi tidak jauh berbeda.

Es ini juga mengandung banyak rempah-rempah seperti minuman khas India lainnya. Barangkali satu-satunya kekurangan kulfi ini tidak selembut es krim pada umumnya.

Selain manis dan enak, kulfi memiliki banyak manfaat yang berasal dari bahan rempah-rempah. Maka tidak ada salahnya kita mencoba es krim yang unik ini.

Ringkasan Minuman Khas India

minuman tradisional india
Sumber: seruni.com

Dari minuman di atas, kira-kira minuman mana yang akan kalian pilih untu kalian coba?

Minuman khas India ternyata sangat beragam ya, elin itu kebanyakan dari minumannya mengandung rempah-rempah, maka tidaklah hern apabila mengandung banyak manfaat.

Berikut saya ringkas kembali daftar minuman India.

NoNama Minuman
1Lassi
2Massala Cai
3Thandai
4Sharbat
5Shol Kad
6Haldidoodh
7Kaju Shake
8Falooda
9Chaas
10Jigarthanda
11Badam Milk
12Aam Pana
13Nimbu Pani
14Jal Jeera
15Ice Gola
16Kulfi

Nah itu dia minuman tradisional India yang dapat saya bagikan, semoga tulisan menjadi informasi yang bermanfaat bagi kalian.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *