minuman khas inggris
Minuman Khas

Minuman Khas Inggris

guratgarut.com – Berbicara mengenai Inggris, tentu banyak sekali hal menarik yang dapat kita perbincangkan, mulai dari makanan dan minuman khas, budaya hingga pendidikan.

Nah khusus untuk kali ini, kita akan sedikit membahas mengenai minuman khas yang dimiliki oleh Inggris.

Tidak jauh berbeda dengan negara-negara Eropa pada umumnya, Inggris memiliki kuliner yang menarik, termasuk minuman di dalamnya.

Barangkali tidak ada salahnya apabila kalian memiliki kesempatan berkunjung ke Inggris, maka luangkanlah waktu sedikit untuk mencicipi setiap minuman yang ditawarkan negeri Ratu Elisabeth ini.

Sekilas Tentang Inggris

inggris
Sumber: tribunnews.com

Inggris merupakan sebuah negara di benua biru Eropa, terkenal dengan budaya yang khas, terutama sejarah kerajaannya.

Selain itu, Inggris pada dahulu merupakan negara dengan jumlah koloni terbanyak, Indonesia pun tercatat menjadi salah satu negara yang pernah dijajah oleh Inggris.

Maka tidaklah heran apabila saat ini bahasanya menjadi bahasa yang digunakan oleh seluruh negara sebagai bahasa internasional.

Minuman Khas Inggris

minuman khas inggris
Sumber: infobdg.com

Minuman merupakan kuliner yang tidak boleh dilewatkan dalam berbagai kesempatan, baik itu untuk menemani makanan ataupun sekedar dicicipi saat santai.

Inggris memiliki minuman yang sangat beragam, mulai dari minuman dingin, minuman beralkohol hingga minuman yang dapat meningkatkan stamina.

Setidaknya terdapat 7 minuman khas Inggris yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, sebagai berikut;

  1. Cider
  2. Wassail
  3. Eggnog
  4. Gin & Tonic
  5. Pimm’s
  6. Minuman Teh Khas Inggris
  7. Ginger beer

Berikut masing-masing penjelasannya!

Cider

cider
Sumber: martinelis.com

Cider adalah minuman khas Inggris yang terbuat dari sari buah. Sebagian orang menganggap cider sama dengan bir, padahal berbeda.

Perbedaan tersebut terletak dari bahan dasar yang digunakan. Seperti yang kita ketahui, bir adalah minuman yang terbuat dari prementasi anggur.

Sedangkan untuk cider sendiri terbuat dari frementasi buah apel hijau. Jadi tidaklah heran apabila minuman ini memiliki warna bening kekuning-kuningan.

Selain apael, beberapa orang Inggris menggunakan bahan lain untuk membuat cider, yaitu buah pir. Akan tetapi lambat laun, cider yang  terbuat dari buah pir dikenal dengan sebutan perry cider.

Jika diperhatikan, sekilas cider ini hampir mirip dengan cuka apel.

Industri cider mengalami perkemembangan yang sangat pesat, bukan hanya di negara asalnya, ataupun Eropa, namun kini cider telah sampai ke pasar Asia, termasuk Indonesia.

Tentu tidaklah heran apabila Indonesia menjadi target pasar dari penjualan cider, mengingat Indonesia merupakan wilayah dengan jumlah penduduk yang lumayan banyak.

Kalian juga sebenarnya dapat membuatnya sendiri di rumah, lihat berbagai macam resep cider disini.

Wassail

wassail
Sumber: quericavida.com

Apakah kalian mencari minuman tradisional Inggris? Maka salah satu jawabannya adalah wassail, mengingat minuman ini telah ada sejak 1400 tahun yang lalu.

Nama wasaill sendiri diambil dari prosesi upacara atau kegiatan doa yang dilakukan oleh masyarakat Inggris pada jaman dahulu, dengan sebutan wasailling.

Wassail ini sekilas nampak sama dengan mulled wine, memiliki warna kuning agak kegelapan.

Minuman ini menjadi salah satu minuman tardisional Inggris yang mendunia, hampir setiap negara mengenalnya.

Adapun bahan dasar yang digunakan dalam membuat wassail adalah,

  • Rempah-rempah
  • Irisan lemon yang telah direbus
  • Minuman beralkohol
  • Buah-buahan.

Pada umumnya bir yang dipakai untuk pembuatan wasail ilah bir, atau minuman beralkohol yang memiliki rasa bah.

Terdapat hal yang unik dari wassail ini, dimana setiap daerah memiliki rasa wassail yang berbeda-beda.

Hal ini dikarenakan daerah satu dengan yang lainnya menggunakan buah yang berbeda-beda.

Eggnog

eggnog
Sumber: marthastewart.com

Eggnog adalah minuman yang sangat khas sekali, dimana menggunakan telor, susu, krim, gula dan secikit campuran alkohol dalam proses pembuatannya.

Nama eggnog berasal dari kata grog dan noggin, yang mana masing-masing dari artinya ialah rum dan tempat kayu kecil sebagai bahan untuk menyajikan eggnog.

Eggnog menjadi salah satu minuman khas Inggris yang dikonsumsi para bangsawan di masa lalu pada musim dingin.

Pada masa lalu eggnog terkenal sebagai minuman ekslusif, hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu saja, misal keluarga kerajaan dan kolomrat.

Mengapa demikian?

Sebab salah satu campuran atau bahan yang digunakan dalam membuat eggnog pada masa lalu ialah rempah-rempah dengan nilai harga yang tinggi, seperti kayu manis, pala serta minuman alkohol bermerek.

Salah satu minuman beralkohol dengan nilai tinggi pada masa tersebut ilah shery dan brendy.

Pada jaman modern ini, eggnog masih lajim untuk disajikan dan dinikmati, terutama dalam perayaan dan momen-momen besar, salah satunya adalah natal.

Gin & Tonic

gin & tonic
Sumber: themix.com

Gin adalah minuman yang sangat lajim ditemukan di negara-negara Eropa, hampir di setiap negara kita akan temukan minuman gin. Akan tetapi gin di Inggris ini berbeda, karena di tambahkan air tonic ke dalamnya.

Pencampuran antara gin dan tonic pada umumnya menggunakan takaran tertentu, namun tidak sedikit takaran yang dipakai atas dasar selera.

Gin & Tonic adalah minuman sejenis wishkey, pertama kali dikenalkan oleh tentara Inggris di India.

Gin dan tonic ini biasanya memiliki penampilan yang cantik, sebab dalam setiap penyajiannya ditambahkan potongan atau irisan jeruk lemon.

Pertama kali diperkenalkan ke khalayak umum oleh tentara Inggris di India pada abad ke-18. Minuman ini bukan hanya sekedar minuman, namun merupakan minuman kesehatan untuk mengantisipasi malaria.

Pemilihan air tonic sebagai salah satu bahan campuran bukanlah tanpa alasan, mengingat tonic mengandung senyawa atau obat yang dapat melawan pasmodium parasit dalam penyakit malaria.

Campuran gin ke dalam minuman ini diketahui untuk membiaskan rasa pahit yang terdaoat pada tonic.

hingga saat ini gin dan tonic menjadi minuman yang masih bertahan di Inggris, kalian akan sdengan mudah menemukannya di kafe dan bar.

Gin dan tonik yang ada saat ini sedikit berbeda dengan jaman dulu, dimana tonic yang digunakan tidaklah sepahit pada masa tersebut.

Bisa dikatakan dari segi kesehatan atau obat, gin dan tonic sudah tidak ada. hari ini benar-benar hanya sebagai minuman saja. Barangkali sama halnya dengan minuman-minuman lain seperti bear dan cocktail.

Pimm’s

pimms
Sumber: townandcountrimag.com

Pim’s diketahui merupakan sebuah merk ternama minuman keras di Inggris. Memiliki kemasan yang terbuat dari botol kaca tinggi. hal ini layanya seperti minuman beralkohol lainnya.

Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan pim’s ialah gin. Namun tahukah kalian, pada walnya pim’s ini tidak menggunakan campuran alkohol.

Campuran minuman alkohol pada pim’s diketahui setelah munculnya pim’s dalam versi Amerika dengan campuran vodka.

Saat ini pim’s banyak disajikan di berbagai tempat dengan berbagai bentuk pula, salah satunya cocktail.

Masyarakat Inggris mengenal pim’s sebagai minuman beralkhol yang disajikan dengan berbagai campuaran buah-buahan di dalamnya.

Bahkan sebagian orang disana menganggap, apabila pim’s disajikan tanpa campuran buah-buahan bukan pim namanya.

Pim’s saat ini menjadi sajian yang sangat umum, disajikan dalam acara keluarga, festival, natal dan hinga pertandingan sepakbola.

Penyajian pim’s dalam bentuk dingin dianggap lebih menggoda, maka kebanyakan penikmat pims menambahkan es cube ke dalamnya.

Minuman Teh Khas Inggris

teh khas inggris
Sumber: bukalapak.com

Selama ini kita mengenal teh sebagai minuman populer, terutama di kawasan Asia, maka tidak heran apabila teh menjadi minuman khas Jepang atau pun Korea.

Barangkali tidak banyak orang yang mengetahui, bahwa Inggris memiliki teh khas, artinya teh yang berbeda dengan pada umumnya.

Inggris menjadi salah satu negara yang memiliki kebiasaan ngeteh. Hal ini tentu menjadi sebuah pembuktian bahwa bukan hanya negara-negara di Asia saja yang memiliki tradisi minum teh.

Teh memiliki perjalanan yang panjang di Inggris, dimulai pada abad ke-17, dimana pada masa tersebut Inggris mulai melakukan hubungan dagang dengan India.

Pada mulanya, teh merupakan jenis minuman mahal di Eropa, mengingat minuman ini sulit ditemukan. Jadi tidaklah heran apabila pada masa terebut, teh hanya diminum oleh bangsawan saja.

Namun semuanya berubah secar drastis ketika memasuki abad yang ke-19, teh dapat dinikmati oleh setiap kalangan.

Hingga saat ini, tradisi minum teh di Inggris adalah sesuatu yang lajim, bahkan Inggris memiliki cara sendiri, yaitu degan mencampur susu ke dalam teh.

Ginger Beer

ginger beer
Sumber: thespurceeats.com

Gingger beer merupakan sebuah minuman kaleng. Berbeda dengan beer pada uumnya, gingger beer memiliki campuran jahe.

Masyarakat Eropa sendiri sangat menyukai rempah-rempah, salah satunya adalah jahe. Hal ini tentu saja sangat wajar mengingat Eropa adalah wilayah yang memiliki musim dingin.

Gingger beer dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh banyak kalangan, mulai dari kaula muda hingga tua.

Minuman ini terdiri dari dua jenis, alkohol dan non alkohol. Untuk jenis gingger beer yang mengandung alkohol bersifat lebih hangat, sebab efek yang dihasilkan dari alkohol tersebut, dan biasa dikonsumsi oleh orang dewasa.

Sedangkan untuk minuman yang nonalkohol dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan perempuan hamil.

Kesimpulan

minuman kaleng
the sun.co.uk

Dari daftar minuman khas Inggris di atas, kita dapat melihat bahwa inggris memiliki minuman khas yang bervariasi, mulai dari minuman tradisional hingga minuman modern.

Berikut saya ringkas kembali minuman khas Inggris tersebut.

NoNama Minuman
1Cider
2Wassail
3Gin & Tonic
4Pim’s
5Gingger Beer
6eggnog
7Teh

Demikian tulisan yang dapat saya bagikan, semoga yang belum pernah ke Inggris dapat ke sana.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *