minuman khas italia
Minuman Khas

Minuman Khas Italia

Guratgarut.com – Italia merupakan sebuah negara yang berada di Benua Biru Eropa. Selain terkenal dengan seni, budaya serta sepakbolanya, Italia dikenal sebagai surganya kopi. Maka tidak heran apabila sebagian besar minuman khas italia adalah kopi.

Secara geografis Italia berada di antara 35°LU-47°LU dan 6°BT-19°BT ini berbatasan darat dengan Perancis, Swiss, Austria, Slovenia disebelah utaranya sedangkan disebelah Timur, Barat dan Selatan dikelilingi oleh laut.

Meskipun Italia terkenal dengan kopinya, namun bukan berarti negara ini tidak memiliki minuman khas atau minuman tradisional lain. Kareba  faktanya Italia masih memiliki minuman yang unik seperti granita.

Granita adalah minuman dingin dengan tampilan warna-warni yang khas. Sebagian besar masyaraka Indonesia pasti tidak mengetahuinya, barangkali kalah populer dengan minuman khas dari Jepang, Korea ataupun Thailand.

Tapi percayalah meskipun namanya tidak sepopuler minuman yang kita kenal, soal rasa sudah tidak diragukan lagi.

Kopi, Minuman Khas Italia Paling Populer

kopi
Sumber: beritagar.id

Apakah kalian setuju apabila kopi merupakan minuman yang paling populer di Italia? Tentu saja seharunya kalian setuju, sebab kegiatan meminum kopi di negara ini sesuatu yang wajib dilakukan oleh warganya.

Tidak heran jika Italia memiliki berbagai jenis minuman dengan bahan dasar kopi. Bahkan beberapa nama minuman tersebut sudah sanget santer di negara kita.

Berikut daftar minuman kopi di Italia.

  • Ristretto
  • Esspreso
  • Vanila Latte
  • Gran Caffè Speciale
  • Macchiato
  • Capuccino
  • Moccacino
  • dll

Hampir semua nama minuman di atas kita kenal, bahkan diantranya dijadikan sebagai minum instant alias kopi sachet.

Minuman Khas Italia Jenis Kopi

kopi
Sumber: beritagar.com

Seperti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, kopi adalah minuman tradisional Italia yang paling populer serta memiliki ragam atau jenis yang banyak.

Pada bagian ini guratgarut.com akan membahas semua minuman Italia yang terbuat dari kopi, berikut masing-masing penjelasannya.

Caffè Freddo

Caffè Freddo
Sumber: nespresso.com

Caffè freddo adalah minuman kopi yang disajikan dingin. Jadi apabila kalian penyuka minuman dingin,  Caffè freddo akan sangat cocok untuk dinikmati ketika santai maupun menemani pekerjaan kalian.

Minuman ini terbuat dari espresso yang sebelumnya didinginkan terlebih dahulu, tujuannya agar kopi lebih padat dan dingin.

Walaupun terbuat dari espresso, caffè freddo tidak memiliki rasa pahit. Karena caffè freddo sendiri adalah minuman es kopi dengan campulan gula dan susu.

Sejauh ini caffè freddo jarang diketahui orang di luar Italia, kendati demikian rasanya tidak kalah dengan minuman  jenis kopi lainnya.

Apabila kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Italia, tidak ada salahnya mecoba menikmati segelas caffè freddo, dapat ditemukan di keda-kedai kopi ataupun Restoran.

Untuk kalian yang belum memiliki kesempatan untuk mengunjungi Italia, tetap dapat menikmatinya dengan membuat sendiri di Rumah.

Cara membuat caffè freddo

Bahan :

  • Bubuk kopi espesso.
  • 3/4 cangkir susu murni.
  • 8 buah es batu.
  • 1 sendok makan gula.

Proses Pembuatan

  • Masungkan air secukupnya pada mesin espresso.
  • Panaskan mesin dan portafilter.
  • Masukan bubuk kopi yang telah disedikan sebelumnya.
  • Campurkan secangkir espresso panas dengan susu dingin.
  • Tambah gula sebagai pemanis dan es untu menjadikan minuman dingin, kemudian kocok hingga bercampur.
  • Lakukan penyaringan pada minuman.
  • Minuman siap untuk disajika.

Minuman juga dapat disimpan di lemari es terlebih dahulu, aaagar tersa lebih dingin dan nikmat.

Gran Caffè Speciale

Gran Caffè Speciale
Sumber: ilverobardelprofesorre.com

Gran caffè speciale adalah minuman yang terbuat dari espresso, atau dapat dikatakan minuman ini adalah turunan dari espressso itu sendiri.

Meskipun termasuk ke dalam varian espresso, akan tetapi minuman ini memiliki rasa yang sangat berbeda. Maka untuk itu kalian tidak ada salahnya mencoba.

Minuman kopi ini sangat mudah ditemukan, terutam di Roma, hampir setiap kedai di sana meyediakan gran caffè speciale.

Oh iya, gran caffè speciale adalah double espresso, dimana memiliki kopi dengan rasa yang lebih creamy dan manis. Sehingga sangat cocok dinikmati oleh orang-orang yang suka minuman ke kinian.

Caffè Lungo

Caffè Lungo
Sumber: caffeaielo.it

Namanya lucu ya, caffè lungo merupakan minuman tradisional jenis kopi. Sama halnya dengan minuman sebelumnya, Caffè Lungo adalah turunan dari espresso.

Bedanya Caffè Lungo ini adalah minuman kopi dingin, sehingga dalam proses pembuatannya dibutuhkan seduhan air panas, 1 menit dalam proses brewing dengan 170 ml air panas.

Beberapa tempat mengenal minuman ini dengan nama short black, hal ini dikaarenakan porsinya lebih sedikit jika dibandingkan dengan long black.

Kopi ini akan cocok dinikmati di pagi maupun sore hari, kalian juga dapat menambah cemilan, seperti roti, biskuit atau kacang-kacangan.

Maraschino

Maraschino
Sumber: foodandwine.com

Maraschino merupakan minuman yang dibuat dari kopi, selain dikenal sebagai minuman dari Italia, minuman ini juga dikenal sebagai minuman dari Maroko.

Jika kita merujuk pada sejarah, memang minuman ini berasal dari Maroko, namun seiring perkembangannya beberapa orang dari Maroko membawanya ke Italia. Semenjak dari itu maraschino dikenal di Italia.

Kemudian pada akhirnya maraschino banyak diminati oleh masyarakat Italia, karena memang terbuat dari kopi. Maka tidak heran apabila banyak orang mengklaimnya sebagai minuman khas Italia.

Seperti caffè lungo, marchisino adalah turunan dari espresso. Kemudian yang menjadikan unik dan berbeda, minuman ini terdapat tambahan busa tebal yang terbuat dari susu dan coklat di atasnya.

Maka tidaklah heran apabila banyak orang menyukai minuman ini, sebab kata mereka rasanya enak dan unik. Kalian dapat mencoba membuatnya di rumah, lihat resepnya disini.

Vanila Latte

vanilla late
Sumber: thespurceeats.com

Rasanya masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan vanila late, terdapat di hampir seluruh Cafe dan Restoran di Indonesia. Jika tidak percaya kalian dapat menanyakannya saat mengunjungi sebuah Restoran atau Cafe.

Vanilla late adalah minuman kopi yang dapat disajikan baik dingin maupun panas. Sehingga dapat kita nikmati kapanpun dengan pilihan sesuai selera.

Nama latte merujuk pada setiap minuman yang mengandung susu, sehingga tekstur minuman lebih cendrung halusdibanding minuman lain.

Di Italia pada umumnya latte lebih disukai oleh kaum perempuan, mengingat rasanya manis dan tekstur yang lembut.

Sedagkan untuk di negara selain Italia, seperti Indonesia baik perempuan maupun laki-laki banyak yang memfavoritkan vanilla late.

Bagaimana dengan kalian, apakah kalian suka vanilla late?

Macchiato

Sumber: coocktoria.com

Macchiato adalah minuman kha Italia yang terbuat dari espresso dengan tambahan buih susu pada bagian atas. Di Indonesia sendiri minuman ini mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya, bahkan tidak lama ini menjadisalah satu minuman yang difavoritkan.

Macchiato memiliki rasa yang lebih pahit apabila dibandingkan dengan jenis kopi lain yang memiliki campuran susu. Namun hal itulah barangkali yang menjadikannya terterkesan berbeda.

Minuman Khas Italia Jenis Anggur & Cocktail

cocktail
Sumber: theindependent.com

Italia memiliki minuman tradisional jenis cocktail dan yang berbahan dasar anggur, artinya minuman-minuman ini memiliki kandungan alkohol.

Setidaknya terdapat empat minuman berikut ini.

Aperetivo

Aperetivo
Sumber: havana-club.com

Aperetivo adalah minuman yang biasa diminum setelah melakukan makan, hal ini merupakan tradisi sebagian negara yang dilakukan di Eropa.

Minuman ini sendiri sangat unik, memiliki warna kuning bening yang biasa disajikan bersamaan dengan cocktai dalam bentuk perasmanan.

Kita dapat menemukan aperetivo di bar-bar seluruh Italia, akan tetapi yang paling banyak yaitu di daerah Turin. Bisa dikatakan daerah ini merupakan basis.

Minuman ini tentu tidak disarankan untuk seorang muslim, sebab mengandung alkohol.

Negroni

negorini
Sumber: seriouseats.com

Negorini adalah minuman tradisional Italia dengan jenis cocktail, minuman ini ditemukan pertama kali pada tahun 1920 oleh Camillo Negorini.

Negorini diketahui seorang yang menyukai kopi jenis americano, akan tetapi dalam setiap gelasnya ditambahkan gin, sehingga menghaslkan minuman dengan rasa berbeda.

Gin adalah minuman beralkohol hasil prementasi anggur.

Mulai semenjak itu, banyak orang yang meniru apa yang dilakukan Camillo Negorin, sehingga dikemudian hari minum ini dikenal dengan nama negorini.

Spritz

Spritz
loveandoliveoil.com

Selain memiliki minuman terbuat dari kopi, Italia memiliki minuman yang berasal dari anggur. Hal ini tentu tidak mengejutkan, sebab Italia adalah salah satu negara di Eropa penghasil anggur terbesar.

Spritz adalah minuman yang terbuat dari anggur putih dan air mineral, sehingga kandungan alkohol dari minuman ini sedikit berkurang.

Selain dapat kita jumpai di bar dan kafe-kafe, masyarakat Italia pun biasa menyajikan minuman ini sebagai minuman keluarga.

Lacryma Christi

Lacryma Christi
Sumber: cantinadelvesuvio.it

Lacryma christi adalah sebuuah minuman jenis anggur dengan warna yang mempesona, yaitu hijau cerah seperti warna minuman yang terbuat dari melon.

Terkenal sebagai minuman khas bangsawan, dahulu pada masa kekaisaran Romawi hanya dinikmati oleh lingkungan kerajaan saja.

Selain terbuat dari anggur, lacryma christi menambahkan rempah-rempah, seperti cengkeh, temu lawak dan lain sebaginya.

Granita, Es Khas Italia

granita
foodandwine.com

Granita adalah es yang sangat populer di Italia, minuman ini memiliki warna yang sangat cantik, yaitu warna merah muda. Biasa disajikan dalam acara-aca jamuan, pertemuan dll, bisanya disajikan dalam bentuk gelas layaknya minuman.

Seiring perkembangannya, granita banyak dijual di berbagai sudut Kota Italia. Bahkan saat ini banyak orang yang mulai melirik granita sebagai minuman potensial untuk dibawa ke negara masing-masing.

Jika di Indonesia minuman ini lebih mirip dengan es serut, tidak perlu khawatir kalian tidak menyukai minuman ini. Sebab hampir setiap orang luar Italia telah terbukti menyukai granita.

jadi apabila kalian ke Italia, sempatkan diri untuk mencicipi segarnya granita. Kalian juga dapat membuat minuman ini dengan udah di rumah.

Bahan

  • 75 ml air perasan jeruk nipis
  • 1 lembar kulit jeruk lemon
  • 130 gram gula pasir
  • 20 ml air

Cara Membuat

  • Masak semua bahan dengan air 20 ml serta gula dalam panci selama 20 menit.
  • Tambahkan jeruk nipis dan aduk perlahan.
  • Kemudian taruh dalam tempat es dan masukan ke dalam frezeer selama 3 jam.
  • Hancurkan es dengan garpu sampai berbentuk butiran
  • Tuangkan dalam gelas untuk disajikan.
  • Lihat lebih banyak resep granita disini.

Strega, Minuman Herbal Italia

strega
Sumber: strega.it

Strega adala minuman keras Italia yang dipercaya masyarakatnya sebagai minuman yang mengandung banyak manfaat, sehingga tidak heran apabila disebut sebagai minuman herbal.

Tampilan minuman yang kuning membuatnya terlihat elegan, adapun bahan-bahan yang digunakan ialah;

  • Safron
  • Mint
  • junipper berries.

Telah ada sejak tahun 1860 membuatnya sangat dikenal di seantero Italia, bahkan hingga negara-negara Eropa lainnya.

Masyarakat Italia biasa meminumnya berbarengan dengan santapan malam, baik dengan keluarga ataupun bersama teman.

Ringkasan Minuman Khas Italia

minuman khas italia
Sumber: indobubbletea.blog

Italia sebagai negara di Eropa memiliki minuman tradisional yang begitu beragam, dari mulai minuman jenis kopi, beralkohol hingga es.

Tapi yang sangat menarik ialah minuman kopinya yang mendunia, sebut saja vanila late minuman yang dikenal hampir setiap orang di dunia ini.

Berikut saya sebutkan kembali daftar minuman khas Italia.

NoNama Minuman
1Caffè Freddo
2Gran Caffè Speciale
3Caffè Lungo
4Maraschino
5Vanila Latte
6Macchiato
7Aperetivo
8Negroni
9Spritz
10Lacryma Christi
11Granita
12Strega
13Frappe

***

Demikian tulisan yang dapat saya sajikan mengenai minuman khas Italia, semoga informasi yang disampaikan mendatangkan manfaat.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *