nissa amelia Calon Mahasiswa Jurusan Pariwisata yang suka jalan-jalan, berkuliner & masak. Kegiatan saat ini adalah menulis kontent di guratgarut.com

Minuman Khas Palestina

3 min read

minuman khas palestina

Guratgarut.com – Masih berbicara mengenai kulinar khas Timur Tengah, lebih tepatnya minuman khas dari Palestina.

Palestina sendiri tidaklah jauh berbeda dengan negara-negara Arab lainnya, berdaerah panas dan gersang. Meski demikian siapa sangka negara ini memliki budaya dan kuliner yang sangat unik.

Bahkan di negara ini kopi dan teh akan sangat mudah kita temui. Banyak di antara masyarakat yang menjadi kopi maupun teh sebagai minuman utamanya.

Minuman tradisional, termasuk kopi dan teh biasa mereka sajikan dalam pertemuan-pertemuan, menjamu tamu, bahkan hanya sekedar untuk santai.

Sedangkan untuk minuman anak-anak biasanya mereka memilihkan minuman yang sehat, seperti jus buah dan susu segar.

Beberapa informasi menyebutkan, bahwa Palestina adalah negara yang unik, memiliki berbagi macam minuman khas dan tradisional. Salah satu hal yang orang jarang tahu ialah tentang minuman beralkohol.

Palestina memiliki minuman beralkohol, akan tetapi minuman ini hanya dikonsumsi oleh mereka yang bukan Muslim. Karena di Palestina sendiri terdapat masyarakat yang bukan agama Islam, seperti Yahudi dan Kristen.

Minuman Khas Palestina

minuman khas palestina
Sumber: beepdo.com

Terdapat jenis minuman yang populer di Palestina, terutama minuman-minuman pada musim panas. Jadi apabila kalian mengunjungi negara ini tentu jangan sampai melewatkan untuk menikmati minuman-minuman tersebut.

Tiidak jauh berbeda dengan negara kita Indonesia, minuman-minuman di sana memiliki keunikan dan ciri khas. Berikut daftar minumannya;

Air Mawar & Mint

minuman mawar
Sumber: priceprice.com

Saat musim panas tiba, warga Palestina biasanya meminum air mmawar yang ditambahkan daun mint. Mereka sendiri biasa menyebutnya dengan minuman khas pada musim panas.

Minuman ini dipercaya dapat memberikan kesegaran saat musim panas. Seperti yang kita tahu suhu di Palestina pada musim panas dapat mencapai di atas 40 drajat.

Bayangkan bagaimana panasnya, di negara kita saja Indonesia terdapat beberapa daerah dengan suhu 35 drahat sudah sangat kepanasan.

Masyarakat palestina memiliki cara khusus dalam proses pembuatannya. Hingga saat ini orng non Palestina sangat jarang sekali yang mengetahui minuman ini.

Selain di Palestina, minuman ini di konsumsi juga di beberapa negara atau daerah, terutama di negara-negara Timur Tengah.

Nah apabila kalian memiliki kesepatan untuk berkunjung ke Paletina, jangan sampai lewatkan untuk mengkonsumsi minuman bunga ini.

Orange Blossom & Honey Lemonade

Orange Blossom & Honey Lemonade
Sumber: omnihotels.com

Minuman ini termasuk ke dalam minuman ringan yang terbuat dari perpaduan beberapa bahan. Diantara bahan-bahan yang digunakan adalah sebagai berikut;

  • Lemon
  • Jeruk
  • Madu
  • Bunga jeruk

Minuman yang memiliki ciri khas bau yang sangat unik, dimana bau dari bunga jeruk sangat mendominasi. Minuman ini akan sangat cocok dikonsumsi saat musim panas.

Proses pembuatan orange blossom & honey lemonade terbilang mudah, sperti berikut ini.

  • Campurkan bahan-bahan yang telah disiapkan seperti perasan jeruk lemon, jeruk, madu, air orange blossom, air dingin dan es batu.
  • Kemudian aduk-aduk hingga merata dalam satu wadah.
  • Setelah

Dari bahan-bahan yang digunakan kita dapat melihatnnya bahwa minuman ini memang menyegarkan, bagaimana tidak bahan seperti lemon jeruk dan madu menjadi bahan utamanya.

Kemudian dalam beberapa kesempatan masyarakat palestina menambahkan soda ke dalam minuman ini. Dengan demikian kesegarannya pun sangat menggugah.

Jika kalian merasa penasaran dengan minuman ini, bisa mencobanya saat berkunjung ke Palestina ataupun membuatnya sendiri di rumah.

Sahlab Minuman Khas Palestina yang Menggoda

sahlab
Sumber: afoodiesaffairs.com

Sama halnya dengan negara-negara di Timur Tengah lainnya, Palestina pun memiliki familiar dengan sahlab. Seperti yang kita ketahui minuman ini merupakan minuman musim dingin.

Minuman ini seringkali dijadikan minuman untuk berbuka puasa pada bulan ramadhan. Sahlab merupakan sebuah minuman yang terbuat dari susu murni, kayu manis dan kacang-kacangan.

Sebelum dijadikan sahlab, susu murni terlebih dahulu ditambahkan tepung dan gula, sehingga minuman ini nampak seperti pudding.

Maka tidaklah heran dalam beberapa kesempatan sahlab dijadikan sebagai makanan penutup.

Minuman ini dapat kita jumpai di negara seperti Turki, disana bahkan sahlab sangat familiar bahkan saat bukan bulan Ramadhan sekalipun.

Sahlab sebenarnya dapat disajikan dalam dua pilihan, baik dingin maupun panas. ke duanya tentu memiliki cita rasa yang sangat tinggi, hal tersebut kembali lagi kepada selera masing-masing.

Apabila kalian belum memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Palestina atau pun ke negara-negara di Timur Tengah lainnya. Kalian dapat membuat sahlab sendiri di rumah.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Campurkan tepung sahlab dengan air kemudian di aduk hingga rata.
  • Tambahkan vanilla dan gula untuk memberikan rasa harum dan manis.
  • Campurkan dengan susu, kemudian aduk kembali.
  • Taburi kelapa, kayu manis dan kacang-kacangan.

Tebung sahlab dapat diganting dengan jenis tepung lain, seperti maizena, atau tepung sejenisnya (cari tahu mengenai tepung sejenis maizena disini)

Kopi Palestina

kopi palestina, kopi hitam
Sumber: klikdokter.com

Kopi merupakan minuman utama di Palestina, tidak jauh berbeda dengan negara di Timur Tengah lainnya, terutama Mesir, kopi Palestina memiliki aroma yang kuat.

Masyarakat di sana biasa menjadikan kopi sebagai jamuan untuk tamu, diminum di pagi hari ataupun malam hari. Minumn ini bhkn sudh melebur dengan masyarakat Palestina.

Teh Palestina

teh palestina, teh, tea
Sumber: ayobandung.com

Teh dan kopi tidak jauh berbeda, selain kebiasaan masyarakat palestina meminum kopi, mereka juga memiliki kebiasaan yaitu meminum teh.

Teh disana tidahlah jaub berbeda dengan teh-teh pada umumnya, yang membedakan hanya kebiasaan masyarakatnya saja dalam mengkonsumsi teh tersebut.

Ringkasan Minuman Khas Palestina

minuman khas palestina
Sumber: welcometopalestine.com

Sebagai negara Timur Tengah, Palestina tidaklah jauh berbeda dengan negara lainnya, dimana negara ini memiliki makanan dan minuman dengan ciri khasnya.

Berikut saya sebutkan kembali mengenai minuman tradisional Palestina.

NoNama Minuman
1Air Mawar & Mint
2Orange Blossom & Honey Lemonade
3Sahlab
4Kopi
5Teh

***

Demikian tulisan mengenai minuman khas Tradisional Turki yang dapat saya bagikan, seboga tulisan ini menadi informasi yang berguna.

nissa amelia Calon Mahasiswa Jurusan Pariwisata yang suka jalan-jalan, berkuliner & masak. Kegiatan saat ini adalah menulis kontent di guratgarut.com

Minuman Khas Italia

nissa amelia
6 min read

Minuman Khas Yunani

nissa amelia
3 min read

Minuman Khas Iran

nissa amelia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *