nissa amelia Calon Mahasiswa Jurusan Pariwisata yang suka jalan-jalan, berkuliner & masak. Kegiatan saat ini adalah menulis kontent di guratgarut.com

Minuman Khas Spanyol

4 min read

minuman khas spanyol, minuman tradisional spanyol

Guratgarut.com – Spanyol adalah sebuah negara di Benua Biru Eropa, negara ini memiliki kecantikan alam yang luar biasa. Apabila kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung ke negara ini, tidak ada salahnya untuk mencoba minuman khas Spanyol yang penuh warna.

Berbicara soal minuman, memang tidak banyak orang yang mengetahui mengenai minuman apa saja yang menjadi ciri khas Spanyol.

Maka dari itu pada kesempatan ini guratgarut.com akan memberikan informasi menarik mengenai minuman khas atau minuman tradisional dari Sanyol.

Berikut daftar minuman tradisional Spanyol.

Minuman Khas Spanyol Alkohol

minuman khas spanyol
Sumber: restauranttellent.com

Berikut ini merupakan jenis minuman Spanyol yang mengandung alkohol.

Agua de Valencia

Agua de Valencia
Sumber: realfoof.tesco.com

Minuman ini merupakan minuman tradisional Spanyol, yang merupakan hasil campuran dari beberapa jenis minuman seperti vodka, gin, cava, jus jeruk dan lain sebagainya.

Gin merupakan minuman keras Belanda.

Cava sendiri meruppakan sebutan untuk minuman yang memiliki gelembung.

Agua de valencia adalah minuman yang dipopulerkan di wilayah Valencia, tepatnya di pesisir pantai. Maka tidaklah heran apabila kebanyakan penikmat minuman ini mereka yang sedang berada di pantai.

Selain itu, Valencia juga terkenal sebagai wilayah penghasil jeruk terbaik, tak heran jika minuman ini sering dicampur dengan jeruk dan minuman lainnya.

Sangría

Sangría
Sumber: delish.com

Sangaria adalah minuman beralkohol yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia, bahkan bisa ditemukan di luar Spanyol, seperti di negara-negara Eeropa lainnya, negara-negara Amerika bahkan di Asia sekalipun.

Minuman ini telah ada sejak jaman dahulu, bahkan menjadi kebanggaan Spanyol, biasanya orang akan memesan dalam bentuk kendi yang besar untuk dinikmati bersama.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sangaria adalah sebagai berikut.

  • 1 botol anggur merah
  • 2 jeruk yang diiris tipis
  • 1 lemon yang diiris tipis
  • 1 sdm gula
  • 1 batang kayu manis

Selain bahan di atas biasanya ditambahkan soda, hal tersebut untuk memberikan kesan segar pada minuman.

Rebujito

Rebujito
Sumber: thefoodlens.com

Rebujito adalah sebuah minuman yang dapat kita temukan di Andalusia, ketika musim panas dan festival-festifal dilangsungkan, hampir setiap orang mengkonsumsi minuman ini.

Rebojito merupakan minuman berkarbonasi ringan yang terbuat dari sherry putih dan lemon. Menurut mereka yang pernah meminumnya, rebojito memiliki rasa segar ditenggorokan.

Rasa segar tersebut kemungkinan besar dihasilkan dari lemon, seperti yang kita ketahui lemon merupakan salah satu buah dengan kesegaran yang luar biasa.

Nah jika kalian berminat untuk mencicipi rebojito, bisa medatangi festifal Andalusia saat musim panas tiba.

Clara de Limón

Clara de Limón
Sumber: mamirecetes.com

Clara de limon adalah minuman yang identik dengan anak muda, terutama para wanita. Minuman ini memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan segelas bir.

Proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah, yaitu hanya dengan memasukan lemon ke dalam bir. Artinya kalian pun di rumah dapat membuat clara de limon dengan mudah.

Tinto de Verano

Tinto de Verano
Sumber: cocinaderirante.com

Minuman ini hampir mirip dengan sangaria, bahkan beberapa orang di sana menjuluki tinto de verano adalah sangarianya orang miskin, entah apa yang melatar belakangi penyebutan tersebut.

Tinto de verano adalah minuman campuran antara anggur merah dengan jus lemon. Akan tetapi pada kenyataannya masyarakat Spanyol menggunakan jenis anggur apa saja.

Cava

cava
Sumber: papperlesspost.com

Cava merupakan minuman khas Spanyol dengan ciri khas gelembung di dalamnya. Minuman ini biasanya memiliki tampilan warna putih atau warna mawar.

Cava biasanya disajikan dalam bentuk dingin dan ditambahkan buah-buahan ke dalamnya, bahkan beberpa orang mencampurnya dengan sangaria, hal ini bertujuan agar minuman yang dihasilkan lebih fantastis.

Queimada

Queimada
Sumber: youtube.com

Queimada adalah minuman beralkohol dengan latar belakang mistis, minuman ini terbuat dari orujo, kulit lemon serta rempah-rempah.

Orujo adalah semacam minuman prementasi.

Minuman tradisional yang berasal dari galicia ini memiliki proses pembuatan yang unik, dimana ketikan minuman sedang di masak, brandy di campur ke dalamnya.

Kemudian yang menjadi mistis ialah saat pembuatan minuman si pembuat membacakan semacam mantra ke dalam minuman, mereka meyakini dengan demikian mantra tersebut akan sampai kepada mereka yang meminumnya.

Kalimotxo

Kalimotxo
Sumber: nomageddon.com

Minuman ini adalah minuman yang sangat sederhana nan unik, bahkan ke dua hal tersebut sudah sangat melekat dengan kalimotxo.

Kalimotxo adalah minuman campuran antara anggur merah dengan cola, minuman ini awalnya dipopulerkan di daerah Basque.

Minuman yang terkenal dengan rasa manis dan asamnya inih menjadi favorit di kalangan pecinta minuman beralkohol.

Salah satu alasannya yaitu pembuatan minuman yang begitu mudah, dapat dilakukan dimana saja, di rumah bahkan saat melakukan perjalanan sekalipun.

Minuman Khas Spanyol Non Alkohol

starbuck, minuman khas spanyol
Sumber: marketers.com

Bagi kalian yang tidak suka dengan minuman beralkohol atau untuk kalian yang Muslim, beberapa minuman berikut ini dapat menjadi pilihan untuk kalian nikmati.

Horchata

Horchata
Sumber: myrecipes.com

Horchata adalah sebuah minuman beras manis yang terkenal bukan hanya di Spanyol, melainkan di beberapa negara seperti negara bekas kolonial mereka. Namun beberapa negara di luar sana mengenal minuman ini sebagai minuman khas Meksiko.

Horchata pertama kali muncul dan dibuat di Valencia Spanyol, kemudian masyarakat mereka membawanya ke negara-negara kolonial mereka. Tidak ada yang salah juga ketika minuman ini dikenal sebagai minuman khas Meksiko, sebab banyak bangsa Spanyol yang tinggal di sana.

Minuman ini memiliki rasa yang sangat manis dengan tekstur mirip seperti susu. Minuman yang biasa disajikan dalam bentuk dingin ini sangat cocok disantap bersama keluarga di sore hari.

Casera

Casera
Sumber: behance.net

Casera sangat terkenal sebagai minuman yang unik nan sederhana, bukan tanpa alasan menyebut minuman ini demikian, melainkan casera hanya terbuat dari air dengan sparkling water yang kemudian ditambahkan sedikit aroma lemon ke dalamnya.

Minuman ini telah diproduksi dalam bentuk kemasan, sehingga saat kalian berkunjung ke spanyol akan sangat mudah mendapatkannya.

Kalian juga dapat membuat minuman ini dengan sangat mudah di rumah, yaitu cukup menggunakan bahan yang sangat sederhana dan mudah di dapat, yaitu air dan lemon. Sehingga untuk menikmati casera tidak perlu jauh-jauh pergi ke Spanyol, cukup saja buat di rumah.

Minuman yang sangat cocok dinikmati saat musim panas ini memiliki manfaat, salah satunya untuk mereka yang sedang melakukan diet. Seperti yang kita ketahui, lemon dapat mennurunkan lemak.

Mango Agua Fresca

Mango Agua Fresca
Sumber: thepleasuretheplate.blogspot.com

Mango aqua fresca adalah minuman yang berasal dari Ameika Tengah, seiring perkembangannya minuman ini menjadi minuman khas Spanyol yang sangat disukai masyarakatnya.

Minuman yang sangat cocok dinikmati saat musim panas dan memberikan kesegaran luar biasa ini dapat dibuat dengan mudah,

Masyarakat Spanyol biasa menikmati mango agua fresca di sela-sela makan malam, disajikan dalam wadah kecil yang unik dan menarik.

Hot Chocolate

Hot Chocolate
Sumber: goodtoknow.co.uk

Hot chocolate atau coklat panas bukanlah minuman yang baru untuk masyarakat dunia termasuk Indonesia. Bahkan baru-baru ini di negara kita minuman coklat akan ditemukan dengan mudah dalam bentuk kemasan.

Namun saat kalian berkunjung ke Spanyol tetap harus mencoba minuman ini, sebab coklat panas di Spanyol memiliki keunikan, salah satunya sangat kental.

Spanyol telah mengenal coklat panas dari jaman dahulu, bahkan mereka yang membawa dan mempopulerkan minuman ini di Amerika Tengah.

Ringkasan Minuman Khas Spanyol

minuman khas spanyol
Sumber: idntimes.com

Dari pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa setidaknya Spanyol memiliki dua minuman khas yaitu minuman alkohol dan non alkohol.

Spanyol di dominasi oleh minuman alkohol sebagai minuman khasnya, hal ini mungkin disebabkan daerah Eropa khususnya Spanyol memiliki cuaca yang dingin.

Minuman Beralkohol

NoNama Minuman
1Agua De Valencia
2Sangaria
3Rebujito
4Clara De limon
5Tinto De Verano
6Cava
7Queimada
8Kalimotxo

Minuman Non Alkohol

NoNama Minuman
1Horchata
2Casera
3Mango Agua Fresca
4Hot Chocolate

***

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengnai minuman tradisional Spanyol, semoga tulisan ini bermanfaat.

nissa amelia Calon Mahasiswa Jurusan Pariwisata yang suka jalan-jalan, berkuliner & masak. Kegiatan saat ini adalah menulis kontent di guratgarut.com

Minuman Khas Italia

nissa amelia
6 min read

Minuman Khas Yunani

nissa amelia
3 min read

Minuman Khas Iran

nissa amelia
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *