minuman khas swiss
Minuman Khas

Minuman Khas Swiss

Guratgarut.com – Swiss atau Switzerland merupakan sebuah negara yang sangat eksotis, bukan hanya soal keindahan alam, akan tetapi soal kuliner. Sebut saja minuman khas yang begitu beragam di Swiss.

Ketika kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Swiss, maka jangan pernah lewatkan untuk menikmati beberapa minuman tersebut.

Artikel terkait: minuman khas Inggris

5 daftar minuman khas Swiss.

#1. Bir Swiss

beer, br
Sumber: conshg.com

Minum bir merupakan budaya atau kebiasaan orang Swiss, hal ini barangkali seperti makan. Pada masa lalu bir adalah minuman nasional Swiss, disajikan dimana-mana, dalam setiap acara dan perayaan.

Bir menjadi minuman paling penting bersama dengan teh dan kopi, sekaligus ke-3 minuman ini menjadi minuman paling populer di Swiss.

Bir Swiss ini tidaklah jauh berbeda dengan bir Jerman, atau bisa jadi Swiss terpengaruh oleh budaya Jerman di masa lalu.

Terdapat beberapa brand bir yang sangat melegenda di Jerman, seperti Calanda Lager, Hopfenperle, dll.

Bir ini sangat mudah dapat ditemukan di tempat-tempat seperti toko, club, restoran hotel dan lainnya.

#2. Minuman Anggur

anggur merah
Sumber: lifeindo.com

Minuman anggur telah lama ada sejak dahulu, berdasarkan beberapa informasi minuman ini telah diproduksi sejak jaman Romawi.

Minuman ini tidak jauh berbeda, bahkan terpengaruh oleh negara-negara Eropa lainnya seperti Perancis, Jerman dan Italia.

Dimana pada masa lalu, ke-3 negara tersebut memproduksi minuman anggur dengan skala besar.

Berbeda dengan negara lain di Eropa, Swiss menjadi negara paling banyak memproduksi anggur putih dibandingkan dengan anggur merah.

Masyarakat Swiss sendiri biasa mengkonsumsi anggur pada acara-acara tertentu, terutama liburan nasional.

#3. Soda

soda
Sumber: adhiwa.com

Swiss adalah sebuah negara dengan berbagai macam soda, sebagian besar dari produksi soda tersebut di produksi dengan skala besar oleh beberapa perusahaan, sedangkan untuk sebagian kecilnya di produksi dengan cara tradisional.

Hampir semua brand dari soda Swiss hanya dijual di dalam negeri saja, sehingga masyarakat dunia tidak terlalu tahu akan jenis minuman soda di Swiss, kecuali mereka yang pernah mengunjungi Swiss.

Minuman soda paling terkenal di Swiss ialah Passaia, dimana minuman ini terbuat dari markisa, Passaia sendiri telah ada sejak tahun 1960-an.

Sedangkan untuk minuman soda lainnya adalah flauder, memiliki rasa yang sangat unik dibandingkan dengan soda lainnya, minuman ini terbuat dari elderberry, melissa balm, dan bahan-bahan lainnya.

Kemudian minuman soda yang tidak kalah populer ialah Elmer Citro, diminum oleh banyak masyarakat Swiss, biasanya untuk membantu mnyegarkan tubuh.

#4. Kopi dan Teh Herbal

kopi dan teh
Sumber: grid.id

Berbeda dengan di Italia, barangkali kopi menjadi minuman khas utama Italia, di Swiss kopi dan teh menjadi minuman alternatif untuk minuman dingin dan minuman keras di Swiss. Tentu saja minuman ini akan sangat baik untuk memulai hari kalian.

Dari tahun ke tahun, jumlah permintaan minuman ini meningkat dengan sangat pesat. Hal ini tentu berbanding lurus dengan jumlah meningkatnya masyarakat swiss yang mengkonsumsi kopi dan teh herbal.

Terdapat berbagai jenis dan merk, baik itu untuk kopi ataupun untuk teh, ke-2 minuman ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat seperti;

  1. Restoran
  2. Kafe
  3. Hotel
  4. dll

Kopi dan teh dapat dinikmati bersama dengan cemilan seperti kue, roti ataupun snak-snak.

#5. Liqueur

Liqueur, minuman keras
Sumber: wikipedia.org

Swiss adalah negara dengan jumlah minuman keras yang begitu variatif, namun kebanyakan minuman keras di sana memiliki rasa manis dan sangat kuat. Minuman ini juga terkenal sebagai salah satu minuman tradisional Austria.

Sebut saja Pflümli yang terbuat dari prem, Träsch dibuat dari pir sari, serta Williamine diproduksi dari pir Williams yang harum.

Selain beberapa jenis minuman keras yang telah disebutkan di atas, terdapat satu jenis lagi yang memiliki keunikan, ialah Kirsch minuman beralkohol yang terbuat dari jus cery.

Beberapa minuman biasanya dijadikan sebagai ooleh oleh khas Swiss oleh beberapa wisatawan dari berbagai negara. Mengingat minuman-minuman ini tidak dapat ditemukan di negara-negara lain.

Penutup

Berkunjung ke Swiss rasanya tidak sempurna apabila tidak menikmati makanan dan minuman khasnya.

Khusus untuk minuman khas Swiss, terdapat beberapa pilihan yang dapat kalian coba, berikut saya ringkas lagi dalam bentuk tabel.

NoNama Minuman
1Bir
2Anggur
3Soda
4Kopi dan Teh
5Minuman Keras

Nah itu dia beberapa minuman khas Swiss yang dianggap populer di sana, jadi apabila memiliki kesempatan berkunjung ke Swiss, jangan lupa untuk mencobanya.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *