minuman khas turki
Minuman Khas

Minuman Khas Turki

Guratgarut.com – Selama ini tidak banyak orang Indonesia yang tertarik dengan kuliner khas Turki, baik itu makanan maupun minuman. Padahal Turki tidak kalah dengan negara lain di Eropa, yaitu memiliki makanan dan minuman khas yang beragam.

Baik makanan maupun minuman khasnya banyak dipengaruhi oleh budaya Islam, mengingat negara ini pernah menjadi pusat pemerintahan Islam dunia.

Nah untuk kalian yang hendak berjalan-jalan ke Turki, tidak ada salahnya mencoba merasakan segar dan nikmatnya minuman berikut ini.

Artikel terkait: minuman khas Brazil

Türk Kahvesi Alias Kopi Turki

Türk Kahvesi Alias Kopi Turki
Sumber: ottencoffe.co.id

Kopi dapat dikatan hampir menjadi minuman favorit di dunia. Hal ini terlihat banyaknya negara yang memasukan kopi ke dalam daftar minuman khasnya.

Setiap negara memiliki ciri khas kopi yang berbeda, sebab dipengaruhi oleh wilyah atau geografis sebuah negara. Kopi Turki jelas akan berbeda dengan kopi Indonesia ataupun Brasil, sebab beda tempat.

Kopi-kopi yang dihasilkan wilayah Timur Tengah identik dengan rasa yang gurih dan nikmat, hal itu berlaku juga untuk kopi Turki.

Meskipun Turki masuk ke dalam wilayah Eropa, akan tetapi secara geografis Turki dapat dikatakan masih berada di Timur Tengah.

Turki menghasilkan kopi-kopi dengan rasa ngat kuat, maka tidak heran banyak orang di luar Turki menyukai bahkan memfavoritkannya.

Sebagian orang bahkan menyebut kopi Turki memiliki aroma yang begitu hidup, hal ini juga yang menjadikannya terkesan istimewah di kalangan pecinta kopi.

Masyarakat Turki memiliki cara sendiri dalam menikmati kopi, yaitu dengan cara mnyajikan dalam gelas-gelas atau cangkir kecil yang disebut dengan fincan.

Proses pembuatan kopinya pun tidak langsung dituang dalam gelas, melainkan ditampung terlebih dahulu dalam sebuah wadah semacam teko yang disebut dengan Cezve.

Biji kopi tidak di proses scara manual, akan tetapi menggunakan penggilingan khusus yang disebut dengan kahve değirmeni.

Setelah kopi berada dalam teko yang disebut Cezve tadi, masing-masing dari orang menuangkan kopi ke dalam cangkir atau gelas. Menikmati kopi Turki dapat ditemani dengan cemilan lain, seperti biskuit, kue dll.

Namun masyarakat Turki sendiri biasa menikmati minuman ini bersama premen khas Turki.

Sahlep

sahlep, turkish traditional drink
Sumber: ozlemsturkishtable.com

Sahlep merupakan nama minuman untuk jenis susu yang dicampur dengan akar anggrek. Melihat komposisinya barangkali terlihat sangat unik, mengingat sangat jarang makanan atau minuman yang memanfaatkan tanaman anggrek sebagai bahan dasarnya.

Saat kita ke Turki, sahlep akan sangat mudah ditemukan di berbagai sudut Kota Istanbul.

Berdasarkan informasi yang beredar, sahlep belum tentu dapat di temukan di kota selain Istambul.

Minuman ini menjadi favorit masyarkat Turki, terutama ketika musim dingin datang, mengingat dapat memberikan kehangatan untuk tubuh kita.

Bagaimana rasanya?

Menurut masyarakat Turki, sahlep memiliki rasa segar dan manis, sedang untuk tekstur susu menjadi lengket dan kental.

Tekstur yang demikian disebabkan oleh campuran akar anggrek. Selain ditambahkan akar anggrek tidak jarang ditambahkan kayu manis dan gula.

Menggunakan bubuk anggrek ke dalam menu makanan bukanlah hal yang baru di Turki, mengingat beberapa makanan atau minuman lain pun ada yang ditambahkan bubuk anggrek ini, semisal kue, es krim, roti dan lainnya.

Jenis anggrek yang digunakan pada umumnya adalah anggrek dengan jenis Orchis Italica. Adakah jenis anggrek lain yang digunakan? Hingga saat ini saya secara pribadi belum menemukan hal tersebut, sebab berbagai referensi merujuk pada satu jenis anggrek di atas.

Selain hal-hal yang telah kita bahas di atas, terdapat fakta unik lain mengenai sahlep yang merupakan minuman legendaris, sebab minuman ini sudah ada sejak jaman Ottoman.

Sama halnya dengan saat ini, sahlep menjadi favorit pada masa itu, bukan karena rasanya, tapi karena manfaat yang terkandung di dalamnya.

Sekedar informasi, akar anggrek memiliki berbagai macam kesehatan, seperti;

  • Sebagai obat diare.
  • Menegah disentri.
  • Mnyehatkan tulang.
  • Menjaga kesehatan gigi.
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  • dll.

Apabila kalian tertarik, dapat membuat minumannya di rumah masing-masing.

Ayran

ayran
Sumber: coockpad.com

Ayran adalah sebuah minuman yang terbuat dari yoghurt, tapi tidak seperti minuman yoghurt pada umumnya. Sebab dalam proses pembuatannya ditambahkan sedikit air dan garam.

Sedikit aneh memang ketika kita mendengar minuman yoghurt ditambahkan garam, sebab di negara kita tidaklah lumrah.

Namun untuk di negara Turki minuman ini menjadi favorit semua kalangan. terlebih bahan yang sederhana dan proses pemuatan yang mudah.

Aryan memiliki tampilan seperti jus dengan dihiasi buih yang tebal dipermukaannya. Minuman ini terkesan seperti cappucino barangkali.

Bagi mereka yang tidak ingin repot, kini aryan disajikan dalam bentuk kemasan berupa botol dan dijual secara retail. Hal ini sekaligus bahwa aryan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh Turki.

Saking digemarinya, aryan kini telah diresmikan menjadi minuman nasional Turki oleh Presiden Erdogan pada tahun 2013.

Cay atau Teh Turki

teh turki
Sumber: coockpad.com

Hampir setiap orang di bagian negara manapun menyukai teh, hal itu beerlaku juga di Turki, bahkan masyarakat Turki memfavoritkan teh lebih dari apapun.

Maka di Turki mengkonsumsi belasan gelas bahkan puluhan teh dalam sehari merupan hal yang wajar. Artinya hal tersebut menunjukan bahwa Turki adalah sebuah negara dimana mayarakatnya mencintai teh.

Mereka memiliki teh khas Turki yang diberinama cay. Daun teh ini diambil dari daerah Black Sea di Turki, yang kemudian diolah dengan sangat baik guna menjaga kualitas dari teh itu sendiri.

Setiap orang di negara ini biasa menikmati teh pada pagi ataupun sore hari. Selain itu teh juga disajikan dalam acara-acara keluarga, rapat, jamuan tamu undangan dan hal sejenisnya.

Penyajian teh Turki atau cay ini tidak seperti di negara lain yang menggunakan cangkir, melainkan menggunakan wadah gelas khusus dan terdapat seperti tatakan dibawahnya. Tapi yang membedakan tatakannya tersebut memiliki bentuk yang lebih cembung dibanding piring.

Rasa yang dihasilkan oleh cay sangat kuat, memiliki ciri khas dan harum teh yang menggugah. Dalam menikmati cay biasanya ditemani roti khas Turki yang disebut dengan simit. Roti ini berbentuk gelang dengan taburan wijen di atasnya.

Selain ditemani simit, opsi lain dalam menikmati minuman khas Turki ini yaitu bersama roti, kue atau cemilan lainnya.

Musim dingin adalah waktu yang sangat cocok untuk menikmati teh ini, ketika kondisi tersebut, teh akan benar-benar sangat membantu keadaan dan kondisi tubuh.

Raki

raki turkish
Sumber: shutterstock.com

Raki adalah minuman yang terkesan unik dan aneh, dari beberapa kanal informasi menyebutkan minuman ini merupakan susu singa.

Mungkin kalian cukup terkejut mendengarnya, tapi setelah ditelisik, barang kali susu singa disini hanya istilah atau sebutan saja. Karena nyatanya minuman ini terbuat dari adas manis dan anggur yang disuling setidaknya 2 kali.

Minuman ini tidak hanya populer di Turki saja, namun di negara-negara semenanjung Balkan.

Dimanakah Balkan?

Beberapa diantara kalin mungkin tidak mengetahui mengenai daerah ini. Nama Balkan sendiri digunakan untuk daerah Eropa bagian Tenggara.

Negara-negara yang tergabung di wilayah balkan bukan hanya memiliki geografis yang sama, akan tetapi memiliki historis dan sejarah yang sama pula.

Baik di Turki maupun di Balkan, raki begitu populer namanya, disajikan dalam acara-acara seperti pernikan, ulang tahun ataupun jamuan tanu istimewa.

Kemudian berbicara mengenai rasa, berdasarkan pengakuan mereka yang telah meminumnya, rasa raki di dominan oleh adas.

Adas merupakan jenis tanaman yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu atau obat, tanaman ini memiliki nama latin pimpinella anisum.

Ihlamur

ihlamur
Sumber: sozcu.co.tr

Ihlamur adalah minuman yang terbuat dari daun teh dengan campuran bunga linden. Minuman ini berguna untuk menghangatkan tubuh dikala musim dingin.

Linden adalah sebuah tumbuhan atau pohon yang memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Ihlamur tidak bukan hanya minuman biasa, sebab dibalik minuman tersebut menyimpan banyak manfaat yang luar biasa, seprti meredakan flu, demam, menurunkan darah tinggi dan sebagainya.

Proses pembuatan minuman khas Turki ini sama dengan penyajian teh biasa, yang membedakan hanya dicampuran bunga lindennya saja.

Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba teh ini dapat membuatnya sendiri di rumah. Kemudian dimana bisa mendapatkan bunga linden? karena seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia masih asing dengan tanaman ini.

Setelah saya riset melalui internet, ternyata bunga linden telah banyak dijual di market place Indonesia dalam bentuk teh kering. Dengan demikian untuk membuat minuman khas Turki ini di rumah bukanlah sebuah masalah.

Artikel terkait: minuman khas Italia

Sherbet

sherbet
Sumber: dailysabah.com

Sherbet adalah minuman khas Turki yang sangat unik, mungkin kalian akan sangat sulit menemukan minuman yang serupa di tempat atau negara lain.

Mengapa demikian?

Karena sherbet ini terbuat dari berbagai jenis bunga dan buah-buahan. Menurut mereka yang pernah meminum sherbet, minuman ini cukup enak dan menyegarkan.

Selain segar dan enak, sherbet memiliki banyak manfaat dan khasiat, hal ini tidaklah heran, sebab manfaat yang dihasilkan dari bunga dan buah-buahan yang dijadikan bahan pembuatannya.

Masyarakat Turki sendiri sangat menyukai minuman ini, mulai dari anak-anak hingga yang tua. Wajar saja sebab sherbet telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, dimana saat kekhalifahan Turki Utsmani berkuasa.

Bunga apa saja yang biasa digunakan dalam membuat sherbet, berikut daftarnya.

  • Bunga mawar.
  • Bunga teratai.
  • Bunga lili.
  • Bunga melati.
  • dll.

Meskipun terkesan aneh bagi masyarakat Indonesia, sherbet memang benar-benar menyehatkan. kalian dapat membuatnya di rumah, prosesnya pun terbilang mudah, yaitu dengan mengeringkan bunga atau buah-buahan.

Dahulu di masa Turki Usmani, sherbet memiliki jenis yang begitu banyak, diperkirakan terdapat lebih dari 300 jenis sherbet. Namun di jaman modern ini kita hanya akan menjumpai beberapa jenis sherbet saja.

Salgam

salgam
Sumber: haberturk.com

Jauh sebelum jus wortel atau jus sayuran lainnya diperbincangkan, ternyata di Turki telah ada sejak lama, yaitu salgam, sebuah minuman yang terbuat dari wortel ataupun lobak.

Salgam ini lebih bening airnya jika dibandingkan dengan jus, sebab yang diambil hanya bekas air rebusannya saja. Meski demikian, salgam tetap memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat.

Selain unik dan sehat, salgam sangat mudah ditemui di Turki, bahkan apabila kalian berniat untuk membuatnya sangat mudah sekali.

Minuman salgam ini termasuk ke dalam jajaran kuliner Turki yang unik, karena terdapat beberapa jenis salgam yang memiliki rasa pedas seakan diberikan campuran cabai.

Salgam cocok disajikan dan dipadukan dengan makanan apa saja, namun pada umumnya masyarakat Turki biasa mnyajikannya bersamaan dengan kebab atau roti.

Apakah kalian tertarik untuk mencicipi salagam, silahkan datang ke Turki.

Sira

sira turkish drink
Sumber: recipesturkish.blogspot.com

Sira adalah minuman khas Turki jenis jus, biasanya terbuat dari buah anggur atau apel yang sedikit diprementasi. Sekilas sira ini nampak seperti minuman anggur merah, padahal sebetulnya tidak.

Menurut beberapa orang yang pernah meminum sira, kesan pertama saat meminum sira adalah rasamanis yang sangta kuat. hal tersebut tidak mengherankan, karena sira mengandung fruktos yang begitu tinggi.

Minuman ini pun masuk ke dalam jajaran minuman favorit di Turki. Jika kalian ingin mencobanya silahkan berkunjung ke Turki.

Limonata

limonata
Sumber: hurriyet.com.tr

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak, minuman ini terbuat dari buah lemon. Warna khas kuning pudar menjadi ciri khas limonata.

Barangkali limonata sangat cocok menjadi minuman wajib untuk kalian yang sedang menjalankan program diet, sperti yang kita ketahui salah satu manfaat dari lemon ialah dapat menurunkan berat badan.

Jika kalian beragpanan minuman ini memiliki rasa yang asam, hal tersebut salah, sebab pada nyatanya limonata memiliki rasa manis segar.

Kemudian terdapat hal yang unik dalam pembuatan limonata, salah satunya ialah lemon direbus bersama kulitnya. Hal ini sangat bertentangan dengan minuman lemon pada umumnya.

Boza

boza
Sumber: istanbulstayandservices.com

Ini dia minuman khas Turki paling legendaris. Masyarakat setempat mengenalnya sebagai minuman tradisional. Telah ada pada jaman Mesapotamia dan dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat boza diantaranya adalah;

  • Malt
  • Mulgur
  • Nasi
  • Gula
  • Ragi
  • dll.

Selain bahan di atas, boza juga biasanya memanfaatkan bahan apa saja yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini tidak terlepas dari fungsi utamanya.

Boza tidak dapat disajikan secara instant, sebab minuman ini adalah minuman frementasi, artinya dibutuhkan waktu tertentu untu menjadikan minuman menjadi boza.

Menurut mereka boza tidak seperti minuman pada umumnya, sebab lebih kental, bahkan hampir menyerupai puding dengan rasa yang manis serta harum dan tajam.

Dari segi tampilan, boza terihat cukup menarik dengan warna cream, serta di atasnya terdapat irisan kayu manis.

Berbeda dengan minuman khas Turki lainnya, boza adalah minuman musiman, yang hanya dapat kita temui pada musim dingin saja.

Ringkasan Minuman Khas Turki

minuman khas turki
Sumber: tribunnews.com

Tulisan ini menyajikan 11 daftar minuman khas Turki lengkap dengan penjelasannya. Setiap nama minuman dijabarkan dan dijelaskan se rinci mungkin, tujuannya agar dapat dipahami scara utuh.

Rasa, tampilan bahkan latar belakang dari setiap minuman didapatkan dari beberapa sumber yang disusun sedemikian rupa oleh penulis, itu artinya penulis tidak benar-benar merasakannya. Meskipun demikian, penulis menjamin informasi yang disampai telah diriset dan ditulis semaksimal mungkin.

Artikel terkait: minuman khas Meksiko

Berikut daftar minuman yang telah dibahas pada bagian sebelumnya.

NoNama Minuman
1Türk Kahvesi Alias Kopi Turki
2Sahlep
3Aryan
4Cay atau Teh Turki
5Raki
6Ihlamur
7Sherbet
8Sira
9Limonata
10Serbet
11Boza

***

Setiap negara memiliki budaya dan khasnya masing-masing, termasuk dalam hal ini kuliner dan minuman. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *