Pakaian Tradisional India

  • 2 min read
  • Nov 19, 2020
pakaian tradisional india
Satella
Latest posts by Satella (see all)

Guratgarut.com – Ketika dikupas satu per satu, India memang merupakan negara yang beragam dan memiliki kebiasaan yang tampaknya tidak pernah habis untuk dibahas. Salah satunya ialah mengenai pakaian tradisional India, dimana hingga saat ini perempuan India masih menggunakan pakaian Sari.

Mereka tidak hanya mengenakan pakaian tradisional selama acara-acara tradisional, tetapi juga pada kehidupan sehari-hari mereka.

Mereka tampil memukau dengan pakaian Sari, rambut yang dihiasi dengan bunga melati dan rambut yang tertata apik, kecantikan wanita India semakin memancar.

Sebagian besar masyarakat dunia menganggap sari sebagai satu satunya pakaian tradisional India.

Tentu saja anggapan tersebut salah, sebab terdapat beberapa pakaian India selain sari, baik yang dikenakan laki-laki ataupun perempuan.

7 Pakaian Tradisional India Selain Sari

Seperti yang telah saya singgung pada bagian awal, India merupakan sebuah negara dengan ragam dan keunikan budaya luar biasa, terutama dalam soal baju khas atau pakaian tradisional. Sedikitnya tulisan ini akan membahas hal tersebut.

NoJenis Pakaian Tradisional India
1Dhoti
2Kurta Pyjama
3Sherwani
4Sherwani
5Sharara
6Lungi
7Ghagra Choli

1. Dhoti

pakian tradisional dhoti
Sumber: sareeka.com

Dhoti adalah pakaian pria India yang biasanya dikenakan oleh penduduk desa. Dhoti dalam bentuk atasan serta pakaian bawahan yang terlihat seperti sarung dimasukkan tengahnya untuk terlihat seperti celana panjang.

Kita bisa melihat orang memanfaatkan Dhoti di seluruh India. Dalam perayaan pernikahan, Dhoti umumnya terintegrasi dengan Sherwani, yang merupakan jenis jubah bos namun memiliki motif dan gaya ekstra glamor.

2. Kurta Pyjama

pakaian tradisional Kurta Pyjama
Sumber: panashindia.com

Kurta Pajama adalah pakaian yang digunakan oleh pria. Dalam bentuk setelan utama dan bawah, dengan atasan seperti jubah namun dengan ukuran lutut dan bawahan dalam bentuk celana panjang.

Piyama Kurta umumnya digunakan di seluruh India dalam tugas sehari-hari, pesta atau upacara formal.

Sehingga tidak heran apabila kita melihat pejabat pejaban di India menggunakan pakaian tradisional ini.

3. Sherwani

pakaian tradisional sherwani
Sumber: manyavar.com

Sherwani adalah sejenis jubah panjang yang dikenakan oleh laki-laki. Sherwani memiliki aksesoris berupa sulaman benang emas di bagian dada. Pakaian Sherwani ini biasanya digunakan dalam kegiatan-kegiatan resmi.

4. Pheeran

Pheeran
Sumber: khasmirbox.com

Pheeran adalah pakaian tradisional dari Khasmir dalam bentuk jubah yang tebal dan panjang.

Pakaian ini adalah pakaian hangat yang dikenakan selama musim dingin di Kashmir. Pakaian ini bisa dipakai oleh pria dan wanita. Pakaian wanita jauh lebih hidup dan terbentuk, sementara pakaian pria biasanya sederhana.

5. Sharara

Sharara
Sumber: pinterest.com

Sharara adalah bawahan bordir longgar yang memiliki lipatan. Bawahan biasanya digunakan dengan pakaian Kameez. Sharara adalah pakaian konvensional di Lucknow, sebuah daerah di India.

Sekilas mungkin tidak jauh berbeda atau sedikit mirip dengan rok pada umumnya, yang terlihat mencolok barangkali dari ukuran atau kelebaran rok.

Hingga saat ini perempuan India masih banyak yang mengenakan sharara, baik untuk menghadiri sebuah acara, atau digunakan hanya untuk kegiatan sehari-hari.

6. Lungi

Lungi
Sumber: kkbstore.com

Lungi adalah pakaian yang terbuat dari sutera, pada umumnya masyarakat India menggunkan lungi sebagai baju di musim panas.

Mengingat baju ini tipis dan sangat mudah digunakan, sehingga tidak membuat badan berkeringat.

Apabila diperhatikan, lungi ini digunakan seperti sarung, dimana hanya terdiri sehelai kain yang digunakan untuk menutupi bagian bawah, dalam kata lain sebagai pengganti celana.

7. Ghagra Choli

Ghagra Choli
Sumber: indiamart.com

Ghagra atau lebih dikenal sebagai Lehenga Choli biasanya digunakan oleh individu Rajasthan dan Gujarat.

Ada banyak bentuk pakaian ini, salah satunya adalah Ghagra bersulam yang biasanya digunakan pada pernikahan.

Gharga choli dapat kita lihat dalam film-film boliwood, dimana kaum perempuan dalam melangsungkan pernikahan menggunakan pakaian ini.

Pakaian tradisional India satu ini memiliki warna yang beragam, dan kebanyakan darinya memiliki warna cerah, seperti biru, kuning, merah dan lain sebagainya.


Nah itu dia pakaian tradisional India yang dapat kami ulas dan sajikan untuk anda. Semoga tulisan ini menjadi pengetahuan dan wawasan untuk kita semua.

Jika ada yang ingin disampaikan, dapat tulis di kolom komentar atau kirim pesan melalui [email protected].
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com