Pengertian Anatomi

  • 4 min read
  • Jul 17, 2021
anatomi tubuh manusia
Syakila Rahma
Latest posts by Syakila Rahma (see all)

Pengertian Anatomi – Secara singkat anatomi adalah suatu kegiatan memotong bagian tubuh atas untuk diangkat ke atas, dengan tujuan menyelidiki serta mempelajari setiap bagian yang ada di dalamnya.

Kemudian bagaimana penjelasannya menurut para ahli?

Nah pada artikel ini kita akan membahas pengertian anatomi dengan lengkap dan mendalam, baik secara umum maupun menurut para ahli.

Penjelasan di atas sendiri hanya penjelasan singkatnya saja, supaya kita lebih paham dan mengerti, mari kita bahas secara lengkap pada bagian berikutnya.

Pengertian Anatomi Adalah

kerangka manusia

Pengertian anatomi adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari mengenai struktur dan susunan organisme, baik pada hewan, tumbuhan ataupun manusia, serta mempelajari hubungan bagian yang satu dengan yang lainnya.

Berdasarkan bahasa anatomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata anatemein yang memiliki arti memotong bagian.

Apa yang dipotong?

Bagian tubuh hewan, manusia atau tumbuhan untuk dipelajari serta dianalisa bagian-bagian dan strukturnya.

Anatomi sendiri merupakan pembahasan yang cukup kompleks, maka dari itu para ilmuan membagi anatomi ke dalam beberapa cabang disiplin ilmu.

Anatomi Menurut Ahli

Berikut ini merupakan pengertian anatomi menurut para ahli.

Gray mendefinisikan anatomi sebagai sebuah ilmu yang mempelajari bangun atau struktur bagian pada tubuh, kemudian apabila tanpa pelajaran yang lebih lanjut, maka biasa disebut dengan anatomi tubuh manusia.

Menurut Gray (1995:3)

Pearce mengungkapkan, bahwa anatomi adalah sebuah ilmu urai yang mempelajari susunan tubuh serta mempelajari hubungan-hungan satu sama lainnya.

Pearce C.E.(2004:1)

Anatomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagian luar maupun luar dari struktur tubuh manusia, antara hubungan fisik dengan yang lainnya.

Irianto Koes (2014:32)

Anatomi berasal dari bahasa Yunani ana dan tome yang artinya memotong atau memisahkan. Anatomi juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia.

Anatomi merupakan sebuah ilmu yang khusus mempelajari struktur tubuh. Anatomi sendiri berasal dari bahasa Yunani dari kata natome yang terbentuk dari kata ana tegak dan tome berarti sebagai potongan.

O’ Rahilly, R.

Anatomi adalah berasal dari bahasa Yunani yang berarti memotong, sebuah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai struktur dan bagian tubuh manusia. Seiring perkembangannya anatomi memiliki begitu banyak cabang ilmu atau turunannya.

Wikipedia

Anatomi adalah ilmu yang melukiskan atau menggambarkan letak serta hubungan bagian tubuh manusia (lihat langsung di KBBI)

KBBI

Sejarah Anatomi

memahami pegertian anatomi manusia

Seperti yang telah dibahas pada bagian awal, anatomi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari kronologi atau kejadian pemeriksaan kurban pada masa atau jaman purba hingga proses pembedahan pada masa modern.

Sehingga pada masa ini, orang semakin pahan akan fungsi-fungsi dan struktur tubuh manusia melalu ilmu anatomi.

Ilmu anatomi sendiri sentatiasa mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, mulai dari pemeriksaan tubuh hewan, pembedahan mayat sampai dengan pengembangan teknik-teknik anatomi yang bersifat modern.

Berikut ini adalah ulasan mengenai sejarah anatomi dengan penjelasan secara singkat.

Artikel Terkait:

Anatomi Kuno

Anatomi kuno setidaknya dimulai pada tahun 1600 SM, pertama kali dikeluarkan oleh ilmuan pada peradaban Mesir kuno melalui papirus ilmu anatomi. Pada Jama Mesir kuno sendiri telah didapatkan beberapa pengetahuan mengenai oragan dalam manusia serta pengetahuan mengenai pembulur darah.

Kemudian pada abad ke-6 sebelum masehi, Hipokrates seorang ilmuan Yunani kuno yang mempublikasikan karyanya mengenai ilmu anatomi, hingga saat ini karyanya masih dikenal. Pada masa itu Hipokrates telah berhasil memahami ilmu-ilmu dasar mengenai sistem rang dan otot.

Pada abad ke-4 sebelum masehi, giliran Aristoteles yang melakukan penelitian mengenai anatomi yang ia lakukan melalui pembedahan pada hewan. Aristoteles berhasil membedakan antara pembuluh nadi dan pembuluk balik, atau yang sekarang kita kenal arteri dan vena.

Masih pada masa yang sama yaitu abad ke-4 sebelum masehi, Herophilos dan Erasistratus melakukan penelitian dengan menggunakan mayat manusia sebagai objek penelitiannya. Mereka berdua mempertunjukan pembedahan mayat di Iskandariyah. Mereka merupakan ilmuan pertama yang mengembangkan anatomi yang didasarkan struktur asli tubuh manusia.

Ilmuan terakahir anatomi kuno yang paling berpengaruh ialah Gulen, yang melakukan penelitian pada abad ke-2 sebelum masehi. Gulen memiliki banyak referensi dari para ilmuan sebelumnya, melakukan pembedahan terhadap hewan yang masih hidup.

Anatomi Abad 17 Hingga 18

Ilmu anatomi sendiri sempat berjaya pada masa ini, dimana hasil penelitian anatomi dilakukan pencetakan dan penggabaran hampir diseluruh daratan Eropa. Maka tidaklah heran dengan seketika ilmu anatomi menjadi terkenal.

Selain ilmuan, pada masa ini anatomi ikut dipelajari oleh para seniman. Akan tetapi pada masa ini tidak semua orang atau ilmuan dapat melakukan penelitian atau pembedahan, sebab harus memiliki ijin dari oritas terkait.

Tentu saja ilmu anatomi sangat mendukung sekali dalam perkembangan ilmu kedokteran, dimana ilmu ini tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Anatomi Abad ke 19

Pada abad ke-19 ilmu anatomi semakin berkembang, dimana banyak ilmuan yang melakukan penelitian mendalam untuk mengetahui bagian-bagian dan struktur tubuh, terutama tubuh manusia.

Selain perkembangan ilmu antomi secara menyeluruh, pada masa ini dikembangkannya ilmu anatomi mikro yang hanya membahas tantang histologi pada tubuh hewan dan manusia saja.

Inggris sebagai pusat anatomi di Eropa, memiliki peranan yang sangat penting akan perkembangan ilmu anatomi, selain dipelajari dan dikembangan oleh ilmuan, anatomi juga banyak dipejari oleh mahasiswa.

Seiring perkembangan ilmu anatomi yang pesat, hal ini menyebabkan mengalami peningkatan terhadap permintaan mayat. Alhasil untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan mayat pembunuhan pun dilakuakan.

Karena hal ini semakin tidak wajar dan meresahkan msyarakat, terutama di Inggris, pada akhirnya parlemen Inggris mengeluarkan aturan undang-undang anatomi pada tahun 1832, yang di dalamnya memuat mengenai segala aturan dan batasan-batasan hukum mengenai penyediaan jenazah.

Anatomi Modern

Sesuai dengan pengertian anatomi yaitu ilmu yang mempelajari struktur bagian tubuh, pada masa modern anatomi mengalami banyak perkembangan serta turunan ilmunya.

Tentu perkembangan anatomi tersebut didukung oleh hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, sehingga munculah pemahan baru seperti biologi molekuler.

Cabang Ilmu Anatomi

  1. Anatomi antropologi, ilmu yang mempelajari mengenai perbedaan tubuh manusia dari tempat satu dengan yang lainnya.
  2. Anatomi perbandingan, yaitu ilmu yang mempelajari perbandingan antara susunan tubuh manusia dengan organisme yang lainnya.
  3. Anatomi radiologi (anatomi x-ray) merupakan ilmu yang mempelajari tubuh manusia dengan cara memanfaatkan signal radiologi atau xray.
  4. Gross anatomi adalah struktur atau susunan oraganisme yang bisa dilihat menggunakan mata telanjang.
  5. Anatomi mikroskopik atau histologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang organ dengan menggunakan fasilitas mikroskop atau kaca pembesar dalam proses pengamatannya. Misal melakukan pengamatan atau penelitian terhadap jaringan dan sel.
  6. Anatomi sistemik adalah cabang anatomi yang khusus mempelajari sistem dalam tubuh. Jaringan dalam tubuh memiliki sistem yang sama serta menciptakan fungsi khusus. Misalkan fungsi otot, jantung, otak dan lain sebagainnya.
  7. Anatomi regional merupakan anatomi yang mempelajari khusus bagian dalam tubuh dimana tentu saja hal ini tidak kalah penting dengnan cabang anatomi yang lainnya. Sebab sebelum melakukan pembedahan di haruskan mengetahui organ dalam secara keseluruhan.
  8. Anatomi perkembangan atau biasa disebut dengan embriologi yaitu cabang anatomi yang mengkaji perubahan-perubahan sel dari pertama hingga akhir.
  9. Anatomi permukaan mempelajari bagian dalam tubuh yang selanjutnya di proyeksikan ke permukaan.

Kesimpulan

Seperti yang telah dipaparkan pada bagian awal mengenai pengertian anatomi, sehingga dapat disimpulkan anatomi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai bagian-bagian dan struktur tubuh.

Seiring perkembangannya anatomi mengalami perkembangan yang pesat, tidah hanya mempelajari tentang bagian bagian tubuh manusia.

Namun mempelajari bagian-bagian tubuh hewan serta bagian-bagian dari tumbuhan. Bidang ilmu ini juga memiliki keterkaitan erat dengan morfologi.

Demikian pempebahasan mengenai pengertian anatomi secara lengkap, baik pengertian anatomi secara umum ataupun menurut ahli. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kalian, jangan lupa berikan komentar ya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com