Pengertian Morfologi

  • 2 min read
  • Jul 17, 2021
morfologi
Syakila Rahma
Latest posts by Syakila Rahma (see all)

Pengertian morfologi – Pada pembahasan sebelum-sebelumnya saya sudah sangat sering sekali membahas sesuatu yang berkenaan dengan morfologi, semisal morfologi ikan dan tumbuhan.

Kemudian mengapa dibahas lagi dalam tulisan baru? Alasannya pun sederhana, sebab saya ingin kalian mengetahui apa itu morfologi terutama mengenai pendapat para ahli.

Sehingga tulisan ini saya beri judul pengertian morfologi, disini kita akan coba membahas pengertian morfologi secara lengkap dan mendetail, dengan harapan dapat menambahan wawasan kita mengenai pembahasan ini. Jadi intinya kita tidak memahami sesuatu secara dangkal atau menyeluruh.

Berikut pembahasannya.

Apa Itu Morfologi?

pengertian morfologi

Morfologi adalah cabang ilmu yang mempelajari bentuk. Ilmu ini sering kali digunakan dalam pembahasan biologi, bahasa Indonesia dan geografi.

Berikut penjelasan mengenai ketiga morfologi di atas.

  1. Morfologi linguistik, yaitu cabang ilmu yang mengkaji dan mempelajari bagaimana sebuah kata terbentuk menjadi sebuah tatanan.
  2. Morfologi biologi, merupakan cabang ilmu yang mempelajari segala macam bentuk kehidupan, baik tumbuhan, manusia maupun hewan.
  3. Morfologi geografi (Geomorfoloogi), merupakan cabang ilmu dalam morfologi yang mempelajari bagian luar bumi beserta batuan.

Artikel Terkait:

Pengertian Morfologi Menurut Ahli

pengertian morfologi

Berikut pengertian morfologi menurut para ahli, baik morfologi linguistik dan biologi.

#1. Morfologi Linguistik

Cabang ilmu yang mengidentifikasi satuan dasar pada bahasa secara gramatikal.

J. W. M. Verhaar

Kridalaksana mendefinisikan morfologi lingustik yang mempelajari morfer dan segala kombinasinya dari struktur sebuah bahasa.

Kridalaksana

O’Grady dan Dobrovolsky memberikan pendapat mengenai morfologi yaitu sebuah komponen bahasa yang generatif transformasional atau biasa disebut dengnan TGT yang membicarakan struktur kata secara internal, terkhusus kata-kata yang bersifat kompleks.

O’Grady dan Dobrovolsky

Rusmaji mendefiniskan morfologi linguistik sebagai pembahasan mengenai kata, baianya serta proses dalam pembentukan sebuah kata.

Rusmaji

Mereka berdua mengartikan morfologi linguistik sebagai ilmu bahasa yang membahas mengenai struktur kata bahasa.

Zaenal Arifin dan Juaiyah

Ramlan memberikan arti morfologi linguistik sebagai sebuah ilmu bahasa yang dikhususkan mempelajari dan membicarakan struktur kata serta pengaruh dari struktur kata terhadap arti.

Ramlan

Sebuah kajian yang membahas mengenai morferm-morferm serta penyusun morfem dalam sebuah kata.

Nida

Morfologi ialah cabang dalam tata bahasa dengan membahas tentang struktur dan bentuk dari kata . Pembahasan tersebut dilakukan melalui morferm.

Crystal

Hampir sama dengan para ahli lain, Bauer mengartikan morfologi sebagai bentuk struktur kata.

Bauer

Morfologi dalam linguistik adalah pembahasan mengenai kata, bagiannya serta proses terbentuknya sebuah kata.

Rusmaji

Saya kekurangan referensi untuk pembahasan mengenai morfologi biologi, sebab tidak banyak buku yang membahas mengenai pengertian morfologi biologi menurut ahli.

Paling kita bisa menemukan pengertian morfologi tumbuhan menurut ahli. Nah jika tertarik untuk membacanya, saya telah menulis sebelumnya mengenai morfologi tumbuhan dengan judul mengetahui morfologi tumbuhan secara lengkap.

Mengapa bisa sangat jarang, bahkan kita tidak mengetahui morfologi biologi menurt ahli? Karena seperti yang kita ketahui morfologi pada dasarnya digunakan dalam bidang linguistik, yaitu untuk mengidentifikasi susunan sebuah kata.

#2. Morfologi Dalam Biologi

Morfologi di dalam biologi tentu berbeda dengan morfologi dalam bahasa Indonesia, jika morfologi dalam bahasa Indonesia mengkaji bentuk sebuah kata lengkap dengan unsur penyusunnya.

Sedangkan dalam biologi, pengertian morfologi merupakan sesuatu yang berkaitan erat dengan identifikasi bentuk baik secara internal maupun eksternal. Objek yang dapat dijadikan penelitian atau identifikasi, bisa hewan, tumbuhan, dan manusia.

Contohnya morfologi jenis ikan koi, morfologi manusia, morfologi tanaman paku, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya morfologi biologi merupakan ilmu yang mengidentifikasi struktur atau bagian dari mahluk hidup, cabang ilmu ini berkaitan erat dengan anatomi

#3. Morfologi Bahasa Indonesia

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, morfologi dalam bahasa indonesia di definisikan sebagai unsur morferm-morferm yang membangun sebuah kata.

Dalam morfologi linguistik, sebuah susunan kata dibedah atas susunannya.


Demikian pembahasan mengenai pengertian morfologi, semoga kalian mengerti atas pemaparan yang sederhana ini, terimakasih telah membaca.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com