Posisi Pemain Bola Voli

  • 3 min read
  • Des 13, 2020
posisi pemain bola voli
M Fachrurroji
Latest posts by M Fachrurroji (see all)

Posisi Pemain Bola Voli – Permainan bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang sudah terkenal. Olahraga ini  dimainkan oleh 2  tim pemain di sebuah lapangan yang luas dan dipisahkan oleh sebuah jaring dan net.

Untuk bisa mendapatkan poin dari permainan ini, maka salah satu tim harus bisa menjatuhkan bola ke area lapangan lawan atau lawan melakukan kesalahan. seperti contoh mereka mengeluarkan bola dari lapangan bola voli.

Bagi pemain pemula yang baru bermain bola voli dilapangan. Mungkin yang diketahui oleh mereka posisi pemain hanyalah istilah tosser dan Smasher.  Padahal dalam permainan bola voli itu banyak sekali istilah-istilah yang harus diketahui oleh setiap pemain.

Bagi yang ingin mendalami permainan bola voli. Maka istilah-istilah ini harus mereka hafal agar ia bisa mengetahui bakat yang ia miliki dalam permainan bola voli, diposisi mana yang terbaik bagi dirinya

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan mengajak kalian semuanya untuk mengetahui nama posisi-posisi pemain dalam cabang olahraga ini.

Inilah dia nama-nama posisi pemain bola voli.

  1. Server
  2. Spiker/Smasher
  3. Set-upper/Tosser
  4. Libero

Untuk pembahasan yang lebih detailnya bisa anda baca di bawah ini agar anda benar-benar mengetahui fungsi dari nama-nama tersebut.

Mengenal Posisi Pemain Bola Voli

posisi pemain bola voli

#1. Server

Salah satu pemain bola voli yang bertugas untuk menyervice bola dari lapangan timnya menuju lawan adalah Server. Pemain ini adalah pemain yang mengawali permainan dalam bola voli.

Setelah ia melakukan service dari lapangannya, maka selanjutnya ia bertugas menjadi pemain defender atau libero.

Service adalah penyajian bola pertama tanda pertandingan bola voli di mulai.

#2. Smasher atau Spiker

Posisi yang biasanya dilakukan oleh spiker atau smasher adalah di samping kiri atau kanan tosser.

Selain ia juga bertugas melakukan service apabila bola datang kepadanya. Ia juga bertugas untuk memblock bola yang datang dari lawan saat mereka melakukan service yang kuat.

Walaupun seperti itu, tugas utama sebagai pemain spiker atau smasher adalah melakukan pukulan serangan kepada lawan dengan pukulan yang keras dan kuat. Agar bola yang di service bisa masuk dan mendapatkan poin.

Smash adalah pukulan serangan yang dilakukan oleh spiker kepada lawan dengan serangan yang kuat agar lawan tidak bisa memblok bola tersebut.

Jadi apabila anda ingin menjadi pemain spiker, maka anda memiliki dua tugas yang penting untuk membela tim anda.

Yang pertama adalah menjadi smasher atau memukul bola yang telah diberikan tosser, dan kedua adalah memblock bola yang datang dari lawan agar bola yang di pukul tidak jatuh ke tanah lapangan kawan.

#3. Tosser atau Set-Upper

Yang ketiga adlah Tosser atau Set-upper. Salah satu tugas yang biasa mengatur serangan yang dilakukan oleh timnya disebut tosser atau set-upper.

Jadi posisi yang boleh atau berhak mengatur dan memberikan komando untuk melakukan serangan adalah tosser.

Apabila anda berminat untuk menjadi toseer, maka tugas anda adalah harus bisa memberikan umpan yang terbaik dan pas kepada teman anda yang berpoisii spiker, agar bola yang anda umpan bisa diservice dengan baik.

Jika umpan yang diberikan tosser jelek, maka service yang di berikanpun akan jelek, tapi kalau tosser memberikan umpan terbaiknya dan pas di terima oleh spiker, maka bola yang dipukul bisa memberikan poin untuk teman.

#4. Defender/ Libero

Yang keempat adalah defender atau libero. Salah satu pemain bola voli yang bertugas untuk menerima dan menahan dari seranga lawan adalah fedender/libero.

Selain bertugas menahan bola yang dipukul oleh lawan, defender atau libero juga bertugas untuk memberikan bola pertama kepada tosser agar tosser bisa memberikan umpan kepada spiker.

Bagi yang ingin menjadi pemain libero, maka baginya harus menguasai teknik dasar passing bawah dan teknik passing atas.

Untuk posisi libero ia memiliki kebebabas masuk keluar dari area lapangan dan bisa diganti, akan tetapi tidak boleh membantu memblocking aaupun melakuakan smash.

Nah itulah ida posisi-posisi pemain bola voli yang telah dikenal oleh masyarakat khususnya bagi pecinta bola voli. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda dalam mencari informasi dan bisa memberikan manfaat.

Salam Olahraga

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com