Tips Memperkuat Pukulan Smash

  • 6 min read
  • Mar 03, 2021
tips memperkuat pukulan smash
M Fachrurroji
Latest posts by M Fachrurroji (see all)

Tips Memperkuat Pukulan Smash – Salah satu olahraga yang paling terkenal di wilayah Asia adalah Bulu Tangkis atau Badminton.

Olahraga Badminton lebih banyak di mainkan di wilayah Asia khususnya China dan Asia Tenggara.

Banyak pemuda atau pemudi yang terinspirasi dari pemain-pemain bulu tangkis profesional yang menorehkan tinta emas untuk negaranya.

Salah satu negara yang terinspirasi oleh pemain bulu tangkis profesional dan bahkan menjadi legenda adalah Indonesia.

Indonesia adalah salah satu negara yang pemainnya pernah memberikan medali emas untuk tanah airnya.

Pemain-pemain tersebut diantaranya adalah Rudy Hartono, Liem Swie King, Harianto Arbi, Alan Budikusuma, Susi Susanti dan Taufik Hidayat.

Mereka adalah pemain-pemain Indonesia yang menjadi legenda karena prestasi mereka yang luar biasa di permainan Bulu Tangkis.

Akan tetapi, mereka menjadi pemain profesional dalam olahraga ini tidak hanya berlatih satu kali atau dua kali.

Tapi mereka berlatih berkali-kali sampai mereka benar-benar menguasai semua teknik yang dibutuhkan dalam permainan badminton.

Teknik-teknik yang harus di kuasai oleh seorang pemain adalah pukulan lob, push, dropshots, drive, dan juga smash.

Pada artikel kali ini saya akan membahas salah satu teknik untuk mematikan lawan, yaitu Smash.

Tapi sebelum jauh membahas mengenai cara melakukan smash badminton . Terlebih dahulu kita harus melatih kemampuan kita agar saat melakukan smash pukulannya begitu keras.

Artikel Terkait:

Tips Memperkuat Pukulan Smash dengan Baik dan Benar

tips memperkuat pukulan smash bulu tangkis

Ada beberapa tips untuk memperkuat pukulan smash. Apabila anda tertarik dengan tips tersebut, bisa baca di bawah ini.

#1. Manfaatkan Pergelangan Tangan

Hal utama yang harus kita ketahui sebelum melakukan smash adalah cara melatih pergelangan tangan dalam bulu tangkis.

Dalam melakukan smash ada beberapa trik agar tidak melukai tangan kita karena terkilir atau terlalu kuat dalam memukul.

Kekuatan memukul yang terlalu berlebihan akan membuat tangan sakit. Kalau hal tersebut terjadi kepada kita, maka pada smash selanjutnya tidak akan maksimal atau bahkan tidak bisa melakukan smash.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan pergelangan tangan kamu saat memegang raket. Usahakan jangan terlalu lebay dalam memegang raket tersebut.

Terlalu lebay dalam memegang raket akan mempengaruhi kecepatan dan akurasi pada pukulan.

Kalau ketika awal-awal kamu langsung menggunakan tenaga yang full, maka saat ada kesempatan dalam memukul shuttlecock dengan smash, kamu tidak akan efektif.

Oleh karena itu, mengkondisikan pergelangan tangan yang efektif saat memegang raket akan membantu kamu dalam melakukan smash yang luar biasa.

Kita tidak butuh otot gede dan kuat untuk melakukan smash yang tajam dan akurat. Cukup manfaatkan pergelangan tangan kita sebaik mungkin saat bermain di lapangan.

Karen dengan pergelangan tangan juga bisa melakukan smash yang menukil dan akurat.

Kebanyakan pemain  bulu tangkis pemula saat melakukan smash, mereka lebih banyak mengandalkan pundak dan lengan atas.

Padahal kalau mereka mengkombinasikan antara pundak, lengan atas dan pergelangan tangan, maka hasil pukulan yang ia lakukan akan terlihat tajam dan cepat.

Oleh karena itu, tips utama dalam memperkuat pukulan smash ketika di lapangan adalah memanfaatkan pergelangan tangan sebaik mungkin.

#2. Adu Cepat dengan Shuttlecock

Kalau kamu ingin menjadi pemain profesional dalam melakukan smash, maka kamu harus melatih fisik dengan baik dan benar.

Melatih fisik adalah melatih kamu dalam melakukan smash terbaik. Dalam permainan bulu tangkis, ada dua kecepatan yang harus kamu kuasai.

Pertama adalah kecepatan dalam berlari dan kedua adalah kelincahan dalam merespon shuttlecock.

Kamu harus melatih fisikmu dalam mengejar shuttlecock. Sehingga shuttlecock tersebut bisa kamu kembalikan kepada musuh.

Akan tetapi, membalikan shuttlecock saja kepada musuh tidak akan membuatmu menang dalam pertandingan. Artinya ada hal lain yang harus kamu kuasai dalam melakukan pukulan.

Hal lain tersebut adalah melatih kecepatan dalam mengejar shuttlecock. Ketika shuttlecock sudah kamu lihat dengan jelas sebelum datang ke arah matamu.

Otomatis kamu dapat mengembalikan shuttlecock dengan pukulan keras dan akurat.

Tapi sebaliknya, apabila shuttlecock terkejar tapi timingnya sedikit sekali, otomatis shuttlecock yang kamu lontarkan kepada musuh tidak akan beraturan.

Oleh karena itu, latihlah kecepatan berlari sampai kecepatannya bisa melebihi kecepatan shuttlecock.

Orang yang larinya cepat biasanya agak menunduk ke depan. Terus saat melakukan smash, badan harus condong ke depan bukan condong ke belakang.

Oleh karena itu, latihlah kecepatan dan prediksi ke arah mana shuttlecock akan datang.

Lalu setelah itu ambil ancang-ancang seolah kamu akan berlari kencang ke depan. Lalu setelah shuttlecocok dekat dengan kamu. Langkah selanjutnhya adalah memposisikan diri untuk melompat di waktu yang tepat.

Usahakan lompatan kamu tidak pelan dan juga tidak tergesa-gesa. Lalu condongkan badan kamu ke depan. Dan pukulah bola shuttlecock dengan keras dan tajam ke daerah lawan.

Manfaat Berlari Cepat

Insya allah pukulan tersebut adalah pukulan terbaik, karena langkah yang kamu lakukan adalah langkah yang sudah tepat.

Itu adalah tips kedua agar pukulan yang kamu lontarkan ketika melakukan smash lebih keras dan teratur dari biasanya.

Jadi sekarang latihlah dulu kecepatan berlarinya. Jangan sampai tenaga kamu tidak kuat untuk berlari kesana-kemari mengejar shuttlecock.

Karena kecepatan dan kelincahan tubuh kamu akan sangat diperlukan dalam permainan bulu tangkis atau badminton.

#3. Buat Ototmu Lebih Rileks

Ketika sedang bermain di lapangan, biasanya pemain yang berada di sana selalu ada tekanan. Baik itu tekanan dari orang lain atau tekanan dari diri sendiri.

Kekhawatiran seorang pemain ketika berada di lapangan akan menjadi-jadi saat ia bermain untuk klubnya atau untuk negaranya.

Kekhawatiran dan tekanan tersebut bisa saja membuat otot kita mengeras dan menegang. Dan ini bisa menjadi bahaya, karena akan mempengaruhi jalannya permainan bulu tangkis.

Inilah kelemahan terbesar yang biasanya dialami oleh pemain atlet bulu tangkis.

Terkadang otot yang terlalu tegang akan memperlambat gerak seorang pemain. Otot yang tegang juga akan mempengaruhi pukulan smash mereka.

Ketika otot menjadi tegang, tubuh kita akan merasakan kaku yang sangat luar biasa. Dan ini akan membuat seorang pemain kehilangan konsentrasi.

Kalau tidak percaya bahwa otot yang tegang akan mempengaruhi jalannya permainan bulu tangkis. Perhatikan seorang pemain bulu tangkis ketika mau melakukan smash.

Ketika seseorang akan melakukan smash, tenaga pemain tersebut harus benar-benar dalam keadaan prima. Tenaganya juga harus di fokuskan pada teknik yang akan ia gunakan.

Selain tenaga, otot juga harus dalam keadaan siap dan tidak kaku. Ketika memukul shutlecock dengan keras maka otot yang kuat dan dinamis akan mengeluarkan ledakan yang tajam kepada musuh.

Jadi otot yang tidak kaku dan tidak tegang akan memberikan kekuatan kepada seseorang dan memberikan dorongan pada pukulan pemain ketika melakukan smash.

Tapi bisa kamu bayangkan kalau ketika bermain, otot kamu terus dalam keadaan tegang karena tekanan dan khawatir.

Kamu tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan smash. Atau kamu bisa saja melakukan smash, tapi pukulan smashnya tidak akan maksimal dan bahkan bisa membuat kamu bahaya.

So, rilekslah ketika bermain dan jangan sampai otot kamu menegang. Nikmati permainan seolah-olah lapang tersebut adalah milik kamu.

Karena ketika posisi kamu dalam keadaan seperti itu, kamu bisa bermain badminton dengan baik dan fokus.

#4. Ayunkan Lengan Secara Lembut

Di pembahasan sebelumnya saya telah mengatakan bahwa pergelangan tangan sangat berpengaruh dalam melakukan pukulan smash. Akan tetapi, bukan berarti gerakan lengan dan pundak diabaikan.

Karena lengan dan pundak juga mendukung jalannya pukulan smash yang kuat dan cepat. Jadi tips keempat yang harus di ketahui oleh kita adalah ayunan tangan.

Sebelum melakukan pukulan shuttlecock dengan pergelangan tangan yang sempurna, berikan tenaga juga kepada lengan dan pundak anda.

Akan tetapi tenaga yang diberikan kepada lengan dan pundak tidak sekuat tenaga yang disalurkan ke pergelangan tangan.

Jadi ayunan lengan kita itu tidak boleh di ketahui oleh musuh untuk menipu gerakan. Sehingga musuh terkecoh dengan pukulan smash yang kita lontarkan.

Untuk praktisnya seperti ini. Pertama kamu berikan tenaga yang kuat kepada pergelangan tangan, terus tenaga itu juga berikan kepada lengan dan pundak seperempatnya.

Setelah itu, gerakan yang awalnya biasa saja, mulai dipercepat dan dilontarkan langsung ke shuttlecock.

Jadi, tips yang keempat ini adalah memberikan tenaga kepada lengan. Tetapi tenaga yang disalurkannya tidak teralu kuat. Ayunan lengan tersebut akan membantu tembakan smash yang tajam dan cepat.

#5. Scissor Jump

Setelah panjang lebar membahas mengenai cara memukul shuttlecock agar menghujam cepat dan tajam. Sekarang kita akan membahas cara meloncatnya.

Scissor Jump adalah salah satu tips melakukan pukulan smash yang kuat dan cepat.

Karena ternyata pukulan smash itu tidak hanya di dukung dari pukulan dan ayunan tangan saja. Akan tetapi loncatan yang tinggi dan akurat juga akan mendukung suksesnya melakukan smash yang sempurna.

Latihan loncat yang harus kamu praktekan adalah Scissor Jump atau lompat gunting. Lompatan ini akan sangat berpengaruh kalau latihannya rutin dan benar.

Apa itu Scissor Jump?

Sebelum membahas lebih jauh, apakah kamu tahu Scissor Jump itu seperti apa?.

Jadi Lompat gunting itu adalah ketika kamu melompat, kaki kanan berada di belakang dan kaki kiri berada di depan. Lompatlah dengan posisi kaki tersebut.

lalu setelah itu, putarlah tabuh kamu searah dengan horizontal ke kiri ketika kamu sudah berada di udara.

Dengan melakukan lompatan seperti itu, kamu akan mendapatkan tenaga yang alami dan natural.

Dengan ini, kalau dua tenaga kamu gabungkan yaitu dari tenaga saat lari memukul shuttlecock dan lompatan gunting, maka saya jamin pukulan smash kamu akan semakin kuat dan akurat.

Karena tenaga yang kamu gunakan benar-benar maksimal dan teratur. Ini akan mendukung pergerakan kamu saat memukul shuttlecock.

Penutup

Nah itu adalah lima tips khusus dari saya untuk melatih pukulan keras saat melakukan smash.

Akan tetapi, perlu di ingat terlebih dahulu bahwa tips diatas tidak bisa langsung kamu kuasai hanya melakukan latihan satu atau hanya dua kali saja, termasuk ditambah juga latihan fisik lain.

Lima tips melakukan pukulan smash tersebut perlu latihan yang rutin dan kontinue. Agar benar-benar berpengaruh saat melakukan pukulan smash yang akurat dan cepat.

Dengan latihan berlari, menggenggam, melompat dan bermain dengan rileks insya allah akan menjadikan kamu sebagai pemain profesional khususnya dalam pukulan smash.

Jadi, teruslah berlatih dan jangan lupa bedoa. Semoga bagi kamu yang baru terjun di dunia badminton bisa memamahi penjelasan di atas dan bisa mempraktekannya.

Salam Olahraga

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com