Biografi Rony Gunawan

  • 3 min read
  • Okt 18, 2020
biografi rony gunawan
Dianisa Utami
Latest posts by Dianisa Utami (see all)

Biografi Rony Gunawan – Sebagaimana Michael Jordan menjadi pemain legenda bola basket dunia. Indonesia juga ternya memiliki pemain legenda bola basket dunia yang karirnya begtu cemerlang.

Bola Basket adalah olahraga yang melahirkan pemain-pemain profesional yang karirnya tidak akan pernah di lupakan.

Selain itu juga, menjadi pemain basket akan memberikan badan ideal dan kuat. Dan bisa menjadi propesi dalam kehidupan sehari-hari.

Pada artikel kali ini. Saya akan membahas salah satu pemain legenda bola basket indonesia yang karirnya tidak akan pernah dilupakan oleh penggemar bola basket.

Nama pemain legenda tersebut adalah Rony Gunawan. Ia adalah pemain bola basket profesional yang handal saat di lapangan. Mari kita langsung bahas secara detail tentang pemain yang satu ini.

Profil & Biografi Rony Gunawan

biografi dan profil rony gunawan

Rony Gunawan adalah salah seorang pemain basket putra nasional Indonesia yang bermain IBL. Pria yang akrab di sapa aconk ini lahir di Samarinda, Kalimantan Timur pada hari Rabu tanggal 20 Agustus 1980.

Dalam biodata Rony Gunawan, Ia mulai bermain bola basket atau awal karirnya di Samarinda. Ia baru bermain bola basket ketika waktu SMA. Ketika itu, ia di ajak oleh teman-temannya untuk mengikuti turnament basket antar kelas.

Setelah ia menemukan kecocokan dalam hobinya, ia kemudian mulai bergabung dengan lokal Abadi Samarinda. Anak kedua dari empat saudara ini terpilih untuk bermain di Popda Samarinda.

Setelah ia berusaha bermain basket dengan baik, akhirnya ia mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di surabaya. Setelah itu, Cahaya Lestari Surabaya merekrut Rony menjadi salah satu pemain di sana.

Kurang lebih satu tahun Rony bermain di Cahaya Lestari sebagai pemain yang di kelas junior. Setelah itu, ia langsung bermain dengan tim senior.

Mulai tahun 1999 pemain yang memiliki nomor punggung 32 ini memulai bermain basket di Kobatama [ kini NBL].

Saat ini tim CLS yang bersama Rony berhasil masuk dalam jajaran Big Four Kobatama. Karena kelihaian dalam bermain basket, Rony akhirnya di ajak masuk ke klub Satria Muda Britama. Akan tetapi, Rony memutuskan untuk gabung ke klub tersebut dua tahun setelahnya.

Pertama kali ia ikutan turnamen bersama Satria Muda Britama, ia berhasil mendapatkan juara IBL cup setelah Aspac Putra Riau kalah. Pada pertandingan tersebut juga, ia mendapatkan gelar MVP.

Pada musim berikutnya, klub yang di bawa Rony berhasil kembali mendapatkan juara IBL. Akhirnya Rony di pilih untuk menjadi timnas di kompetisi SEA GAMES 2005,2007 dan terakhir 2011.

Ketika SEA GAMES 2007, tim nasional bola basket memberikan medali perak untuk Indonesia.

Pada ajangĀ  SEA GAMES 2011, indonesia hanya mampu masuk ke babak semifinal. Walaupun seperti itu, karir Rony terus naik. Terbukti bahwa ia telah memperkuat tim nasioal Indonesia dalam kompetisi Asia 2005 dan 2007.

#1. Pendidikan Rony Gunawan

Perlu diketahui bahwa Rony Gunawan adalah penganut katolik yang taat. Ia penrah sekolah SD di Katolik WR Supratman, Samarinda pada tahun 1986. Kemudian ia dilanjutkan di SLTP Katolik WR Supratman, Samarinda pada tahun 1992.

Setelah itu, ia dilanjutnya di SMU Katolik WR Supratman, Samarinda pada tahun 1995. Dan karena prestasi bola basket yang luar biasa dari salah satu pemain ini. Akhirnya ia mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Universitas Surabaya pada tahun 1998.

#2. Karir Profesional

Rony telah banyak mendapatkan prestasi semenjak bermain di CLS knights Surabaya. Kemudian ia lanjut bermain di Satria Muda Jakarta. Selain itu juga, prestasi-prestasi individual kerap ia dapatkan.

Prestasi-prestasi tersebut diantaranya MVP IBL turnamen pada tahun 2007. Kemudia NBL 6th man award tahun 2015. Dan ia juga mendapatkan NBL top Center pada tahun 2010. 2013 dan 2014.

#3. Masa Pensiun

Sekarang Rony berusia 36 tahun yang harus mengakhiri masa bermainnya di Bola Basket. Setelah ia berkarir di dunia basket dengan team Satria Muda yang membuatnya terkenal. Dan bahkan mengalahkan team yang telah membesarkannya, CLS Knights di ajan perbasi Cup 2016 dengan skor 67-51.

Setelah ia menyatakan pensiun dari bermain basketnya, ia mendapatkan tanggung jawab baru di Klub Satria Muda Pertamina [ SM Pertamina ].

Pemain legenda Indonesia ini telah ditunjuk menjadi Vice President PT Indonesia Sport Venture. Salah satu badan hukum yang membawahi tim Satria Muda Pertamina.

Rony ditunjuk oleh pemilik klub tersebut, Erick Thohir dalam memberikan ulasan atas kinerja pelatih maupun pemain. Dan apabila ada yang harus diperbaiki, maka Rony bertugas untuk memberi masukan kepada mereka.

Selain itu juga, Rony ditugaskan untuk menjadi juru bicara dan duta tim satria muda pertamida untuk sponsor dan Media.

Nah itulah dia artikel yang bisa di bahas pada kali ini. Mudah-mudahan anda bisa memahami dan mendapatkan informasi yang anda inginkan.

Salam Olahraga

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com