Tips Latihan Jumping Smash Bola Voli

  • 6 min read
  • Des 14, 2020
jumping smash
M Fachrurroji
Latest posts by M Fachrurroji (see all)

Tips Latihan Jumping Smash – Sudah menjadi kebiasaan bagi para pemain bola voli untuk menjadi pemain profesional dengan melakukan beberapa teknik sebagai taktik untuk memenangkan pertandingan bola voli.

Salah satu teknik atau taktik yang sering dilatih oleh pemain bola voli adalah teknik jumping yang biasanya dibutuhkan untuk melakukan smash atau serang terhadap lawan dengan tekanan yang kuat sambil melompat agar pemain lawan tidak bisa membalikannya.

Teknik ini disarankan kepada pemain yang memiliki fostur tubuh yang tinggi. Hal ini dilakukan agar untuk mengantisipasi apabila ia sedang melakukan smash yang keras tidak di block oleh pihak lawan, sehingga bola yang di smash bisa masuk atau menjadi poin.

Semakin tinggi fostur tubuh yang dimilki oleh pemain, maka semakin mudah melakukan smash atau serangan keras terhadap lawan.

Apabila pada suatu tim para pemain bola volinya bisa menguasai teknik smash, maka peluang untuk memenangkan pertandingan tersebut semakin besar.

Namun selain teknik smash yang dikuasai oleh pemain, mereka juga harus menguasai teknik-teknik yang lain agar  bisa menguasai bola saat dilapangan. Salah satu penunjang agar smash bisa baik adalah latihan jumping smash bola voli.

Faktor Penting dalam Melakukan Smash

Tips Latihan Jumping Smash Bola Voli

Agar pemain smasher memiliki kesempatan untuk melakukan smash secara leluasa dan mudah biasanya butuh beberapa faktor penunjang dalam melakukan aksinya.

Hal ini biasanya memberikan dampak atau pengaruh terhadap pukulan dan tekanan  yang dilakukan pemain tersebut saat melakukan smash.

Semakin besar faktor penunjang anda dalam melakukan smash, maka semakin besar pula anda memilki peluang dalam memasuki bola lewat pukulan smash atau serangan.

Inilah dia tips latihan jumping smash yang akan menunjang anda dalam melakukan serangan terhadap lawan lewat smash.

NoFaktor Melakukan Jumping Smash
1Awalan
2Perhitungan waktu tolakan
3Penetuan timing yang pas
4Pendaratan yang nyaman
Tabel faktor jumping smash

#1. Awalan

Perhatikan awalan kita saat mau melakukan smash agar mendapatkan posisi yang enak dan ideal. Biasanya untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat mau melakukan loncatan adalah dengan mengambil beberapa langah terlebih dahulu.

Agar posisi loncatan tinggi dan pas, biasanya pemain mengambil 2 atau 3 langkah dari temapta yang akan digunakan untuk meloncat.

Ini membantu anda dalam mensukseskan serangan terhadap lawan dengan menyempurnakan loncatan..

#2. Perhitungkan Waktu Tolakan

Saat anda akan melakukan lompatan anda harus bisa memperhitungkan waktu tolakan terlebih dahulu.

Biasanya cara seperti ini dilakukan saat memberikan peluang kepada tumpuan dan kaki sehingga mendapatkan kekuatan yang besar untuk bisa meloncat lebih jauh.

Semakain bagus waktu tolakan yang anda lakukan akan memberikan tenaga yang bagus pula.

#3. Menentukan Timing yang Pas

Kita harus memperhitungkan waktu yang tepat. Biasanya memperhitungkan waktu seperti ini akan dilakukan oleh salah seorang pemain ketika ia melompat tinggi sampai ia mengambil gerakan untuk melakukan serangan atau smash terhapda lawan.

Dalam waktu yang lebih cepat anda juga akan melakukan gerakan tangan untuk mempermudah melakukan pukulan smash terhadap lawan.

#4. Pendaratan yang Nyaman.

Ketika anda selesai mengikuti cara-cara di atas. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pendaratan yang benar dan pas.

Ketika tadi anda melakukan lompatan dan smash yang benar, sekarang anda harus bisa mendarat dengan benar pula agar kaki anda tidak bermasalah.

Perhitungan waktu pada saat anda mendarat adalah sesuatu yang harus anda lakukan.

Karena kalau seandainya anda salah mendarat, akan mengakibatkan cedera pada kaki dan bisa-bisa membuat anda tidak menyelesaikan pertandingan.

Cara & Tips Latihan Jumping Smash Bola Voli

cara & Tips Latihan Jumping Smash Bola Voli

Untuk mendapatkan pola pukulan yang baik dan benar tentu saja anda harus melakukan latihan yang benar dan rutin. apalagi latihan yang anda lakukan itu akan memberikan dampak positif pada bagian jumping.

Postur tubuh yang anda miliki memang akan memberikan pengaruh besar terhadap teknik smash. Karena postur tubuh yang tinggi bisa melompat lebih tinggi dari yang lain dan bisa menghindari block yang dilakukan musuh.

Oleh karena itu, latihan jumping adalah salah satu latihan yang amat penting untuk menunjang keberhasilan smash agar smash yang anda lakukan memberikan kekuatan yang besar dan dapat memberikan poin.

Inilah dia tips latihan jumping smash yang bisa anda lakukan.

NoLattihan Jumping Smash Bola Voli
1Pemanasan
2Lari
3Lompat tali
4Lompat tangga
5Lompat menggunakan alat yang ada
6Set up, full up & push up
7Gerakan kombinasi
Tabel jumping smash

#1. Pemanasan

Salah satu bagian penting yang dapat menaikan level jumping anda adalah pemanasn yang benar dan pas.  Sebelum anda melakukan tindakan atau latihan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pemanasan.

Pemanasan ini memberikan dampak pada latihan-latihan yang akan anda pelajari, khususnya pada jumping.

Ada beberapa gerakan yang mungkin bisa menunjang jumping anda lewat pemanasan  ini, sepertim engulurkan bagian tubuh-tubuh yang sering digunakan dalam permainan bola voli

  • Tangan
  • Kaki
  • Leher

Pemanasan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya cedera atau keram saat melakukan latihan atau pertandingan.

Ketika anda sedang latihan tanpa pemanasan terlebih dahulu dan melakukan gerakan-gerakan teretntu, biasanya akan terjadi masalah pada anggota bagian tubuh anda.

Oleh karena itu, melakukan pemanasan sebelum berlatih atau bertanding sangatlah penting.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemanasan adalah sesuai dengan latihan yang akan anda inginkan.

Apabila anda sudah menentukan waktu untuk latihan, maka sesuaikan lah pemanasan dengan waktu latihan agar anda benar-benar bisa maksimal dalam latihannya.

#2. Lari

Agar loncatan atau jumping anda lebih baik dari sebelumnya, anda harus melakukan latihan lanjutan dengan melakukan lari atau jogging.

Biasanya setiap pemain yang telah mempelajari bebrapa gerakan akan diterapkan dalam kesehariannya dengan melakukang lari atau jogging.

Lakukanlah gerakan lari selama kurang lebih 20 menit untuk membuat tubuh anda benar-benar baik dan memberikan kekuatan pada kaki, sehingga pada suatu saat anda mau melakukan jumping, kaki anda benar-benar siap melakukannya.

Melakukan gerakan lari juga bisa disebut sebagai latihan pemanasan untuk memperkuat otot pada bagian betis hingga mencapai paha.

Dan tentu saja melakukan gerakan lari selama kurang lebih 20 menit juga akan memberikan efek yang besar terhadap gerakan loncatan anda.

Beberapa pemain profesional yang sudah terbiasa melakukan lari, biasanya menambahkan beban pada bagian kaki saat melakukan latihan untuk memperkuat kaki saat digunakan ketika bermain.

Anda juga bisa mempertimbangkan latihan diatas untuk meningkatkan kualitas latihan lari anda, sehingga latihan ini bisa benar-benar maksimal.

#3. Mencoba Lompat Tali

untuk selanjutnya, gerakan yang harus anda latih agar jumping anda terlihat bagus dan benar-benar ideal adalah lompat tali.

Untuk mendapatkan ketinggian yang sangat ideal, beberapa pemain profesional sering melakukan gerakan ini.

Dengan latihan lompat tali seperti ini, akan memberikan kemudahan dalam menyeimbangkan anda saat meloncat, sehingga bisa mendapatkan posisi yang benar.

Untuk mendapatkann hasil yang memuaskan, coba simpan beban di bagian kaki agar bisa memberikan pengaruh yang besar.

Untuk mendapatkan lompatan yang berkualitas, tambahan beban ini memang sangat berpengaruh.

#4. Lompat Tangga

Untuk memperbagus jumping anda, maka porsi latihan yang anda lakukan setiap hari harus ditambah. Menambah gerakan latihan akan memberikan dampak positif atau menjadikan latihan anda lebih baik.

Salah satu latihan yang bisa anda terapkan dalam rutinitas anda adalah melakukan lompat tangga. Latihan lompat tangga ini biasanya dilakukan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Manfaat dari latihan ini adalah untuk memperkuat otot kaki. Ketika nada melakukan lompat tangga secara rutin, maka anda akan mendapatakan kemudahan dalam menentukan timing ketika anda melompat.

Ketika anda melakukan latihan lompat tangga, hal yang harus anda perhatikan adalah ketinggian dari setiap anak tangga yang anda lewati. Hal ini berfungsi untuk diterapkan pada posisi awal anda mau melompat.

#5. Lompat dengan Alat yang Ada.

Selain latihan lompat diatas, anda juga bisa melakukan latihan jumping dengan menggunakan bantuan alat sederhana.

Contoh sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan kursi atau furnitur yang anda disekitar anda dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi.

Melakukan lompatan dengan cara seperti ini memang lebih mudah dari latihan yang lain, apalagi anda bisa melompat dari sisi alat sederhana yang anda gunakan untuk dijadikan tumpuan dalam lompatan.

Untuk menghasilkan lompatn yang lebih baik pemain profesional selalu melakukan hal yang seperti ini. tentu saja latihan ini juga dilakukan untuk mempermudah dalam melakukan timing dalam lompatan.

#6. Set Up, Pull Up dan Push Up.

Untuk menghasilkan lompatan yang baik dan ideal, latihan fisik sanagt diperlukan. Cara seperti ini memang sangat mudah dilakukan oleh kita semua, karena sudah umum dilakukan oleh masyarakat.

Untuk mendukung lompatan yang lebih tinggi dan biak, ada beberpa latihan fisik yang bisa anda terapkan dalam rutinitas latiha, seperti set up, push up, dan pull up.

Latihan fisik ini juga berguna ketika anda akan melakukan smash kepada pihak lawan, karena latihan ini mendukung tangan anda menjadi lebih kuat.

Selain dari kekuatan, kecepatan tangan juga sangat dibutuhkan dalam melancarakan serangan kepada lawan untuk memukul bola voli.

Anda bisa melakukan latihan fisik yang telah saya sebutkan diatas kurang lebih dari masing-masing gerakan 10 kali hitungan.

#7. Gerakan Kombinasi

Yang terakhir dalam melakukan latihan yang menunjang kebaikan jumping adalah melakukan gerakan kombinasi. Saat anda latihan, anda bisa menggabungkan latihan-latihan yang telah anda kuasai atau yang bisa kita sebut dengan kombinasi sekaligus.

Melakukan gerakan kombisa hanya bisa diterapkan kepada orang yang sudah terbiasa melakukan pemanasan.

Pola yang biasa digunakan dalam latihan kombinasi ini adalah dimulai dari lari ditempat dengan hitungan tertentu dan setelah itu disambung dengan melakukan  push up.

Selain dari latihan fisik, anda juga bisa mengkombinasi latihan lompat dengan beberapa kali gerakan. Total perhitungan dan waktu latihan fisik juga di butuhkan untuk menyesuaikan latihan lompatan atau jumping.

Cara seperti ini memang harus dilakukan secara perlahan dan benar agar tidak terjadi kecelakaan atau cedera pada bagian tubuh kita seperti kaki atau bagian tangan.

nah itulah dia beberapa tips latihan jumping smash yang bisa saya tulis dalam artikel kali ini. semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari informasi dan pengetahuan yang anda inginkan. Mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam penulisan ini.

Salam Olahraga

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com