Sejarah Permainan Bola Voli

  • 4 min read
  • Des 12, 2020
sejarah permainan bola voli
M Fachrurroji
Latest posts by M Fachrurroji (see all)

Sejarah Permainan Bola Voli – Salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua group berlawanan adalah bola voli. Dari setiap group yang main di lapangan terdiri dari 6 orang pemain. Selain bola voli lapangan juga,ada bola voli yang bervariasi lain, yaitu permainan bola voli pantai yang dimainkan 2 orang.

Salah satu organisasi yang menaungi permainan bola voli ini adalah FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Organisasi tersebut adalah induk organisasi internasional.

Lalu di negara kita, Indonesia yang menaungi olahraga bola voli adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sejarah Singkat  Permainan Bola Voli

sejarah bola voli

Sebelum nama permainan ini adalah bola voli, pertama kali ditemukan namanya adala Mintonette. Salah seorang Intruktur pendidikan jasmani [ Director of Phsycal Education ] telah menemukan olahraga yang bernama Mintonette ini.

Nama Instruktur pendidikan jasmani ini adalah William G. Morgan. Ia menemukan olahraga  pada tanggal 9 November 1895 di YMCA, Holyoke, Massachusetts [ Amerika Serikat ]. Jadi bola voli berasal dari negara paman sam.

YMCA adalah singkatan dari Yog Men’s Christian Association yang salah satu didedikasikan untuk mengajarkan kepada pemuda tentang ajaran pokok kristen, seperti yang diajarkan oleh Yesus.

George William mendirikan organisasi ini pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris. Pertama kali Morgan menciptkan permainan ini saat ia bertemu dengan James Naismith [ salah seorang yang menciptakan olahraga basket pada tanggal 6 November 1861 dan meninggal pada tanggal 28 November 1939 ].

Morgan menciptakan permainan baru ini dengan diberi nama Mintonette. William G. Morgan memiliki kesamaan dengan James Naismith, yaitu mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

William G. Morgan telah menciptakan permainan Mintonette 4 tahun setelah James Naismith mendirikan Basketball. Ia juga adalah salah satu lulusan Springfield College of YMCA.

Mengenal Sejarah Permainan Bola Voli

permainan bola voli

Kalau kita telusuri lebih lanjut tentang permainan ini, sebenarnya permainan Mintonette adalah permainan yang diciptakan dengan mengggabungkan dari beberapa jenis permainan.

Lalu permainan apa aja yang digabungkan dalam satu permainan sehingga muncul permainan Mintonette? Olahraga permainan yang dikombinasikan itu antara lain Baseball, Tenis, Bola Basket, dan terakhir adalah bola tangan [handball ].

Pada awalnya permainan ini dibuat tidak seaktif olahraga yang lain, seperti basket ball, baseball dan lain-lain. Karena permainan ini diciptakan khusus untuk anggota YMCA yang usianya sudah tidak muda lagi atau sudah tua.

Pada tahun 1896, nama Mintonette di rubah menjadi volleyball[ bola voli ] pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA training school.

Dr. Luther Halsey Gulick[ Director of the Professional Physical Education training school juga ia dijadikan sebagai Executive Direktor of deparment of physical education of the International Commitee of YMCA ].

pada awal tahun 1896 mengundang morgan dan menyuruhnya untuk mendeklarasikan permainan baru yang telah ia ciptakan tersebut di kampus yang baru.

Pada demontrasi tersebut, di sebuah konferensi yang berada di kampus YMCA, springfield telah di hadiri oleh seluruh intrukstur pendidikan jasmani yang ada di sana.

Pada kesempatan emas tersebut, morgan akhirnya menerangkan kepada mereka dengan membawa 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 5 orang untuk menjelaskan cara bermain bola voli.

Morgan menjelaskan kepada instruktur yang ada di tempat tersebut bahwa permainan yang telah ia ciptakan tersebut adalah permainan yang bisa dimainkan di luar ataupun  di dalam ruangan dengan sangat leluasa.

Dan morgan menjelaskan juga, bahwa permainan ini bisa di mainkan oleh banyak pemain. Tidak ada yang membatasi atau standart jumlah pemain olahraga volleyball. Peraturan bola voli pada saat itu masih belum baku.

Tujuan Permainan Bola Voli

mengenal sejarah permainan bola voli

Tujuan dari permainan ini adalah agar bola yang telah dipantulkan oleh salah satu pemain yang disebut dengan service, harus bisa melewati net yang telah dibuat dan bola tersebut tidak boleh jatuh ke tanah.

Cara mendapatkan point dari permainan ini adalah menjatuhkan bola yang telah di pantulkan di area tanah atau lapangan lawan. Maka kalau bola tersebut jatuh, tim yang telah menjatuhkan bola di dearah lawan mendapatkan point. Itulah dia teknik permainan bola voli.

Asal Kelahiran Bola Voli

sejarah permainan bola voli

Sebagaimana yang telah saya jelaskan di atas, bahwa permainan bola voli lahir di negara Amerika Serikat, khususnya daerah Hoyloke, Massachusetts.

Pertama kali lahir permainan ini dinamakan dengan Mintenette dan kemudian dirubah menjadi bola voli atau volleyball. Pada awal kelahiran bola voli ini, pemain dari permainan ini masih tidak di batasi atau bisa bermain dengan banyak orang.

Inti awal munculnya permainan ini adalah bisa menjatuhkan bola di area lapangan bola voli musuh.  Dan agar bisa memenangkan permainan bola voli ini, maka salah satu tim harus bisa mempertahankan bola agar tidak jatuh ke tanah.

Waktu Permainan Bola Voli

waktu permainan bola voli

Kalau kita melihat permainan sepakbola, maka kita akan mengetahui bahwa permainan tersebut memiliki waktu yang dibatasi. Tapi berbeda dengan permainan bola voli, pada permainan ini tidak memiliki batasan waktu dalam bermain.

Penentuan pemenang dalam permainan bola voli adalah point. Tim yang akan memenangkan permainan bola voli adalah ia yang lebih dulu mengumpulkan angka atau poin sebanyak 25 poin yang disebut dengan rally poin.

Pertandingan dalam permainan bola voli bisa menang ketika ia sudah bisa menang dua set atau tiga set. Jadi penentuan bola voli itu ditentukan dengan sistem two winning set atau three winning set.

Induk Organisasi Nasional dan Internasional

organisasi bola voli dunia

Kalau FIFA adalah induk organisasi untuk sepakbola, maka olahraga bola voli juga memiliki induk internasional. Induk organisasi yang menaungi bola voli adlah FIVB atau Federation Internationale de Volleyball.

Organisasi tersebut adalah organisasi yang mengontrol seluruh bola voli yang ada di dunia. Organasi tersebut berpusat di Lausanne, Switzerland.

Pada tahun 1947 FIVB didirakan di kota paris, perancis dengan presiden pertama Paul Libaud, warga negara perancis. Karena FIVB adalah organisasi, maka ia memiliki berbagai struktur administratif.

Struktur administratif itu diantaranya adalah komite eksekutif dan sejumlah komisi dewan yang mengurus hal-hal tersebut seperti wasit, turnamen, obat-obatan serta keuangan.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Begitupun indonesia menginduk ke FIVB. Akan tetapi organisasi yang memegang bola voli indonesia adalah PBVSI. PBVSI ini menginduk ke FIVB.

PBVSI adalah organisasi yang mengontrol bola voli di Indonesia. Sejarah bola voli di Indonesia didirikan pada tanggal 22 januari tahun 1955 di Jakarta. PBVSI berada di bawah kementrian pemuda dan Olahraga.

Seperti halnya FIVB yang memiliki beberapa komite dan dewan pengurus, begitupun dengan PBVSI yang juga memiliki beberada komisi atau bidang yang mengurus jenis permainan bola voli, pelatihan, turnamen, wasit juga perihal keuangan.

Nah itulah dia sejarah sampai organisai yang membahas tentang permainan bola voli. Mudah-mudahan makalah bola voli  ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mencari informasi yang anda inginkan

Salam Olahraga.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com