Peraturan Permainan Bola Voli

  • 9 min read
  • Des 08, 2020
peraturan permainan bola voli
M Fachrurroji
Latest posts by M Fachrurroji (see all)

Peraturan Permainan Bola Voli – Salah satu cabang olahraga yang menarik yang banyak diminati oleh masyarakat dunia adalah olahraga bola voli. Ketika permaianan ini masuk daam kategori olahraga internasional, tentu dalam permaianan ini juga punya peraturannya.

Ketika kita memperhatikan olahraga sepakbola dan basket, tentu yang kita ketahui bahwa mereka bermain dengan bola besar dengan peraturan yang telah ditetapkan. Begitupun bola voli memiliki peraturan yang berbeda dari kedua olahraga di atas.

Bagi orang yang sudah lama bermain bola voli mungkin tidak asing lagi dengan peraturan dasar internasional yang telah ditetapkan. Akan tetapi bagi anda yang baru mengenal permainan ini, sudah seharusnya anda mengenal peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.

Mengetahui peraturan bola voli dari awal adalah salah satu cara membantu anda untuk menjadikan anda sebagai pemain profesional. Ketika anda ingin menjadi pemain baik dalam permainan bola voli, maka anda harus tahu seluk beluk permainan tersebut.

Mulai dari organisasi yang mengeluarkan peraturan bola voli seperti FIVB atau Federation Inernationale De Volleyball.

Nah oleh karena itu, saya akan membahas peraturan bola voli sesuai peraturan inernasional.

Mengenal Peraturan Permainan Bola Voli

NoPeraturan dalam Bola Voli
1Peralatan
2Sistem Pertandingan
3Permainan
4Pelanggaran
Tabel peraturan permainan bola voli

#1. Peraturan Peralatan

peraturan permainan bola voli

Sebelum kita jauh membahas tentang peraturan dilapangan, tentu hala utama yang harus kita ketahui adalah mengeali allat-alat dana perlengkapan yang selalu digunakan dalam bermain bola voli dan peralatan yang mendukung dalam permainan tersebut.

Peraturan dasar yang harus ada sebelum bermain adalah bola, net, dan lapangan. Tiga peralatan tersebut sudah umum di kalangan masyarakat yang selalu bermain bola voli. Akan tetapi, walaupun masyarakat sudah mengetahuinya, akan tetapi sebagian dari mereka belum mnegatahui secara detail dari ukuran lapangan, net dan bola.

A. Net

Salah satu unsur yang paling penting dalam permainan bola voli adalah Net. Net yang biasa digunakan untuk bola voli mirip dengan net yang sering digunakan oleh olahraga bulutangkis dan tenis.

Akan tetapi ukuran netnya yang berbeda dari dua olahraga tersebut.salah satu kegunaan net dalam permainan bola voli adalah sebagai salah satu pembatas bagi dua tim yang berbeda atau salaing berlawanan.

Untuk ukuran net, yang biasa digunakan untuk net putri jelas berbeda dengan net yang selalu digunakan oleh putra. Standar net yang sering digunakan untuk putri adalah 2,24 meter. Sedangkan standar net yang sering digunakan untuk pemain putra adalah 2,43 meter.

B. Lapangan

Selain net yang telah kita bahas diatas yang menjadi unsur utama dalam permainan bola voli, lapangan juga menjadi prioritas utama dalam melangsungkan permainan ini.

Lapangan juga memiliki ukuran standar internasional yang harus kita ketahui agar saat membuat lapangan kita mengetahui ukuran yang pasti dan benar. Ukuran lapangan juga membuat permainan terlihat sah.

Ukuran standar untuk permainan bola voli adalah 9 x 18 meter. Ketebalan garis tepi yang ada di lapangan adalah 5 cm. Saat diukur dari garis tengah lapangan, garis batas serang pemain belakang untuk bola voli adalah 3 meter.

Pada lapangan, lebar standar lapangan bola voli yang sesuai adalah 9 meter. Dan panjang lapangan permainan bola voli adalah 18 meter. Dan terakhir untuk ukuran lapangan adalah garis serang standarnya 3 meter.

C. Bola Voli

Seperti halnya bola basket dan sepakbola yang memiliki ukuran standar internasional yang resmi, begitupun dengan permainan bola voli. Perminan ini memiliki standar internasional yang resmi juga.

Untuk bola voli, ukuran standar keliling yang resmi adalah 65 sampai 67 cm. Berat bola voli yang sesuai standar resmi adalah 260 sampai 268 gram.

Selain dari keliling dan berat, bola voli juga memiliki tekanan yang resmi yang sudah standar internasional. Standar tekanan bola voli yang resmi adalah sekitar 0,3 sampai 0,325 kg/cm persegi.

Standar bahan resi untuk bola voli adalah kuli atau buatan, lalu setelah di buat, maka pompa bola tersebut dengan tekanan yang telah disepakati sebelumnya.

D. Antena

Peralatan terakhir yang harus ada dalam permainan bola voli adalah antena. Antena adalah salah satu unsur penting yang sering digunakan dalam permainan bola voli.

Antena ii biasa kita jumpai atau temukan di setiap ujung tiang atas. Salah satu tujuan dipasangnya antena di setiap ujung tiang adalah untuk membatasi gerakan bola coli yang kirannya mengarah ke samping atau melebar.

#2. Peraturan Sistem Pertandingan

sistem pertandingan dalam bola voli

Setelah kita mengetahui alat-alat utama yang harus ada dalam permainan bola voli, maka peraturan dasar selajutnya yang harus kita ketahui dalam permainan bola voli adalah sistem pertandingannya.

Hal dasar yang harus diketahui oleh para pemain bola voli adalah peraturan sistem pertandinga.

Karena dengan mengetahui peraturan bola voli, maka anda tidak akan bermain sembarangan. Dan ini juga adalah salah satu langkan untuk menjadi pemain profesional.

Peraturan sistem pertandingan diantaranya adalah

A. Wasit

Ketika anda memerhatikan permainan bola basket atau sepakbola, tentu anda akan menemukan wasit dalam pertandingan tersebut. adanya wasit dalam pertandingan bertujuan agar pertandingan tersebut berjalan dengan baik dan kondusif.

Begitupun dalam pertandingan bola voli. Agar permainan ini berjalan dengan lancar dan kondusif dan tidak ada kecurangan, maka harus ada wasit.

Dan adanya wasit adalah salah satu standar peraturan sistem pertandingan bola voli.

B. Penjaga Garis dan Pencatat Skor

Selain wasi yang memimpin jalannya pertandingan bola voli, dalam sistem pertandingan ini juga harus ada 4 orang yang bertugas sebagai penjaga garis da pencatat skor.

C. Group

Pada olahraga bola voli, setiap pertandingan terdiri dari 8 tim utama. Dari 8 tim tersebut dijadikan 2 group. Sehingga dalam setiap group terdiri dari 4 tim. Setiap satu tim memiliki 10 pemain.

D. Pemain utama

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa satu tim terdiri dari 10 orang. dari 10 orang yang menjadi pemain dari suatu tim, maka hanya 6 orang yang dijadikan pemain utama atau inti.

6 pemain utama ini akan menjadi pemain di lapangan, sedangkan 4 pemain yang lainnya menjadi pemain cadangan.

E. Pergantian pemain

Khusus pergantian pemain, dalam bola voli pergantian pemain memiliki peratutan yang berbeda dengan sepakbola.

Ketika dalam sepakbola ada batas pergantian pemain saat dilapangan. Tetapi untuk bola voli pergantian pemain tidak ada batasnya. Mereka bisa bergantian sesuai keinginan pelatih.

Pergantian pemain bisa dilakkan disaat pertandingan sedang di mulai.

F. Minimal Pemain

Dalam permainan bola voli, minimal pemain yang berada dilapangan adalah 4 orang. apabila da kekurangan dalam pemain di suatu tim, maka tim tersebut dianggap kalah.

G. Anggota Pemain

Ketika dalam sebuah pertandingan ada pemain yang tidak bisa hadir karena mengikuti cabang olahraga yang lain, maka pertandingan akan di ditunda terlebih dahulu sampai pemain yang sedang bermain di cabang olahraga lain datang.

H. Kurang Pemain

Apabila dalam satu tim terjadi kekurangan pemain seperti kurang dari 4 orang, maka secara otomatis panitia berhak untuk mendiskualfikasi tim tersebut tanpa harus bermain terlebih dahulu.

I. Hak Bola

Setiap tim yang bermain bola voli di lapangan diberikan hak untuk mengontrol bola maksimal 3 kali.

J. Larangan pemain pada bola voli

Setiap pemain yang sedang bermai bola voli dilarang untuk menyentuh atau memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut.

K. Coin Toss

Ketika anda melihat pertandingan sepakbola atau bulutangkis, yang pertama dilakukan oleh wasit sebelum bermain adalah melemparkan koin yang biasa di sebut dengan Coin Toss.

Pada pertandinga bola voli juga sama, sebelum pertandingan di mulai setian captain dari tim tersebut akan di panggil dan wasit akan melakukan coin toss.

Lalu apa itu coin toss? Coin Toss adalah melemparkan koin ke udara lalu setelah itu wasit akan menangkapnya kembali dengan tangan di tutup.

Setelah itu, wasit akan menyuruh setiap captain dari tim bola voli untuk memilih gambar apa yang tampak di coin tersebut.

Bagi captain yang benar menebak coin tersebut maka tim tersebut berhak untuk menjadi tim pertama melakukan service sebagai pembuka bahwa permainan telah dimulai.

L. Service

Ketika akan melakukan service, maka salah satu pemain dari tim yang berhak melakukan service menyiapkan diri untuk melakukan service dengan ia berada di posisi luar garis lapangan.

Setelah ia berada di luar garis lapangan, maka ia berhak untuk melakukan service kepada tim lawan.

M. Aturan Service

Setelah pemain berada di luar garis lapangan, maka pemain yang melakukan service memukul bola yang dipegangnya melambbung jauh ke atas dan melewati net, sehingga bola masuk ke daerah lawan.

Apabila bola yang telah di service jatuh di tanah atau lapang daerah lawan, maka poin diberikapan kepada tim yang melakaukan service.

Apabila bola yang melambung ke atas jatuh keluar lapangan atau tanah area lawan, maka bola tersebut menjadi out dan poin didapatkan oleh tim lawan.

Dan apabila bola yang di service jatuh ke pemain lawan, maka permainan terus dilanjutkan sampai bola terjatuh di salah satu lapangan.

N. Penerima Service

Apabila bola yang telah di pukul olh salah satu pemain yang melakukan service, dan bola tersebut masuk ke daerah lawan, lalu lawan tersebut menerima bola tersebut.

Maka sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa bola yang masih hidup di atas udara bisa melanjutkan permainan sampai bola itu jatuh di daerah kawan atau lawan.

O. Passing

Sebagaimana yang telah dijelaskan di artikel yang sebelumnya, passing adalah salah satu teknik dasar yang harus di kuasai oleh pemain bola voli.

Penguasaan ini dapat menahan bola yang dipantulkan dari lawan dengan menggunakan dua lengan yang disatukan. Lalu diarahkan ke bola yang datang, lalu dipantulkan ke pemain yang lain.

Nah, passsing dilakukan saat pemain yang telah melakukan serve tadi datang kepada anda, dan anda menahan bola dengan kedua tangan tersebut.

bola yang hadir tersebut boleh kita pantulkan asal jangan di tendang kecuali dalam keadaan darurat.

P. Menang

Apabila dalam suatu pertandingan dimenangkan oleh salah satu tim dalam dua set secara berturut-turut. Maka pertandingan tidak perlu dilanjutkan ke set selanjutnya. Karena pertandingan telah dimenangkan oleh tim tersebut.

Q. Set Tambahan

Apabila dalam permainan bola voli 2 set telah berlangsung dan dari dua set tersebut tidak dimenangkan oleh anda ataupun tim lawan secara berturut-turut, maka pertandingan perlu menambah set lagi.

Dan apabila dalam pertamabahan set tersebut dimenangkan oleh salah satu tim, maka tim tersebut dinyatakan menang.

R. Hitungan poin

Dalam hitungan poin terdapat perbedaan dengan permainan bulutangkis. Pada sistem perhitungan poin di olahraga bola voli, hitungannya adalah 25 rally/poin.

Apabila kedua tim mendapatkan skor 24-24, maka akan terjadideuce. Oleh karena itu, pertandingan akan di tambah lagi dua poin. Apabila salah satu tim berhasil memasukan bola 2 poin, maka ia mendapatkan set tersebut.

Contoh,

Ada suatu pertandingan antara tim A dengan tim B. Lalu setelah mereka bertanding ternyata poin yang mereka dapatkan seri, yaitu 24-24.

Nah untuk mendapatkan set di pertandingan tersebut, maka salah satu tim harus mendapatkan 2 poin. Seperti  tim a medapat dua poin menjadi 26, maka kemenangan di ambil oleh tim A.

Akan tetapi apabila dari salah satu tim masih belum bisa mendapatkan dua poin, maka permainan terus dilajutkan sampai selisih diantara kedua timnya adalah dua poin.

T. Babak Penyisihan

Pada babak penyisihan, nilai satu pada suatu tim akan membawa kemenangan pada tim tersebut.

Jadi apabila ada dua tim atau lebih dari satu tim yang mendapatkan nilai yang sama. Maka untuk menentukan siapa yang akan menjadi posisi juara di group atau menjadi runner-up di tim tersebut dilihat dari kualitas angkat yang didapatkan oleh setiap tim.

Angka yang didapatkan oleh tim adalah angka yang telah dimainkan seblumnya oleh setiap tim di lapangan.

X. Babak time out

Saat pertanidngan selalu terjadi time out, maka time out terjadi hanya satu kali dan durasi yang didapat dalam time out adalah satu menit.

W. Bertukar lapangan

Seperti kita melihat olahraga sepakbola atau bulutangkis, pada setiap babak berakhir maka terjadi pertukaran area lapangan.

Begitupun dalam pertandingan boa voli. Apabila babak telah berakhir maka setiap tim bertukar sisi lapangan.

Y. Meminta ditukar area lapangan

Apabila babak penentu pemenang telah berlangsung atau lebih sederhanya terjadi babak ketiga dalam pertandingan, maka tim yang mendapatkan skor paling rendah boleh meminta bertuka area lapangan.

Tim yang kalah meminta bertukar lapangan kepada lawan saat angka yang didapatkan sudah mencapai 13 poin atau lebih oelh pemain lawan.

Selain peraturan sistem pertandingan yang telah disampaikan di atas, maka pemain juga harus tahu sitem perhitungan angka dalam permainan bola voli.

Perolahn angka tim lawan dimenangkan saat bola yang dipantulkan oleh lawan masuk kedalam area lapangan kita, lalu kita tidak bisa membalikan bola lagi ekapda tim lawan, sehingga bola jatuh ke tanah.

Tim lawan juga mendapatkan poin saat mereka melakukan serve dan tidak bisa pantulkan kembali ke area lapangan mereka, sehingga bola terjatuh.

#3. Peraturan Permainan

peraturan permainan

Permainan bola voli yang sebenarnya adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim atau dalam satu tim memiliki 6 orang pemain inti. Kedua tim yang bermain dilapangan saling menyusun strategi untuk memenangkan pertadingan tersebut.

Peraturan dasar bola voli yang ketiga yang dibahas dalam artikel kali ini adalah permainan bola voli.

A. Peraturan Permainan dalam Bola Voli

Dalam tim itu ada yang mengutamakan service, passing, atau smash untuk menjadikan teknik andalan mereka.

Intinya bahwa pertandingan bola voli dilakukan oleh setiap tim untuk mendapatkan nilai akhir, yaitu 25 poin. Inilah dia peraturan-peratuan yang harus diketahui.

  • Empat pemain utama dalam permainan bola voli diposisikan menjadi spiker, tosser, defender, dan libero.
  • Dalam permainan bola voli tosser diposisikan sebagai pengumpan bola yang didapatkan dari kawan lain untuk rekannya yang akan melakukan smash dan juga diposisikan sebagai pengatur jalannya permainan bola.
  • Pada permainan bola voli tugas spiker berbeda dengan tosser. Tugas utama spiker dalam olahraga ini adalah memukul bola yang diberikan oleh tosser menuju area lapangan musuh.

B. Peraturan Libero

Dan sebisa mungkin smash yang dilakukan oleh spiker tidak dapat kembali lagi atau dalam artian smash yang dilakukan oleh spiker jatuh di area tanah lawan, sehingga tim mendapatkan poin.

  • Yang bertugas menjadi pertahanan dalam permainan bola voli adalah libero. Salah satu keuntungan menjadi pemain libero adalah bisa keluar masuk lapangan. Akan tetapi mereka tidak diperkenankan untuk melakukan smash ke daerah lawan.

Jadi libero itu tugasnya adalah menahan bola dair pukulan lawan, lalu diberikan kepada tosser atau kepada teman yang terdekatnya dan tida boleh melakukan smash sekaligus.

  • Tugas defender lebih mirip dengan libero, yaitu bertahan. Akan tetapi tugas defender itu bertahan dari serangan lawan dan buka seperti libero.
  • Untuk menjadi pemain tosser yang profesional maka ia membutuhkan strategi yang baik dan kecerdasan dalam memberikan umpan agar lawan tidak bisa membaca gerakan yang dilakukan oleh spiker saat ia menerima bola dari tosser.

Apabila tosser mengambil keputusan yang salah, maka akan berakibat hilangnya poin. Tosser adalah pemain yang mengatur jalannya pertandingan. Sehingga ia harus berhati-hati dalam melakukannya.

Keputusan yang dilakukan tosser harus cepat, karena saat ia menerima bola hanya ada waktu sepersekian detik untuk memberikan umpan terbaiknya. Oleh karena itu tosser harus memiliki kecerdasan yang bagus.

#4. Peraturan Pelanggaran

peraturan permainan bola voli

Peraturan dasar terakhir yang akan dibahas pada artikel kali ini adala peraturan pelanggaran bola voli. Peraturan pelanggaran adalah peraturan yang harus diketahui oleh pemain saat bermain dilapangan.

Ketika permainan sedang berlangsung ada beberapa kesalahan atau pelanggaran dalam olahraga bola voli yang tidak boleh dilanggar oleh pemain olahraga ini.

A. Pelanggaran di Lapangan

Agar pemain bisa menghindari pelanggaran saat bertanding dilapangan, maka mari kita bahas bersama-sama, sehingga kita tidak melanggar peraturan yang telah disepakati.

  • Apabila salah satu pemain bersentuhan dengan net dengan secara sengaja atupun tida, maka tetap dianggap sebagai pelanggaran.
  • Termasuk dalam pelanggaran juga apabila ada salah satu pemain yang masuk melewati garis batas tenagh lapangan atau ia masuk ke area lapangan lawan.
  • Pemain dianggap melanggar peraturan apabila ia melempar atau menangkpa bola layaknya seperti menangkap bola basket.
  • Sebelum bola menyentuh tanah atau lantai, maka anda harus segera memantulkan bolanya.

B. Pelanggaran Smash

Begitupun saat mau melakukan smash, pastikan bola yang menghampiri anda adalah bola yang belum bersentuhan dengan lantai atau tanah.

  • Bola akan dikatakan out apabila bola tersebut keluar dari lapangan dan telah menyentuh tanah atau lantai. Apabila bola keluar lapangan akan tetapi masih bisa dipantulkan sebelum menyentuh tanah atatu lantai, maka bola tersebut masih dianggap in.
  • Pemain akan dikatakan double foults ketika ia mengenai net dua kali selama ia bermain bola voli.
  • Semua anggota tubuh sah untuk memantulkan bola yang datang pada dirinya dan juga sah untuk mencegah bola agar bola tidak terjatuh ke tanah.

Yang dilarang dalam memantukkan bola oleh tubuh adalah saat ada bola anda sengaja menendang bola dengan sekeras-kerasnya.

  • Tidak diperkenankan pemain melakukan spike dibagian atas pemain lawan.
  • Apabila serve akan dilakukan, maka dari tiap-tiap pemain dari dua tim harus berada pada posisinya masing-masing. Maksudnya adalah dua tim harus berada di dua deret ke samping.

Tiga deret pemain berada di depan dan tiga lainnya berada di posisi belakang.

  • Poin akan diberikan kepada lawan, apabila serve yang dilakukan oleh tim anda keluar dari area lapangan lawan.
  • Jika salah satu tim mengeluarkan kata-kata kasar kepada lawannya, maka tim tersebut mendapatkan pelanggaran.
  • Pemain yang tidak sopan kepada wasit juga dianggap sebagai pelanggaran.
  • Menurut peraturan bola voli, wasit akan memberikan keputusan terbaik.

Itulah dia peraturan-peraturan yang harus diketahui oleh pemain bola voli. Mudah-mudahan artikel yang saya buat kali ini bisa membantu anda dalam mencari informasi yang anda inginkan.

Salam olahraga.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com