Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket

  • 4 min read
  • Agu 27, 2021
tujuan dan manfaat permainan bola basket
M Fachrurroji
Latest posts by M Fachrurroji (see all)

Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket – Salah satu permainan olahraga di dunia yang paling populer adalah bola basket. Sebagaimana kita ketahui bahwa bola basket adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim memiliki 5 pemain inti.

Perbedaan bola basket dengan olahraga adalah bola basket tidak memiliki hak khusus seperti sepakbola. Kalau dalam sepakbola ada kiper untuk menjaga gawang. Maka dalam bola basket hal tersebut tidak ada.

Bola basket pertama kali terkenal di Amerika Serikat. Lalu setelah itu olahraga ini menjadi terkenal ke seluruh negara di dunia. Ada di benua Eropa, Asia, Afrika, Australia. Permainan ini memang sangat menarik.

Terkenalnya permainan bola basket, membuat negara mengadakan sebuah kompetisi khusus bola basket. Seperti British Basketball League [BBL] di inggris. Lalu National Basketball Association [ NBA ]. Sampai di negara kita juga ada, Indonesia Basketball League [IDL].

Apa Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket?

tujuan dan manfaat permainan bola basket

Olahraga basket adalah olahraga yang cocok untuk dimainkan di dalam atau d luar lapangan. Istilah tersebut biasa dinamakan dengan indoor dan outdoor.

Nah alasan permainan ini bisa dilakukan dimana saja, karena bola basket tidak memerlukan lapangan luas seperti sepakbola.

Selain lapangan yang tidak perlu terlalu luas, permainan ini juga relatif lebih cepat dibandingkan bola voli atau sepakbola. Sepak bola memerlukan waktu yang cukup panjang, sedangkan bola voli ditentukan oleh point yang masuk.

Nah kalau bola basket ditentukan oleh waktu yang hanya butuh 40 menit. Setiap 10 menit ada waktu untuk istirahat. Jadi bola basket memang tidak memerlukan waktu yang cukup panjang.

Penggemar bola basket tentu tidak mengenal usia. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan penggemar bola basket ini tersebar di seluruh dunia, seperti sepakbola. Maka tidak heran kalau bola basket adalah olahraga yang populer di setiap negara.

Nah untuk lebih jelasnya kenapa banyak orang yang mencintai olahraga basket ini adalah sebagai berikut.

#1. Tujuan Permainan Bola Basket

Kalau kita lihat dalam setiap olahraga yang selalu dimainkan oleh masyarakat, khususnya anak muda. Maka jelas setiap permainan bola basket memiliki tujuan dan manfaat yang sangat luas biasa.

Begitupun dengan olahraga basket. Permainan tersebut memiliki tujuan dan manfaat yang sangat luar biasa terhadap tubuh kita. Terutama dalam menjaga fisik kita agar tetap bugar.

Nah, tujuan khusus bola basket juga adalah untuk menjadikan tubuh kita sehat dan tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu, kalau kita lihat dengan seksama para pemain bola basket. Tentu mereka kuat dan badannya begitu ideal.

Selain tujuan olahraga basket adalah menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Tujuan yang lainnya pun juga adalah agar permainan ini dijadikan sebagai ajang pertandingan. Sehingga bisa mengangkat prestasi seseorang.

#2. Tujuan Bola Basket di Lapangan

Ketika berada di lapangan bola basket. Cara memenangkan permainan ini adalah dengan memasukan bola ke dalam ring yang sudah disediakan di lapangan tersebut.

Di lapangan itu terdapat dua ring yang sudah di sediakan. Ring sendiri dan ring lawan. Jadi tugas dari permainan ini adalah memasukan bola ke dalam ring lawan.

Ketika anda memasukan bola tersebut. maka nilai dari bola yang dimasukan berbeda-beda, tergantung dari arahmana anda memasukannya.

Ketika bermain bola basket, maka anda dilarang untuk memukul bola dengan telapak tanagn yang terbuka. Dilarang juga memainkan bola, menggelindingkan atau menggiring bola ke segala arah.

Di sisi lain juga, dalam permainan ini akan menjadi kemampuan dasar bagi seorang pemain bola basket. Ketika ia bisa melakukan shooting [ menembak bola ] ke dalam ring basket.

Keahlian ini adalah salah satu strategi permainan. Dan bisa memberikan hasil real terhadap timnya secara langsung dalam memenangkan pertandingan bola basket.

Kerjasama tim dalam permainan bola basket adalah yang paling utama. Karena permainan ini adalah olahraga yang memerlukan beberapa teman atau permainan beregu.

Kerjasama tim dalam sebuah klub akan menentukan kemenangan dalam permainan bola basket itu sendiri. Oleh karena itu latihlah kerja sama dalam sebuah tim untuk memenangkan pertandingan bola basket.

Bagi yang terpilih menjadi seorang kapten atau pemimpin dalam permainan ini. Maka secara tidak langsung anda dilatih untuk memiliki sikap kepemimpianan yang baik.

#3. Manfaat Bermain Bola Basket

Selain dari tujuan permanan bola basket. Ia juga memliki banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila bermain bola basket.

Manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Menjaga Ketahanan Tubuh.

Ketika kita bermain bola basket, maka secara otomtis akan membaut kita banyak gerak. Semakin banyka gerak yang kita lakukan, akan membuat kita terbiasa dalam gerakan tersbeut.

Maka dengan gerakan yang kita lakukan itu akan membuat tubuh ini kuat. Dan akan memberikan efek pada ketahanan tubuh. Semakin banyak bermain bola basket maka semakin baik ketahanan tubuh yang kita miliki.

B. Melatih otot tubuh.

Permaiann bola basket adalah permainan yang menggerakan seluruh tubuh. Baik itu kaki, kepala, tangan dan juga otot yang kita miliki. Dengan banykanya gerakan yang dilakukansaat bermain bola basket.

Maka secara otomatis akan melatih otot kita menjadi kuat. Apalagi saat melempar bola kedalam ring. Jadi olahraga ini akan melatih otot kita menjadi lebih baik.

C. Meningkatkan keterampilan motorik

Sebagaiamana pada pembahasan sebelumnya, bahwa bermain bola basket dapat menggerakan seluruh tubuh. Sehingga secara otomatis akan meningkatkan saraf motorik.

C. Menahan daya imunitas tubuh

Selan dari buah-buahan yang dapat mengoptimalkan sistem imun tubuh. Akan tetapi ketika kita bermain bola basket, maka akan meningkatkan imutias tubuh kita.

Olahraga ini akan mampu mencegah virus yang bersifat patogen dan bakteri masuk ke dalam tubuh kita.

D. Membangun koordinasi dan keseimbangan tubuh

Permainan bola basket adalah permainan yang melibatkan tangan,kaki, dan mata. Dilihat dari anggota tubuh, jelas memerlukan koordinasi yang baik antara anggota tubuh.

Semakin anda melatih keterampilan antara kaki, tangan dan mata. Maka anda akan membangun keseimbangan tubuh. Sehingga bisa melakukan permainan dengan baik dan benar.

E. Menurunkan berat badan

Salah satu langkah untuk membuat tubuh kita diet adalah olahraga basket. Olahraga ini bisa membakar kalori sekitar 700-750. Dengan adanya pembakaran kalori ini akan membuang lemak yang berlebih di dalam tubuh ini.

F. Membentuk tubuh yang ideal

Sebagaimana dalam pemabahasan sebelumnya, bahwa olahraga basket adalah olahraga yang dapat membakar kalori. Sehingga olahraga ini akan memberikan bentuk tubuh yang ideal.

G. Tubuh menjadi lebih tinggi

Manfaat ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena rata-rata pemain bola basket memiliki tubuh yang tinggi.

Olahraga basket akan membantu anda menjadi lebih tinggi karena permainan ini akan meregangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulang kaki. Sehingga dengan meregangnya otot-otot tersebut akan membuat tubh kita tinggi.

H. Menghindari osteoprosis

Bergeraknya seluruh tubuh saat bermain basket akan menghindari tubuh kita dari osteoporosis. Hal ini dikarenakan saat bermain bola basket. Maka tubuh kita akan menjadi kuat dan tulang-tulang dalam tubuh kita akan semakin membaik.

I. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Sebagaimana yang telah kita ketahui. Bahwa bermain bola basket akan melatih tubuh kita untuk mendribble, berbalik cepat, lari, melompat dan melempar bola ke dalam ring.

Dengan adanya latihan ini akan membuat pernapasan dalam tubuh kita teratur dan meningkatkan pasokan darah.

Sehingga akan mengangkut manfaat oksigen ke otot-otot. Nah dengan adanya ini, pas sekali bahwa basket meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Nah itulah dia tujuan dan manfaat bermain bola basket. Ketika anda sudah membaca tujuan dan manfaat di atas. Yakin anda tidak mau bermain basket.

Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada anda khususnya bagi yang mencintai bola basket.

Salam olahraga.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com