Jenis Kupu Kupu

  • 6 min read
  • Sep 08, 2020
jenis kupu kupu
Syakila Rahma
Latest posts by Syakila Rahma (see all)

Jenis kup kupu – Berbicara mengenai kupu kupu memang selalu menarik, apalgi bagi mereka yang senang akan keindahan. Banyak hal dan misteri yang tersimpan di balik kupu kupu, terutama kupu kupu malam hehe.

Semua orang bisa jadi sepakat, bahwa kupu kupu adalah cerminan dari peroses kesempurnaan. Bagaimana tidak, kupu kupu memiliki proses metamorfosis yang sempurna. Mulai dari telur, ulat, kepompong hingga menjadi kupu kupu yang unik.

Selain memiliki metamorfosis yang sempurna, hewan cantik dan indah  ini memiliki fakta-fakta yang mengejutkan, salah satunya adalah sayap kupu-kupu yang tidak berwarna. Kalian bisa baca artikel sebelumnya yang menjelaskan fakta unik kupu kupu, dalam artikel yang berjudul ciri-ciri kupu kupu.

Lalu apa yang akan kita bahas dalam artikel ini?

Seperti yang tertera dalam judul di atas, kita akan membahas mengenai jenis kupu-kupu tercantik dan terindah di dunia.

So, postingan ini cocok sekali bagi kamu yang suka dengan keindahan kupu kupu.

Berikut jenis dan macam kupu kupu terindah dari berbagai belahan dunia.

Jenis Kupu Kupu Terindah di Dunia

1. Blue Morpho

blue morpho

Apakah kamu pernah mendengar nama kupu kupu satu ini? menurut informasi yang didapatkan cakhasan, blue morpho merupakan kupu-kupu yang cantik dengan sayap seperti peri.

Hampir setiap orang di belahan dunia, baru pertama kali melihat kupu kupu jenis ini langsung suka, sebenarnya tidak heran juga, sebab blue morpho memiliki warna biru metalik. Menurut psikolog sendiri, warna biru disukai banyak orang di dunia.

Blue morpho memiliki sayap yang mengkilat,dengan ukuran kisaran 8 inci. Kupu kupu ini dapat ditemukan di daerah amerika tengah, selatan dan meksiko.

Nah apabila kalian ingin melihat blue morpho secara langsung bisa datang atau berkunjung ke taman-taman kupu kupu di Amerika. Karena di Amerika sana biasanya banyak terdapat taman kupu kupu.

2. Monarch Buterfly

monarch butterfly

Sekilas monarch buterfly seperti jenis kupu kupu yang banyak berkeliaran di Indonesia, akan tetapi kupu kupu ini memimiliki habitat asli di Amerika Utara.

Amerika Utara sendiri sekan menjadi rumah bagi karya seni menakjubkan ini, termasuk monarch buterfly. Kupu kupu ini tidak memiliki ukuran yang terlalu besar, hanya sekitaran 4 inci saja.

Perpaduan warna hitam, putih dan coklat menjadikan monarc buterfly tidak terlalu mencolok dari segi warna. Namun tetap indah, karena memiliki corak yang unik dan tidak biasa.

Lagi-lagi jika kita ingin melihat monarch buterfly harus menyembarang benua ya.

3. Australian Painted Lady

australian painted butterfly

Namanya cukup mewah bagi seekor kupu kupu, entah siapa yang memberikan nama tersebut. Namanya yang bagus berbanding lurus dengan bentu dan corak yang indah. Sehingga sangat wajar sekali mendapatkan nama tersebut.

Sesuai namanya, kupu kupu ini berasal dari Australia. Jika kalian menganggap di Australia tidak ada kupu kupu tentu kesalahan besar, terbukti dengan adanya jenis kupu kupu ini.

Selain terdapat di Australia, kupu kupu jenis ini bisa ditemukan di New Zealand. Bagaimana minat untuk berburu Aaustralian painted lady.

Ada yang menarik dari mahluk bercorak indah ini, dimana pada musim tertentu melakukan migrasi skala besar dari bagian utara ke daerah selatan seperti Quensland.

Hal unik ini memberikan pemandangan yang indah dan memberikan pemandangan berbeda di langit Australia.

4. Purple Spotted Swallowtail

purple spotted swallowtail

Kupu kupu ini memiliki bentuk sayap yang indah, dimana bagian atas sayap memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran sayap bawah.

Sayap bawah sendiri memiliki bentuk runcing dibagian ujungnya.

Seperti namanya, purple spotted swallowtail memiliki arti bagian warna ungu dan sayap seperti ekor. Warnanya memang jelas sekali terlihat indah dengan warna ungu di bagian tengah sayap.

Namun sayangnya jenis kupu kupu purple spotted swallowtail sudah langkah atau bisa dibilang hampir punah.

purple spotted swallowtail hanya dapat ditemukan di Papua Nugini dan merupakan jenis kupu kupu yang sangat langka.

5. Red Lacewing Buterfly

red lacewing butterfly

Kupu kupu yang berasal dari daerah philifina ini memiliki bentuk seperti kupu kubu besar di Indonesia, dengan warna sayap bagian tengah merah bata.

Nah yang menjadikan unik red lacewing buterfly memiliki sayap yang berenda. Tentu sangat jarang sekali kita menemukan kupu kupu semacam ini.

Kupu kupu ini dapat dengan mudah ditemukan seperti di India, Nepal dan termasuk di Indonesia.

Jadi kalian tidak perlu jauh-jauh ke India atau Nepal hanya untuk sekedar mencari jenis kupu kupu ini, sebab di Indonesia juga ada. Kecuali niatnya sekalian untuk liburan.

Saya rasa dengan bentuk yang indah nan cantik, serta corak yang begitu abstrak, red lacewing buterfly bisa dinobatkan sebuah karya seni alam.

6. Leopard Lacewing

leopard lacewing

Kalian sendiri pasti sudah bisa nebak, keluarga dari kupu kupu ini adalah lacewing. kenapa disebut dengan leopard lacewing?

Jawaban paling mendekati kebenarannya ialah disebabkan corak kupu kupu yang menyerupai seekor leopard.

Leopard lacewing dapat ditemukan di China, Malaysia dan Singapura.

Corak dan warna yang tertata rapih, sekaan memperjelas kecantikan leopard lacewing.

Jika kalian ingin memeliharanya, mungkin bisa berburu kupu kupu ke Singapura atau Malaysia ya hehe.

7. Peacock Buterfly

peacock butterfly

Jenis kupu kupu satu ini berasal dari dararan Eropa. Meski Eropa sendiri adalah benua yang memiliki banyak habitat kupu kupu, namun jenis peacock buterfly merupakan kupu kupu palling indah diantara yang lainnya.

Memiliki bentuk yang terlihat lebih lebar serta corak warna yang tersusun rapih dari atas sayap. Perpaduan warna cokelat putih dan abu menjadikan peacock buterfly terlihat menawan saat hinggap di atas bunga.

8. Zebra Longwing

zebra longwing

Zebra lowling memiliki lebar yang tidak biasa, dapat dikatakan di atas rata-rata. Namanya sendiri diambil dari hewan Zebra, sebab memiliki corak yang serupa dengan Zebra.

Zebra lowling ditemukan pertama kali di daerah Florida Amerika Serikat pada tahun 1996.

Jenis kupu kupu ini sangat senang sekali bergerombol, mulai dari bermain, makan, hingga terbang bersama. Karena kekompakannya ini, maka zebra lowling bisa dinobatkan sebagai kupu kupu sosialita.

Jangan salah, saat ini zebra longwing buterfly telah ada di negara-negara di Amerika Selatan, dan kebanyakan dari masyarakatnya menyukai hewan cantik ini.

Selain indah dan cantik, zebra longwing dapat membunyikan suara berderit saat mereka dalam keadaan terancam.

Tentu hal ini menjadi sebuah pertanda bagi kawanan mereka. Hal ini sangat unik, sebab jarang sekali kupu kupu memiliki suara berderit tatkala dalam kondisi seperti itu.

Fakta unik selanjutnya, ternyata zebra longwing merupakan satu-satunya kupu kupu besar yang memakan serbuk sari bunga. Menurut ilmuan hal itu dapat memperpanjang usia longwing.

9. Emerald Swallowtail

emerald swalowtail

Kupu kupu keluarga swallowtail ini memiliki bentuk yang rupawan, dengan warna glowing. Bisa jadi jenis emeral merupakan kupu kupu terindah dalam keluarga swallowtail. Perlu kalian tahu, bahwa jenis kupu kupu swallowtail sendiri memiliki 550 jenis, dan diantaranya adalah emerald.

Warna yang indah membuat setiap orang yang melihatnya merasa nyaman, warna hijaunya menyejukan pandangan.

Sayapnya yang lebar dengan warna hijau seakan-akan bersinar terang. Rasanya kita perlu mengakui bahwa jenis kupu kupu satu ini adalah kupu kupu paling indah.

Habitatnya sendiri berada di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, jadi jika kalian berniat berburu kupu kupu ini bisa di negara sendiri tak perlu jauh-jauh pergi ke Malaysia atau Singapura ya.

10. Appolo Buterfly

jenis kupu kupu appolo butterfly

Namanya keren banget ya gaess, apollo buterfly, malah serasa nama roket, pesawat atau bahkan robot. Jenis kupu kupu ini sangat mudah sekali dikenali sebab memiliki warna yang berbeda dengan yang lainnya, yaitu berwarna putih dengan lingkaran merah bagian tengah kedua sayapnya.

Namun jangan seneng dulu gaess, meskipun kupu kupu satu ini terlihat indah, akan tetapi keberadaannya sudah jarang. Appolo buterfly hanya dapat dijumpai di Prancis, Spanyol dan Italia, itupun hanya di daerah tertentu saja.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, appolo buterfly memiliki warna putiih dan lingkaran merah dikedua sayapnya, tentusaja hal ini menjadi daya tarik sendiri. Sebab sangat jarang jenis kupu kupu yang memiliki warna yang unik sama dengan appolo buterfly.

Keunikan lainnya yaitu, appolo buterfly dapat mengeluarkan bau busuk saat sedang terancam, tentu saja hal ini sebagai tindakan pertahanan diri yang dilakukan.

Sayangnya kupu kupu ini terancam punah, dan sekang populasinya sudah sangat sedikit sekali.

11. Glasswinged Butterfly

jenis kupu kupu glasswinged

Keunikan glasswinged butterfly terletak pada sayapnya yang transparan, makanya kenapa kupu kupu ini disebut dengan glasswinged buterfly.

Meski sebenarnya, jika kita merujuk kepada morfologi kupu kupu, memang kupu kupu sendiri memiliki sayap yang transparan. Akan tetapi mengapa terlihat memiliki warna, itu diakibatkan dari bulu-bulu halus sekitaran sayap.

Beda halnya dengan jenis kupu kupu ini, memiliki sayap transparan dalam arti sesungguhnya. Jika dilihat dengan saksama, sayap yang dimiliki glasswinged mirip plastik atau bahkan kaca. Dimana dikelilingi frame dengan warna orange yang indah, serta garis hitam pada bagian tengah.

12. Eighty Eight

jenis kupu kupu Eighty Eight

Namanya sendiri diambil dari corak sayap yang memiliki angka 88. kupu kupu dengan warna putih ini terlihat lucu dan bisa dikatakan fantastis, sebab jarang sekali ada kupu kupu memili corak menyeruapai huruf atau angka. Mungkin bisa jadi hanya satu-satunya di dunia.

Kupu kupu yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah ini memiliki 12 spesies dengan warna yang beragam (Hasil publikasi penelitian). Tentu saja jika diperhatikan, kupu kupu ini terlihat begitu artistik dengan corak hampir yang sempurna.

Sedangkan untung sepesies lainnya yang masih satu jenis, perbedaan hanya terdapat pada warna saja. Sedangkan untuk corak sama.

Habitat favorit mereka ialah sungai dan tempat-tempat dekat dengan pemukiman. Mereka selalu terliaht berkelompok minimal dengan jumlah 3 kupu kupu.

Namun dalam beberapa kesempatan kita akan temukan mereka berkelompok dalam jumlah yang begitu besar, bisa jadi dalam rangka melakukan migrasi.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai jenis kupu kupu yang dapat saya bagikan, semoga menjadi wawasan serta pengetahuan bagi kita semua.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan kekayaan alam yang luar biasa termasuk didalamnya kekayaan flora dan fauna, dan semoga kita dapat menjaga kekayaan ala tersebut dengan baik.

Sebab tidak menutup kemungkinan dikemudian hari ditemukan jeni kupu kupu indah di Indonesia.

Terimakasih

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com