Kata Kata Bijak Bahasa Batak

  • 9 min read
  • Jul 01, 2020
batak
Ruru Ruhama
Latest posts by Ruru Ruhama (see all)

Guratgarut.com – Hampir setiap wilayah atau suku di Indonesia memiliki yang namanya kata kata bijak atau kata mutiara, begitupun dengan Suku Batak. Barangkali kita tidak terlalu familiar dengan kata kata bijak Bahasa Batak, namun tidak ada salahnya untuk mengenalnya.

Batak sendiri merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia, wilayah utamanya meliputi Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya.

Suku Batak terkenal dengan cara bicaranya yang khas dan lantang, maka tidaklah heran apabila Suku Batak sangat cocok berprofesi sebagai pengacara atau ahli hukum.

Berbicara soal kata mutiara atau kata kata bijak dalam Bahasa Batak, banyak hal yang dapat kita pelajari di dalamnya. Sebab hampir setiap katanya mengandung arti mendalam tentang kehidupan.

Berikut akan kami sajikan kata kata bijak atau kata mutiara dalam Bahasa Batak dengan lengkap.

Sekilas Tentang Suku Batak

kata kata bijak bahasa batak, suku batak

Batak merupakan salah satu suku terbesar yang ada di Indonesia. Suku ini mendiami sebagian Wilayah Pantai Barat dan Timur Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Beberapa suku yang dikategorikan sebagai Batak adalah;

  • Karo
  • Pakpak
  • Toba
  • Angkola
  • Simalungun
  • Mandailing

Sehingga sebetulnya tidak ada yang disebut Bahasa Batak, yang ada ialah hanya bahasa-bahasa dari daerah di atas.

Masyarakat modern tersebar hampir di seluruh Wilayah Indonesia, daerah yang paling banyak dihuni secara berturut turut ialah.

  • Sumatera Utara
  • Riau
  • Jawa Barat
  • Jakarta
  • Sumatera Barat
  • Kepulauan Riau
  • Aceh
  • dll

Selain itu, Batak juga banyak menelurkan tohoh nasional dan public figure, beberapa tokoh diantaranya.

NoToKoh Batak
1Si Singa Mangaraja XII
2Amir Sjariefoedin
3Abdul Haris Nasution
4Burhanudin Harahap
5T.B Simatupang
6Adnan Buyung Nasution
7Sitor Situmorang
8D.I Pandjatan
9Ferdinand Lumban Tobing
10Tifatul Sembiring

Selain tokoh di atas, tentu masih banyak tokoh lain, baik itu Politisi, Aktor, Pakar Hukum dll. Salah satunya adalah chairul Tanjung pemilik Trans Media.

Kata kata bijak lain:
~ Kata kata bijak Bahasa Inggris
~ Kata kata bijak Bahasa Korea

Ucapan Salam Khas Batak

salam khas batak

Tiap-tiap suku di Batak memiliki ucapan atau ungkapan salam masing-masing. Mungkin diantara kita  hanya mengenal “Horas” saja.

Padahal masing-masing suku di Batak memiliki salam khas masing-masing, berikut salamnya.

  • Njuah-juah Mo Banta Karina! (pakpak).
  • Mejuah-juah Kita Krina (Karo).
  • Horas Jala Gabe Ma Di Hita Saluhutna! (Toba).
  • Horas banta Haganupan, Salam Habonaran Do Bona! (Simalungun).
  • Horas Tondi Madingin Pir Ma Tondi Matogu, Sayur Matua Bulung! (Mandailing & Angkola).

Semua ucapan salam di atas memiliki arti kurang lebih sebagai berikut.

kiranya kita semua dalam keadaan selamat…sejahtera.

Kata Kata Bijak Bahasa Batak dan Artinya

kata kata bijak bahasa batak

Berikut ini merupakan kumpulan kata bijak atau mutiara dalam Bahasa Batak yang disertai dengan maknanya. Setiap kata memiliki makna yang sangat bagus untuk kita renungkan.

Bahenma Dirimu Songon Laut Naluas

Bahenma dirimu songon laut naluas , manang songon dia pe masalah naroh tungolumu, jalo ma dohot roha naserep dohot iman na gogo

Artinya : Ketika menghadapi masalah apapun dalam kehidupan ini maka terimalah dengan hati yang sabar dan iman yang kuat.

Kehidupan tidak akan terlepas dari 2 hal, yaitu kebahagian atau kesenangan dan masalah. Saat senang maka hendaknya kita dapat bersyukur, sebab tiada lain dan tiada bukan itu semua merupakan pemberian dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Kemudian sebaliknya disaat ditimpa ujian hendaknya dan bersabar dengan iman yang kuat, bahwasannya ujian tersebut akan menjadikan lebih baik di masa yang akan datang.

Hal-hal tersebut harus dipercayai dengan sepenuh hati, sehingga dengan demikian akan menjadi lebih bahagia, Bukankan kata orng bijak, bahwa beratnya sebuah masalah tergantung hati.

Masalah itu ibarat garam, sedang hati adalah air. Jika se-sendok garam dimasukan ke dalam air segelas maka akan terasa asin, namun apabila se-sendok garam dimasukan ke dalam Danau yang laus, asinnya garam tidak akan terasa.

Barangkali seperti itulah analogi antara untuk masalah dan hati, seperti garam dan air yang ada dalam gelas dan Danau.

Jolma Na Tarbereng Sonang Dijoloni Natorop

Jolma na tarbereng sonang dijoloni natorop ,dang tentu jolma naso adong masalahna , alai ima jolma na tanggis disihabunian.

Artinya : Orang yang bahagia didepan orang banyak , bukanlah orang yang tidak punya masalah tetapi dialah orang yang menangis dikala orang tidak ada.

Adakah orang semacam ini?

Tentu saja ada, bahkan banyak. Bisa jadi termasuk saya ataupun kalian seperti ini juga. Ketika berada di depan orang banyak terlihat bahagia, senyumnya mekar nan indah. Akan tetapi dikala orang tidak ada ialah mengangis.

Kemudian apakah hal seperti ini baik?

Menurut saya tentu baik, bukankan kita tidak diperkenankan untuk menunjukan masalah di hadapan orang lain, takunya mereka malah terbawa suasana ikut larut dengan masalah yang dihadapi.

Unang Ma Bahen Dirimu Tudoshon Tu Eme Namasak

Unang ma bahen dirimu tudoshon tu eme namasak digagat ursa inamasa ima ni ula. Lao jolma marsikkola dohot iba marsikola.

Artinya : Jangan membuat dirimu seperti padi yang siap dipanen dimakan rusa yang apa yang dikerjakan orang pada saat itu dikerjakan. Orang pergi sekolah ikut diri untuk sekolah.

Kata bijak Bahasa Batak ini pada intinya ingin memberikan pesan kepada kita semua, bahwa hidup itu jangan terbawa arus atau hanya ikut-ikutan saja.

Dalam hal ini harus memiliki pendrian yang kokoh (idealism), sehingga pada akhirnya menjadi manusia paripurna yang dapat bermanfaat bagi lingkungan dan banyak orang.

Coba bayangkan, bagaimana mau menjadi seorang yang paripurna, tatkala tidak memiliki sikap dan kehendak, mengikuti orang lain tanpa arah dan tujuan.

Hal ini sangat berkaitan erat dengan sikap dan visi atau cara pandang, mengapa demikian? Karena seorang yang memiliki visi tidak akan melakukan sesuatu hanya ikut-ikutan.

Tumagon Mangolu Pogos Ale Dihormati

Tumagon mangolu pogos ale dihormati dari pada mamora alai tarhina

Artinya : Lebih baik hidup miskin tetapi terhomat dari pada kaya tetapi terhina.

Kata mutiara di atas bukan hanya terdapat dalam Bahasa batak saja, melainkan hampir ada dalam kata kata bijak setiap daerah di Indonesia. sebut saja dalam kata kata bijak Bahasa Minang ataupun Melayu.

Benarkah demikian, lebih baik hidup miskin tetapi terhormat dari pada kaya namun terhina. Kata kata ini sebetulnya sangat dalam, tidak dapat dibaca begitu saja dan memahami makna sesungguhnya.

Apabila dilihat pada kehidupan nyata, rasanya hanya sedikit sekali orang kaya yang terhina, tapi sebaliknya orang miskin banyak yang terhina (di sisi manusia).

Apalagi pada jaman sekarang, apapun serba memerlukan uang. Hal ini tentu bukan lagi rahasia, bayangkan ingin pergi ke wc umum saja untuk buang air dibutuhka uang.

Meskippun tidak dapat dipungkiri yang namanya kehormatan di atas segalanya, bahkan lebih dari kekayaan. Tapi alangkah baiknya kaya raya dan terhormat.

Unang Patudoshon Dirimu To Me Nalupangon

Unang patudoshon dirimu to eme nalupangon, nadiparmudu mudu alai alai hona bolongkon.

Artinya : Jangan jadikan dirimu seperti padi yang kosong, yang dipelihara dan akhirnya akan terbuang.

Sebuah kata yang sangat penuh makna, saya yakin kalianpun paham dengan makna dan arti dari kata bijak Bahasa Batak ini.

Dimana sebagai manusia, tidak boleh seperti padi kosong yang terbuang, padahal telah dirawat dan tumbuh sekian lama. Baiknya menjadi seorang manusia seperti padi berisi, artinya mendatangkan manfaat untuk sesama.

Bukankah menurut Islam sendiri “sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat untuk yang lainnya”.

Bahkan saya kira setiap Agama menganjurkan hal ini bagi penganutnya, sebab kebermanfaatan ini adalah nilai tertinggi dalam kehidupan.

Jolma Na Burju Marroha

Jolma na burju marroha ima jolma na maila pambahenan dang songon nadidokna

Artinya : Orang yang baik hatinya adalah orang yang malu jika perbuatannya tidak sesuai dengan perkataanya.

Setiap orang meyakini bahwa jujur merupakan sifat yang baik. Bahkan akhir-akhir ini kita sedikit krisis orang-orang jujur, terutama untuk mereka yang duduk di Pemerintahan, baik eksekutif ataupun legislatif.

Buktinya sangat banyak sekali Pejabat yang dijebloskan ke Rumah Tahanan akibat perbuatan tidak jujur seperti korupsi.

Kata kata Batak ini seolah memberi tahu kepada orang, bahwa komponen untuk menjadi orang baik salah satunya adalah jujur, dimana dalam hal ini antara perkataan dan perbuatan benar-benar selaras.

Bahkan Islam menginformasikan, bahwa orang yang perkataan dan perbuatannya tidak selaras disebut dengan orang munafik.

Sabarmaho Disasude Gulmit Ni Ngolumu

Sabarmaho disasude gulmit ni ngolumu , alai na paling petting ima bersabar dohot emosi na adong didirim.

Artinya : Bersabarlah dalam kesakitan dalam hidup, tetapi yang paling penting bersabar dengan emosi diri sendiri.

Sabar adalah kunci segala hal, termasuk di dalamnya untuk sukses. Sabar dalam menghadipi ujian hidup, sabar dalam menjalani hidup, sabar dalam membantu orang lain dan sabar-sabar dalam hal lainnya.

Dalam kata Batak di atas sabar yang terpenting ialah dalam menahan emosi diri sendiri, mengapa demikian? karena saat tidak sabar dalam menahan emosi diri sendiri sudah dipastikan banyak orang lain yang tekena efeknya, termasuk menyakiti.

Menurut Islam, sabar bahkan dijadikan sebagai perintah, artinya seorang Muslim sat bersabar akan mendapatkan sebuah pahala.

Kitab suci Al-Qur’an memberitahukan kepada kita untuk menjadikan solat dan sabar sebagai penolong. Jadi jelaslah bagi seorang Muslim sabar merupakan keharusan.

Unang Hosom Roham Tujolma Nahasea

Unang hosom roham tujolma nahasea, ala dang taboto aha na dikorbanhon lao mencapai hasonangon i.

Artinya : Jangan engkau iri dengan orang yang berhasil karena kita tidak tau apa yang telah dikorbankannya untuk mencapai kebahagiaan itu.

Iri adalah sebuah sifat buruk yang menghntaui setiap manusia, bahkan sifat ini digolongkan ke dalam penyakit hati.

Kok bisa jadi penyakit hati?

Iya, sebab merupakan sebuah gangguan yang dapat memperburuk kondisi jiwa atau kejiwaan. Bagaimana tidak ketika orang lain misal mendapat kesenangan dan kebahagian, maka sifat ini akan langsung muncul.

Bukan tidak mungkin akhirnya menjadi seorang yang tidak suka dengan orang yang bahagia, kemudian senang ketika orng lain mendapatkan masalah

Sahabat saya pernah berkata, orang yang iri hatinya telah mendarah daging ia sedih melihat sesama senang, dan bahagia melihat sesama susah.

Semoga kita dijauhkan dari sifat iri hati ini, dijaga dan terpelihara, sehingga hati kit semua benar-benar baik.

Salah satu cara untuk mengikis iri hati bisa dengan mengingat perjuangan orang yang telah sukses, jangan sampai hanya dilihat hasilnya saja, hal ini sejalan dengan kata kata bijak bahaha Batak atau Medan di atas.

Risi Risi Hata Ni Jolma , Lamot Lamot Hata Nibegu

Risi risi hata ni jolma , lamot lamot hata nibegu, dibahen i unang maho makkaporseai hata ni jolma na tabo dibege ni pinggol.

Artinya : Ucapan manusia kasar tetapi ucapan setan begitu lembut, maka dari itu jangan kita percaya dengan omongon yang hanya enak didengar telinga.

Kira-kira apa yang dapat kalian simpulkan dari kata mutiara Barak di atas?

Apabila dijabarkan dari kata kata Batak di atas ialah tidak boleh terpengaruh dengan ucapan yang lembut, tentu harus dapat melihat tujuan dari ucapan itu, apakah mengarah kepada hal yang baik atau sebaliknya.

Sebab tidak sebuah yang baik diucapkan lembut, dan tidak semua juga hal yang buruk diucapkan dengan kasar. Maka di sini yang menjadi analogi ialah setan.

Sebagaimana kita ketahui setan membujuk manusia dalam hal ini Nabi Adam dengan perkataan lembut, sehingga yang akhirnya menyebabkan berbuat dosa.

Suatu ucapan atau perkataan yang benar itu tidak hanya enak didengar, melainkan masuk akal dan tidak berlawanan dengan perasaan atau hati.

Jolo Nidilat Bibir Asa Nidok Hata

Jolo nidilat bibir asa nidok hata, asa unang haccit rohani donganmu.

Artinya : Kalau mau ngomong dipikirkan dulu supaya tidak sakit hati kawanmu.

Selain tindakan, sesuatu yang tidak kalah harus diperhatikan ialah perkataan atau ucapan. Ucapan itu ibar dua mata pisau, dapat menjadi kebaikan dan dapat pula menjadi sebuah keburukan.

Buruk dan baiknya tergantung si empunya bagaimana menggunakannya. Apabila digunakan dengan baik maka akan menjadi sesuatu yang baik, dan apabila digunakan untuk hal buruk, maka hasilnyapun akan buruk.

Agar tidak menjadi sesuatu yang buruk dan meyakiti perasaan orang lain, hendaknya setiap ucapan diperhatikan dan dipikirkan.

Hagagalon Dibahen Dua Hal

Hagagalon dibahen dua hal, ima jolma namarpikkir ale dang mangulahon dohot jolma namngulahon alai dang jolo marpikkir.

Artinya : Kegagalan disebabkan dua hal , yakni orang yang berpikir tetapi tidak berbuat dan orang yang berbuat tetapi tidak berfikir.

Kata mutiara dari Batak ini bagus dikutif oleh kalian yang berencana menjadi Pengusaha. Sebab biasanya orang-orang yang terjun pertamakali dalam dunia bisnis, mereka lebih banyak berpikir ketimbang eksekusinya, sebab penuh pertimbangan dan perencanaan-perencanaan.

Kemudian di sisi lain terdapat pula orang yang melakukan sesuatu tanpa dipikirkan terlebih dahulu, baik itu manfaat atau resikonya.

Ke-dua hal ini jelaslah keliru, sebab dalam kata-kata di atas disebutkan menjadi faktor dari kegagalan. Maka sebaiknya diseimbanngkan dan diselaraskan.

Unang Bandingkon Jolma Namakkaholongi Ho Dohot Jolma Na Maninggalhonho

Unang bandingkon jolma namakkaholongi ho dohot jolma na maninggalhonho, ala dang diboto ho usaha na dibahenna mambahen las rohamu.

Artinya : Jangan bandingkan orang yang menyayangimu dengan orang yang meninggalkanmu karena kau tidak tau usahanya untuk membuat kau bahagia.

Membandingkan seseorang yang menyayangimu dengan orang yang meninggalkanmu adalah sebuah kebodohan. Sebab ke-duanya tidaklah sederajat, maka tidaklah pantas untuk dibandingkan.

Terlepas dari itu semua, kita juga tidaklah tau usaha dari tiap-tiap orang, baik itu yang menyayangi maupun yang meninggalkan.

Hal paling bijak yang dapt kita lakukan ialah dengan cara menghargai tiap-tiap usaha mereka, minimal dengan mendoakan yang terbaik untuk ke-duanya.

Hatahon Ma Dohot Roha Nadenggan

Hatahon ma dohot roha nadenggan , dohot pambahenon na denggan, ala aha nadidokmu ima kacca ni dirim.

Artinya : Berbicaralah menggunakan hati disertai perbuatan yang baik karena apa yang kamu katakan adalah cerminan dirimu.

Pernahkah kalian mendengar perkataan adalah cerminan dari diri. Nah kata kata bijak Bahasa Batak ini memberikan pesan yang sama.

Dimana dalam berbicara atau berkata kita harus menggunakan hati, agar tidak menyakiti perasaan orang lain. Dari situ juga orang lain dapat melihat karakter kita yang sesungguhnya.

Marnipima Satimbo Ni Timbona

Marnipima satimbo ni timbona , ale parjoloma ulahon na denggan na jonok.

Artinya : Bermimpilah setinggi tingginya tetapi kerjakan lah hal baik yang terdekat.

Setiap orang yang hidup sudah dipastikan memiliki mimpi, sekalipun mereka yang sakit, minpinya adalah untuk sembuh.

Namun janganlah lupa, tatkala memiliki impian yang tinggi, jangan sampai kita melupakan apa yang harus dikerjakan dalam waktu dekat.

Sebab tidak jarang kita menemukan orang-orang dengan impian tinggi, namun melupakan apa yang harus dikerjakan pada hari ini.

Jatah Gagalmu

Sasittongna , molo dipahabisho jatah gagalmu, olo dang olo ho ikkon hasea.

Artinya : Sesungguhnya jika engkau menghabiskan jatah gagalmu , mau tidak mau kau akan berhasil.

Ada yang percaya akan hal ini? Barangkali kata kata ini bisa kita temui tidak hanya dalam Bahasa Batak, namun bahasa-bahasa lain, termasuk Bahasa Indonesia.

Kata kata bijak ini sesungguhnya menjadi pengingat bagi saya, sebab hingga saat ini saya masih berusaha dan belajar sebisa mungkin untuk menjadi seorang Praktisi SEO.

Sebenaranya seringkali merasa gagal, jatuh berulang kali, diremehkan, disepelekan bahkan merasa tidak percaya diri dengan kemampuan diri sendiri.

Namun saya sadar harus terus bangkit, biarpun merasa gagal, sebab saya amat yakin dengan izinnya, soal sukses tinggal menunggu waktu (Insya Allah).

Hatuluson I Dang Na Di Paboahon

Hatuluson i dang na di paboahon alai pambahenan dibahenna naso mangharaphon balason.

Artinya : ketulusan itu tidak diberitahu tetapi perbuatan yang dipraktekkan tanpa mengharapkan balasan.

Berbicara soal tulus dan ikhlas, hal ini mungkin sulit untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Hanya merekalah yang memiliki hati murni yang dapat melakukannya, semoga termasuk kita di dalamnya.

Ketulusan sendiri tidak muncul melalui kata kata melainkan perbuatan. Bahkan apabila ketulusan diungkapkan maka itu bukanlah tulus.

Aek Godang , Aek Laut

Aek godang , aek laut, dos ni roha sibahen na saut.

Artinya : Air sungai air laut , kesepakatan yang membuat jadi.

Jujur saja saya baru mendengar kata kata dalam bahasa Medan atau Batak ini. Apabila kita perhatikan intinya berbicara mengenai kesepakatan.

Apabila diperhatikan dengan seksama, maka kata-kata ini lebih mirip dengan pantun barangkali. Entahlah hanya penulisnya sndiri yang mengetahui ini.

Dang Boe Mambahen Jolma Sonang

Dang boe mambahen jolma sonang, unang susahi rohana.

Artinya : Tidak bisa membuat orang bahagia , paling tidak jangan susahi hatinya.

Barangkali kata di atas dapat dijadikan renungan bagi kita, dimana apabila kita belum dapat membuat orang lain bahagia, setidaknya tidak membuat hati mereka susah.

Hal ini berlaku untuk siapa saja, termasuk ke pada orang tua, keluarga, teman, kerabat bahkan sikap kita di lingkungan masyarakat.

Penutup

Kita dapat mengambil banyak pelajaran dari kata kata bijak Bahasa Batak ini. Tentu terkadang kita memerlukan kata seperti ini sebagai bahan renungan untuk memperbaiki hidup lebih baik.

Kalian juga dapat membaca tentang kata kata bijak dalam Bahasa Jawa pada tulisan sebelumnya.

Semoga dengan membaca tulisan ini, menjadi pribadi yang lebih baik, berguna untuk banyak orang.

Catatan:

Semua gambar yang ada dalam artikel ini dapat kalian download untuk dijadikan sebagai status WA ataupun story Instagram

Post Terkait :

4 thoughts on “Kata Kata Bijak Bahasa Batak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com