Kata kata Habiburrahman EL Shirazy

  • 6 min read
  • Mei 31, 2020
kang abik
Ruru Ruhama
Latest posts by Ruru Ruhama (see all)

Sebuah catatan kecil tentang kata kata Habiburrahman EL Shirazy, dikumpulkan dan diringkas dari berbagai sumber, termasuk buku-buku beliau.


Guratgarut.com – Siapa sih yang gak kenal dengan sosok yang satu ini? Namanya yang sudah terkenal dan novelnya yang sudah mendunia bahkan beberapa novelnya sukses difilmkan.

Kata-kata bijak beliau juga kerap menjadi pajangan yang menghiasi status para remaja, bagi yang belum tahu akan kami sediakan sekilas kata-kata bijak dari Kang Abik.

Sudah seberapa kenal dengan sosok Habiburrahman yang biasa dipanggil Kang Abik ini? Yuk, kita baca sekilas profil beliau.

Sosok Habiburrahman EL Shirazy

Habiburrahman EL Shirazy
NamaHabiburrahman El Shirazy
LahirSemarang, Jawa Tengah, 30 September 1976
Nama PenaKang Abik
PekerjaanSutradara, Da’i, Novelis, Sastrawan

Habiburrahman El Shirazy merupakan seorang penulis novel yang karya-karyanya sudah mendunia.

Karya yang paling terkenal dari beliau adalah ayat-ayat cinta yang sekaligus diangkat menjadi film layar lebar.

Selain menjadi novelis, beliau juga seorang dai dan penyair. Beliau lahir pada tanggal 30 September 1976 di Semarang, jawa Tengah. Habiburrahman El Shirazy ini lebih dikenal dengan panggilan Kang Abik.

Karya-karya Kang Abik

buku Habiburrahman EL Shirazy

Nama Kang Ebik mulai melambung ketika novel-novelnya mulai terbit, diantaranya:

  • Ayat-ayat Cinta, dan sukses difilmkan pada tahun 2004.
  • Di Atas Sajadah Cinta, sukses menjadi sinetron Trans TV tahun 2004
  • Ketika Cinta Berbuah surga, pada tahun 2005
  • Pudarnya Pesona Cleopatra, tahun 2005
  • Ketika Cinta Bertasbih seri 1, pada tahun 2007
  • Ketika Cinta Bertasbih seri 2, pada Desember 2007
  • Dalam Mihrab Cinta, tahun 2007
  • dan saat ini beliau sedang menyelesaikan novel Langit Makkah Berwarna Merah, Bidadari Bermata Bening, dan Bulan madu di Yerussalem

Pendidikan Kang Abik

Kang Ebik memulai pendidikan menengahnya di MTs Futuhiyyah 1 Mranggen, Demak. Tahun 1992 beliau belajar di Madrasah Aliyah Program Khusus di Surakarta.

Selanjutnya memulai kuliah di Fakultas Ushuluddun, jurusan hadits Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dan selesai pada tahun 1999.

Selanjutnya beliau lulus Postgraduate Diploma S2 di The Institut for Islamic Studies di Kairo pada tahun 2001.

Kata Kata Bijak Habiburrahman EL Shirazy

Dalam beberapa  novel yang ditulisnya terdapat banyak kata-kata bijak yang dapat mengispirasi pembaca. Berikut kami sajikan beberapa kata-kata bijak dari Habiburrahman.

A. Kata Kata Habiburrahman EL Shirazy Tentang Cinta

kata kata habibburahman el shirazy, kata kata kang abik
Quotes Habiburrahman El Shirazy oleh berkata.net

1. Cinta dan Ingin memiliki tidak sama

Aku baru menyadari bahwa antara cinta dan rasa ingin memiliki itu tidak sama

Cinta adalah perasaan suka sekali, sayang terhadap seseorang. Terkadang cinta siap mengorbankan segalanya, bahkan nyawa sekalipun. Cinta tak pandang bulu dan waktu bahkan balasan, karena ia mengandung ketulusan.

Berbeda dengan rasa ingin memiliki, rela berkorban dengan harapan tujuan akan tercapai. Tak menghiraukan apa yang akan terjadi asal ia bisa memiliki apa yang ia inginkan.

Cinta akan merasa bahagia bila melihat apa yang ia cinta bahagia pula, meskipun bukan karenanya. Tapi rasa ingin memiliki mengandung makna memaksakan kehendak.

2. Mencintai makhluk sangat berpeluang mengalami kehilangan

Benar, mencintai makhluk itu sangat berpeluang mengalami kehilangan. Kebersamaan bersama makhluk juga berpeluang mengalami perpisahan. Hanya cinta kepada Allah yang tidak.

Semua yang ada di bumi ini hanya titipan, dan suatu saat pemiliknya akan mengambilnya.

Kita yang mencintai titipan, tidak akan bisa memiliki titipan itu. Ketika pemiliknya mengambil titipan itu, maka kita akan merasakan kehilangan, akan berpisah dengan titipan itu. Begitu pula dengan makhluk.

Tetapi, jika kita mencintai pemilik titipan itu, Ia akan membalas cinta kita karena telah menjaga dengan baik titipannya, bahkan Ia tak akan ragu menitipkannya pada kita dengan jangka waktu yang lama.

3. Cinta yang Paling Membahagiakan

Cinta yang paling membahagiakan dan menyembuhkan adalah cinta kepada Allah.

Semua rasa sakit yang dirasakan berawal dari hati. Karena hati adalah organ penggerak organ yang lain.

Hati yang kita punya adalah milik Allah, Dia yang menciptakan hati ini. Dia yang maha tahu segala kebutuhan dan keinginan kita, maka ketika kita mencintai-Nya segala apa yang kita butuhkan akan Ia berikan, bahagialah yang hanya dirasakan.

4. Allah setia bersamamu

Jika kau mencintai Allah, engkau tidak akan pernah mengalami kehilangan. Tidak ada yang merebut Allah yang kau cintai dari hatimu. Allah akan setia menyertaimu. Allah tidak akan berpisah darimu, kecuali kamu sendiri yang berpisah dari-Nya.

Selangkah kita menuju Allah, seribu langkah Allah menghampiri kita. Berjalan kita menuju Allah, berlari Allah menghampiri kita.

Jika sudah Allah yang memenuhi hati kita, tidak akan ada yang bisa mencurinya, Dia Dzat yang paling setia dengan hamba-Nya yang mencintai-Nya.

Allah tidak akan pernah meninggalkan kita, kecuali memang kita yang pergi meninggalkan-Nya.

5. Allah tak akan menolak cintamu

Jika kau mencintai seseorang ada dua kemungkinan diterima atau ditolak. Jika ditolak pasti sakit rasanya, namun jika kau mencintai Allah pasti diterima .

Apakah pembaca pernah menyatakan perasaan kepada seseorang?

Jawaban yang akan diberikan hanya dua, diterima atau ditolak. kalau diterima ya pasti bahagia banget dong, cinta kita terbalas. Tetapi jika tidak diterima, pasti rasanya sangat sakit.

Hanya Allah Dzat yang maha lembut, yang Maha pemurah, Maha penyayang yang tidak akan pernah meolak cintamu. Dzat yang selalu menerima jika kita datang menghadap-Nya.

B. Kata Kata Habiburrahman EL Shirazy Tentang Sahabat

quotes kang abik, kata kata habiburrahman el shirazy
Quotes Habiburrahman El Shirazy oleh berkata.net

1. Sahabat sejati

Meneduhkan di kala gelisah, dekat di kala susah, mengobati di kala sakit, dan mesra di kala bahagia. Itulah sahabat sejati.

Sahabat sejati adalah orang yang tak akan meninggalkan bagaimanapun kondisi kita, yang selalu ada saat kita butuh, yang selalu menemani saat kita terpuruk, yang selalu mengobati saat kita sakit.

Sahabat yang tak hanya menemani di kala bahagia, yang tak meninggalkan di kala sedih, yang ikut bahagia ketika kita berhasil dan ikut bersedih ketika kita dilanda kesedihan.

C. Kata Kata Habiburrahman EL Shirazy Tentang kehidupan

kata kata habiburrahman el shirazy, quotes kang abik
Quotes kang Abik oleh Berkata.net

1. Mengenal dan Mentaati Allah

Siapa yang mengenal dan mentaati Allah, maka ia akan bahagia walaupun berada di dalam penjara yang gelap gulita. Dan siapa yang lalai dan melupakan Allah, ia akan sengsara walaupun berada di istana yang megah mempesona.

Libatkan Allah dalam setiap langkah hidup. Karena hanya Allah yang tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Seseorang yang sudah mengenal Allah maka ia akan mengenal dirinya. Seseorang yang di hatinya hanya Allah, tidak akan pernah merasa sendiri, tak pernah merasa takut bahkan di tempat gelap gulita, di tempat yang berbahaya.

Sebaliknya,  orang yang di hatinya tak mengenal Allah, meskipun hidup bergelimang dengan kemegahan, tetap saja hatinya akan gersang, hidupnya tak akan merasakan ketentraman hati yang membuat bahagia.

2. Terima kasih, petani

Pernahkah kita berterima kasih kepada para petani penanam benih? Keramahan yang putih, ketulusan yang tak pernah menagih.

Mendengar kata petani, tentu yang ada di benak kita adalah orang dengan baju yang lusuh, membajak sawah, kumal dan hitam karena selalu berteman dengan mentari.

Mungkin bagi sebagian orang, profesi menjadi seorang petani hal yang memalukan dan biasa saja, gak ada keren-kerennya sama sekali.

Tetapi, pernahkah terbayangkan? Bahwa setiap suapan nasi yang masuk ke mulut kita adalah ahsil jerih payah mereka, hasil dari tetesan keringat mereka.

Belajarlah untuk menghargai hal-hal kecil, walaupun hanya dengan ucapan terima kasih. Bukankah ucapan terima kasih adalah hal yang sederhana? Tetapi belum tentu semua orang mampu melakukannya.

Mereka yang begitu ramah akan sangat bahagia meski hanya mendapat ucapan terima kasih.

3. Setiap orang terlahir berbeda

Memenuhi segala kecocokan dengan hati semua manusia adalah hal yang tidak mungkin kamu capai!

Setiap orang punya hati masing-masing. Manusia diciptakan dengan perbedaan, hal yang takan mungkin terjadi bila kita menginginkan semua orang cocok dengan kita dan sebaliknya kita cocok dengan semua orang.

Hiduplah dengan damai bersama perbedaan yang kita miliki.

4. Jaga Aibmu

Jangan biarkan orang lain lebih tahu banyak tentang dirimu.

Cukup penciptamu dan dirimu yang lebih tahu tentang dirimu. Jangan mudah percaya dengan orang yang sibuk mengurusi hal pribadimu, harus jeli membedakan mana yang perhatian dan mana yang hanya sekadar ingin tahu.

SIfat manusia itu berbeda-beda, ada yang senang mengusik dan membicarakan orang lain, ada pula yang tak peduli.

5. Temanmu, saudaramu.

Kalau kita tidak perhatian pada saudara kita, risiko di akhirat lebih berat lagi

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya saling membutuhkan satu sama lain. Tidak bisa benar-benar hidup sendiri, makanya Allah menciptakan manusia dengan berbagai macam suku, kaum, bangsa, profesi, agar saling mengenal dan membantu dalam kebaikan.

Membantu dalam kebaikan, termasuk saling mengingatkan. Mengingatkan kepada hal-hal baik sebagai bentuk perhatian kita.

Setiap manusia akan dimintai pertanggungjawaban selama ia hidup di dunia. Saudara kita adalah amanah yang Allah titipkan untuk saling mengingatkan dalam kebaikan, jika amanah itu tak kita penuhi bukankah pertanggungjawaban di akhirat sudah menanti?

6. Lepaskan beban masa lalu

Lepaskan beban masa lalu. Sudahlah, yang lalu biarkan berlalu.

Setiap peristiwa yang terjadi takkan akan bisa diulang kembali, tetapi masih bisa diperbaiki untuk ke depannya.

Yang lalu biarlah berlalu, jadikan pelajaran hidup untuk selanjutnya.

7. Yang terbaik menurut Allah

Jangan disesali. Ini mungkin jalan terbaik yang digariskan oleh Allah

Setiap kejadian yang kita alami, baik dan buruknya masa lalu, sedikit banyaknya beban hidup yang ditanggung, jangan pernah disesali.

Setiap peristiwa selalu ada hikmah yang bisa dipetik. Allah lebih tahu mana yang terbaik untuk hidup yang kau jalani. Jalani setiap perjalanannya dengan ikhlas.

D. Kata kata Bijak Habiburrahman EL Shirazy Tentang Perjuangan

kata kata kang abik
Quotes Kang Abik oleh berkata.net

1. Proses tak akan mengkhianati hasil

Kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan, jika kamu bekerja keras dan tidak keburu mati dulu, siapa yang bersungguh-sungguh berusaha maka akan mendapatkan apa yang diharapkan

Siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan memetik hasilnya. Setiap proses yang dijalani untuk mendapatkan apa yang diinginkan akan selalu terbayarkan dengan hasil yang memuaskan. Allah tak akan pernah mengecewakan hamba-Nya.

E. Kata Kata Habiburrahman EL Shirazy Tentang Pendidikan

kata kata bija habiburrahman el shirazy
Quotes Kang Abik oleh Berkata.net

1. Pentingnya Ilmu

Siapa yang menginginkan dunia maka ia harus punya ilmu. Siapa yang menginginkan akherat ia juga harus punya ilmu. Dan siapa menginginkan keduanya maka ia harus punya ilmu. Ilmu adalah pangkal kesuksesan orang yang ingin mendapatkan apa saja.

Seperti kata pepatah, “Tuntutlah ilmu dari sejak buaian hingga ke liang lahat.” Pepatah tersebut menandakan bahwa ilmu sangat penting untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Ilmu bukanlah segala-galanya, tapi segala-galanya dimulai dari ilmu.

2. Arti Keberhasilan

Guru yang berhasil adalah guru yang mampu mengantarkan muridnya lebih berhasil darinya.

Guru adalah orang tua kedua di sekolah. Setiap guru menginginkan anak didiknya sukses dalam hidupnya. Tidak ada guru yang ingin anak didiknya celaka.

Jika Ia hanya mampu berprofesi menjadi guru, maka muridnya harus mampu menjadi dosen, dokter, dan profesi lainnya.

Guru akan merasa berhasil mengajar anak didiknya jika anak didiknya lebih sukses dari dirinya.

Penutup

Itulah beberapa kata kata bijak dari Habiburrahman. Semoga bisa menginspirasi dan memotivasi untuk terus berjuang menjalani kehidupan ini.

Selain kumpulan quotes di atas, berkata juga telah menyajikan kata kata dari Raditya Dika yang lucu, humoris dan menginspirasi.

Terima kasih.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com