Minuman Khas Jawa Timur

  • 4 min read
  • Jul 26, 2020
minuman khas jawa timur
nissa amelia
Latest posts by nissa amelia (see all)

Minuman Khas Jawa Timur – Berbicara mengenai kuliner, hampir setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri, ya begitupun dengan Jawa Timur. Sebuah Provinsi paling timur di Pulau Jawa yang kaya akan warisan leluhur serta memiliki peradaban yang tinggi.

Pada artikel ini saya ingin membahas mengenai minuman khas Jawa Timur. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah mengenalnya, namun tentu hal itu tidaklah jadi soal. Sebab saya akan coba membahas 9+ minuman khas Jawa Timur.

10 Minuman Khas Jawa Timur

minuman khas jawa timur

Kira-kira apa saja ya?

Jika penasaran, simak artikel ini sampai tuntas. Sehingga kalian tehu akan banyak hal.

NoNama Minuman
1Wedang Jaselang
2Wedang Angsle
3Wedang Cemue
4Es Buto Ijo
5Es Sinom
6Es Gudir
7Es Pleret
8Sirup Pokak
9Es Anacconda
10Teh Kocok

#1. Wedang Jaselang

wedang jaselang adalah minuman khas jawa timur

Wedang jaselang adalah salah satu minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Kota Malang.

Sekilang wedang ini memang mirip dengan wedang lainnya yang ada di Jawa Timur bahkan di daerah Jawa. Namun meski begitu tetap saja ada ketidaksamaan terutama dalam soal rasa.

Minuman ini terbilang unik, selain memiliki rasa yang menggugah serta tampilan yang sederhana, jika dilihat dari segi manfaat, memang memiliki banyak manfaat.

Nah jika kalian berkunjung ke Malang atau daerah Jawa Timur lainnya, jangan lupa untuk mencoba wedang jaselang ini.

#2. Wedang Angsle

wedang angsle

Ada yang mengatakan, jika kalian belum pernah mencoba wedang angsle, berarti kalian belum pernah ke Jawa Timur. Itu artinya wedang angsle memang sudah sangat iconic dan melekat dengan Jawa Timur.

MInuman Khas Jawa Timur ini memang istimewa, memiliki rasa yang segar serta menyehatkan.

Beberapa varian wedang jahe angsle adalah, roti, putu, ketan dan kacang hijau.

Banyak pilihankan, jadi bisa memilih sesuai dengan keinginan kalian.

Kuah yang digunakan hampir sama dengan wedang jahe pada umumnya, yaitu jahe, santan. Tentu saja minuman khas Jawa timur ini akan membuat badan kalian hangat, walaupun tanpa pelukan kekasih.

#3. Wedang Cemue

wedang cemue

Masih minuman jenis wedang nih, yaitu wedang cemue. Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa wedang ini berbeda dengan yang lainnya.

Beberapa orang yang pernah mecoba wedang cemue mengatakan wedang ini memiliki rasa yang khas yaitu gurih. Rasa gurih sendiri, lantaran perpaduan dan kombinasi bahan serta rempah yang digunakan dalam meracik minuman ini.

Adapun bahan yang biasa digunakan dalam membuat wedang cemue adalah kacang kelinc yang gurih, roti yang begitu lembut, santan dari gula tebu sebagai pemanis serta jahe sebagai bahan untuk penghangat.

Bagaiman komplit bukan?

Satu lagi yang menjadikan wedang cemue unik, yaitu dengan ditambahkan bawang goreng serta daun pandan yang terkenal memiliki aroma yang harum.

Pokonya bisa dibilang minuman dari Jawa Timur ini komplit dan top.

#4. Es Buto Ijo

es buto ijo

Jika dilihat dari namanya es satu ini memiliki nama yang serem ya, yaitu es buto ijo. Sedangkan buto ijo sendiri terkenal sebagai mahluk dengan perawak besar serta jahat. Hampir disetap kisah baik pewayangan maupun mitos, buto identek dengan hal yang buruk.

Terus bagaimana dengan es buto ijo?

Jangan khawatir kok, justru buto ijo yang satu ini akan memanjakan lidah dan tenggorokan kalian. bagaimana tidak memanjakan mulut dan tenggorokan kalian, es buto ijo berbahan dasar kelapa muda, nata de coco, kolang kaling serta sagu mutiara.

Setelah bahan-bahan tersebut berada dalam satu wadah, selanjutnya disiram dengan sirup melon, yang kemudian ditambahkan susu kental manis di atasnya. bayangin aja sendiri bagaimana rasanya.

Es buto ijo adalah minuman khas Jawa Timur yang berasal dari lumajang.

#5. Es Sinom

es sinom adalah minuman khas aceh

Es sinom merupakan minuman khas Jawa Timur yang akan kita bahas selanjutnya.

Namun tahukah kalian sinom pada awal keberadaannya merupakan sebuah jamu, yang artinya sangat erat hubungannya dengan kesehatan ataupun pengobatan.

Bahkan sinom atau minuman tradisional ini bisa kita jumpai di beberapa apotik.

Meski sekalipun sinon adalah sebuah jamu, namun minuman satu ini tidak terlihat dan mencirikan jamu, sebab memiliki rasa yang manis dan enak.

Adapun manfaat es sinom adalah, bermanfaat mempelancar buang air besar, mengatasi kerontokan pada rambut serta dapat memperlancar peredaran darah.

Sedangkan manfaat bagi wanita antara lain, seperti mengatasi nyeri haid dan membuat kilit wanita lebih bersih.

Bagaimana apakah kalian ingin mencobanya? Sudah enak banyak manfaatnya lagi.

#6. Es Gudir

es gudir

Masih bercerita soal es, yaitu gudir atau es gudir merupakan minuman yang datang dari daerah Kediri, Jawa Timur. Es gudir merupakan es dengan bahan dasar agar-agar, bahkan kata gudir sendiri diambil dari agar-agar.

Bahan dasar agar-agar digabung dengan sirup yang memiliki rasa manis, sedang untuk menambah aroma, es gudir ditambahkan daun pandan.

#7. Es Pleret

es pleret

Es pleret adalah esnya masyarakat Blitar Raya, memiliki bentuk unik yaitu bulat kecil dengan rasa manis yang mantap.

Pemanis yang digunakan dalam pembuatan es pleret adalah gula jawa, maka tak heran rasa manisnya sangat unik.

Nah jika kalian berkunjung ke blitar, jangan lupa untuk mencobaminuman khas Jawa Timur ini.

#8. Sirup Pokak

sirup pokak

Sirup pokak atau biasa disebut juga wedang pokak merupakan minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Probolinggo.

Bagi masyarakat probolinggo sendiri, sudah barang tentu sirup pokak sudah biasa. Minuman ini biasa disajikan dalam perayaan besar termasuk idul fitri.

Sedang untuk bahan sendiri sirup pokak menggunakan bahan seperti gula merah atau gula putih, pandan, kayu manis, cengkeh serta jeruk purut.

Tentu saja dengan banyaknya rempah-rempah yang digunakan, dapat menjaga kebugaran dan stamina pada tubuh.

Jika kalian tertarik untuk mencoba minuman ini, silahkan bisa datang ke Probolinggo, Jawa Timur. Jangan hawatir juga tidak menemukan minuman satu ini. Sebab sirup pokak begitu terkenal dikalangan masyarakat Probolinggo.

#9. Es Anakonda

es anakonda merupakan minuman khas aceh

Satu lagi nih minuman dengan nama yang unik atau bahkan terkesan aneh, yaitu es nacconda. eitt jangan kwatir meski namanya nah atau serupa dengan jenis ular, namun minuman ini enak untuk dimakan serta memiliki rasa yang dapat dibilang enak.

Es anacconda adalah minuman yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur.

Es anaconda sebenarnya sedikit mirip dengan es teler, dari mulai tampilan, bahan yang digunakan serta cara penyajian.

Perbedaannya hanya dari beberapa hal saja.

Mungkin bisa jadi es naconda adalah es teler yang dimodifikasi, sehingga menghasilkan nama baru yaitu es anaconda.

Tertarik untuk mencoba, bisa datang ke Lumajang, Jawa Timur.

#10. Teh Kocok

teh kocok

Masayarakat Jawa Timur memiliki teh khas sendiri, yaitu teh kocok. Teh kocok adalah minuman yang datang dari kota Surabaya.

Soal rasa jangan ditanya lagi, teh ini pokonya maknyus. Indonesia sendiri memiliki ragam minuman teh semacam ini, salah satunya adalah teh tarik yang merupakan minuman asal Aceh

Teh kocok memiliki kemiripan dengan teh tarik, memiliki warna hitam, karena teh yang digunakan merupakan teh hitam yang di campur dengan susu kental manis. Tidak terlewatkan penambahan daun mine, yang membuat teh ini sedikit hangat.

Jika kalian penasaran dengan tehnya masyarakat Jawa Timur, bisa berkunjung ke Surabaya.

Sekian dulu ya postingan kali ini, mengenai minuman khas Jawa Timur, semoga menambah informasi kalian serta menjadi bahan referensi dalam mencari minuman khas Jawa Timur.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com