Sejarah Bulu Tangkis

  • 5 min read
  • Okt 26, 2020
sejarah bulu tangkis
M Fachrurroji
Latest posts by M Fachrurroji (see all)

Sejarah Bulu Tangkis – Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang paling di nikmati di dunia. Olahraga ini memberikan spirit kepada kita dan membuat tubuh kita sehat dan bugar.

Bulu tangkis atau badminton adalah permainan olahraga yang biasanya menggunakan alat berbentuk bulat. Dalam bulatan tersebut ada rongga-rongga yang sengaja di pasang . Alat tersebut bernama raket.

Permaianan bulu tangkis bisa dilakukan oleh dua orang atau bisa juga empat orang.

Sama halnya permainan tenis, bulu tangkis juga bermain di lapangan dengan tujuan memukul bola. Bola yang ada di permainan ini dinamakan shuttlecock atau singkatnya kok.

Setiap pemain harus membuat shuttlecock melewati sebuah ring yang sudah di sediakan di lapangan. Dan shuttlecock tersebut harus jatuh di area lapangan lawan.

Begitupun dengan musuh, apabila ia memukul shuttlecock ke daerah lapangan kita.

Maka tugas kita adalah membuat shuttlecock tersebut tidak jatuh di daerah lapangan kita. Atau kita bisa membalikan shuttlecock tersebut menuju ke area lawan.

Sebelum kita masuk lebih dalam tentang teknik dasar bulu tangkis atau cara bermain bulu tangkis. Maka pada artikel kali ini saya akan membahas terlebih dahulu tentang sejarah bulu tangkis.

Sejarah Bulu Tangkis di Dunia & Indonesia

sejarah bulu tangkis

#1. Sejarah Bulu Tangkis Dunia

Banyak persi yang mengatakan tentang kemunculannya permainan bulu tangkis. Pendapat pertama menyebutkan bahwa permainan ini berasal dari Mesir 2000 tahun silam di zaman kuno.

Ada juga yang menyebutkan bahwa permainan bulu tangkis lahir di daerah india dan republik rakyat china. Dua persi ini, sampai sekarang belum menemukan titik temunya.

Kalau kita lihat sebuah sejarah tiongkok, maka di sana kita menemukan permainan yang bernama jianzi. Jianzi ini adalah sebuah permainan yang menggunakan kok, tetpi tanpa menggunakan raket sebagai alat pemukulnya.

Permainan Jianzi ternyata di mainkan di Tiongkok oleh anak-anak menggunakan kaki dan bukan menggunakan raket.

Permainan ini bisa dikatakan menang apabila ia bisa mempertahankan kok tersebut diatas tanah.

Sedangkan pemain yang kalah adalah pemain yang menjadikan kok ke tanah. Pemain yang menang bisa mempertahankan kok di atas tanah tanpa menggunakan tangan.

Nah itulah pertama kali munculnya permainan bulu tangkis yang dikatakan oleh pakar sejarah.

#2. Sejarah Bulu Tangkis di Inggris

Setelah kita mengetahui bahwa pertama kali munculnya permainan ini berasal dari Mesir atau India dan China. Maka untuk perkembangan permainan ini, pertama kali di boomingkan di negara Inggris.

Sejak Zaman pertengahan, permainan bulu tangkis sudah di mainkan oleh anak-anak di daerah Inggris. Nama permainan tersebut adalah Shuttlecocks dan Battledores. Permainan ini sangat populer di kalangan mereka.

Ketika anak-anak bermain Battledores, biasanya mereka menggunakan dayung atau tongkat untuk mempertahankan kok agar tidak jatuh ke tanah.

Jadi, anak-anak menjaga kok tersebut agar tetap berada di udara dengan di pukul oleh dayung atau tongkat.

Untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan london, memang permainan battledores adalah permainan yang paling populer.

Karena saking populernya, permainan ini pernah masuk majalah Punch dan dipublikasikan dalam bentuk kartun pada tahun 1854.

Permainan ini di bawah ke daerah Republik Rakyat China, Jepang, Siam atau Thailand ketika mereka sedang mengolonisasi atau sedang menjajah.

Dan karena menariknya permainan ini, menjadikan anak-anak di sana tertarik dan populer di  kalangan mereka. Sehingga permainan ini menjadi permainan pavorit bagi anak-anak di sana.

#3. Penemu Bulu Tangkis

Setelah tahu bagaimana perkembangan bulu tangkis ini dan penyebarannya. Maka sekarang kita akan membahas siapa orang yang menciptakan permainan bulu tangkis ini.

Pada abad ke-19 olahraga kompetitif bulu tangkis ini diciptakan oleh salah seorang tentara atau petugas tentara britania di daerah Pune, India.

Petugas tentara ini menambahkan jaring sebagai pembatas untuk pemain satu sama pemain ke dua.

Mereka bermain di sana dengan cara bersaing dan di hitung. Sehingga pemain yang mendapatkan poin banyak, maka ia adalah pemenang dari permainan tersebut.

Oleh sebab itu, dulu Pune sering terkenal dengan sebutan Poona karena permainan ini juga dinamai Poona pada masa tersebut.

Setelah permainan ini populer di daerah Pune, maka tentara britania membawa kembali permainannya tersebut yang sudah terkenal ke Inggris. Tentara britania tersebut membawa kembali permainan bulu tangkis pada tahun 1850-an.

#4. Nama Resmi Bulu Tangkis

Kemudian permainan yang terkenal ketika itu dengan nama Battledores mendapatkan nama resmi pada tahun 1960 oleh Isaac Spratt. Nama tersebut telah di cetak dalam sebuah pamflet.

Isaac Spratt adalah seorang penyalur mainan Inggris yang memberikan nama pada olahraga ini dengan nama ‘Badminton Battledore – a new game ‘.

Nama tersebut diambil oleh Isaac karena permainan itu dimainkan di sebuah gedung badminton atau Badminton House.

Badminton House berada di estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris. Kemudian rancangan peraturan badminton pertama kali di tulis pada tahun 1877 oleh Klub Badminton Bath.

Setelah beres merancang peraturan olahraga ini, maka selanjutnya adalah membentuk sebuah asosiasi.

Pada tahun 1983 Asosiasi bulu tangkis Inggris di bentuk. Lalu olahraga ini akhirnya bisa mengadakan kejuaraan internasional untuk pertama kalinya.

Kejuaraan Internasional pertama kali di adakan pada tahun 1899 di Inggris dengan nama Kejuaraan All England. Kejuaraan pertama kali ini berhasil mengundang mesyarakan dan berakhir dengan unjuk gigi.

Badminton atau Bulu Tangkis menjadi salah satu olahraga yang populer di dunia. Pemain terbaik selalu muncul di wilayah Asia tenggara dan Asia Timur. Bahkan Indonesia juga pernah memiliki pemain terbaik dunia.

Selain di Asia tenggara dan timur, negara-negara Skandinavia juga berhasil memunculkan pemain-pemain yang berkualitas.

#5. Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

Setelah kita membahas sejarah bulu tangkis dunia dan asal muasalnya muncul permainan ini. Sekarang kita akan membahas sejrah bulu tangkis Indonesia.

Tahukan anda bahwa awal munculnya bulu tangkis di Indonesia tahun 1930-an?. Yah memang awal munculnya permainan ini tahun 1930-an.

Organisasi atau perkumpulan permainan bulu tangkis saat itu bernama Ikatan Sport Indonesia [ISI].

Akan tetapi, permainan dan ikatan yang sudah di bentuk tersebut pernah hilang dari Indonesia. Karena ketika itu Indonesia sedang menghadapi perang. Di masa perang tersebut, setiap orang fokus pada perjuangan mereka melawan penjajah.

Badminton atau bulu tangkis berkembang kembali di Indonesia setelah Indonesia menyatakan merdeka dari penjajahan Jepang. Bulu tangkis kembali berkembang di Indonesia pada tahun 1947.

Pada tahun 1948 Perkembangan Bulu Tangkis di Indonesia begitu pesat. Karena ketika itu Presiden Soekarno ikut berkampanye dalam olahraga ini.

Ketika itu Presiden Soekarno mengkampanyekan ‘Nation Building’ sebagai salah satu gerakan untuk membangun bangsa yang benar-benar di galakkan.

Setelah adanya kampenye tersebut, pada pemain olahraga tidak tinggal diam. Mereka semua ikut dalam kampanye tersebut. Salah satu olahraga yang dikampanyekan ketika itu adalah Bulu Tangkis.

Bulu tangkis masuk dalma Cabor [Cabang Olahraga] yang dikenalkan kepada masyarakat Indonesia.

Pada kampanye waktu itu juga, Presiden Soekarno berjanji akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain yang sukses di kanca dunia. Dan janjinya tersebut memang bukan main-main.

Presiden mencanangkan Indonesia menjadi negara yang berada di posisi 10 besar dunia yang di catat melalui Keppres No. 263/1953.

Karena keseriusan presiden Soekarno kepada rakyat Indonesia, akhirnya Indonesia dapat meraih prestasi tersebut pada tahun 1958.

Pada tahun 1958 tersebut, Indonesia berhasil menjadi juara pada kompetisi Thomas Cup di Singapura.

Dan ini juga membuktikan kepada negara-negara lain yang dimana sebelumnya menyepelekan bahwa Indonesia adalah negara dengan tim lemah.

Prestasi yang di dapatkan  ketika itu di ikuti oleh pemain-pemain selanjutnya hingga sekarang. Dan banyak juga melahirkan atlet profesional.

Induk Organisasi Bulu Tangkis Dunia

bwf

Setiap olahraga yang sudah terkenal di dunia pasti memiliki induk organisasi dunianya. Begitupun dengan permainan bulu tangkis. Olahraga ini juga  memiliki induk organisasi yang bernama Internasional Badminton Federation [IBF].

Organisasi tersebut berdiri pada tahun 1934 yang di pelopori oleh 9 negara yang ada di dunia. Negara-negara tersebut diantaranya Denmark, Inggris, Kanada, Selandia Baru, Skotlandia, Belanda, Perancis, Wales dan Irlandia.

Organisasi semakin berkembang di dunia setelah mereka mengadakan kejuaraan bergensi yang membuat negara lain tertarik dengan kejuaraan tersebut.

Karena organisasi ini terus berkembang dan berkembang. Maka sekarang organisasi IBF memiliki anggota di seluruh dunia sebanyak 186 negara.

IBF memiliki 5 tingkatan kepengurusan yang diantaranya Executive Board, BWF Council, BWF Commissions, BWF Committees, dan Management Team.

NoNamaTahun
1George Alan Thomas1934 – 1955
2J. Plunkett-Dillon1955 – 1957
3R. Bruce Hay1957 – 1959
4A. C. J. van Vossen1959 – 1961
5J. D. M. McCallum1961 – 1963
6N. P. Kristensen1963 – 1965
7D. L. Bloomer1965 – 1969
8H. F. Chilton1969 – 1971
9Ferry A. Sonneville1971 – 1974
10S. Wyatt1974 – 1976
11S. Mohlin1976 – 1981
12C. C. Reedie1981 – 1984
13P. E. Nielsen1984 – 1986
14I. D. Palmer1986 – 1990
15A. E. Jones1990 – 1993
16Lu Shengrong1993 – 2001
17Korn Dabbaransi2001 – 2005
18Kang Young Joong2005 – 2013
19Poul-Erik Høyer Larsen2013 –
Tabel Presiden BWF

Organisasi Bulu Tangkis Indonesia

PBSI

PORI [ Persatuan Olahraga Republik Indonesia ] adalah organisasi pertama kali di Indonesia untuk Bulu Tangkis. Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 20 Januari 1948. Kemudian organisasi tersebut di rubah pada tahun 1951.

Nama organisasi tersebut menjadi PBSI [Persatuan Bulu Tangkis Indonesia] yang dimana nama tersebut sampai sekarang di gunakan.

PBSI adalah organisasi yang juga mengurus olahraga bulu tangkis di pusat.

Lalu dari pusat tersebut di cabangkan lagi ke pengurusan Daerah yang khusus diadakan untuk setiap Provinsi. Lalu kepengurusan Cabang yang dikhususkan untuk kota atau kabupaten.

PBSI adalah organisasi resmi Indonesia yang organisasi ini juga masuk dalam organisasi IBF atau masuk dalam anggota IBF.

Nah itulah sejarah bulu tangkis yang bisa saya bahas pada artikel kali ini. semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari apa yang anda inginkan. Dan mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada kita semua.

Salam Olahraga.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com