Alat Musik Harmonis

  • 6 min read
  • Jun 01, 2020
alat musik harmonis
Jaskier
Latest posts by Jaskier (see all)

Guratgarut.com – Alat musik Harmonis merupakan salah satu kategori dalam fungsi dari alat musik secara umum. Kategori tersebut terdiri dari alat musik melodis, ritmis dan harmonis.

Kita tahu alat musik ritmis merupakan instrumen musik yang tidak bernada dan alat musik melodis adalah intrumen musik yang memiliki nada atau irama (do re mi fa sol la si). Lalu apa itu alat musik harmonis ? Mungkin kalimat itu muncul dibenak kalian.

Pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit menjelaskan apa itu alat musik harmonis dimulai dari penjelasan hingga contoh intrumen musik yang dimilikinya. Simak sampai tuntas tulisan berikut.

Mengenal Alat Musik Harmonis

Piano, alat musik harmonis modern
sumber : hidupsimpel.com

Secara garis besar, alat musik harmonis merupakan suatu intrumen musik yang seringkali digunakan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena biasa memainkan harmoni, terdapat ciri yang terdapat pada alat musik harmonis yaitu dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan / sekaligus.

Alat musik harmonis merupakan alat musik bernada, tetapi dia tidak dapat dibentuk. Selain berfungsi untuk membunyikan melodi pada suatu lagu, biasanya alat musik ini tidak dapat memainkan chord secara sendirian.

Jadi kalau kita simpulkan, alat musik harmonis merupakan alat musik yang digunakan sebagai melodis atau digunakan juga sebagai pengiring dan memperindah dari suatu lagu dan musik yang dapat mengeluarkan paduan nada secara sekaligus.

Contoh Alat Musik Harmonis

Kita mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang mempuyai ragam budaya yang sangat banyak.

Jadi tidak heran bahwa Indonesia mempunyai puluhan hingga ratusan alat musik tradisional khasnya masing-masing.

Oleh karena itu kita akan memberi contoh alat musik harmonis yang terbagi menjadi dua kelompok, alat musik harmonis tradisional Indonesia dan modern (dunia). Berikut beberapa contoh instrumen musik harmonis :

Alat Musik Harmonis Tradisional

Sasando, salah satu alat musik harmonis tradisional Indonesia
sumber : tribunnews.com

Ada cukup banyak instrumen musik tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kategori alat musik harmonis, beberapa diantaranya bahkan sampai dikenal ke berbagai negara di dunia.

Oleh karena itu kita harus berbangga dan memberikan apresiasi mengenai kebudayaan Indonesia dengan cara melestarikanya dengan cara apapun. Berikut beberapa contoh instrumen musik tradisional Indonesia :

1. Sasando

Sasando merupakan instrumen musik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan kedua tangan yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Sasando berasal dari kata sasandu, yang berasal dari kata sandu atau sanu yang berarti bergetar atau meronta.

Bagian badan utamanya berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu yang diberi ganjalan-ganjalan melingkar yang berfungsi sebagai tempat membentangkan senar atau dawai yang berbeda-beda agar menghasilkan nada-nada yang berbeda pula saat dipetik.

Terdapat wadah yang digunakan sebagai resonator yang terbuat dari semacam anyaman daun lontar yang dibentuk menyerupai kipas.

Dalam masyarakat di Pulau Rote, sasando seringkali dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, lagu daerah, syair dan acara adat atau hiburan lainya.

Sasando merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang dikenal ke berbagai negara di dunia.

2. Bonang

Bonang merupakan alat musik yang digunakan sebagai pendukung pada gamelan yang cukup penting karena berfungsi sebagai penguat melodi dasar pada sebuah lagu.

Bonang sendiri memiliki bentuk seperti pot, bulat dan memiliki tonjolan pada bagian tengah. Dalam satu set, bonang memiliki 14 buah yang ditempatkan pada suatu rangkaian yang terbuat dari kayu dan di tempatkan secara berjejer.

Cara memainkan bonang sendiri cukup sederhana, pemain memukul bonang pada bagian tonjolan menggunakan dua buah tongkat yang sudah dilapisi karet atau kain pada ujung tongkat tersebut.

3. Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berkembang dalam masyarakat Sunda dan beberapa bagian di pulau Jawa.

Angklung berasal dari kata angkleung-angkleungan (gerakan bergoyang) dan klung (bunyi bambu dipukul), jadi kalau disimpulkan angklung merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan atau dipukul.

Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu yang dipotong ujungnya dan diikat pada suatu bingkai atau rangkaian yang memiliki tangga nada pentatonis.

Terdapat teknik dasar dalam permainan angklung. Terdapat tiga teknik dasar menggoyang angklung, diantaranya :

  • Kurulung. Yang berarti getar, kurulung merupakan teknik paling dasar dalam memainkan angklung. Dimana tangan kanan memegang tabung dasar dan menggoyangkanya ke kiri atau kenan beberapa kali.
  • Centok. Yang berarti sentak, dimana angklung ditarik dengan cepat menggunakan jari dan didorong ke telapat tangan kanan. Sehingga nada yang dihasilkan hanya berbunyi satu kali (stacato).
  • Tengkep. Teknik ini mirip dengan teknik centok, namun salah satu tabung di tahan agar tidak ikut bergetar. Sehingga angklung dapat mengeluarkan nada murni (satu nada melodi saja, yang biasanya 2 nada).

Angklung adalah alat musik yang juga biasa dimainkan secara ansambel dengan beberapa alat musik lain seperti pada ansambel Klasik Padeang dan Arumba.

4. Kolintang

Kolintang adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul dan berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Kolintang terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :

  1. Bilahan kayu
  2. Kotak resonansi
  3. Alat pemukul

Kolintang terbuat dari 95% kayu sebagai bahan dasar pembuatanya. Berbeda dengan alat musik tradisional lain pada umumnya, kolintang menggunakan tangga nada diatonis.

Oleh karena terdapat istilah “mangemo kumolintang” yang berarti mari lakukan tong ting tang yang dapat memainkan nada rendah, sedang dan tinggi.

Pada zaman dahulu kolintang digunakan sebagai pengiring upacara adat. Namun pada sekarang kolintang seringkali digunakan sebagai pengiring kesenian musik dan tari tradisional.

5. Sampe

Samper merupakan alat musik tradisional Suku Dayak yang dimainkan dengan cara dipetik. Cara memainkanya tersebut memiliki cara masing-masing dalam tradisi Sub suku Dayak yang berada di Kalimantan Timur.

Sampe terbuat dari bahan dasar kayu pilihan. Kayu yang dinilai mempunyai kualitas baik sebagai bahan pembuatan sampe ialah jenis kayu sebangsa kayu meranti, seperti kayu pelantan, udau, marang tabalok dan lainya.

Jenis kayu tersebut memiliki karakteristik tidak mudah pecah, kuat, keras, tahan lama dan tidah mudah rusak.

Kita tau sampe dimainkan dengan cara dipetik, tetapi karena sampe berfungsi sebagai alat untuk menyatakan perasaan seseorang, oleh karena itu stem senar yang digunakan berbeda-beda untuk setiap orang.

Selain untuk menyatakan perasaan, sampe digunakan pada upacara adat, pesta rakyat dan lain sebagainya.

Alat Musik Harmonis Modern

Harpa, alat musik harmonis modern
sumber : dictio.id

Setelah kita mengetahu beberapa contoh instrumen musik tradisional Indonesia, kita juga perlu tahu beberapa intrumen musik yang ada di dunia. Berikut beberapa intrumen musik yang cukup populer di dunia, diantaranya :

1. Harpa / Harp

Harpa atau Harp dalam bahasa inggris, merupakan salah satu intrumen petik yang berbentuk tinggi, berwarna emas dan memiliki senar. Harpa dapat dimainkan baik menggunakan tangan ataupun dengan kombinasi tangan dan kaki, seperti pada pedal harp.

Harpa dapat dimainkan secara solo ataupun secara ensambel atau orkestra simfoni bersamaan dengan suara vokal, suara flute atau bisa juga dengan jazz bass dan drum.

Harpa memiliki ukuran yang cukup besar dengan tinggi 60 – 180 cm dan memliki 22 sampai 47 buah senar. Terdapat banyak jenis pada harpa berdasarkan ukuran dan senar yang digunakan, tetapi harpa memiliki bagian utama yaitu :

  1. Papan suara (sound board)
  2. Leher (neck)
  3. Senar (string)

Harpa seringkali diilustrasikan sebagai instrumen musik para malaikat.

Tidak heran, karena dentingan suara yang dihasilkan oleh harpa begitu sangat indah. Banyak bangunan berasitektur klasik yang berada di Eropa mengabadikan harpa pada lukisan atau ukiran pada dindingnya.

2. Piano

Piano adalah salah satu instrumen musik yang paling terkenal di dunia. Walaupun masih menjadi perdebatan hingga saat ini siapa penemu pertama kali intrumen musik yang mendunia ini, piano dapat melahirkan musisi yang berperan penting dalam perkembangan musik seperti komponis terpenting dunia.

Piano menghasilkan suara dengan cara menyalurkan kekuatan jari yang menekan tuts dan diteruskan ke pada pemukul (hammer) yang kemudian memukul senar. Getar / vibrasi yang dihasilan memukul senar diteruskan ke papan suara (soundboard).

Terdapat beberapa jenis dalam piano yang terletak pada mekanisme yang digunakan untuk menghasilkan suara.

Piano akustik menggunakan senar seperti yang sudah dijelaskan di atas, sedangkan piano elektronik menggunakan papan elektronik untuk menghasilkan bunyi yang serupa dengan piano akustik. Adapun jenis piano sebagai berikut :

  • Grand Piano
  • Piano Upright
  • Piano Elektronik dan Digital

3. Gitar

Siapa yang tidak tahu dengan intrumen musik gitar ? Alat musik yang berdawai dan dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari ataupun alat khusus sudah tidak asing lagi bagi seluruh masyarakat di dunia.

Gitar secara tradisional terbuat dari bahan kayu dan senar yang terbuat dari nilon ataupun baja. Namun beberapa gitar modern terbuat dari material polikarbonat.

Gitar sendiri mulanya berawal dari wilayah Persia kira-kira sekitar tahun 1500 SM yang dikenal dengan nama citar atau sehtar. Gitar sendiri secara kasar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :

  • Gitar Akustik

Gitar akustik memiliki bagian badan yang berlubang (hollow body) dan dapat menghasilkan suara yang relatif cukup keras tanpa penguatan elektrik.

Bunyi dari gitar akustik dihasilkan dari getaran senar yang mengalir antara tulang leher (nut) dengan jembatan (bridge) yang kemudian diperkuat oleh bagian dalam gitar yang berfungsi sebagai lubang resonansi.

  • Gitar Listrik / Gitar Elektrik

Gitar listirk dirancang agar bunyi yang dihasilkan dapat diperkuat secara elektrik dan jika dimainkan tanpa penguatan elektrik suara yang dihasilkan relatif lemah. Komponen utama pada gitar elektrik adalah pickup.

Pick up elektromagnetik menangkap dan mengubah getaran senar ke dalam bentuk sinyal, kemudian diteruskan ke pengeras suara melalui medium berupa kabel atau gelombang radio.

  • Gitar Elektrik 7 Senar

Gitar elektrik 7 senar atau Seven Strings awalnya bermula di Rusia dan Brazil dan mempunyai standar tunning gitar 7 string adalah B-E-A-D-G-B-E. Biasanya seven string digunakan pada genre musik rock dan jazz.

4. Harmonika

Harmonika merupakan alat musik tiup yang cukup unik, karena dapat dimainkan dengan cara ditiup atau dihisap. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama “Sheng” yang sudah digunakan sekitar 5000 tahun yang lalu pada masa kekaisaran Nyu-kwa.

Sedangkan harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang dapat ditiup dan dihisap.

Pada tahun 1857 harmonika mulai tersebar ke berbagai belahan dunia dan memiliki 90 model yang berbeda jenis, nada dan model. Pada saat itu harmonika dapat dimainkan dalam berbagai macam gaya musik mulai dari pop, blues, rock, country dan genre lainya.

5. Marimba

Marimba merupakan instrumen musik yang termasuk kedalam keluarga alat musik perkusi yang terdiri dari satu set balok kayu yang dipukul menggunakan palu untuk menghasilkan bunyi atau nada musik.

Marimba tersusun dari batang yang menyerupai piano dengan kelompok dua dan tia aksidental yang diangkat secara vertikal. Terdapat juga pipa-pipa yang tergantung di bawah jeruji yang berfungsi sebagai resonator suara.

Marimba dapat dimainkan secara solo ataupun secara ensambel seperti jazz, marching band, orkestra dan lain sebagainya.

Komposer kontemporer pun akhir-akhir ini menggunakan marimba karena dapat menghasilkan suara yang cukup unik dan lebih dalam selama beberapa tahun terakhir.

Penutup

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai alat musik harmonis dimulai dari penjelasan dan jenis intrumen musik yang dimilikinya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi banyak orang dan tidak keliru lagi untuk mengidentifikasi apa itu alat musik melodis, ritmis dan juga harmonis.

Sekian dan Terima Kasih !

Jika ada yang ingin disampaikan, dapat tulis di kolom komentar atau kirim pesan melalui [email protected].
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com