minuman khas yunani
Minuman Khas

Minuman Khas Yunani

Guratgarut.com – Yunani adalah negara dengan peradaban luar biasa, namanya telah dikenal oleh seluruh dunia sejak berabad-abad lalu. Pada jaman modern ini, Yunani dikenal sebagai negara yang cantik, baik alam maupun peninggalan sejarahnya. Kemudian bagaimana soal kuliner, terutama minuman khas Yunani?

Pada kesempatan ini kita akan sedikit membahas mengenai minuman tradisional dari negeri para dewa ini. Sejauh ini terdapat minuman-minuman yang terkenal di luar Yunani, namun masih terbatas di Eropa saja.

Maka untuk itu saya telah merangkum beberapa daftar minuman khas Yunani sebagai berikut.

Artikel terkait: minuman khas Australia

Ouzo

Ouzo
Sumber: ouzomini.gr

Ouzo adalah sebah minuman yang ekslusif bagi masyarakat Yunani, Memiliki warna putih murni yang terbuat dari adas manis serta aroma yang unik menjadikan minuman sangat terkenal di dunia Internasional.

hampir semua orang di seluruh dunia ketika membicarakan ouza pasti dikenal sebagai minuman tradisional Yunani, artinya hal tersebut telah melekan tan menjadi satu kesatuan.

Penyajian ouza sangat sederhana sekali, dimana ditambahkan air ke dalamnya, sehingga warna yang dihasilkan tidak terlihat bersih cerah, melainkan putih keruh.

Minuman ini biasanya dijasikan dalam ke adaan dingin dengan ditambahkan es batu ke dalamnya, tentu untuk menambah kesan segar yang dihasilkan minuman.

Ouzo disajikan dengan menggunakan gelas-gelas kecil yang cantik, barangkali hal ini sudah menjadi peraturan yang tidak tertulis, sebab dimanapun orang meminum ouzo dipastikan menggunakan gelas tersebut.

Untuk menemani ouzo masyarakat Yunani biasanya menyajikan makanan atau hidangan seperti ikan segar, zitun, kentang goreng, keju dll.

Menurut mereka yang pernah meminum ouza, minuman ini memiliki ciri khas, dimana memiliki rasa yang manis, serta saat meminumnya tidak terlalu menimbulkan rasa pusing.

Tsipouro

Tsipouro
Sumber: greekgrastonomyguide.gr

Tsipouro merupakan minuman dengan bahan dasar anggur, minuman ini sangat autentik dengan gaya hidup, keramahan dan hiburan masyarakat Yunani.

Proses produksi dari minuman ini terkenal dengan ketatnya, mulai dari pemilihan buah anggur terbaik hingga proses penyulingan, semuanya dikerjakan dan dilakukan sebaik mungkin.

Pembuatan tsipouro juga terkenal dengan kesulitannya, sebab dalam melakukan penyulingan harusan sangat hati-hati sekali, mengingat memerlukan dan membutukhkan kulita anggur yang tersisa.

Berbeda dengan minuman lainnya, tsipouro dapat disajikan dalam ddua bentuk, baik dingin maupun panas. Bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai minuman 2 musim.

Penyajian minuman pada umumnya menggunakan gelas sot dengan tambahan es. Beberapa restoran menyandingkan minuman ini dengan daging, zaitun dan makanan lainnya.

Minuman ini juga terkenal sebagai minuman yang murah meriah, maka tidaklah heran apabila memiliki penggemar yang begitu banyak.

Artikel terkait: minuman khas Italia

Masticha

Masticha
Sumber: flickr.com

Masticha merupakan sebuah minuman yang terbuar dari pohon damar, minuman ini tidaklah kalah populer dengan nama minuman sebelumnya.

Bahkan minuman satu ini telah dikenal sejak zaman yunani kuno sebagai minuman penuh manfaat dan khasiat, salah satunya ilah digunanakan untuk terapi.

Damar atau mastic adalah sebuah tanaman yang menyerupai semak-semak, di Yunani tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di daerah Chios Selatan.

Masticha adalah minuman hasil penyulingan dari damar atau mastic, minuman ini hanya di produksi di daerah yang telah disebutkan. Barangkali yang menjadi alasan dari itu semua ilah ketersediaan bahan baku dan ongkos produksinya.

Sejauh ini minuman ini tidak dapat di produksi di luar Yunani, artinya pebuatannya dilakukan secara ekslusif. Sebab pemerintah Yunani melihat potensi ini sangat besar. Mengingat masticha adalah minuman tradisional beralkohol yang diminati masyarakat Internasional.

Raki

raki
Sumber: cnn.com

Tidak kalah popularitasnya dengan masticha, raki temasuk minuman beralkohol yang menjadi primadona. Minuman ini dkenal juga sebagi tsikoudia yang diprodduksi dari anggur.

Raki adalah minuman yang di produksi dari Kreta, minuman ini juga memiliki kandungan alkohol begitu tinggi, yaitu 0 – 65% alkohol berdasarkan volume.

Hampir setiap turis yang berkunjung ke Kreta akan ditawari untuk meminum raki, minimalnya satu gelas saja. Biasanya mereka menyajikan minuman ini selepas makan malam.

Kemudian yang menjadi unik, penyulingan raki tidak dapat dilakukan kapan saja, hanya pada bulan tertentu, yaitu Oktober dan November. Stiap orang akan berkumpul dan merakannya dengan ditemani oleh berbagai macam makanan.

Berdasarkan sejarah, penyulinagan raki di Kreta pertama kali dilakukan pada masa kekaisaran Binzantium, dimana masyarakat sekitar diajrakan untuk menyuling oleh nahkoda dan wak kapal.

Wine

wine
Sumber: winemag.com

Sipa yang tidak kenal dengan wine, sebuah minuman yang dihasilkan dari anggur terbaik. Minuman ini telah dikenal beribu-ribu abad yang lalu oleh banyak bangsa.

Wine sangat melimpah sekali di Yunani, hal yang menjadi alasan ini terjadi dikarenakan Yunani adalah daerah penghasil anggur pertama dan terbesar di Eropa.

Menurut mitologi Yunani, anggur dimulai di Yunani ketika Dionysus, putra setengah dewa setengah dewa dari Zeus, tinggal di pegunungan dan mempelajari proses pembuatan anggur.

Dionysus membawa seni pembuatan anggur kepada manusia ketika dia mengajar Icarus, raja Athena, cara membuat anggur.

Pada zaman kuno, ketika perdagangan anggur semakin meluas, ia diangkut dari ujung ke ujung Mediterania; Anggur Yunani memiliki prestise tinggi di Italia di bawah Kekaisaran Romawi.

Ynani juga terkenal sebagai sebuah negara dengan penghasil anggur dengan ciri khasnya, sehingga anggur Yunani sangat sulit di temukan di negara lain.

Retsina

restina
Sumber: greekboston.com

Retsina merupakan minuman khas Yunani yang terbuat dari anggur. Alkohol yang dihasilkan dari minuman dari beberapa bahan seperti.

  • Anggur putih
  • Mawar
  • Getah pinus

Ke tiga bahan tersebut menghasilkan minuman beralkohol yang luar biasa, dimana orang-orang yang jarang meminum retsina sudah dipastikan tidak akan kuat.

hingga saat ini retsina masih eksis di Yunani, meskipun tidak seterkenal wine atau raki.

Ringkasan Minuman Khas Yunani

minuman khas yunani
Sumber: detik.com

Seluruh daftar di atas merupakan minuman tradisional yang memiliki kandungan alkohol. Sebetulnya bukan berarti Yunani tidak memiliki minuman non alkohol, akan tetapi minuman tersebut sudah sangat familiar, seperti teh dan kopi misalnya.

Artikel terkait: minuman khas Hawaii

Berikut saya ulas kembali melalui daftar singkat mengenai minuman taradisional khas Yunani.

NoNama Minuman
1Ouzo
2Tsipouro
3Masticha
4Raki
5Wine
6Retsina

***

Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai minuman tradisional dari Yunani, semoga tulisan ini menjadi pengetahuan bagi kalian.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *