Minuman Khas Mesir

  • 6 min read
  • Jul 10, 2020
minuman khas mesir
nissa amelia
Latest posts by nissa amelia (see all)

Guratgarut.com – Apa yang kalian bayangkan mengenai Mesir? Sebagian besar saya yakin, akan menjawab tentang keindahan dan peninggalan kunonya, seperti piramid, giza, spinx dll. Namun tahukah kalian Mesir ternyata memiliki minuman khas yang tidak kalah menarik dengan negara lain.

Negara mesir adalah negara yang sangat unik, berada di antara benua Asia dan Afrika. Meskipun negara ini masuk ke dalam Benua Afrika, akan tetapi jika dilihat dari segi suku, negara ini lebih dekat dengan Arab.

Bebicara soal kuliner Mesir, dalam hal ini minuman, ternyata Mesir memiliki berbagai jenis, hal tersebut tidak jauh dengan negara kita. Minuman yang mendominasi adalah minuman dingin, hal ini tentu sangat wajar mengingat Mesir adalah daerah gurun dan kering.

Berikut kami sajikan daftar minuman khas Mesir, sebagian diantaranya disajikan saat bulan ramadhan.

Tamar Hindi

tamar himdi, minuman khas mesir
sumber: okezone.com

Tamar hindi merupakan sebuah minuman dingin khas Mesir. Minuman ini memadukan antara asam jawa dan cairan gula.

Perpaduan diantara keduanya menghasilkan rasa asam segar. Rasa tersebut sangat mendukung dengan kondisi Mesir yang panas, menjadikan minuman ini cocok dikonsumsi setiap saat saat.

Tamar hindi tidak dapat disajikan secara instant, sebab memerlukan waktu dan proses, setidaknya semalam.

Mengapa demikian?

Alasannya supaya asam dan gula benar-benar meresap dan menyatu, sehingga rasa yang dihasilkan semakin nikmat dan enak.

Selain dapat dinikmati kapan saja, tamar himdi cocok juga menjadi minuman untuk berbuka puasa.

Kalian juga dapat mencoba minuman ini di Indonesia, saya yakin akan cocok. Sebab minuman asam jawa di bukanlah hal yang asing untuk masyarakat kita, perbedaannya hanya terletak pada cara penyajiannya saja.

Masyarakat Indonesia pada umumnya biasa menyajikan asam jawa dalm bentuk panas, itupun tujuan utamanya bukan hanya sekedar minuman saja, namun lebih untu pengobatan dan kesehatan.

Sobia

sobia drink, egypt traditional drink
Sumber: thisissharm.com

Sobia adalah minuman dingin dengan bahan dasar beras, disajikan dalam gelas besar secara penuh. Minuman ini menjadi favorit anak-anak di Mesir.

Sobia dapat kita jumpai tidak hanya di Mesir, di berbagai negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Qatar, Yaman, bahkan di India sekalipun.

Akan tetapi yang paling dominan adalah di Mesir, sebab minuman ini senantiasa hadir setiap saat. Hal tersebut berbeda dengan negara lain di Timur tengah yang menghadirkan sobia hanya pada bulan ramadhan.

Dari apa sobia dibuat?

Bahan yang digunakan dalam pembuatan sobia terbilang gampang ditmukan, apalagi di Indonesia. karena minuman ini terbuat dari bubuk beras direndam selama semalam, kemudian ditambahkan bubuk kelapa.

Seperti minuman khas Mesir lainnya, sobia biasa disajikan dalam bentuk dingin dan dijual menggunakan kantong plastik pada saat ramadhan.

Qamar El Din

qamar al din drink
Sumber: manoramaonline.com

Barangkali yang belum tahu akan menyangka nama minuman ini sebagai nama orang. hal tersebut sangat wajar mengingat namanya yang panjang dan menyerupai nama-nama orang di Timur Tengah.

Qamar el din di beberapa daerah di Mesir dikenal juga dengan nama qomaruddin. Entah apa yang melatar belakangi minuman satu ini disebut dengan nama demikian, mungkin kalian dapat mencari informasinya sendiri.

Pada saat bulan ramadhan tiba, qamar el din atau qomaruddin akan mendadak hangat diperbincangkan, sebab minuman ini menjadi favorit masyarakat mesir pada bulan tersebut.

Rasa segar dan mengandung banyak manfaat menjadi alasan utama mengapa qamar el din menjadi minuman favorit.

Terlebih pada bulan ramadhan kita memerlukan stamina lebih untuk menahan haus dan lapar seharian, maka minuman ini menjadi pilihan pas.

Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan qamar el din adalah buah paprikot yang dicampur dengan air teh mawar, kemudian tidak lupa ditambahkan gula sebagai bahan pemanis.

Minuman ini memiliki penampilan yang cukup menarik, sekilas warnanya seperti jus mangga. Warna kuning tersebut dihasilkan dari buah paprikot.

Seperti apakah proses pembuatannya? Dirangkum dari beberapa sumber, proses pembuatan qomar el din sebagai berikut.

  • Masak bahan yang telah disebutkan di atas hingga mendidih.
  • Setelah masak, blender semua bahan menjadi satu hingga menyerupai jus.
  • Sajikan menggunakan es atau dapat disimpan dalam lemari es.
  • Qamar el din siap untuk disajikan.

Apabila kalian ingin mencoba membuat qomar el din, bahan-bahan tersebut cukup mudah untuk ditemukan di negara kita.

Qasab

qasab minuman khas mesir
Sumber: alrahalah.com

Apabila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, qasab artinya adalah tebu. Hal ini tidaklah heran, karena Mesir merupakan salah satu negara penghasil tebu terbesar di dunia. Berdasarkan informasi, Mesir mampu menghasilkan tebu sebanyak 2,2 juta ton per tahunnya.

Minuman tebu sendiri bukanlah hal yang asing untuk masyarakat Indonesia, mengingat Indonesia pun sebagai penghasil tebu.

Beberapa daerah di Indonesia, terutama Jawa bagian timur, kita akan menemukan penjual es tebu dimana-mana, harganyapun cukup murah yaitu 3000 rupiah.

Es tebu dan qasab tidak jauh berbeda, mengingat proses pembuatannya pun mirip, yaitu dengan memeras air dari batang tebu. Air yang dihasilkan dari tebu tersebut kemudian ditambahkan es.

Baik di Mesir maupun di Indonesia, es tebu tidak pernah kehilangan pencintanya. Selalu ada di hati dan rasa seluruh masyarakat, baik kaula muda maupun tua. Bahkan sahabat saya yang satu Pondok hampir setiap hari ia meminum es tebu.

Jallab

jallab drink
Sumber: littleferrarokitchen.com

Ada yang pernah meminum jallab?

Jallab merupakan minuman yang terbuat dari kurma, atau dalam bahasa lainnya sirup kurma. Mnuman ini tidak hanya terkenal di daerah Mesir, namun di negara-negara lain di Timur tengah, seperti Suriah, palestina, Libanon, Yaman dan tempat lainnya.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat jallab tidak hanya sirup kurma saja, biasanya untuk menambahkan rasa dan aroma ditambahkan bahan lain seperti air mawar dan molase anggur.

Untuk penyajian, jallab disajikan dalam bentuk dingin. Tentu rasanya sangat nikmat dan segar, terlebih di konsumsi di negara-negara timur tengah.

Apakah kalian berminat untuk membuat minuman khas Mesir ini di rumah?

Erk Soos

Erk Soos minuman khas mesir yang mempesona
Sumber: food-heritage.org

Dari sekian minuman tradisional Mesir, erk soos merupakan minuman paling unik dari segi budaya dan latar belakangnya.

Minuman ini memiliki sejarah yang amat panjang, tercatat dalam beberapa literatur disebutkan minuman ini telah ada sejak jaman Babilonia.

Pada masa tersebut kerajaan dan masyarakat Babilonia biasa meminum erk soos untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas), menjaga kebugaran dan sebagai minuman penambahan stamina.

Sedangkan pada masa Mesir kuno, minuman erk soos tidak lagi dijadikan sebagai minuman kesehatan, melainkan dijadikan minuman persembahan dan ritual untuk para dewa.

Lain Babilonia lain Mesir, bangsa Arab dan Romawi memanfaatkan erk soos sebagai obat demam, inveksi, sakit perut dan penyakit serupa lainnya.

Dari sejarah minuman tersebut akhirnya kita mengetahui, bahwa erk soos adalah minuman legendaris dengan segudang manfaat. Sayangnya minuman ini tidak banyak disukai oleh masyarakat Mesir maupun luar Mesir.

Erk soos hanya digemari oleh kalangan tua Mesir saja, itupun hanya untuk kesehatan. Padahal apabila tidak disukai lagi, minuman ini bisa tinggal sejarah.

Dari segi bahan, erk soos memanfaatkan extrak Liquorice atau Akar Manis sebagai bahan dasarnya, barangkali inilah yang menyebabkan erk soos tidak terlalu disukai, mengingat akar manis memiliki rasa sedikit pahit.

Hari ini kita masih bisa menemuka penjual erk soos di Mesir, para penjualnya memiliki tampilan yang sangat khas seprti menggunakan pakaian tradisional dengan membawa gentong transparan yang berisi minuman.

Apabila kalian penasaran dengan rasa erk soos, kalian dapat mencari makanan dengan bahan dasar akar manis, sebab rasanya tidak jauh berbeda.

Khoshaf

Khoshaf minuman khas mesir mirip salad
sumber: pinterest

Khoshaf bisa dibilang bukan minuman, melainkan sejenis salad buah mungkin jika di Indonesia. Bedanya khoshaf terbuat dari buah-buahan kering Timur Tengah, seperti kurma, prem, ara, paprikot dan kismis.

Proses pembuatannya bagaimana kan buah-buah tersebut kering?

Sebelum dapat dinikmati, buah-buahan tersebut direbus terlebih dahulu menggunakan air panas, kemudian ditambahkan gula dan air mawar. Bahan-bahan tersebut dicampurkan menjadi satu, yang selanjutnya didiginkan di lemari es.

Khoshaf sangat cocok dinikmati untuk buka puasa. Selain enak, sajian ini sehat dan menyehatkan, mengingat bahan yang digunakan adalah buah-buahan kaya manfaat.

Apabila kalian ingin mencoba khosaf, tinggal buat saja di rumah, bahannya pun terbilang mudah ditemukan yaitu dapat ditemukan di market place, seperti tokopedia atau bukalapak.

Helba

helba drink
Sumber: healthline.com

Helba memiliki manfaat yang sangat unik, yaitu dapat meningkatkan produksi ASI hingga 900% serta dapat mengobati diabetes.

Kemudian munculah pertanyan “minuman seperti apakah itu helba?”.

Helba adalah minuman yang terbuat dari biji-bijian dengan cara direbus. Biji-bijian tersebut biasanya diambil airnya kemudian dimanfaatkan menjadi minuman.

Indonesia sendiri telah mengenal minuman ini dengan nama kelabat, bedanya disini digunakan sebagai bahan dasar masakan terutama kari.

Sahlab

sahlab drink
Gambar: nutrizonia.com

Sahlab adalah minuman susu panas dengan campuran rempah yang beragam. Rempah atau campuran susu yang digunakan diantaranya;

  • Bungan anggrek.
  • Bunga mawar.
  • Kelapa kering.
  • Kayu manis.
  • Kacang pistachio

Semua bahan di atas tersebut di satukan dalam satu wadah dalam ke adaan panas. Sahlab juga dapat ditemukan di negara-negara Timur tengah, salah satunya Palestina, bahkan disana beberapa orang menganggap sebagai minuman taradisional Palestina.

Meskipun terlihat sederhana dan hanya dalam bentuk susu, akan tetapi sahlab memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Fayrouz

Fayrouz drink
Sumber: pbd-distribution.com

Saat ini namanya fayroz sudah tidak asing lagi, mengingat minuman bersoda ini telah dipasarkan di Indonesia, Turki, Malaysia dll. Jadi sekarang kalian dapat merasakan kesegaran minuman Mesir ini dari Indonesia.

Sejauh ini fayrouz telah memiliki varian, berikut diantaranya;

  • Rasa pear
  • Rasa apel
  • Rasa nanas
  • Rasa peach

Apabila kalian belum pernah mencbanya, dapat dibeli di super maret terdekat.

Doum

doum drink
Sumber: flickr.com

Apabila kita melihat tampilannya, doum terlihat seperti susu coklat, minuman ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Doum sendiri dalam Bahasa Indonesia artinya adalah buah dzuriat, seperti yang kita ketahui buah ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Buah dzuriat yang masih segar cukup dijadikan jus saja, setelah itu dapat dinikmati.

Kharaoub

kharaoub drink
Sumber: dailypakistan.com.pk

Karkoum merupakan jus yang terbuat dari carob yang biasanya diminum saat bulan ramadhan. Apabila kalian belum mengetahui apa itu carob?

Carob adalah sebuah tanaman yang dikenal menyerupai tanaman cocoa dan coklat. Tanaman ini dipercaya dapat memberikan segudang manfaat untuk tubuh.

Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan langkah sebagai berikut;

  • Rebus carob dan air gula selama 1 jam.
  • Setelah selesai direbus, selanjutnya lakukan penyaringan.
  • Kemudian sajikan dalam keadaan dingin.

Kurma dan Susu

kurma dan susu adalah minuman khas mesir yang paling populer
Sumber: hipwee.com

Minuman ini sudah sangat familiar, terutama dikalangan Muslim, mengingat bahan yang digunakan pun tebilang sanga mudah, yaitu kurma dan susu.

Sebelum disajikan, kurma hanya perlu direndam dalam susu kurang lebih satu malam. Dengan demikian kurma sari kurma akan menyatu dengan susu.

Apabila kalian belum pernah mencobanya, sebaiknya segera dicoba :).

Ringkasan Minuman Khas Mesir

minuman khas mesir
Sumber: egyptianstreet.com

Sebagian besar dari minuman khas Mesir di atas adalah minuman yang disajikan dalam keadaan dingin. Hal tersebut tentu tidak mengejutkan, mengingat mesir adalah negara gurun.

***

Nah demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai daftar minuman mesir, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 - guratgarut.com